Skip to main content

Jadi Youtuber? Why not!

Kalo merhatiin Instagram saya, akhir-akhir ini saya sering share tentang channel youtube Pardiyanto Kids.. Yup itu merupakan channel youtube resmi keluarga kecil kita, dimana isinya ya tentang krucilsnya The Pardiyanto.

Alhamdulillah diakhir tahun kemarin, Allah membukakan pintu rejeki yang baru buat kami sekeluarga, walau bisa dibilang itu sebuah kebetulan yang benar-benar kita ngga menyangka sama sekali.

Jadi disini saya mau cerita awal mulanya kita mencoba untuk menjadi youtuber..

Channel Youtube Pardiyantos Kids

subscribe kita yaa..



Awalnya memang suami dulu pernah coba-coba untuk memonetize dari akun youtubenya, dulu bangeeet itu dan ternyata agak ribet karena banyak juga persyaratannya.

Sampai pada suatu ketika kita sekeluarga main-main ke Taman Legenda TMII untuk melihat petualangan Dinosaurus yang ada disitu.. thanks to tacang temen saya yang share info soal petualangan dino ini..

Waktu kesana memang suami yang suka ngerekam klo kita lagi jalan-jalan, langsung on sama kamera hape nya untuk ngerekam perjalanan kita selama di petualangan dinosaurus, awalnya rekaman itu nanti mau dikasih lihat ke ponakan saya yang cinta banget sama dinosaurus biar tahu klo ada wahana bagus juga di TMII.

Singkat cerita itu video iseng juga di upload ke channel youtube nya yang memang sebeluumnya juga ada beberapa video kita pas lagi jalan-jalan.

Trus suami agak amazing juga sih.. kok subscribe nya jadi nambah mlulu sejak ada video itu dan video itu pun banyak yang nonton, hingga saat ini ajah video itu masih jadi favorit di channel kita.. yang nonton udah 7 juta lebih.

Tapi walau begitu, suami masih belum tahu soal penghasilan di youtube, sampai pada suatu ketika temen kantornya dan dia oprak oprek deh soal monetize itu dan ternyata alhamdulillah bangeet.. udah menghasilkan jumlah yang lumayan besar menurut kita.




Jadi sejak itu lah, suami memutuskan untuk serius memonetize channel kita itu dan mulai focus cari info soal perkembangan chanel youtube.
Memang penghasilan dari situ naik turun, ngga bisa di jadiin patokan banget, tapi buat kita itu merupakan rejeki tambahan dari Allah untuk anak-anak kita juga.

Akhirnya kita pun memutuskan untuk mencoba konsisten ngelola channel kita, karena dengan maintenance yang baik, kita yakin klo channel kita akan bisa eksis terus.

Kenapa Orang Tertarik Menjadi Youtuber?

Menurut saya sekarang ini banyak orang yang tertarik menjadi seorang yutuber dikarenakan sudah adanya pergeseran kebiasaan, saya lihat trend atau kebiasaan orang saat ini sudah meninggalkan nonton program dari stasiun tv, kebanyakan sekarang dari yang muda sampai yang tua menonton menggunakan youtube.

hari gini siapa sih yang ngga kenal youtube? udah banyak orang tau youtube..

Wajar klo lebih memilih nonton YouTube dibanding program stasiun TV, karena di youtube kita bisa pilah pilih sendiri apa yang kita mau tonton sesuai dengan keinginan, bisa lebih spesifik kategorinya, belum lagi flexible nya nonton program di youtube, tidak terbatas pada waktu tayang.. bisa menyesuaikan sempat tidak nya kita menonton dan masih banyak hal lainnya yang lebih membuat nyaman para penontonnya.

Mau Coba Jadi Youtuber

Dari awal tahun lalu persyaratan untuk jadi youtuber ini memang lebih ketat dari sebelumnya klo dari yang saya baca, sedangkan suami saya memang baru memulai monetize channelnya diawal tahun, jadi memang alhamdulillah bisa memenuhi syarat yang rada ketat itu..

Syarat Untuk Monetize Youtube

Syarat nya ngga banyak, tapi lumayan juga sih.. saya detail jabarin disini ya.. siapa tau ada yang berminat jadi youtuber juga

  • Akun Harus sudah Terverifikasi 
  • Sudah memenuhi 4000 jam tonton publik dalam 12 bulan terakhir
  • Subscriber minimal 1.000 
  • Memiliki akun adsense
  • Jangan pernah “nakal” dengan channel youtube nya, mksdnya nakal disini menggunakan cara kotor untuk mengumpulkan subscriber dan juga memberikan komentar spam untuk mencari subscriber, biasanya ini klo ketahuan oleh pihak youtube bisa langsung kena suspend.
Kalau itu semuanya sudah, maka akan dapat konfirmasi dari pihak youtube sampai akhirnya dinyatakan approve untuk di monetize.

Ngga gampang memang, tapi ngga ada salah nya juga untuk di coba.. apalagi untuk maintenance agar berpenghasilan terus sama juga susahnya, saya dan suami masih terus belajar untuk itu.

Ada beberapa cara dari hasil saya googling yaitu:

  1. Membuat konten yang kreatif dan menarik 
  2. Konsisten dengan satu Kategori ( Fokus) 
  3. Disiplin, maksudnya disini disiplin untuk upload video dan di jadwalkan 
  4. Berkomunikasi dengan subscriber juga penting 
  5. Klo bisa memilik ciri khas, nah yang ini nih yang sedang kami  gali lebih dalem lagi untuk bisa membuat ciri khas.

Naahh.. segitu aja cerita saya soal bagaimana menjadi youtuber.. buat temen-temen yang mau jadi youtuber, semoga postingan saya ini bisa membantu, trus buat temen-temen yang belum subscribe Channel Pardiyantos Kids.. jangan lupa di subscribe dan ditonton ya channel kita lalu beri like dan komennya juga ya.. makasiihh


Comments

Popular posts from this blog

REVIEW - Breastpump SPECTRA Q

REVIEW United Trifold