Mitos Atau Fakta Penyakit pada Anak, Tanpa Ribet Halodoc Punya Jawabannya

Jadi ibu dengan tiga anak bukan berarti saya menjadi ibu yang sudah berpengalaman, tapi saya masih tetap harus banyak belajar dari mulai soal pengasuhan, pendidikan, kesehatan dan masih banyak lagi. Apalagi di era yang terus berubah, dari jaman old menuju jaman now klo istilahnya. Semua beda aturannya, semua beda caranya dan pokoknya beda banget lah sama jaman pengasuhan ketika mama mengasuh saya.

Di era yang serba digital ini, informasi lebih mudah didapatkan bahkan semua mudah diperoleh dalam satu genggaman yaitu dari smartphone, beda kan sama jaman dulu dimana gadget atau handphone tidak secanggih sekarang. Jeleknya informasi jaman sekarang jadi banyak hoax nya juga dan biasanya mudah tersebar melalui aplikasi chatting di smartphone. Kitanya harus lebih pintar dalam memilah informasinya, jangan langsung gampang terpengaruh.

Salah satunya informasi tentang kesehatan, kemarin sempat juga saya nyaris percaya dengan berita hoax yang tersebar mengenai pengobatan penyakit jantung yang melalui infus, maklum disaat kondisi papa saya sedang kurang bagus kondisi jantungnya, jadi lebih gampang emosional menghadapi berita itu.. untungnya saya sempat mengkonfirmasi dan browsing mengenai hal pengobatan itu dan dari situ saya tahu kalo itu berita hoax.

Begitu juga semenjak jadi ibu, saya lebih sering panik kalo soal anak sakit. Walau sudah tiga anak, tetap saja masih suka panik banget, apalagi klo sudah mulai demam tinggi. Padahal seharusnya pertolongan pertama itu penting banget dan sangat krusial, makanya dibutuhkan ketenangan untuk berpikir serta mengambil tindakannya.. agar kita tidak salah dan makin memperparah penyakit tersebut.

Trus biasanya gimana cara mengendalikan diri biar tenang ketika anak sakit? Pertama saya pastinya akan bertanya dan bercerita ke mama tentang gejala penyakit yang timbul, trus baru deh saya mengikuti feeling saya sebagai ibu dengan melihat kondisi anaknya juga dan mencoba menerapkan anjuran-anjuran dari informasi yang pernah saya dapat soal kesehatan, terakhir saya biasanya memilih langsung konsul ke dokter.




Dan pada hari Minggu 11 Februari 2018 lalu, saya diundang oleh The Urban mama bekerja sama dengan Halodoc untuk menghadiri acara yang mengusung tema “Mitos dan Fakta Seputar Penyakit Pada Anak” yang mengundang tiga narasumber yaitu :

  • dr. Herlina, Sp.A selaku dokter spesialis Anak dari RS Ciputra Citra Garden
  • Felicia Kawilarang, selaku VP Marketing Communication Halodoc
  • Chacha Thaib selaku Mom influenzer

Dari ketiga narasumber itulah saya bisa mendapatkan informasi penting seputar kesehatan anak, dari mulai mitos sampai di beberkan pula faktanya, dan saya pun ternyata masih melakukan beberapa kesalahan soal itu.

Beberapa mitos dan fakta yang dibahas kemarin diantaranya :

1. Soal Demam dan mitos memberikan kopi ketika kejang

Pasti udah banyak yang tahu dong soal mitos ini, ternyata itu salah ya sodara-sodara… kejang demam itu biasa nya terjadi pada anak bayi dari usia 6 bulan hingga 5 tahun dan kopi amat tidak disarankan untuk dikonsumsi karena metabolism tubuh anak usia segitu masih belum baik sehingga penyerapan kafein pada anak lebih lamban.

Lalu soal mengkompres ketika anak demam, jangan menggunakan air dingin tapi gunakan air hangat sehingga memperlancar perpindahan suhu tubuhnya..sedangkan jika menggunakan air dingin malah menutup pori-porinya. Berikan pakaian yang nyaman pada anak ketika mereka demam, tidak usah terlalu rapat dan tertutup.

2. Soal Mimisan

Jika anak mimisan jangan langsung panic dan menyuruh anak untuk mengadahkan kepalanya, tetapi biarkan pada posisi menunduk dan badan condong ke depan agar darah keluar melalui hidung dan tidak masuk ke tenggorokan, berikan juga kompres air dingin di ujung hidung dekat mata supaya memperlambat pendarahan.

3. Soal Amandel

Ini yang Alhamdulillah saya sudah benar dalam mengambil keputusan, walau awalnya saya galau dengan informasi yang sudah saya dapat, ternyata informasi tersebut adalah salah.


Dulu ketika mau memutuskan si kakak untuk operasi amandel, saya ragu dengan mitos bahwa operasi amandel akan menurunkan daya tahan tubuh anak, ternyata memang itu tidak 100 persen benar..saya sudah membuktikannya sendiri.

Justru faktanya jika dibiarkan bisa membuat kerusakan pada ginjal dan juga jantung. Lalu kapan sebaiknya memutuskan untuk di operasi ? jika batpil sudah lebih dari 7 kali selama 1 tahun dan Gangguan pada tidurnya seperti mendengkur yang amat parah.

Kedua hal itu sudah terjadi pada anak pertama saya dan pada akhirnya anak saya sudah melakukan operasi amandel. Alhamdulillah keadaannya setelah operasi justru semakin baik, tidur nya lelap tanpa dengkuran dan sudah jarang kena batuk pilek, dia pun bisa makan dengan bebas.

Pada acara kemarin juga aku baru tahu mengenai halodoc, yaitu aplikasi smartphone yang mempunyai tiga keunggulan di antaranya :



1. Layanan konsultasi



pada layanan ini merupakan layanan yang paling top menurut saya, karena kita bisa melakukan konsultasi 24 jam ke dokter melalui chat, video call atau pun voice call ( telepon). Jangan ragu dan khawatir…karena di Halodoc ini ada sekitar 16.000 dokter yang sudah bergabung dan dari berbagai kalangan mulai dari dokter umum, spesialis anak (ini nih yang terpenting buat saya saat ini), internis dan beberapa spesialis lainnya. Mereka semua sudah memiliki surat izin praktek dari Konsili Kedokteran Indonesia.

2. Layanan pengobatan

Layanan ini seperti layanan apotik 24 jam, jadi bisa memesan obat jam berapapun ke lebih dari 1.000 apotik resmi terdekat dengan rumah anda. Bisa pakai resep dokter segala hanya cukup upload resepnya atau foto.


Saya pernah mencoba layanan yang ini, kebetulan waktu itu urgent saya butuh obat untuk menyembuhkan nyeri menstruasi saya, saya pesan sekitar jam 10 malam dan kurang lebih satu jam obat itu bisa di delivery ke rumah saya. Layanan ini bekerja sama dengan ojek online untuk pengantarannya tapi kita di bebaskan biaya deliverinya alias Free Ongkir.. yeaay.

Apalagi ketika itu saya menggunakan kode promosinya yang sedang berlangsung yaitu BiarCepatSembuh jadi saya mendapatkan diskon tambahan sebesar 35ribu..lumayan banget!

3. Layanan laboratorium



Klo ini adalah layanan untuk pengecekan kesehatan laboratorium seperti cek darah atau urine, layanan ini bekerja sama dengan Prodia sehinga memungkinkan petugas lab nya untuk datang ke rumah maupun ke kantor untuk melakukan pengecekannya. Saat ini layanan ini baru bisa digunakan pada area Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Selain tiga keunggulan layanan diatas, pada aplikasi halodoc ini juga ada fitur artikel kesehatan yang sudah tentu valid info nya sehingga tidak menyesatkan untuk para penggunanya.




Buat saya Aplikasi ini sangat membantu sekali dan memudahkan, jadi kalo ada anggota keluarga yang sakit, tidak perlu langsung panik. Apalagi biasanya klo sakit di hari libur agak ribet mau konsul ke rumah sakit karena para dokter biasanya tidak praktek, dengan aplikasi Halodoc semua mudah, bisa konsul langsung ke dokter kapan saja tanpa mengenal waktu.

Aplikasi ini bisa di unduh secara gratis pada Google Play untuk pengguna Android dan App Store untuk penggunakan IOS. Jadi segera install aplikasi Halodoc ini di smartphone mu supaya bisa merasakan manfaatnya, mencegah lebih baik bukan daripada mengobati? jadi pastikan mendapatkan informasi dan penangan yang tepat dengan Halodoc.

Untuk info lengkapnya bisa mampir ke www.halodoc.com lalu Instagram @halodoc  atau Facebook nya @halodocID .

Sekali lagi terima kasih The Urban Mama dan Halodoc atas undangannya.. bermanfaat banget untuk saya.


No comments:

Post a Comment