Pentingnya Nutrisi Alami untuk tumbuh kembang Anak sehingga kuat dari dalam



Sejujurnya saat ini saya sedang galau dan bisa dibilang sudah sedikit agak sensi setiap kali orang melihat aryo secara langsung, rata-rata pasti komennya gini.. 

“ kok kurus ya?? Ngga kaya di foto kelihatan gede“.


Memang untuk postur tubuh nya aryo agak beda dengan kedua kakaknya dulu, waktu seumuran aryo, kedua kakaknya semuanya montok dengan berat diatas 10 kg, sedangkan aryo sekarang ini mentok di angka 9kg.

Sebagai orang tua mungkin saya agak kepikiran, bukan masalah gendut atau tidaknya, tapi kepikiran apa nutrisi yang saya berikan selama ini bisa diserap dengan baik semuanya oleh aryo, atau memang dia masih kekurangan nutrisi. Alhamdulillah sampai saat ini dia kondisinya sehat dan tumbuh kembangnya masih baik.


Saat ini saya memang sedang mencoba beberapa susu formula untuk diberikan ke aryo, tujuannya hanya untuk memberikan tambahan nutrisi atau bisa dibilang sebagai pelengkap. Memang aryo agak picky soal susu, dia lebih suka ASI daripada susu lain, saya udah coba beberapa merk sufor dan juga uht, saat ini belum menemukan yang sreg.. mungkin untuk sekarang masih bisa dengan ASI tapi saya memikirkan selepas masa menyusui nanti gimana?






Makanya begitu menerima undangan Mums Blogger Gathering Friso, 2 Desember 2017 kemarin di resto Kembang Kencur, Jakarta Selatan. Saya antusias karena saya yakin akan menambahkan pengetahuan saya tentang nutrisi anak, karena tema yang dibahas adalah “ Nutrisi Dalam Keadaan alami, Anak kuat dari Dalam”.


Acara di buka oleh MC yang kocak banget tapi bikin suasana jadi asyiik banget, lalu diawali sambutan dari Ibu Yuniastuti Kusuma Putri selaku Head Of Marketing Friso. 

Acara ini sendiri menghadirkan 3 narasumber yang semuanya adalah dokter, yaiitu dr. Diana F. Suganda, MKes, SpGK (Dokter spesialis gizi klinik), dr. Aulia Fitri Swity, SpA, MKes (dokter spesialis anak), dan yang paling ganteng di antara ketiga dokter nya adalah dr. Rulli P. A Situmorang (Medical Marketing Manager Friso).



dr. Diana memaparkan tentang Pentingnya Nutrisi yang Tepat dalam Masa Pertumbuhan Anak, karena gizi yang baik nantinya akan berperan penting untuk perkembangan anak baik sosial dan juga mentalnya. 

Tuh kan.. jadi masih wajar soal ketakutan saya atas nutrisi nya aryo.

Pada masa pertumbuhannya, anak membutuhkan nutrisi dari makronutrien dan mikronutrien. 

Apa itu makronutrien? Makronutrien itu adalah nutrient yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah besar, contohnya : Karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan micronutrien adalah nutrient yang jumlahnya lebih sedikit diperlukan oleh tubuh, namun tetap penting diperhatikan juga seperti contohnya vitamin dan mineral. Keduanya harus mudah dicerna dan diserap dengan sempurna oleh sistem pencernaan agar bisa dirasakan manfaatnya oleh organ-organ tubuh. 

Buibuk sebaiknya jangan lupa juga untuk memberikan protein nabati kepada anak kita, biasanya kalo sudah ada protein hewaninya, sepertinya asupan sudah cukup.. tapi nyatanya tidak juga. 
 



Ada baiknya kita tetap memberikan protein nabatinya seperti tempe dan kacang-kacangan lainnya. Contoh pemberian bubur kacang ijo sebagai cemilan itu sangat baik sekali menurut dokter diana.

dr. Diana juga menjelaskan  bahwa nutrisi dalam keadaan alami juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, karena nutrisi tersebut dapat diserap dengan sempurna.

Karena makanan dan minuman dengan kandungan gizi dalam keadaan alami dapat diserap dengan baik oleh sistem pencernaan, untuk itu sebaiknya kita sebagai orang tua sebaiknya mulai lebih perduli tentang asupan anak kita, berikan makanan dan minuman yang mengandung nutrisi dalam keadaan alami, agar anak kita menjadi kuat daya tahan tubuhnya. 

Salah satu contohnya memberikan susu yang proteinnya utuh dan tidak rusak, biasanya protein bisa rusak jika kita salah cara penyajiannya. Susu yang diseduh dengan air yang terlalu panas suhunya bisa merusak kandungan zat gizi nya, lalu sayuran yang di panaskan berkali-kali juga akan hilang nutrisinya.

Jadi sebaiknya diperhatikan juga pengolahannya ya buibuk..



Di sesi selanjutnya dr. Aulia membahas tentang pentingnya kesehatan pencernaan untuk tumbuh kembang anak.

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak adalah

  • Nutrisi 
  • Stimulasi 
  • Potensi genetik



“system pencernaan manusia itu adalah penghubung antara tubuh dengan dunia luar. Hal tersebut dikarenakan system pencernaan mengolah dan menyerap berbagai makanan dan minuman dari luar tubuh dan menggunakannya untuk memastikan tubuh bekerja “  jelasnya


Oleh sebab itu jika kita mengkonsumsi makanan dan minuman dalam keadaan alami, maka mudah diserap dan resiko untuk terjadinya gangguan pencernaan menjadi lebih kecil. Sedangkan jika terjadi gangguan pada pencernaan khususnya anak-anak itu dapat menghambat pertumbuhan anak sehingga tidak bisa mencapai kemampuan yang optimal sesuai dengan potensi genetiknya.


Jika pencernaan anak terganggu..


  • Nafsu makan menurun yang mengakibatkan asupan nutrisi akan berkurang 
  • Anak menjadi tidak nyaman untuk beraktifitas
  • Anak tidak bergairah untuk bermain 
  • Anak tidak tertarik untuk mengeksplorasi sekitarnya

Dua gangguan pencernaan yang sering terjadi pada anak adalah sembelit dan diare, sebaiknya segera ditindaklanjuti kalau anak kita mengalami hal itu. Jangan sepelekan pentingnya kesehatan system pencernaan dan pilihlah asupan yang membuat anak kuat dari dalam. Anak yang kuat dari dalam, akan jarang sakit sehingga tumbuh kembang bisa maksimal.

Lalu bagaimana supaya pencernaan anak sehat? 


  1. Berikan nutrisi sehat, lengkap, seimbang dan berkualitas bagi anak 
  2. Terapkan gaya hidup sehat dalam keseharian, salah satu contoh dengan gerakan cuci tangan 
  3. Cegah penyakit pencernaan dengan imunisasi.

Untuk membantu anak-anak agar nutrisinya terlengkapi dan menjadi kuat dari dalam, Friesland Campina yang merupakan perusahaan penghasil susu terbesar di dunia menghadirkan produk susu premium Friso yang memiliki beberapa keunggulan dan semuanya dijabarkan oleh dr. Rulli P. A Situmorang selaku Medical Marketing Manager Friso pada sesi terakhir acara ini.

Friso diolah dengan konsep Nature Science, dimana proses pengolahan susu tersebut dilakukan semuanya sendiri oleh frieslandcampina, dari mulai pemilihan pakan ternak sapi nya hingga proses akhirnya sampai menjadi susu. Dengan menggunakan teknologi Locknutri dan metode single process (dengan satu kali pemanasan saja)  menjamin nutrisi dalam susu Friso dalam keadaan alami sehingga mudah dicerna dan diserap oleh anak-anak.






Friso ini juga sudah direkomendasikan oleh HCP di 6 negara di Asia sebagai solusi untuk anak dengan masalah pencernaan.

Kita semua pasti sudah tahu dong tentang manfaat susu bagi anak, diantaranya bisa sebagai kandungan gizi pelengkap, mudah dicerna dan pastinya anak akan doyan jika rasanya enak. 

Jadi jangan sampai salah pilih susu demi melengkapi nutrisi anak kita, karena kunci dari suksesnya tumbuh kembang anak adalah pencernaan yang sehat dan gizi yang seimbang.

Buat para ibu yang mau konsultasi gratis tentang gizi anak, bisa langsung menghubungi Friso FB messenger, disitu akan ada layanan gratis setiap hari ( senin- minggu) dari mulai jam 08.00 hingga pukul 16.00 wib. 



Kalau masih penasaran lagi soal Friso bisa langsung kunjungi halaman social medianya seperti dibawah ini
Website : www.friso.co.id
Twitter : @FrisoID
Instagram : @Frisopopupplay


Terima kasih untuk Friso dan Juga BP Network yang sudah mengundang saya mengikuti acara gathering yang super seru dan banyak hadiah ini. Alhamdulillah saya beruntung menjadi pemenang salah satu doorprize nya :)

Semoga informasi ini memberikan manfaat buat para mommies semua...
See you on the next event!

#NutrisiDalamKeadaanAlami #KuatDariDalam #AnakKuatDariDalam

32 komentar:

  1. komplit habis ulasannya mbak..senang banget bisa hadir dievent keren ini, anak-anak bisa main kita dapat ilmu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba.. komplit penjelasannya.. bisa nambah ilmu, nambah teman sama nambah panci klo aku mba :D

      Hapus
  2. Acaranya terlihat seru & nambah ilmu ya niik... plus hepi dpt door prize hihihi, hebriing pisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mamih... yg paling bikin hepi banget ya itu bawa pulang panci idaman :D

      Hapus
  3. Nike anaknya beda2 ya. Ada yg kurus tinggi, ada yg ginuk2 kyk Tiara, sama yg kecil kyk Aryo hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya anak 3, beda semua tekstur tubuh nya.. untung bukan bapaknya yg beda hehehehehehe... tapi aryo ini beneran kecil bgt micang, lebih mungil dari olong kayanya

      Hapus
  4. Wahh...seru banget acaranya. Apalg dpt door prize

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya maklia.. seru dan banyak bertaburan hadiahnya..

      Hapus
  5. Maknik,pas bgt ak lg cari2 informasi tentang sufor buat tambahan rayyan, rayyan sm bgt kyk Aryo lho ogah bgt minum sufor,tp buat boost BB memang sufor salah satu solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makfat, aryo pun aku kasih dufor buat boost BB nya yg super mungil

      Hapus
  6. Wah seru ya acara blogger gathering bersama Friso,banyak dapat ilmu dan dan hadiah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak... seru banget ya kemaren acaranya

      Hapus
  7. Wiih, dapat hadiah buat masak d rmh, asik sekaliii. Namaku blm nyantol, hihi. Tetep Alhamdulillah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillaah mak.. kayanya namaku nyantol biar makin rajin belajar masaknya :D

      Hapus
  8. Acaranya seru ya, ilmunya bermanfaat banget, hadiahnya juga cetaarr

    BalasHapus
    Balasan
    1. bermanfaat bangeet mba ilmunya.. mba lia juga dapet hadiah kan?

      Hapus
  9. Teknologi locknutri ini aku baru tau lho Mba, jadi yang membuat susu friso berbeda dengan produk lainnya. Alhasil kandungan nutrisi susunya rerjaga dan mudah diserap oleh tubuh anak ya Mbaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. akupun baru tau soal nutrilock ini.. jadi makin yakin aja klo susu ini beda dengan yg lainnya

      Hapus
  10. Wah bubur kacang ijo ternyata juga baik ya, anak2ku jg kebetulan suka mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba.. ternyata burkajo bukan cuma cemilan enak tapi sehat juga dan protein nabati nya di butuhin oleh badan kita

      Hapus
  11. waah dapat panci presto, asik... jadi masak yang sehat yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih belajar masak nih mak.. belum jago masak soalnya, alhamdulillah panci ini bisa jadi motivasi :D

      Hapus
  12. Halo Aryo anak pinteeer, kemarin duduk dibelakang Tante kan ya, eh Kakak maksudnya, Kakak Hani, wkwkwk

    Next event semoga bisa ketemu lagi ya kita, sehat2 sayaaang :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo kakak hani, maap ya kmrn aryo sering gangguin kakak :D
      c u next even kakak, sehaatt terus juga ya :*

      Hapus
  13. Mulai sekarang harus memperbaiki cara memasak kita dirumah ya mba, biar gizi dan nutrisi nya tidak rusak saat dimakan oleh anak kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. ternyata cara pengolahan makanan itu ngaruh banget ya untuk nutrisinya

      Hapus
  14. Waah lengkap bgt imfonya mbaa. Ternyata saluran cerna yg sehat itu penting banget yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa ternyata klo saluran pencernaan terganggu bisa menimbulkan penyakit lainnya, semoga bermnanfaat ya mba.. makasih

      Hapus