Pahami Mitos dan Fakta seputar Asi Bareng The Urbanmama dan Philips Avent


Ngga akan pernah bosan saya menulis tentang menyusui, selain karena saat ini saya masih dan cinta banget soal meyusui dan saya berharap apa yang saya informasi yang saya tulis bisa bermanfaat bagi ibu yang sedang menyusui juga dan orang-orang yang akan menjadi support pendukungnya, sehingga bisa menularkan semangat untuk memberikan ASI eksklusif pada bayi.


Rabu 28 maret 2018, saya menghadiri acara TUM luncheon bersama Philips Avent dengan tema Let's talk about Breastfeeding di Philips Consumer Experience Center Cabang Pondok Indah. Pada acara ini di bahas  tentang mitos dan fakta soal menyusui lalu dilanjutkan dengan demo cara memberikan MPASI.


Acaranya sendiri cukup singkat, padat dan menyenangkan. Di buka dengan speech dari teh Ninit sebagai founder nya The Urban Mama, lalu dilanjutkan dengan presentasi dari dr. Sarah Audia Hasna selaku TUM Expert yang juga merupakan seorang dokter umum dan konselor laktasi. Pemaparan dari dokter sarah ini yang bagus, mengenai mitos seputar asi dan juga sharing pengalaman sedikit ketika beliau menyusui anaknya.

 
foto di pinjam dari blog nya annisa



berikut ini penjelasan mengenai mitos dan faktanya sepputar menyusui



MITOS DI MASA PRENATAL



  • Mitos: “Bocor Kolostrum” di trimester ke-3 kehamilan menjamin kelancaran produksi ASI di 3 hari pertama pasca bersalin.
    Faktanya : Kelancaran ASI Awal di 3 hari pertama dipengaruhi IMD, Rawat Gabung, Bayi menyusu dengan latch on yang benar. Tidak berpengaruh dengan “bocor kolostrum”
  • Mitos : perlu pemijatan payudara secara rutin pada trimester 3 agar ASI lancar.
    Faktanya
    : hati-hati soal pemijatan payudara ini, pada kehamilan sebaiknya dihindari karena bisa memicu kontraksi dini. Untuk masa kehamilan sebaiknya payudara hanya cukup sering di bersihkan puttingnya dengan kasa dan air hangat.

MITOS DI MASA POST NATAL


  • Mitos : ASI “belum keluar” di 3 hari pertama kelahiran itu wajar
    Faktanya
    : ASI sudah keluar walaupun jumlahnya masih sedikit sesuai kebutuhan bayi dan selalu tanamkan positive mind “ASI Cukup, ASI keluar”. Pentingnya IMD, rawat gabung, bimbing bayi menyusu dengan latch on yang baik, lalu khusus bayi sehat cukup bulan..tidak ada indikasi medis untuk diberikan susu formula
  • Mitos : ASI bening (kolostrum) tidak baik, sebaiknya dibuang saja di awal.
    Faktanya
    : kolostrum adalah cairan hidup yang mengandung banyak manfaat.
    Fungsinya antara lain sebagai antibodi pertama, yang mengandung zat pencahar dan sel-sel hidup pertahanan tubuh sehingga bisa menurunkan resiko breastfeeding jaundice. Pokoknya kolostrum itu sangat dibutuhkan bayi pada awal kehidupannya
  • Mitos : wajar puting nyeri saat menyusui
    Faktanya
    : puting tidak akan nyeri jika bayi menyusu dengan latch on yang benar
  • Mitos : Ibu dengan payudara kecil berarti menghasilkan ASI yang sedikit 
    Faktanya : Ini saya banget!
    Dulu sering sekali minder dengan bentuk payudara yang kecil, tapi sekarang justru saya bangga..saya berhasil membuktikan bahwa mitos itu tidak benar. Ternyata banyak tidaknya ASI tidak dipengaruhi ukuran payudara, akan tetapi tergantung seberapa sering bayi menyusu

    Alhamdulillah saya sukses memberikan asi eksklusif untuk ke tiga anak saya dan hingga saat ini anak ketiga saya umur 1,5 tahun, saya masih menyusuinya.. jadi untuk ibu-ibu yang bentuk payudara nya kecil jangan berkecil hati ya.. tetap tanamkan positive mind bahwa ASI cukup dan bisa menyusui.
  • Mitos : puting kecil, terbenam, besar akan menyulitkan bayi menyusu dengan benar. 
    Faktanya : menyusu di areola bukan di puting. Apapun bentuk putingnya tetap bisa menyusu
  • Mitos : Sebelum menyusui, ibu perlu mencuci putingnya agar bersih 
    Faktanya: cukup oleskan ASI sebelum dan sesudah menyusui
  • Mitos: ibu makan pedas, anak diare. 
    Faktanya: diare pada bayi disebabkan paling banyak karena infeksi (virus/bakteri/parasite), bukan karena intoleransi protein asing pada makanan ibu.
  • Mitos : Produksi ASI ditentukan oleh seberapa banyak hasil perahan ASI 
    Faktanya : Ingat proses demand dan supplay. ASI dihasilkan sesuai dengan permintaan bayi dan ini bener banget.. semakin kita konsisten pumping, maka akan semakin banyak juga produksi asi nya, jadi klo mau stock asip nya banyak ya kuncinya rajin pumping.
  • Mitos : bayi menyusu harus langsung di 2 payudara karena yang sebelah kanan itu makanan, payudara kiri minumannya supaya bayi kenyang. 
    Faktanya : bayi yang paling tahu kapan dia lapar dan kapan dia kenyang, kita ikuti saja kemauan bayi
  • Mitos : bayi harus menyusu 2 jam sekali. 
    Faktanya : bayi menyusu tidak dijadwal, ada kalanya dia sedang mengalami periode growth spurt sehingga menyusu lebih sering bisa setengah jam atau sejam sekali, ikuti saja kemauan bayi. Bayi tidak mengenal waktu !
  • Mitos : ASI encer tidak baik, ASI kental baru baik. 
    Faktanya : ayo pahami mengenai foremilk dan hindmilk !
  • Mitos : Bayi 0-6 bulan butuh air putih ketika cuaca panas
    Faktanya
    : Tidak perlu karena ASI hampir 90% terdiri dari air
  • Mitos: ibu yang terkena penyakit infeksi harus berhenti sementara menyusui, takut bayi tertular. 
    Faktanya : ASI mengandung sel-sel pertahanan tubuh, antibodi yang dibutuhkan bayi untuk meningkatkan imunitasnya.
  • Mitos : bayi yang diare membutuhkan air atau susu formula khusus, ASI sebaiknya dihentikan dulu. 
    Faktanya : ASI justru sangat dibutuhkan bayi ketika diare, dapat digunakan sebagai terapi pengganti cairan untuk mencegah dehidrasi berkelanjutan
  • Mitos : Jika bayi sudah diatas 6 bulan perlu ditambahkan susu formula untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.
    Faktanya : bukan susu formula yang dibutuhkan tapi saat usia 6 bulan mulailah memberikan MPASI menu 4 bintang menurut WHO, ASI dilanjutkan sampai 2 tahun atau lebih
  • Mitos : Bayi yang terus rewel bisa jadi ASI kurang sehingga perlu ditambahkan susu formula.
    Faktanya : cari penyebab bayi menangis
  • Mitos : tiba-tiba bayi saya minta nyusu terus seperti tidak kenyang-kenyang.
    Faktanya : pahami mengenai growth spurt
  • Mitos : Jika ibu mengkonsumsi obat-obat apapun harus menghentikan menyusui.
    Faktanya: ada pilihan obat aman untuk menyusui. Perhatikan benefit and risk, konsultasi ke dokter. Tidak disarankan konsumsi Jamu
  • Mitos : sekali ibu tidak menyusui, ibu tidak akan bisa menyusui bayinya lagi (kasus nursing strike)
    Faktanya : Ada metode relaktasi. Datang ke klinik laktasi dan minta bantuan konselor laktasi
  • Mitos : Ibu menyusui perlu pantang banyak makanan agar bayi tidak alergi.
    faktanya: makan dengan gizi seimbang. Jika bayi menunjukkan tanda alergi segera konsul ke dokter spesialis anak
  • Mitos : menyusui membuat BB saya susah turun.
    Faktanya: Justru cepat menurunkan. Walaupun kebutuhan kalori nya besar tapi menyusui dapat menyebabkan kehilangan kalori 350-500 kalori (pengaruh hormonal menyusui). Makanan Gizi seimbang. Makanya saya senang sekali masa menyusui karena bisa makan banyak tanpa khawatir menggendut
  • Mitos : Keberhasilan menyusui hanya tergantung dari perjuangan ibu.
    Faktanya: menyusui bukan hanya perjuangan si ibu, akan tetapi dukungan besar dan kuat dari ayah, keluarga, teman dan tempat kerja dapat meningkatkan keberhasilan menyusui.
Selain TUM Expert, hadir juga seorang Urban mama yang juga seorang ibu blogger yang sedang menyusui anaknya usia 4 bulan yaitu mama Finna Yudharisman. Mama Fina ini merupakan ibu bekerja dari rumah yang aktif, dan pada acara ini mama fina juga berbagi ceritanya tentang bagaimana persiapan waktu mau melahirkan dan juga masa masa awal menyusui. 


Mama fina juga menjabarkan bagaimana cara dia membagi waktu ditengah kesibukkannya, namun tetap bertekad akan memberikan ASI Eksklusif untuk bayinya. Mama fina juga menjelaskan tentang manajemen asi nya, jadi biar ibu bekerja dari rumah, mama fina tetap pumping untuk membuat stock ASIP untuk saat ketika bayinya harus di tinggal atau ada urgent lainnya. Mama fina juga share tentang pemberian asip kepada anaknya melalui botol Philips avent natural yang bentuknya mirip dengan payudara ibu, sehingga tidak menyebabkan bingung putting, sama seperti saya juga memberikan asip kepada aryo dengan botol Philips avent.








Pada acara ini juga ada demo pembuatan mpasi yang simple dan mudah dengan Avent 4 in1 steam blender, pihak Avent sendiri yang di wakili dengan Mba Shanti menjelaskan beberapa produk philips avent yang diciptakan untuk membantu dan memudahkan para urban mama yang ingin memberikan asupan nutrisi terbaik baik itu ASI maupun Mpasi untuk si buah hati. Avent hadir dengan berbagai produk mulai dari breastpump nya yang jadi favorit hingga alat-alat lainnya dengan menggunakan teknologi yang disesuaikan terkini.

Semoga informasi yang saya tulis ini bisa bermanfaat :)






2 comments:

  1. nah penting banget nih di share biar ibu-ibu semakin banyak yang tahu tentang dan mitos dan fakta seputar ASI ini.

    ReplyDelete
  2. Tentang mitos dan fakta ini harus semakin disosialisasikan karena memang masih banyak yang belum tahu tentang hal ini :)

    ReplyDelete