Dengan Let's read membaca makin asyik

by - January 08, 2021

picture diambil dari sini

 Dengan Membaca bisa membuka jendela dunia

Dari kecil sekitar umur 4 tahun, saya amat sangat tertarik dengan membaca.. saya sering minta tolong sama tetangga saya untuk membantu saya membacakan buku ataupun koran yang saya ingin tahu isinya. Alhamdulillahnya si kakak tetangga sebelah rumah selalu mau nurutin permintaan saya.. sampai pada akhirnya saya pelan-pelan mengenal huruf dan minta sama papa saya untuk langganan majalah dulu. Padahal saya belum lancar baca tapi sudah langganan dua majalah yaitu bobo dan Ananda.. generasi 90an pasti kenal sama kedua majalah itu.

Awalnya saya tertarik pada gambar-gambar di dalam majalah itu sampai terkadang saya berimajinasi menebak-nebak cerita nya dari gambar yang ada, lalu klo saya merasa kesulitan langsung bertanya pada orang sekitar saya khususnya sama si kakak tetangga.

Alhasil dengan cara begitu akhirnya saya bisa lancar membaca diumur 5 tahun dan hobby membaca saya pun semakin menjadi, kemudian papa yang selalu membelikan majalah ataupun buku yang saya mau, malah hingga remaja pun saya suka nabung dari uang jajan untuk sekedar beli novel dan waktu awal-awal punya gaji selalu tiap bulan saya post kan duit saya untuk belanja buku.

Buat saya membaca itu mengasyikan karena bisa berimajinasi membayangkan semua hal yang diceritakan pada buku, dan bila buku itu sudah bergambar akan sangat membantu saya untuk memahami isi cerita dan lebih menarik.

Saat ini Ketika punya tiga anak, saya pun mengenalkan buku kepada anak-anak saya, namun ternyata minat mereka terhadap baca tidak seperti saya dahulu.. mungkin karena jaman sekarang buku udah kalah eksis dibanding permainan gawai.

Selama pandemic ini saya berusaha untuk memperkenalkan Kembali buku kepada mereka, untuk megisi kegiatan biar ngga bosen.. alhamdulillah nya saya menemukan aplikasi Let’s Read.

Apa itu Let’s Read?

Let’s Read awalnya yang saya tahu situs yang berisi berbagai buku bacaan untuk anak, yang saya suka dari situs ini adalah menyediakan buku dalam beberapa bahasa dan juga ada tahapan nya. Yang paling bikin Bahagia lagi membaca buku dari let’s read juga dilengkapi dengan gambar yang menarik.


 

Ada banyak cerita dari yang simple untuk pengenalan buku buat anak seumuran aryo sampai cerita dongeng yang seru untuk anak usia sekolah dasar.

Satu cerita yang menurut saya menarik dan saya bacakan buat aryo dan tiara adalah “ mengejar pluto”

 


 

Pada buku ini diceritakan bagaimana matahari mencari pluto dengan melibatkan planet-planet lain dan dicerita ini disebutkan nama-nama planet itu satu persatu dan pastinya dengan gambar yang menarik dan menggemaskan.

Jadi sekali saya membacakan cerita ini, anak bisa membayangkan bagaimana ilustrasi bentuk matahari dan planetnya, lalu juga mengenal tata surya dan juga urutannya.. karena digambarkan disini gimana susunan tata surya.. aahh pokoknya menarik lah.. walau ceritanya simple namun sangat membekas di pikiran anak-anak.

Cara akses Let’s Read?

Awalnya saya tahu Let’s Read ini seperti situs perpustakaan digital, namun ternyata sekarang ada aplikasi nya yang bisa diunduh untuk gawai.. jadi saya pun mengunduh ini di handphone saya dan tablet milik anak-anak.

 


 

Aplikasi maupun situsnya sangat user friendly, semua kebutuhan terakomodir disitu, dari mulai untuk searching, mengganti Bahasa dan bahkan memperbesar tulisan.

fitur pilihan bahasa

 

Buku-buku yang ada di Let’s read ini juga bisa di unduh dalam bentuk PDF jadi bisa dicetak juga dengan gratis. Soal legalitasnya ngga usah khawatir, semuanya sudah aman untuk di cetak kok. 

Jadi walau ngga ada koneksi internet pun masih bisa membaca buku nya asalkan sudah didownload terlebih dahulu.. uhhh andai dulu sudah ada aplikasi ini, mungkin saya tidak perlu menabung banyak untuk sekedar membeli buku yang saya mau baca karena Let’s Read menyediakan banyak koleksi buku menarik dan gratis pula.

Manfaat Let’s Read

Menurut saya banyak banget manfaat nya apalagi dikala pandemic begini, dimana kita harus dirumah ajah, menggunakan Let’s Read it’s a must menurut saya karena :

  • Bisa Gratis baca ratusan buku tanpa harus pergi ke toko buku.
  • Tetap bisa membaca walau tanpa koneksi internet bahkan bisa di print
  • Bisa belajar Bahasa lain karena ada fitur multibahasa
  • Membaca buku lebih menarik dengan banyaknya gambar yang bagus dan juga teks yang bisa diperbesar
  • Ringkes seperti punya buku banyak dalam satu genggaman karena bisa diinstall di gawai.

sebagian kumpulan buku yang ada di let's read

 

Pentingnya Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

Saya pernah membaca bahwa menumbuhkan daya imajinasi pada anak sangat penting, karena dengan begitu si anak bisa berpikir lebih luas tanpa batas sehingga bisa meningkatkan ketrampilan dan kemampuan anak untuk menyelesaikan suatu masalah ataupun menciptakan sesuatu yang baru.

Dan untuk menumbuhkan daya imajinasi itu, salah satunya adalah dengan hobby membaca. Karena dengan membaca baik buku yang hanya tulisan ataupun yang bergambar, dapat merangsang anak untuk membayangkan gambaran dari isi buku tersebut dengan imanjinasinya.

Lalu bagaimana cara menumbuhkan minat baca pada anak? Awalnya ya saya sendiri yang mencontohkan mereka bahwa membaca itu mengasyikan dan menyenangkan. Lalu fasilitasi anak untuk bisa sesering mungkin membaca, dengan memberikan asupan buku yang banyak dan beragam, terakhir ajak anak untuk membaca Bersama dengan kita, sehingga dia merasa  bahwa dengan membaca bisa menimbulkan bonding dan kedekatan juga dengan orang lain lewat bahasan cerita yang di baca.

Karena saya yakin manfaat membaca itu banyak dan baik, selain menumbuhkan daya imajinasi dengan membaca pun bisa memperkuat daya ingat dan juga memperbanyak pengenalan kata sehingga lebih memahami Bahasa baik Bahasa Indonesia maupun Bahasa asing.

Wahai para orang tua.. Ayo membaca.. lakukan bersama anak dan kenalkan bahwa membaca itu menyenangkan.

Jika mau mencoba aplikasi Let’s Read bisa langsung Unduh aplikasinya disini.

Selamat mencoba !

You May Also Like

0 komentar