Alihkan Gadget, Yuk ajak anak bermain keluar di Funtopia dari Traveloka

Ternyata punya anak cowo dibanding anak cewe itu beda bangeet.. saya baru merasakan sekarang, tepatnya di umur aryo menjelang 2 tahun ini, klo dibandingkan sama kakak-kakaknya dulu beda banget cara dan polah tingkahnya.

Aryo saat ini lagi suka banget main keluar, anti dia klo di rumah aja..begitu abis mandi pasti langsung minta pakai sandal/sepatuya untuk langsung pergi keluar rumah. Buibu yang punya anak cowo begitu juga ga sih anaknya?

Klo dua kakak cewenya dulu ngga begitu, mereka betah aja main didalam rumah. Bukan saya ngga suka anak main di luar rumah, suka bangeet malah tapi tau sendiri kan ya gimana kondisi saat ini, klo main di luar itu keamanannya gimana…huuhuhuhu kadang sedih dengan hal ini, karena jujur saja saya pun menghabiskan masa kecil saya dengan bermain di luar rumah bersama dengan abang saya.



Pas kemarin tau ada FUNTOPIA  persembahan dari Traveloka dan bekerja sama dengan Beyond Screen Production, saya langsung seneeeng banget. Wah ini pas banget buat aryo, pasti dia hepi karena selain outdoor akan ada banyak balon raksasa nya… dia kan juga histeris klo sama balon…langsung deh kebayang hepi nya muka aryo.


APA ITU FUNTOPIA ?

Funtopia ini adalah Balloon park terbesar pertama di Indonesia, dengan luas lahan tiga hektar dan ada delapan balon raksasa yaitu mistery maze, traveloka track, bunny boo, candy cane, caterpillar cave, old octopus, crown castle dan mighty mushroom.


Rangkaian acara Funtopia ini akan hadir dibeberapa kota, namun awal nya diadakan di Jakarta dahulu dari tanggal 17 – 30 Agustus 2018 di Bintaro XChange park, Mall Bintaro XChange.

Tujuan event ini adalah untuk menciptakan sebuah arena bermain anak di luar ruangan yang dapat dimanfaatkan keluarga Indonesia untuk meningkatkan aktifitas fisik anak dan menciptakan moment kebersamaan dengan keluarga.

Menurut penelitian tingginya penggunaan interaksi anak dengan layar pada siang hari, tidak memungkinkan mereka untuk bergerak dan aktif secara fisik. Pada akhirnya ini bisa mengganggu kemampuan anak untuk mengatasi masalah, bergerak, berpikir dan berkegiatan.

Nah bermain di Funtopia ini bisa mengalihkan anak dari gadget (screen time), harapannya kegiatan ini bisa memberikan aktivitas fisik yang sangat berperan dalam menstimulasi kecerdasan anak.

Otak dan tubuh saling bergantung dan bekerja timbal balik, sehingga pemberian stimulasi menjadi sama pentingnya dengan pemberian nutrisi – Mia Lukmanto, CEO dan Founder Beyond Screen Production
Makanya jujur saya suka banget aktivitas outdoor, terkadang hanya kurang sreg soal keamanan ajah.. tapi karena di Indonesia sudah agak susah.. tau sendiri kan ya ibu ibu.. gimana khawatirnya kita soal bermain di luar klo ngga aman dan nyaman..Nah Funtopia ini bisa jadi solusi nya.

Arena permainan outdoor dengan ragam hiburan yang bisa dinikmati seluruh keluarga sepanjang hari merupakan sebuah konsep yang langka untuk perkotaan saat ini, dan Funtopia berusaha menjawab kebutuhan masyarakat akan sarana hiburan yang ideal untuk segala usia. Untuk alternative hiburan lainnya, pengguna dapat berkunjung ke situs web maupun aplikasi Traveloka dan memilih menu Aktivitas & Rekreasi, yang senantiasa menyediakan akses mudah dan ragam pilihan untuk pemesanan tiket hiburan dan rekreasi keluarga – Christian Suwarna, Senior VP Bussiness Development Traveloka

PENGALAMAN BERMAIN DI FUNTOPIA

Sabtu kemarin saya beserta anak-anak langsung menuju ke Bintaro Xchange untuk mencoba arena Funtopia.. yeaaaaayy.. walau baru pertama kesini dan ngga dianterin sama ayah, Alhamdulillah kita bisa sampai juga di mall ini dengan bantuan grab car.
 
Begitu masuk mall ini, bener aja aryo teriak pas ngelihat balonnya, padahal kita masih jauh dari arena Funtopia nya, tapi ya karena balonnya gede jadi cukup eye catching deh.

Ternyata di mall ini ada area taman gitu ya.. asli norak dan baru tau. Jalannya lumayan juga menuju area Funtopia, begitu sampai di tempat pembelian tiket, anak-anak makin ngga sabar :D

ini bagian food and beverages nya persembahan dari @travelokaeats
Begitu masuk Areanya, kita disambut area yang lucu buat foto-foto…pokoknya instagramable banget deh, langsung cekrek-cekrek buat foto-foto dulu bentaran, ini adalah area kuliner persembahan dari @travelokaeats, disini tempatnya both-both makanan dan kita bisa jajan dan sambil makan disini.. jadi buat yang ngga bawa makanan ngga udah khawatir.

Setelah itu kita menuju penitipan sandal untuk menukar sandal yang kita pakai dengan sandal hotel, gunanya bisa membuat kita bebas bergerak pindah-pindah wahana tanpa khawatir alas kaki yang kita pakai hilang.

Sayangnya ngga ada loker atau both untuk penitipan tas, rada ribet juga klo seperti saya yang pergi bawa tas ransel gede sambil jaga anak-anak yang lincah bener kaya gangsing. Asli Ribeet bokk! bawa badan ajah berat untuk main di atas balon apalagi di tambah tas.

Awalnya saya ragu untuk ikutan main di balonnya, karena badan saya yang lumayan berat begitu ngijek balon kok ya berasa amblas, tapiiii ternyata itu hanya ketakutan awal ajah.. setelah nyobain karena harus jaga anak-anak, ternyata saya malah bisa ikutan seru main bareng mereka :D

ini wahana mistery maze, bentuknya labirin yg bikin penasaran
Seperti di arena mistery maze yang seperti labirin bulat, ini agak menantang dan lumayan bikin anak saya yang paling besar penasaran. Lalu di old octopus yang paling favorit buat semua anak saya karena perosotannya seru dan ada lorong yang bikin aryo hepi banget.

wahana favorit anak-anaks saya.. old octopus..perosotannya seruu
Kemudian di caterpillar cave, yang balon berbentuk ulat raksasa.. ini juga favoritnya Tania dan tiara, seru klo menurut mereka, lorong yang dilalui menanjak dan penuh tantangan.. klo untuk seumuran aryo sepertinya kurang aman, ini untuk yang usia 4 tahun keatas menurut saya.


si ulet gede alias caterpillar cave
Candy cane dan Crown Castle, ini favorit mamanya.. karena disini mamanya bisa sedikit ngaso alias duduk manis sambil merhatiin anaknya main.. ya walau tidak duduk manis banget karena tetap harus waspada tapi setidaknya bisa napas sedikit lah.. asli ya ibu ibu, ngikutin anak yang tenaga nya bagai kuda ini bisa mama berasa jogging 5 km..jadi anaknya gerak dan mama nya pun ikutan olah raga.

klo ini favorit nya aryo.. wahana Candy cane


Crown Castle
Traveloka track, ini favorit nya aryo bangeeet.. karena ada kolam bola dan perosotannya ngga tinggi banget, jadi dia nyaman main disini. Klo mighty mushroom ini juga untuk anak yang udah gede umurnya, bisa manjat seperti wall climbing dan aman karena balon bawahnya.

ini juga favorit nya aryo.. wahana traveloka track


si mighty mushroom
Terakhir wahana bunny boo, ini balon kelinci raksasa yang bikin aryo histeris lihatnya trus langsung minta foto..halaah anaknya narsis juga ternyata :D

bunny boo
Trus berapa lama main disitu? Asli ngga ada abis nya deh battery para bocah ini, jam 12 mereka udah berasa cape dan minta makan siang. Saya memilih makan di mall sekalian ngadem soalnya cuaca siang itu memang panas banget, selesai makan dan aryo juga selesai tidur siang.. jam tiga sore kita masuk lagi ke Funtopia nya. Udah lumayan adem dan makin rame, anak-anak pun makin full tenaga nya kaya baru selesai ngecharge battery.

Sedikit tips dari saya untuk yang mau main kesana..

  • pilih waktu bermain yang saat cuacanya enak dan nyaman buat anak
  • Jangan lupa bawa kaos kaki, karena disana wajib hukumnya
  • Bawa topi dan baju ganti
  • Bawa air minum yang banyaaaakkk.. biar agak irit, tau sendiri kan main outdoor bawaannya bikin anak kehausan
  • Bawa kamera yang mumpuni untuk foto foto, soalnya bagus foto-foto disitu
  • Bawa tas yang simple dan nyaman untuk dipakai selama menjaga anak
  • Bawa uang cash juga ya, karena both makanan, minuman dan both lainnya buat belanja harus pakai cash.
  • pakai sunscreen juga ya..


Pihak Beyond screen production mengklaim peralatannya didesign tetep aman saat anak melakukan aktifitas lompat, lari, berguling, merangkak, memanjat dan lainnya. Karena saat pembuatan bekerja sama dengan sambill park, pemilik wahana balon terbesar di Malaysia, jadi sudah standard Internasional.

Akan tetapi buat saya, walau sudah di klaim aman bukan berarti kita bisa sembrono, tetap harus waspada untuk jaga anak kita, khususnya untuk anak di bawah usia 3tahun (seperti aryo)... karena kadang bermain di balon ini pergerakan anak juga ngga bisa di prediksi soal keseimbangannya, ngerti ya gimana maksud saya.

Buat saya htmnya Funtopia ini ngga terlalu mahal, kemarin weekend itu 100ribu dan diskon 15% klo pakai BCA, Untuk di Traveloka lebih banyak varian promo nya ada yang single maupun group dan harga yang menarik





Dengan tiket masuk segitu bisa puas keluar masuk pada hari yang sama, klo kuat nih ya nemenin anaknya bisa dari pagi sampai malem deh, jadi untuk area outdoor yang langka, harga segitu ngga terlalu mahal.

Untuk jam operasi nya sendiri dari pukul 07.00 -22.00 weekend, pukul 15.00 – 22.00 weekday dan pukul 10.00 – 22.00 di hari libur nasional seperti pas HUT RI dan libur Idul adha nanti.

Arena Funtopia ini bisa dijadikan alternative kegiatan liburan kali ini.. buat yang punya rencana kesana bisa melakukan pemesanan tiket melalui Traveloka dengan harga menarik.

No comments:

Post a Comment