United Trifold ikutan Tour De Pangandaran 9

Masih inget postingan saya sebelumnya mengenai gimana senengnya saya klo akhirnya visa untuk gowes keluar kota sudah di approve sama suami?

Nah.. sekarang waktunya saya bercerita tentang pengalaman saya kemarin ikutan event Lebarannya para sepeda alias tour de pangandaran..

Apa sih tour de pangandaran itu? Event tahunan yang diadakan oleh komunitas bike to work tasikmalaya. Event ini biasanya diikuti oleh banyak pesepeda, tahun ini saja katanya 3000 pesepeda yang daftar dari berbagai komunitas dan juga pecinta sepeda.

Gowes Tour De Pangandaran ini alias TDP menempuh jarak sekitar 107 km, mulai start dari tasikmalaya dan finish di pantai pangandaran. Semua jenis sepedah bisa ikuutan event ini dari mulai sepeda touring, sepada road bike, mtb, bmx dan sepeda lipat pun bisa.

Kali ini saya berangkat bareng teman komunitas sepeda saya di kantor yaitu ICC, kita berangkat dari kantor di fatmawati dengan naik bus, yang ikut ada 19 orang.. lumayan banyaaakk dan saya senang karena jadi paling cantik..heheheehhee.. semuanya cowo kecuali saya. Kali ini kita mayoritas menggunakan sepeda lipat termasuk saya, dengan membawa kesayangan saya United Trifold.



Jumat pagi, kita jalan dari Jakarta menuju tasikmalaya dan sekitar jam 3 sore kita sudah tiba di Tasikmalaya dan langsung check in di Hotel Horison Tasikmalaya, untuk cerita hotelnya terpisah ya.
Selepas Magrib kita melakukan Night Ride menuju alun-alun kota Tasikmalaya, masih mengurus seputaran registrasi dan juga sebagian teman mampir ke Kantor Telkom Witel Tasikmalaya yang letaknya persis di depan alun-alun.
serunya night ride di Tasikmalaya


Night ride dilanjutkan dengan keliling kota Tasik untuk mencari makan malam, kita sepakat mau makan soto, karena jujur saja malam itu kota Tasik terasa dingin bangeet, gowes ajah berasa dingin..sampai akhirnya kita stop di warung soto H. Didik.. sotonya enaaak dan lumayan menghangatkan tubuh.

Kelar makan lanjut dong jalan-jalan sepedahannya, kali ini mencari pisang untuk bekal gowes besok. Bahkan ada beberapa teman yang pesta durian.. saya skip deh.. ngga mau terlalu banyak makan dan makan yang aneh-aneh buat persiapan besok pagi gowes. Jam 9 kurang sebagian balik ke hotel termasuk saya untuk mandi dan beristirahat, sebagian lagi ada yang masih kulineran dan juga jalan-jalan.

Subuh alarm bunyi.. saya bangun dan langsung pumping.. tetep ya kudu begitu.. ini kedua kali pergi keluar kota tanpa aryo dan daripada nanti bengkak biking owes ngga nyaman. Selesai pumping, langsung mandi dan siap-siap turun untuk sarapan, kebetulan saya sedang tidak sholat.

Sarapan di hotel dengan menu beragam, sayangnya saya takut sarapan banyak dan aneh-aneh.. akhirnya cuma melahap sehelai roti gandum, omelet telur 2 dan sepotong waffle lalu ditutup sama papaya sedikit…hahaha segitu dibilang dikit ya.. soalnya biasanya makan nasi dll.

Selesai sarapan kumpul depan hotel untuk persiapan gowes, pemanasan, cek-cek sepeda dan pastinya foto-foto dong :D




Kita gowes bareng sampai alun-alun tempat para pesepeda kumpul.. asliiiiii saya noraaak bangeet lihat segitu banyak sepeda dan berasa beda banget suasana nya.. aaahh senangnya..
Narsis sebelum start

Akhirnya jam 8.. start dimulai.. para pesepeda langsung gowes bareng.. saya yang dikasih wejangan sama suami untuk jangan memaksakan diri, santai aja di awal karena perjalanan akan panjang banget dan nanti terakhir ada tanjakan parah lebih baik di evak ajah.. intinya ngga usah maksain..klo kata pak suami.. siaaaappp juragaann.. saya ikuti semua sarannya.

Santai di awal.. malah tergolong lama gowesnya dibanding temen-temen lainnya.. saya selalu di belakang group dan dikawal sama dua swipper andalan komunitas saya.. sabaaarr bangeet dua bapak itu mengikuti ritme gowes saya yang pelan.

Km 25.. masih cerah ceria..

Di km 25 kita berhenti sebentar, no bad lah 1 jam lebih udah di km25.. berhenti sebentar makan pisang buat nambah tenaga. Alhamdulillah saat itu cuaca mendung-mendung menyenangkan dan mendukung banget untuk gowes.



Lanjut gowes sampai km 40an, masuk ke kota Banjar yang merupakan pit stop pertama untuk isi minum dan leyeh-leyeh sebentar. Klo saya memutuskan untuk lanjut karena setelah ini ada tanjakan yang lumayan.

Bener ajah, tanjakan lumayan curam dan saya inget pesen suami..jangan maksa.. akhirnya memutuskan untuk tuntun bike… soalnya entah kenapa tiba-tiba berasa gelap kaya orang keliyengan..untungnya ngga pingsan.. akhirnya ngunyah fitbar coklat sambil nuntun sepedah.. lumayam berasa terang lagi.. seperti nya tenaga saya habis dan kurang makan… hehehehehe.

Lanjut gowes setelah udah mendingan kondisinya, abis itu dapat turunan yang nikmaaaaatt banget.. walau kudu hati-hati karena belok-belok.. saya yang menggunakan sepeda lipat roda 16 inch agak ngeri juga sih.. tapi mencoba nikmatin ajah turunannya…uhuuuuyyy bangeet deh.

Muka stress abis nanjak

Habis turunan, betis saya agak ketarik sedikit.. akhirnya berhenti sebentar oles-oles counterpain dan lanjut gowes pelaaan bangeeet.. sambil nikmatin pemandangan kiri kanan yang viewnya kebanyakan sawah dan gunung.. subhanaallaaah.. di Jakarta mah gowes view nya gedung mlulu.

Hepi lihat sawah menguning sepanjang jalan


Asli gowweeesnya pelan banget menuju tempat istirahat makan siang di km 66, mana angin nya sepoi-sepoi lagi.. bikin ngantuuk gituh, tapi ya justru disini kesabaran di uji..lanjuut gowes terus walau tenaga udah mulai habis.. dimana lapar campur cape menjadi satu..hahhahaha..

Alhamdulillah.. jam 12 lewat sedikit kita sudah sampai di km 65an..tempat istirahat makan siang, akhirnya melipir ke warung depan sbpu dimana bis kita parkir… karena sebagian dari kita ini adalah romli ( rombongan liar) jadi ngga dapat maksi dan beli maksi sendiri.

Lumayan lama istirahat di warung itu, makan siang plus sholat buat temen-temen lainnya dan pastinya ngelempengin kaki...halaaah bahasanya

Sampai akhirnya saya kepikiran mau evak ajah, tapi karena ngelihat salah satu temen masih semangat gowes dan kompor dari yang lainnya..akhiirnya saya lanjut gowees..

Yuuuuukkk tariik mang gowes di tengah hari bolong yang alhamdulillah ngga panas-panas banget cuacanya. Oia ada pengalaman seru waktu ikutan gowes ini, setiap melewatin sekolah dasar biasanya di luar ada beberapa anak yang sorak sorai menyemangati.. bahkan ada beberapa anak yang minta sekedar tos ataupun salaman… jujuur ya yang kaya gitu bikin nambah semangaatt.. seruu ajah buat saya yang newbie.. pengalaman baru lagi.

Lanjuttt ceritanya ya.. akhirnya di km 76an, berhenti lagi buat makan sop buah dan ternyata ada temen yang sepertinya ngga kuat untuk lanjut, sejujur nya saya sendiri udah mulai lelah.. sampai akhirnya memutuskan untuk evakuasi dan kudu lanjut gowes lagi dulu sampai km 83an di mana bis kita parkir di spbu kalipucang.

Finally gowes sampai situ dan akhirnya saya menyerah untuk di evakuasi, not bad lah ya untuk newbie yang ngga pernah latihan tapi bisa sepedahan jarak jauh dan terhenti di km 83.. lagian saya juga ngga mau maksain diri.. masih ngga mau egois mikirin masalah kudu finish tapi nanti merepotkan semua orang dan apalagi kalo sampai berefek sama yang di rumah.. pokoknya prinsip saya ini gowes santai kudu hepi dan seru.

Benar ajah dong, begitu saya di bis dan melewati tanjakan yang diceritakan suami saya dan melihat bagaimana teman-teman yang lain berjuang melewatinya… uhhhh saluuuttt abis.

Itu tanjakan landai yang berkelok sejauh 6 km an.. saya yang amat sangat benci sama tanjakan landai apalagi panjang begitu, trus dalam keadaan udah cape.. bisa-bisa habis kesabaran kali.. jangan-jangan bisa saya buang sepedah saya.. hahahhahahaha.. tapi mungkin klo next time bisa ada kesempatan ikut lagi.. penasaran juga sih pengen nyobain.. tapi start gowesnya jangan dari tasik.. dari km 65 ajah.. jadi udh setengahnya dan kondisi badan ngga cape-cape bangeet…. Teteeep ya ngga sanggup dari awal.


Mendekati patung ikan marlin yang merupakan symbol dari pantai pandandaran, saya turun lagi dari bis dan lanjut gowes.. mau main-main sepeda dan foto-foto di pantainya bersama sepeda kesayangan.. karena emang itu tujuan saya :D






Alhamdulillah temen-temen bisa finish sebelum matahari tenggelam, jadi bisa seseruan di pantai dan bersyukur lagi kondisi pantainya saat itu walau ombak rada gede tapi ngga separah berita beberapa hari yang lalu, yang katanya ombak sampai ke aspal tempat parkiran.




Selepas magrib, kita mandi, sholat dan makan malem bareng.. selepas isya kita langsung pulang ke 
Jakarta. Alhamdulillah bis mendarat dengan selamat jam 4 pagi di kantor.

Trus gimana performa sepeda united trifold kesayangan saya?

Kesayangaaaaann akuuhh

menurut saya sepeda kesayangan saya united trifold selama saya pakai touring ini sangat baik performanya, cuma kadang memang ada sedikit bunyi di bagian stang  nya, entah bunyi dari tas atau dari sepeda nya, tapi tidak mengganggu banget dan saya puas pakai sepeda lipet ini.. bener-bener ringkes dan masih nyaman di pakai jarak jauh walau roda 16inch, trus pas lagi gowes sempat ada pesepeda yang komentar, klo pakai roda 16 gini mah sampainya lama..bisa bisa abis magrib kali...

Nyatanya saya bisa tuh sampai finish sebelum magrib walau tetep dilipet trus masukin bis pas di km 83...hihihihiihi.. sepeda dia belum tentu bisa begitu karena sepedanya mtb dengan roda besar..kan repot klo mau dimasukin bis.
Trus cape dan pegel ngga sih badannya abis sepedahan segitu jauh?

Capeek bangeet.. tapi senengnya juga seneng bangeet jadi seimbang.
sejujurnya pegel hanya dibagian bokong ajah.. jangan ditanya deh gmn rasanya.. tapi ya sebentar doang, minggu sore juga udah biasa lagi.

Yang jelas perjalanan kemarin seru, hepi banget dan susah move on dari keseruannya.. pengalaman pertama dan nagih.. jadi pengen gowes keluar kota lagi #eh kode keras ini mah :D

Klo mau lihat seru nya gimana, bisa cekidot video nya..kereeen abis pokoknya!

No comments:

Post a Comment