Skip to main content

Pentingnya Sentuhan Cinta Untuk Para Bayi


Ibu mana yang tidak ingin bayi nya tumbuh dan berkembang secara sempurna? Semua ibu pasti memiliki harapan agar anak yang dikandungnya selama 9 bulan dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. 

Sayangnya masih banyak bayi yang kurang beruntung bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, khususnya pada masa neonatal. Dimana masa neonatal itu merupakan masa 28 hari pertama setelah lahirnya bayi ke dunia, masa yang sangat krusial untuk seorang bayi dalam menghadapi perubahan yang sangat drastis sedangkan tubuhnya masih butuh adaptasi, khususnya bagian kulit.

Karena kulit yang biasanya terlindungi oleh cairan ketuban selama dalam kandungan ibu harus terbiasa dengan lingkungan baru yang “bebas” dan belum tentu steril. Dimasa neonatal ini jika perawatan kulitnya kurang makswimal bisa mengakibatkan peradangan maupun infeksi, bahkan kematian pada bayi. 

Oleh sebab itu dimasa neonatal, para bayi butuh penanganan yang khusus dan harus diberi stimulasi yang rutin untuk mendukung agar tumbuh kembangnya sempurna. Stimulasi yang terbaik adalah stimulasi multisensorik yang dapat menstimulasi seluruh indera yang dimiliki, salah satu caranya dengan memijat bayi.


Stimulasi multi sensorik akan bermanfaat bila terjadi secara bersamaan, terintegrasi dan terkait satu sama lain. – murray, 2012-



Mengapa Memijat Bayi?

Karena dengan memijat bayi, kita bisa melakukan beberapa stimulasi dalam satu kegiatan. Kita melakukan kontak mata dengan bayi, lalu berkomunikasi dan juga bersentuhan dengan bayi. 

Tahu kah ibu bahwa sentuhan cinta antara ibu dengan bayi sangat penting? Karena sentuhan cinta ibu ke bayi nya bisa berpengaruh pada kesehatan dan perkembangan bayi. 

Dengan melakukan kontak mata berarti menstimulasi indera penglihatan, lalu berkomunikasi menstimulasi indera pendengaran dan bersentuhan pada saat memijat menggunakan baby oil maupun lotion itu dapat menstimulasi indera penciumannya yang dapat membuat bayi merasa tenang dan rileks dengan mencium wangi dari baby oil ataupun baby lotion.

Lalu bagaimana dengan manfaat pijat bayi tersebut?

Dengan melakukan pemijatan pada bayi, otomatis kita mendapatkan beberapa manfaat diantaranya:

1. Manfaat Fisik

  • Membantu pengaturan system pencernaan dan penyerapan 
  • Membantu melancarkan system peredaran darah 
  • Membantu melancarkan system sirkulasi/ pernafasan 
  • Membantu meningkatkan berat badan 
  • Membantu meningkatkan system imunitas 
  • Meningkatkan kualitas tidur dan memperlama  masa tidur, jadi tidur lebih lelap dan baik untuk pertumbuhan otak bayi
2. Manfaat Emosional
  •  Membuat dan mempererat ikatan/bonding.
  • Lebih mudah bersosialisasi.
  • Membantu meredakan ketidaknyamanan seperti kolik, tumbuh gigi dsb.
  • Menurunkan produksi hormone stressor yang bisa membuat bayi menjadi riang. 
  • Mengurangi rewel. 
  • Membantu bayi untuk berlatih relaksasi.

Ternyata banyak banget manfaat dari kegiatan memijat bayi, maka dari itulah JOHNSON’S® sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, meluncurkan inisiatif terbarunya, “Sentuhan Cinta”






Dimana program ini mendorong ibu Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Sentuhan Cinta bertujuan untuk memberikan bayi di seluruh Indonesia kesempatan yang sama untuk hidup agar mereka dapat tumbuh, berkembang, dan menggapai impian mereka


Dengan membuat acara temu komunitas bersama dengan The Urban Mama, dimana kami semua diberikan informasi tentang pentingnya memijat bayi lalu kami juga diajarkan dan bahkan langsung mempraktekkan dengan memijat bayi yang benar, sayangnya waktu itu saya tidak membawa aryo, jadi hanya menggunakan boneka.




Acara ini berlangsung sangat edukatif dan informatif menurut saya, dimana saya semakin tahu bagaimana cara memijat bayi dan juga ada sesi sharing dari pihak Johnsons ketika mereka melakukan perjalanan kampanye sentuhan cinta ini ke berbagai pelosok daerah seperti di sumba, maluku dan sumatera utara. Program ini bertujuan untuk mengedukasi para Ibu yang tinggal di daerah wilayah Indonesia dengan nilai angka kematian yang relatif tinggi.


JOHNSON’S® juga bekerja sama dengan yayasan safe the children, alfamart dan tokopedia untuk membantu yayasan safe the children mendidik para ibu agar bisa merawat bayi mereka tumbuh kuat dan sehat.

Seluruh ibu-ibu lain juga dapat berpatisipasi dalam kampanye Sentuhan Cinta ini, dengan cara melakukan transaksi pembelian semua jenis produk JOHNSON’S ® Baby minimum Rp 25.000,- di Alfamart atau di JOHNSON’S® Baby Care Collection di Tokopedia. Setiap transaksi ini, para ibu secara otomatis akan menyumbangkan Rp 500,- untuk Save the Children.

Jadi yuuk kita jalan-jalan ke alfamart untuk membeli produk Johnson atau klo males jalan bisa langsung klik tokopedia.com buat beli produk Johnson juga supaya bayi-bayi lucu di Indonesia bisa tumbuh sempurna dan menggapai impian mereka..

Trus buat yang masih belum fasih memijat bayi atau mau tahu lebih jelas tentang memijat bayi bisa langsung ke website nya Johnson's Baby atau IG nya Johnsons Baby.

So jangan lupa untuk selalu memberi sentuhan cinta buat si kecil ya mommies..

Comments

Popular posts from this blog

REVIEW - Breastpump SPECTRA Q

REVIEW United Trifold