Workshop Membatik Bersama Barbie

by - January 17, 2019

Batik yang merupakan salah satu kekayaan bangsa Indonesia dan membuat saya bangga kalau memakai baju bercorak batik, tapi pernah saya berpikir dan penasaran bagaimana caranya membatik itu? sering nya cuma lihat di tv bagaimana cara pembuatan batik dan itupun sepertinya tetap tidak membuat rasa ingin tahu saya terpuaskan.

Sampai akhirnya ada message di FB saya yang memberitahu bahwa anak sulung saya memenangkan kompetisi yang berhadiah mengikuti Workshop Membatik Bersama Barbie..yeaaaayy alhamdulillaaah.. yang seneng bukan anaknya ajah, emaknya lebih seneng hahahhahhaa..

Buat saya, barbie itu mainan mewah dan icon bangeet buat anak perempuan, dulu waktu kecil orang tua saya tidak mampu membelikan saya mainan barbie ini, padahal saya kepengen banget, sampai akhirnya saya hanya bisa main barbie numpang di rumah tetangga saya. Buat saya barbie itu seperti harta karun.

Sumber : Facebook Barbie


Saya senang bukan hanya soal barbie nya, tapi akhirnya saya bisa tahu bagaimana cara membatik secara langsung dan saya cukup tercengang juga dengan proses pembuatannya. Langsung kepikiran pantas saja harga batik tulis itu ngga murah, karena memang effortnya luar biasa!

WORKSHOP MEMBATIK 



Tepatnya tanggal 22 desember 2018 acara nya berlangsung... iya..iya cerita saya udah lumayan basi juga ya.. tapi kan lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.. *jurusngelesmalesnulis

Saya dan Tania akhirnya bisa kencan berduaan ajah di Hari Ibu, yang dua lagi dititip sama eyangnya dulu, dari rumah kita naik taksi online menuju sanggar jawa jawi di daerah cilandak.

Ternyata acaranya sempat molor sekitar 1 jam, tapi itu ngga mematahkan semangat si kakak untuk ikutan acara ini, dia penasaran juga dengan membatik.

Awal ketika acara dimulai, kita para orang tua diminta untuk menyingkir sejenak dari ruangan membatik, klo katanya proses membatik itu butuh konsentrasi. sedih akutuh sebenernya karena pengen banget tau caranya.


 


Tapi jangan sedih, ternyata ketika anak-anak mulai asik menggambar motif batik dengan cantingnya, kita para orang tua bisa ikutan bergabung dan rasa penasaran saya akan cara membatik pun akhirnya terpuaskan. 

Saya melihat gimana cara menggambar menggunakan canting sebagai pena dan lilin malam sebagai tintanya, harus tebal ternyata menorehkan lilin malam nya ke kain, harus hati-hati juga dengan pemanas dan panas nya suhu lilin malam nya. Cara menggunakan canting pun ada tekniknya agar tidak membahayakan, sayangnya kemarin si kakak sempat kena tumpahan lilin malam di jempol kakinya, untungnya pembimbingnya langsung sigap mengoleskan salep pada luka bakarnya...alhamdulillah cuma butuh sekitar 5 menitan untuk memulihkan semuanya.

Pada workshop kemarin setiap anak diberikan kain seukuran sapu tangan untuk di gambar motif batik mengikuti gambar sketsa dari pensil yang sudah ada. 








Selesai kita menorehkan lilin malamnya, kain tadi diberikan lilin malam pada semua sisinya dan kemudian kain nya di lipat kecil lalu diperas seperti memeras cucian, fungsinya untuk membuat motif seperti frame sebelum batik tersebut diberi warna lalu direbus untuk menghilangkan lilin malam yang menempel.

pemberian parafin


Pada proses mewarnai, ini juga dibilang agak repot, kemarin untuk satu warna merah ajah..dilakukan tiga kali pencelupan dan satu satu.. kebayangkan klo ada beberapa lama dan gimana repotnya proses pembuatan batik itu.. jadi wajar harganya lumayan.

proses pewarnaan

Proses penjemuran


Tetapi yang disebut batik sesungguhnya ya itu, kain batik tulis... kalo batik yang harganya agak murah itu sebenernya hanya motif batik bukan kain batik.. begitu penjelasan dari pembimbingnya.

Selesai dari proses pewarnaan dan perebusan, semua kain batik dijemur hingga kering dan kita para peserta bisa beristirahat sambil menikmati snack yang diberikan.

HADIAH SPESIAL DARI BARBIE

Setelah sapu tangan batik kering, para anak dipanggil satu persatu untuk diserahkan hasil karya mereka dan ternyata mereka mendapatkan kejutan spesial dari Barbie.

Apa kejutannya?

Ternyata setiap anak yang sudah ikutan di Acara ini, karena merupakan pemenang dalam kontes yang diselenggarakan oleh Barbie di Fanpage Facebook mereka. 

Sumber : Facebook Barbie


Setiap anak mendapatkan satu tas gudibek berisi 3 macam Barbie Playset Crayolla dan 1 set Barbie limited edition menggunakan baju batik yang dirancang khusus oleh designer ternama Indonesia yaitu Iwan Tirta.

Lucu nya anak yang pertama dapat bingkisan itu langsung hepi dan berteriaakk... wwwoooww..
wajaaar reaksi mereka begitu, saya sebagai orang dewasa ajah berasa hepi banget melihat bingkisan itu, apalagi anak-anak.. klo saya total sendiri satu bingkisan itu bernilai 2,2 juta rupiah.. gimana ngga uwow kan??



Anak saya aja ngga berhenti senyum sumingrah ketika menerima bingkisan itu, sampai tidak sabar mau membukanya..persis kejadiannya dengan waktu ketika dia terpilih ikutan cooking class bersama barbie pada waktu hari ulang tahunnya.


Thanks a lot Barbie.. ini merupakan pengalaman tak terhingga buat saya dan anak saya, trus hadiahnya juga bikin tania dan juga adiknya hepi banget.. berguna banget untuk kegiatan bermain selama liburan sekolah kemarin.



oia yang penasaran ingin tahu seperti apa mainan Barbie yang ada dalam bingkisannya itu, bisa langsung cekidot video unboxing nya di channel yutub kita..







Jangan lupa subscribe, like dan beri komen ya teman-teman semuanya..

terima kasihhhh...

You May Also Like

0 komentar