Perayaan Pekan Asi Sedunia Bersama Anmum Mum To Mum


Semenjak menjadi seorang ibu, dipekan pertama bulan agustus berasa special banget.. karena pasti ditime line seliweran pembahasan tentang ASI dan juga seliweran moment-moment indah tentang menyusui, karena tgl 1 – 7 agustus diperingati sebagai pekan ASI Sedunia ( word breatfeeding week).

Pekan ASI kali ini berasa special buat saya, karena saya diundang untuk menghadiri event dari #AnmumIndonesia yaitu peluncuran platform online Anmum Mum to Mum yang diadakan di Hotel Fairmont, Jakarta.



Acara kali ini merupakan acara sharing session mengenai seputar asi dan menyusui, dengan di hadiri beberapa pembicara yaitu :


  • Rohini Behl, Technical Marketing Advisor, PT. Fonterra Brands Indonesia 
  • DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(k), Dokter spesialis anak RSAB Harapan Kita 
  • Ines Yumahana Gulardi, MSc., Senior Nutrition Manager, PT. Fonterra Brands Indonesia 
  • Rinni Wulandari, Public figure yang juga seorang Ibu dari bayi berusia 4 bulan


Menjadi seorang Ibu tidaklah mudah, walau pun sudah berpengalaman pasti selalu ada kejutan-kejutan di setiap perjalanannya, apalagi seorang Ibu baru yang banyak mengalami perubahan dalam dirinya. Bingung, panik dan bisa jadi stress karena tekanan serta perubahan dalam dirinya itu pasti akan dialami.

Semua Ibu adalah Super Mom


Banyak mitos dan fakta yang biasanya membuat bingung para ibu baru, baik bumil maupun busui yang masih sangat haus informasi. Para bumil dan busui juga membutuhkan support system dari lingkungan sekitar khususnya dari orang terdekat atau yang senasib biasanya, untuk membuat mereka kuat menghadapi perubahan hidupnya ini.

Peluncuran Digital Platform Online #MumToMum

Dalam hal ini anmum berusaha untuk menjadi salah satu support system bagi ibu hamil dan menyusui, dengan memberikan informasi akurat yang sangat dibutuhkan bagi para calon ibu, dikemas dalam digital platform online yaitu Mum to Mum agar mudah diakses kapanpun dan dimanapun. 



Di Anmum Mum To Mum ini selain menyajikan informasi, para ibu juga bisa berbagi pengalaman dan juga melakukan tanya jawab dengan ibu lainnya, disini bisa juga mendiskusikan berbagai topik dan menemukan hal baru mengenai perjalanan luar biasa selama masa hamil dan juga menyusui.

Banyak artikel dan juga video sharing mengenai seputar menyusui yang disajikan pada platform ini, lalu ada juga fitur “Tanya Sekarang“  yang akan terhubung langsung dengan facebook Anmum Indonesia, dimana untuk para ibu yang mempunyai pertanyaan serta kegalauan dapat langsung curhat pada ahlinya.

Semua informasi yang disajikan pada platform digital Mum To Mum ini trusted dan bisa dijadikan panduan buat para Ibu selama masa kehamilan dan juga menyusui.

Pekan ASI dan Seputar Menyusui

Karena bertepatan dengan Pekan ASI Sedunia, pada acara kali ini akan lebih dibahas tentang permasalahan dalam menyusui.

Faktanya jumlah ibu yang memberikan ASI eksklusif di Indonesia masih rendah banget dibanding dari rekomendasi WHO.. Sedih ya.. Padahal ASI itu terbaik untuk bayi khususnya dibawah 6 bulan.
Pada kesempatan ini DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(k) sharing mengenai tantangan dan solusi pada saat menyusui.




Menurut dokter Ariani, ada beberapa hal yang menyebabkan seorang ibu bisa menurun produksi ASInya diantaranya adalah :

  • Kurang memperhatikan kesehatannya (lelah) 
  • Terlalu banyak mengkonsumsi caffeine 
  • Merokok 
  • Sedang mengkonsumsi obat
  •  Stress 
  • Pola makan yang tidak sehat (diet)

Dengan kata lain stress, kelelahan dan juga tekanan psikologis bisa menjadi factor utama para ibu menurun drastis produksi ASInya, apalagi jika ibu tidak bisa menyusui langsung bayinya karena sakit. 



Disarankan jika sudah menurun produksi ASI nya, seorang ibu masih bisa melakukan relaktasi dengan tips berikut ini:


  1. Supply ASI = Demand, jadi menyusui langsung dengan insentif dan juga disiplin untuk sering mompa ASI dapat membuat produksi ASI semakin bertambah.   
  2. Perbanyak minum air putih 
  3. Curi waktu untuk istirahat 
  4. Minum suplemen galaktagog 
  5. Memperkuat bonding dengan bayi, bisa melalui pijat atau skin to skin 
  6. Melakukan pijat oksitosin 
  7. Pentingnya dukungan keluarga, teman dan tenaga kesehatan.

Pada Acara kemarin juga kita belajar bagaimana cara pijat oksitosin yang merupakan dukungan untuk para ibu menyusui agar semakin lancar ASI nya.

Praktek Pijat Oksitosin
Oksitosin adalah hormon yang bereaksi ketika tubuh manusia mendapat sentuhan, hormon ini akan membuat seseorang merasa bahagia, jika seorang ibu meyusui bahagia maka hormone prolactin juga akan terstimulasi sehingga produksi ASI akan meningkat.

Rinni wulandari seorang penyanyi yang baru saja menjadi ibu dari Nord usia 4 bulan, membagikan cerita bagaimana paniknya ketika awal awal setelah melahirkan dan juga ketika berat badan anaknya yang tidak naik sesuai anjuran dokter, tapi rinni tidak menyerah.


“Menjadi ibu untuk pertama kalinya adalah perjalanan yang luar biasa bagi saya. Banyak momen bahagia, sekaligus banyak tantangan. Salah satunya saat menyusui di mana produksi ASI yang sempat terhambat karena tekanan pekerjaan sehari-hari padahal Nord masih dalam usia ASI eksklusif. Berkat dukungan dari orang-orang sekitar saya yang selalu memberikan semangat positif, saya terpacu sekali untuk kembali memberikan ASI eksklusif”.



Seputar Nutrisi Terbaik untuk ibu Hamil dan Menyusui

Ines Yumahana Gulardi, MSc., Senior Nutrition Manager PT Fonterra  Brands Indonesia, menjelaskan “Ibu membutuhkan dukungan emosional dan psikologis selama masa kehamilan karena mereka perlu menyediakan nutrisi terbaik bagi bayi mereka di setiap tahap kehidupan. Oleh karena itu, informasi yang diterima para ibu saat masa perencanaan kehamilan, kehamilan, dan menyusui memiliki peran penting dalam menentukan perkembangan bayi keseluruhan sejak berada dalam kandungan hingga pertumbuhan masa kanak-kanak, yang di kemudian  hari dapat mempengaruhi kesehatan mereka”.

Ibu Ines juga memberitahukan bahwa Gangliosida dan DHA adalah Zat penting untuk pertumbuhan otak anak hingga umur 2 tahun, dan kedua nutrisi itu sangat dipengaruhi oleh asupan Ibu. Untuk Ibu yang suka mengkonsumsi ikan akan menghasilkan DHA yang banyak di ASI nya.



Vitamin A, B6, B12 dan C juga dipengaruhi oleh asupan ibu selama menyusui, sedangkan kalsuim dan Zat Besi tidak dipengaruhi oleh asupan ibu selama menyusui, akan tetapi jumlah kalsium dan zat besi yang mengalir melalui ASI akan diambil dari cadangan yang Ibunya punya. Jadi tetap perhatikan konsumsi Kalsium dan Zat besi agar cadangan kedua zat itu pada Ibu tidak berkurang, jadi tulang masih padat dan Zat besi masih mencukupi.

Kesimpulan dari pemaparan Ibu Ines,
1000 hari pertama sang anak penting untuk membentuk dasar bagi hidupnya kelak, karena dimasa ini pertumbuhan dan perkembangan otak serta organ tubuh lainnya.

Asupan nutrisi ibu selama menyusui pun mempunyai peran penting pada komposisi zat gizi pada ASI, karena perkembangan otak anak masih terus pesat hingga 2 tahun jadi menyusui hingga 2 tahun itu banyak manfaatnya.





Anmum adalah salah satu brand terkemuka di Indonesia yang diformulasikan  untuk mendukung kebutuhan nutrisi ibu dalam persiapan kehamilan, saat hamil dan menyusui. Kami ingin mendampingi ibu dengan informasi yang tepat agar dapat membuat keputusan tepat bagi diri sendiri dan bayinya,” tambah mba Ines

Sistem nutrisi Anmum mencakup susu yang diformulasikan khusus bagi wanita yang berencana untuk berumah tangga, selama kehamilan dan menyusui, serta produk anak. Didukung oleh penelitian ekstensif tentang nutrisi, kesehatan ibu dan bayi, serta perkembangan anak. Anmum tersedia di 10 negara di Asia. Produk Anmum dengan kandungan nutrisi penting seperti Nuelipid, Folate, Gangliosides (GA), Sialic Acid (SA), Docosahexaenoic Acid  (DHA), Essential Fatty Acid (EFA) dan zat besi. Anmum tersedia di 10 negara di Asia.

 
Anmum #MumToMum memberikan dukungan emosional dan psikologis dari ibu untuk ibu selama perjalanan luar biasa mereka, termasuk menyusui. Anmum sepenuhnya mendorong para ibu agar sukses menyusui secara eksklusif selama enam bulan dan dilanjutkan hingga dua tahun.

Dengan adanya platform online ini, saya sebagai seorang busui sangat senang karena bisa berbagi pengalaman dan juga diskusi dengan mudah secara digital dengan mum lainnya.


Buat yang ingin ikutan gabung juga, yuuk akses platform digital #MumToMum dengan mengunjungi website Anmum Indonesia atau Facebook Anmum Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar