Skip to main content

Tips Biar Ngga Boncos di Bulan Ramadhan dengan Belanja Hemat ala Hero Group


Barang siapa yang bergembira atas datangnya bulan Ramadhan, Allah telah mengharamkan jasadnya dari Api Neraka – HR An-Nasa’I –


Marhaban Ya Ramadhan… tak terasa sudah memasuki hari pertama bulan Ramadhan, Alhamdulillah masih dikasih kesempatan untuk bisa bertemu lagi dengan bulan Ramadhan tahun ini, walau tahun ini sudah mulai melalui bulan Ramadhan tanpa Papa, akan tetapi saya masih bersyukur sekali masih bisa merasakan beribadah dibulan yang penuh ampunan ini.

Persiapan menyambut Ramadhan kali ini hampir sama dengan tahun sebelumnya, hanya saja yang yang berbeda kali ini jadwal ziarah sebelum bulan puasa jadi nambah ke makamnya papa.

Untuk persiapan lainnya, yang utama kita harus selalu menjaga kesehatan agar kuat saat menjalani ibadah puasa, lalu persiapan untuk keperluan memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan juga harus dipersiapankan dan diperhitungkan dengan baik, karena biasa nya selama bulan Ramadhan kebutuhan akan meningkat.


PENGELUARAN MENINGKAT DI BULAN RAMADHAN

Terkadang saya masih bingung juga sih mengapa klo dibulan Ramadhan pengeluaran sehari-hari iru malah meningkat, padahal kan disiang dan pagi kita tidak makan, setidaknya biaya untuk pengeluaran makan harian saya selama dikantor aman, namun kenyataannya ngga begitu, pengeluaran tetap atau malah semakin besar, klo yang saya rasakan semakin besar sih.



Kamis 2 mei kemarin, saya berkesempatan ikut dalam event #TUMBloggersMeetUp yaitu acara talkshow “Anti Boncos di bulan Ramadhan” yang bertempat di Cohive Plaza Kuningan, Jakarta. Begitu mendapatkan undangan acara ini saya langsung tertarik dengan materinya, acara yang diselenggarakan oleh PT. Hero Supermarket Tbk (HERO Group), menghadirkan 4 narasumber yaitu


  • Ligwina Hananto (Financial Trainer & CEO of PT. Quantum Magna Financial) 
  • Adinda Proehoeman (Perwakilan marketing dari Giant dan Hero) 
  • Andin Citra (Marketing & Media Speciallist IKEA) 
  • Erin Arifin (Head of Marketing Guardian)

Mengapa ada 4 nama brand supermarket yang besar ini (HERO, GIANT, IKEA dan GUARDIAN) ? simple saja dan saya pun baru tahu soal ini, dulu saya hanya tahu IKEA memang milik HERO, tapi yang lainnya saya ngga tahu.

Menurut mba Ligwina selama Ramadhan memang ngga bisa dipungkiri bahwa pengeluaran pasti akan nambah, karena dibulan Ramadhan akan timbul pengeluaran baru dan jadinya ada 3 pengeluaran yaitu :
  1. Pengeluaran Rutin : pengeluaran rutin bulanan seperti uang makan, transport dsb 
  2. Pengeluaran Lifestyle : pengeluaran tiba-tiba pas Ramadhan untuk biaya bukber, pengen makan yang enak dsb 
  3. Pengeluaran Sosial : pengeluaran untuk sedekah, zakat dan lain nya karena dibulan Ramadhan kan pahala berlipat ganda.

Pengeluaran lifestyle ini sih yang mungkin bisa bikin boncos juga, karena undangan bukber dari manapun pasti bermunculan, dari TK sampai kuliah, belum temen geng arisan dan masih banyak lainnya. Ikut Bukber sih sah-sah ajah, tapi sesuaikan sama budget kita juga ya.. soalnya klo ngga bisa bikin boncos banget.



BAGAIMANA MENYIASATI AGAR NGGA BONCOS SELAMA BULAN RAMADHAN?

Pertama, pisahkan pengeluaran dan penghasilan..

pengeluaraan rutin seperti makan dan biaya operasional menggunakan penghasil rutin
pengeluaran Tahunan seperti mudik, zakat, biaya hampes dsb yang dikeluarkan tahunan, maka gunakan juga penghasilan tahunan alias Tunjangan Hari Raya (THR).

Kedua, Jujur dengan diri sendiri untuk menyesuaikan kebutuhan dengan kemampuan.

Kalau kemaren mba Ligwina bilang, kita sebagai manusia mempunyai 4 skill yaitu: menghasilkan uang, berbelanja, berbagi dan menabung. Nah supaya anti boncos selama Ramadhan, skill Belanja harus di asah, jangan asal semua dibeli, kita harus pintar memilih apa yang kita butuhkan.
Untuk biaya mudik pun begitu.. mba ligwina juga bilang, jangan memaksakan diri untuk mudik jika memang budget nya tidak ada, sehingga kita harus berhutang, oleh karena nya ditekankan banget sama mba ligwina bahwa kita harus ELING klo istilah jawanya.. HARUS SADAR DAN JUJUR pada diri sendiri.

Ketiga, Memanfaatkan promo untuk berbelanja
Jadi poin ketiga ini yang paling saya suka.. ya namanya emak-emak mana ada yang ngga suka promo sih, malah terkadang ngga butuh asalkan promo pasti tergoda.. yang kaya begini ini salah banget pemirsah.. klo udah mulai begini langsung inget poin pertama dan kedua ya..biar balik jadi orang yang smart dalam berbelanja.

para narasumber dan mc


ANTI BONCOS RAMADHAN ALA HERO GROUP

Ada promo apa aja di hero group yang bisa bikin anti boncos dibulan Ramadhan ini? Saya kasih bocorannya ya..

HERO SUPERMARKET

Di hero ada program Pasar Ramadhan 30 Days of Discovery, yang merupakan program promosi dengan minimum pembelanjaan Rp. 300.000 berhak membeli produk yang sudah ditentukan dengan harga special. Selain itu juga ada program promosi Tematik 30 Days of Discovery selama periode Ramadhan yaitu dari tanggal 29 April – 6 Juni 2019 dengan menghadirkan ribuan produk berkualitas dengan merek terbaik. Untuk info lengkap cek website www.herosupermarket.co.id


GIANT

Klo di tempat favorit saya belanja ini promonya ada program Belanja Murah Bulan Berkah, serta Pasar Ramadhan Berlimpah Berkah dan Santap Segera Saat Berbuka dimana Giant menghadirkan menu-menu baru dari kategori makanan siap saji dengan sajian yang menggugah selera dan harga murah tentunya. Untuk info lengkap bisa cek www.giant.co.id atau instagramnya Giant


GUARDIAN

Selama bulan Ramadhan juga kita pastinya harus tetap menjaga tubuh tetap sehat dan merawat kecantikan selama Ramadhan, Guardian menghadirkan berbagai inspirasi menarik melalui program Fit & Cantik Selama Ramadhan. Ada ratusan produk dengan diskon special sampai 30% dan berbagai tips untuk menjaga tubuh tetap fit dan cantik selama Ramadhan. Promo akan berlangsung selama periode 25 april – 22 mei 2019. Selain itu ada juga promo +1000, dimana pelanggan cukup menambahkan Rp.1000 dan mendapatkan produk kedua secara gratis untuk ratusan produk favorit. Untuk info lengkapnya cek Instagram @guardian_id.

IKEA

Untuk menyempurnakan perabot rumah tangga di bulan Ramadhan dan nanti pas hari Raya Idul Fitri, ikea hadir dengan berbagai promo diantaranya memberikan penawaran terbatas untuk pembelian wajan IDENTISK dari harga 499.000 menjadi 399.200 mulai tanggal 26 April – 5 mei 2019, tidak hanya itu saja, dapatkan gift voucher IKEA senilai Rp. 1.500.000 untuk setiap pembelian METOD kitchen dengan minimum pembelian Rp 15.000.000 dan kelipatan 5.000.000 selama periode 25 april – 26 mei 2019 dan akan banyak penawaran menarik lainnya selama bulan Ramadhan yang akan selalu di update melalui website www.ikea.co.id

Promonya menarik banget kan ya? Banget pastinya.. tapi ingeeettt.. harus pinter mengambil keputusan yang menjadi prioritas utama biar ngga boncos.

Tips dari mba ligwina, sebaiknya dibuat rencana mau bikin hampers apa buat lebaran, trus mau masak apa atau mau beli apa untuk mudik.. jadi nanti begitu ada promo bisa disesuaikan. Misal nya mau bikin rendang, nanti ketika ada promo daging bisa deh itu beli daging yang murah.. jadi belanja promo sesuai dengan kebutuhan.

Bapak Hadrianus sedang speech


Di akhir acara Bapak Hadrianus Wahyu Trikusumo selaku Direktur PT. Hero Supermarket Tbk, mengutarakan semoga dengan mengikuti talkshow ini akan menambah pengetahuan untuk mengelola keuangan yang cerdas dan cermat selama Ramadhan dan memanfaatkan penawaran menarik dari Hero group.




Acara ditutup dengan games yang menarik dan banyak hadiahnya, sayang saya lupa jingle lagu Hero padahal saya sudah dikasih kesempatan sama duo MC yang baik banget yaitu Astrid Tiar dan Ari kunil, jadinya saya gagal mendapatkan hadiahnya.

So.. buat yang ngga mau boncos di Ramadhan kali ini, bisa langsung menerapkan saran dari mba ligwina hananto yang saya jabarkan ini…

Semoga bermanfaat ya gaess… Happy shopping ;)

Comments

Popular posts from this blog

REVIEW - Breastpump SPECTRA Q

REVIEW United Trifold