Cara sederhana agar mudah memberi makan Anak



Siapa yang paling bahagia klo anaknya makan banyak?? 

Setiap Ibu pasti happy banget klo anaknya gampang makannya apalagi klo bukan picky eater.. rasanya seneeeeng banget klo anak mau makan banyak, apalagi makanan yang masuk adalah makan sehat yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Saya sendiri punya pengalaman soal memberi makan anak ini berbeda tiap anaknya. Anak pertama yang paling menguras emosi untuk soal pemberian makanan, dari mulai GTM, di kemut sampai picky eater..bahkan sampai sekarang udah umur hampir 10 tahun masih picky banget.. tapi syukurnya dia doyan susu jadi kemungkinan nutrisi nya dilengkapi oleh susu.

Saya selalu berdoa semoga jika punya anak lagi nanti tidak susah lagi makannya.. asli stress tingkat dewa klo ngadepin soal pemberian makan si kakak dulu, jadi saya senantiasa berdoa begitu waktu hamil anak kedua dan ketiga.



Alhamdulillah anak kedua dan ketiga lumayan enak makannya, bisa dibilang gampang tidak seperti anak pertama.. ngga terlalu picky dan mau makan sayur dan juga buah jadi mengurangi sedikit kekhawatiran saya soal nutrisi yang masuk.
Setiap ibu pasti menginginkan anaknya tercukupi nutrisinya dan pasti akan melakukan berbagai cara untuk pemenuhan nutrisi itu. Menurut saya, memberi makan anak itu penuh tips dan trik.. udah kaya sinetron deh, banyak intriknya!

Saya mau share sedikit tips saya ketika memberi makan kepada anak saya..

1. Buat mood ibunya bagus dulu, soalnya klo ngga bagus dijamin proses makan juga ngga akan lancar.. buat saya ini bener-bener mutlak menurut pengalaman.

2. Pilih waktu makan yang tepat, jangan ketika baru bangun tidur banget dimana biasanya anak masih malas untuk mengunyah makanan dan juga jangan sampai telat banget di mana anak sudah terlalu cranky karena lapar. beri jarak juga antara minum susu dan pemberian makan sehingga anak tidak makan dalam keadaan kenyang.

3. Jangan memberi makan dengan dipaksa, karena menurut pengalaman saya semakin dipaksa akan semakin membuat mood anak jelek dan malah jadi ngga mau makan. Lebih baik biarkan anak mencicipi dulu dengan ujung sendok, jika dia mau pasti sesi makan akan berlanjut.. tapi klo di lepeh artinya si anak ngga doyan.

4. Jangan juga memaksa anak untuk menghabiskan semua makanannya, Anak akan memberi tahu jika mereka sudah kenyang dan sebaiknya kita berhenti menyuapi nya ketika anak sudah merasa kenyang. klo di Aryo dia akan melepeh makanannya jika sudah kenyang, itu dilakukan karena dia belum bisa ngomong..jadi saya nya yang harus peka soal itu. Walau awalnya sempet kesel juga ketika dia melepeh makanannya tapi seiring berjalannya waktu, saya jadi paham bahwa itu tanda dari dia klo sudah kenyang.

5. Beri waktu makan maksimal 30 menit, jika sudah habis sebelum 30 menit itu bagus. Namun jika belum habis, sebaiknya sesi makan di sudahi saja.

6. Buat makanan bervariasi dan sekreatif mungkin, misal anak ngga doyan sayur tapi usaha diselipkan pada makanan lain, begitu juga dengan buah bisa divariasikan dengan membuat jus atau es popcycle gituh.

7. Buat suasana menyenangkan ketika memberi makan anak, salah satunya dengan menyediakan makanan dengan perlengkapan makanan yang lucu dan menarik buat si anak. Kebetulan saya menggunakan perlengkapan makan dari produknya Philips Avent, yang mana gambarnya menarik lucu bahkan dibagian pinggirnya ada gambar untuk belajar mengenal angka.

Btw udah pada kenal dengan merk Philips Avent belum? Buat yang lagi hamil atau masa menyusui pasti sudah tahu deh atau minimal sudah pernah denger merk ini.

Salah satu menu mpasinya Aryo


Sudah sekian lama Philips avent telah menjadi sahabat bunda, dengan menciptakan inovasi untuk membantu para bunda memahami dan menyediakan nutrisi apa yang dibutuhkan si kecil pada masa periode emasnya yaitu dari 0 – 2 tahun. Saya termasuk salah satu bunda yang sudah menggunakan produk-produknya avent dan sudah merasa terbantu sekali dengan produknya.

Dari mulai botol susu untuk ketiga anak saya, sudah tiga generasi mencoba semua botol susu nya avent dari yang classic hingga natural 2.0 , lalu juga breastpump nya juga saya pernah coba dan puas banget sama hasilnya, dan sampai sekarang saya masih menggunakan perlengkapan makannya dari mulai botol straw dan meal set nya.

Avent Meal Set


Yang saya suka dari material produk avent ini sangat bagus dan awet, semua materialnya juga tidak berbahaya untuk anak, sudah BPA Free dan Microwave safe.. bahkan di bagian bawah piring ataupun mangkok nya ada anti slip yang berguna untuk mencegah piring atau mangkoknya bergeser. 

anti slip agar mangkuk ngga mudah bergeser dan meminimalisir makanan tumpah
Bagian sendok garpunya juga saya suka karena mantap untuk digenggam dan bagian sendoknya deep scoop jadi anak makin mudah belajar dengan alat makan ini. Terakhir yang saya paling suka ya gambarnya yang sangat menarik bukan hanya dibagian bawah jadi walau mangkok/piring terisi makanan, masih terlihat gambar dibagian pinggirnya dan bisa juga untuk belajar mengenal angka dan berhitung. Pokoknya bisa membuat anak makan dengan suasana yang menyenangkan!

gambar di pinggir mangkok yang bisa untuk belajar mengenal angka dan berhitung juga biar sesi makan makin seru
Buat saya produk avent ini sangat membantu dalam hal pemenuhan nutrisi anak saya, selain botol untuk pemberian asi dan meal set untuk mendukung mpasi serta ada juga beberapa produk avent lainnya yang bisa membantu para ibu untuk membuat makanan sehat dan bernutrisi.

Selain dengan di dukung produk yang memudahkan tadi, simak juga ya beberapa prinsip pemberian MPASI harus diperhatikan yang pernah saya tulis di blog ini.

Jadi kata siapa sulit untuk memberikan nutrisi yang terbaik buat anak? Hari giniii mah semua mudah.. thanks to teknologi yang sudah membantu para bunda dengan beragam produk inovatifnya, khususnya dari philips avent ini.

Jadi buat ibu ibu yang ingin mencoba dan ingin mencari tahu produk avent lainnya bisa mampir kesini. Ada banyak varian produk yang akan memudahkan para bunda semua dari mulai memberi asi hingga mpasi, apalagi dengan alat 4 in 1 Philips avent steamer untuk mengolah MPASI di jamin makin mudah!

Selamat mencoba ya... 
Happy Breastfeeding and Mpasi mom :)

#TUMBloggersCompetition #AventSahabatBunda

2 komentar:

  1. Fayra beberapa bulan terakhir ini selera makannya menggila ... apa karena udah masuk usia remaja yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. akupun berharap anakku nanti nafsu makannya bisa menggila juga mba.. seneng soalnya lihat anak banyak makan

      Hapus