Teman Bumil, sahabat terbaik untuk para Bumil



Kali ini saya mau cerita tentang kehamilan, tapi bukan berarti sedang hamil lagi ya...  Buat saya harus kudu wajib share disini, biar semua para bumil bisa memperoleh informasi yang tepat.

Alhamdulillah saya di tiga kali kesempatan hamil, selama itu juga perasaan berubah ubah dan lebih sensitive. Menurut orang–orang itu wajar pengaruh dari hormon, tapi waktu hamil pertama berasa banget.. berasa sensi jadi gampang nangis, gampang panik trus masih belum pinter juga soal kehamilan.

Pas hamil anak kedua dan ketiga, jauuuhhhh lebih santai karena udah kenal sama komunitas sesama bumil, trus udah sering baca-baca blog yang infonya banyak soal kehamilan dan waktu hamilnya aryo udah pegang smartphone, langsung tahu kalo ada beberapa aplikasi untuk ibu hamil dan juga online shop khusus bayi *lho :D

Sayangnya waktu itu yang saya tahu aplikasi kehamilan hampir semuanya berbahasa inggris dan buat saya yang bahasa inggris nya kurang jago, aplikasi itu kadang menyulitkan klo mau baca-baca informasinya. Apalagi klo informasinya menggunakan Bahasa inggris yang kata-katanya agak sulit, asli bikin malas bacanya.




Beruntung nya bumil jaman now.. sekarang sudah ada aplikasi khusus untuk para ibu hamil yang pertama berbahasa Indonesia persembahan dari Guesehat.com yaitu aplikasi Teman Bumil.


Saya walau tidak sedang hamil, merasa beruntung bisa diundang waktu acara peluncuran aplikasi Teman Bumil ini yang di adakan pada tanggal 29 November 2017 di Hotel Grand Hyaat, Jakarta.




Pada acara kemarin, di adakan talkshow mengenai fitur-fitur yang ada pada aplikasi Teman Bumil ini bersama dengan para pakar dan brand ambassadornya yaitu Sandra Dewi.  

Bumil cantik yang glowing ini sedang hamil 36 minggu, tapi saya bingung itu postur badannya seperti ngga lagi hamil, masih langsing trus hanya perut menyembul sedikit.. sungguh saya iri dengan posturnya.. *apasih 




Sandra dewi bercerita pengalamannya selama masa kehamilan ini dan juga mengenai bagaimana dia memulai untuk download aplikasi ini, hingga merasa sangat dimudahkan dengan aplikasi ini, dan dia pun mengajak para sahabat nya yang kebetulan hamil barengan untuk menggunakan aplikasi ini juga.

Aplikasi ini dibuat tidak sembarangan, semuanya melalui proses panjang dan juga survey dengan beberapa user, contohnya untuk penggunaan tema warna di aplikasi ini kenapa harus ungu? Itupun berdasarkan hasil survey. Yang paling bikin saya suka logo pada aplikasi ini.. lucccuu.. ada dua bumil yang ceria.. love it!

Selain membahas tentang tujuan aplikasi ini, fitur yang ada dan juga testimony dari yang sudah memakai aplikasi ini, di acara ini juga ada sesi tanya jawab mengenai seputar kehamilan dan juga para blogger ikut berpartisipasi memberikan saran untuk aplikasi Teman Bumil ini.

Yang paling saya ingat, mba echa memberikan masukan untuk team Teman Bumil ini agar juga membuat aplikasi sejenis yang ditujukan untuk para ibu setelah melahirkan, yaitu aplikasi seputar milestone bayi dari 0-12 bulan sehingga bisa juga di jadikan sahabat atau pun pedoman untuk semua ibu yang baru melahirkan.. usulnya bagus banget menurut saya, karena klo baru punya anak pertama pasti butuh banget aplikasi model begini.




Back to aplikasi Teman Bumil

Aplikasi ini menurut saya bagus buangeet buat para bumil !

Pertama kali saya download aplikasi ini dan install di smartphone saya, trus saya coba fitur-fitur nya.. yang terbersit di saya adalah.. aplikasi ini Indonesia banget.

Dari mulai bahasanya yang Indonesia, trus informasi yang disajikan juga sepertinya disesuaikan dengan negara tercinta ini, seperti contohnya info tentang nutrisinya yang disesuaikan dengan makanan yang ada di Indonesia bukan kebarat-baratan, lalu mitos dan fakta nya yang semuanya serba Indonesia.

Mau tau fitur-fitur kece apa aja yang ada di aplikasi ini.. cekidot.. kita bahas satu-satu ya..

Checklist
Ini fitur yang agak sedikit berbeda dengan aplikasi kehamilan yang dulu saya pernah pakai, bagusnya di fitur checklist ini semuanya disesuaikan dengan usia kehamilan dan didalamnya juga dibedakan berdasarkan kategori nya seperti checklist terkait kesehatan, pekerjaan, konsultasi dengan dokter, Nutirisi, Jangan lupakan ini, fitness dan kebugaran, tambah ilmu dan waspada kondisi ini. Asli sukaaakk sama point-point checklistnya.. beneran membantu banget untuk memanage to do list yang sebaiknya bumil lakukan selama kehamilan.


 
Janin 360
Ini juga ngga kalah seru, kita bisa melihat  perkembangan si janin lebih dekat sesuai dengan usia kehamilannya dan bisa di putar-putar 360 derajat.. klo buat saya ini seru banget jadi berasa melihat si calon debay secara langsung.






Record Moms dan janin
Fitur ini berguna untuk memantau perkembangan janin dan berat badannya, lucu nya pada fitur ini tumbuh kembang janin digambarkan dalam bentuk sayur, buah dan juga makanan khas Indonesia. Seperti saya contohkan bahwa janin saya baru berusia 4 minggu sudah sebesar beras dan pada fitur ini ada info lengkapnya tentang janin.




 
Album
Fitur ini berguna untuk para moms yang mau menyimpan foto kenangan selama kehamilan, bisa foto hasil usg atau foto perutnya moms dari minggu keminggu. Jangan khawatir jika handphone bermasalah atau mau ganti handphone, album ini tidak akan hilang kok.. album ini mengikat user login dan di simpan pada system cloud oleh aplikasinya.. keren kan? Sayangnya waktu jaman hamil aryo kemarin, aplikasi ini belum ada.. klo sudah ada pasti dokumentasi kehamilan aryo lengkap deh.

Agenda
Fitur ini untuk membantu moms membuat reminder selama kehamilan, bumil kan kadang suka lupaan ya jadi fitur ini bisa membantu banget loh.
 
Tips
Ini ngga kalah penting ya.. yang saya suka tips nya yang dihadirkan pun disesuaikan dengan usia kehamilan, jadi bermanfaat banget untuk menjadi informasi pegangan kita.




Artikel
Klo ini pasti dibutuhkan juga ya.. apalagi untuk bumil yang baru pertama kali hamil, pasti masih haus informasi jadi ini bisa dijadikan pusat informasi deh.




Terus gimana kesan kesannya setelah mencoba aplikasi ini? 



Buat saya aplikasi yang bagus itu harus user friendly dan simple, pekerjaan saya dikantor sebagai staff support aplikasi membuat saya terbiasa menilai mana aplikasi yang baik untuk user.  

Aplikasi Teman Bumil ini, menurut saya aplikasi ini bagus dan user friendly banget.. jadi buat para bumil yang kurang gape soal teknologi, saya rasa masih bisa menggunakan aplikasi ini. Karena selain info nya jelas, menu-menu nya juga gampang diakses dan karena Bahasa Indonesia akan semakin memudahkan.




Buat para bumil yang butuh sahabat baik selama kehamilan, saya sarankan buruan install aplikasi Teman Bumil di smartphone anda.. sebelum nanti anda menyesal kemudian..karena aplikasi nya super laaafffft bangeeet.

Semoga tulisan saya ini bisa memberikan informasi yang berguna dan sehat sehat terus ya buat kalian para bumil di seluruh Indonesia.
 

7 comments:

  1. pas aku hamil juga berbekal buku aja... beruntunglah ibu hamil nowadays, punya aplikasi yang jelas lebih praktis...

    ReplyDelete
  2. Sayang baru tau aplikasi ini pas udah lahiran hahahha, pdhl berguna bgt saat hamil, apalagi bs cross check mitos2 yg ada utk bumil

    ReplyDelete
  3. Enak banget skrg ya ada aplikasi bumil, jadi ada teman konsultasi, kalau dulu kan harus beli majalah, mana jauh pula haha, jadi seringkali dengerinnya mitos para ibu jaman dulu

    ReplyDelete
  4. Seandainya jaman dulu hamil sdh ada aplikasi ini. Bakalan memudahkan bumil bgt

    ReplyDelete
  5. keren banget liputannya mbak. Makasih ya untuk penjelasannya :-)

    ReplyDelete
  6. Checklistnya lengkaaap lho. Suka banget deh. Aku rekomendasikan ke teman-teman yang sedang hamil.

    ReplyDelete
  7. Akhirnya ada aplikasi lokal yang gak kalah sama aplikasi luar. Teman Bumil ini saya rekomendasikan juga buat teman-teman yang sedang hamil :)

    ReplyDelete