Main ke Istana Panda Taman Safari Indonesia

Udah pada tahu belum kalo di Taman Safari Indonesia sekarang ada Panda nya?
Mungkin beberapa orang sudah tahu dan khususnya yang suka jalan lewat jalur puncak pasti sudah lihat iklannya di sepanjang jalan menuju Taman Safari.





Akhirnya kita kesana dadakan dan berangkat pagi biar puas main-main disana, soalnya harga tiket masuk TSI sekarang agak lumayan ya. Untuk HTM nya sendiri 210 ribu untuk anak dibawah 5 tahun dan 230ribu untuk dewasa, tiket ini sudah inc tiket masuk ke Istana Panda nya juga ya..





Klo soal cerita TSI nya sendiri, pasti udah pada sering baca dan mungkin udah sering kesana ya, karena memang ngga banyak yang berubah kok, tapi disini saya mau coba menceritakan pengalaman kita melihat Istana Panda nya aja ya.

Jadi begini ceritanya..


Ternyata istana panda itu letaknya jauuhh tinggi di atas dari area TSI itu sendiri.. *lebay
Tapi beneran, menurut supir bis shuttlenya, kedatangan dua panda dari china ini disambut spesial oleh pihak TSI, mereka menanam bambu khusus untuk kedua panda ini dari 3 tahun yang lalu, karena 1 ekor giant panda ini bisa menghabiskan 17-20 kg tanaman bambu dalam sehari.. jadi biar supply makanannya ngga kurang.

trus istana panda ini juga di buat dengan ketinggian sekitar 1500 kaki dari permukaan laut, supaya udaranya sejuk dan juga tidak terlalu bising. Untuk mencapai istana panda ini, kita diharuskan menggunakan shuttle bus yang tersedia dari halte yang ada di dekat area cowboy show.

Jalanan menuju istana panda ini cukup terjal, naik turun nya lumayan bisa bikin deg deg ser.. soalnya cuma satu jalur bis dan curam juga, tapii pas sampai di atas istana panda.. semua terasa terbayarkan..

Istana cukup megah untuk ukuran dua ekor panda, pemandangan yang aslii bikin mata segeeer bangeet ngeliatnya.. udaranya juga sejuk dengan angin yang cukup kencang.. pokoknya WOW banget deh.




Di pintu masuk setelah antrian shuttle bis, langsung kita bisa melihat view yang segeer banget trus ada spot untuk foto yang keren, ternyata untuk foto disitu kita bayar 60 ribu dan mendapatkan satu lembar foto yang sudah di frame.. klo menurut saya ngga mahal kok dengan harga segitu.


Akhirnya kita mencoba foto disitu, setelah antri pas giliran foto malah drama.. eyang sama tita ngga mau foto karena agak takut menuju spot nya, gimana ngga takut coba..klo melihat kebawah emang ngeri banget! lantai terbuat dari kaca dan spot foto berada di ujung dengan ketinggian yang lumayan.. saya aja sampai tidak berani melihat kebawah.. ngerrii euy.


Setelah selesai foto, kita langsung eksplor masuk ke istananya, istana terdiri dari 3 lantai dan berasa banget nuansa china nya. Lantai 1 berisi toko souvernir yang isi nya panda-panda menggemas kan, lalu lantai 2 ada restoran besar lengkap dengan toilet yang bersih, baru di lantai 3 ada edukasi tentang panda dan juga tempat kita melihat kedua giant panda nya.

di dalam istana panda ini juga banyak spot-spot lucu untuk foto-foto dan semuanya gratis kok, jadi pastikan kamera anda penuh battery nya :D

langsung cerita pengalaman di lantai 3 ya.. pas masuk kita melihat semacam maket yang berisi informasi tentang panda, lalu kita akan dicek lagi tiketnya oleh petugas sebelum masuk ke area tempat kandang pandanya.

Menurut saya ini model nya edukasi tentang pandanya ini mirip dengan museum tubuh di batu malang. Jadi awal masuk kita seperti berjalan di lorong yang penuh edukasi tentang panda, lalu kita masuk ke ruangan seperti rumah sakit untuk merawat panda yang sakit lengkap dengan contoh alat-alat kesehatan dan juga foto rongentnya, lalu juga ada miniatur dari bayi panda hingga panda besar..pokoknya menarik kok informasinya.


Setelah menyusuri lorong dan ruang itu, kita sampai di ruangan theatre yang akan memutar film tentang perjalanan kedua panda itu dari china hingga sampai ke Indonesia. Filmnya berdurasi sekitar 5 menit dan nontonnya dalam posisi berdiri menyender tiang.. waktu itu saya sih berasa cape ajah, habis udah seharian jalan eksplor tsi sambil menggendong bayi.. jadi alangkah baiknya klo bisa ada duduk untuk prioritas ajah.

Selesai pemutaran film, baru deh kita bisa melihat langsung panda nya, jangan keburu senang ya.. panda nya berada dalam kandang indoor yang dilapisi dengan kaca tebal jadi  tidak melihat panda di outdoor gituh.. klo menurut petugasnya, si panda mood nya lagi ingin indoor, biasanya juga dia main-main di kandang outdoor yang di sediakan kok.



Memang panda nya lucuu dan menggemaskan, asli kaya boneka.. gemes rasanya pengen megang. Oia di kandang panda ini kita tidak boleh berisik ya dan tidak boleh ada flash kamera karena itu akan mengganggu ketenangan si Panda.

Dua Panda yang ada di tsi ini adalah betina dan jantan, umur mereka sekitar 10 tahunan.. saya lupa persis nya tahun lahir mereka berdua. Kedua panda ini ketika saya lihat sedang leyeh-leyeh bobo siang, tapi yang satu nya lagi sempat bikin pengunjung ketawa sih, dia memperlihatkan pantatnya dan ternyata dia pup di depan pengunjung... asli kocak!

Selain melihat kedua panda ini, di sekitar istana ini juga terdapat halaman yang luas dan baguuuuuuusssss bangeet.. saya suka banget berlama-lama disini..sayangnya kemarin sudah terlalu sore dan aryo juga demam, jadi ngga bisa berlama-lama.. masih kurang puas deh.




Di taman sekitaran istana panda ini juga terdapat beberapa binatang seperti takin, unta, panda merah dan kuda poni yang asli bikin gemeeesh.rasanya pengen bawa pulang si panda merah deh.. lucu banget!

Klo sudah puas mengeksplor istana panda, kita bisa langsung menuju halte lagi untuk naik bis shutttle ke halte tempat kita parkir mobil. di halte ini juga ada kafetaria kecil yang berisi minuman serta cemilan yang bisa dinikmati sambil duduk-duduk cantik memandang alam sekitarnya yang asli indah banget... jadi pengen balik lagi kesana.

pokoknya kemaren lumayan puas juga setelah sekian purnama ngga ke taman safari, cuma awalnya agak shock pas bayar tiket masuk, tapi setelah menikmati dalemnya.. semua itu terbayarkan.. ya untuk biaya pemeliharaan hewan kan juga ngga murah, jadi cukup sebanding kok.



lagian untuk semua pertunjukan di tsi juga cukup menarik dan banyak ragamnya, sayang kemarin kita cuma bisa menyaksikan lumba-lumba show ajah, tapi itupun udah bikin seneng banget.. coba klo nonton lumba-lumba show yang di ancol, lumayan juga kan harga tiketnya.. hehehhehe..

Mudah-mudahan nanti ada rejeki nya lagi, pengen banget nyobain nginep di safari lodge nya...Amin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar