Sentuhan Penuh Harapan Untuk Tumbuh Kembang Bayi



Momen paling indah yang saya selalu ingat pada kehidupan saya, adalah pada waktu pertama kali kulit saya bersentuhan dengan kulit anak saya yang baru lahir, moment ketika bayi diletakkan di dada saya itulah merupakan moment yang rasanya campur aduk. Walau sudah tiga kali melahirkan, namun setiap momen itu tetap selalu memiliki rasa yang amazing buat saya. 

Campur aduk antara bahagia akhirnya si anak lahir dengan selamat, penasaran terjawabkan ketika melihat mukannya mirip siapa, gemes karena akhirnya bersentuhan langsung karena selama ini hanya dia yang bisa memberikan sinyalnya ketika di dalam perut.. pokoknya rasanya bener-bener tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. 

Selain itu, ketika saya pertama kali melihat bayi saya lahir, langsung terselip harapan dan doa dalam hati saya semoga kelak iya senantiasa sehat dan bisa menjadi anak yang sesuai dengan harapan saya.


Begitu indahnya moment itu buat saya dan alhamdulillah saya dikasih kesempatan bisa merasakan nya tiga kali, bertemu dengan bayi mungil lucu yang selama 9 bulan saya kandung. Dan dari pengalaman itu, saya yang dulu tidak terlalu suka anak kecil sekarang jadi amat sangat menyukai anak kecil.

Sayangnya Data World Health Organization 2015 menyebutkan bahwa terdapat sekitar 70.000 bayi di Indonesia yang kehilangan nyawanya sebelum menginjak umur 28 hari.

Sedih banget pas saya tahu mengenai hal ini, kenapa juga harus sebelum 28 hari? Karena salah satu penyebabnya adalah perawatan kulit pada masa neo natal yang kurang maksimal, yang beresiko terjadinya sepsis atau peradangan diseluruh tubuh akibat dari infeksi.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada lebih dari 1 juta kasus sepsis setiap tahunnya¹ dan di Indonesia sendiri terdapat ribuan kasus kematian bayi yang diakibatkan sepsis melalui kulit di tahun 2015.

Dr. Bernie Endiarini Medise, Sp. A(K), MPH, Dokter Spesialis Anak menjelaskan bahwa pada masa neo natal yaitu dari bayi lahir hingga 28 hari menjadi penting banget, karena disaat itu keadaan bayi masih sangat rentan dan butuh adaptasi, dari yang tadinya bayi dilindungi oleh cairan ketuban dan hanya bersentuhan dengan plasenta, dan ketika mereka lahir dan mereka menjadi “bebas” tidak di lindungi apapun dan bisa terpapar apapun baik itu virus maupun bakteri.

Jadi ya nggak heran kalau masa neonatal bayi butuh penanganan dan perhatian khusus dalam merawatnya,salah satunya perawatan yang dinamakan “stimulasi multisensori. ”

Apa sih stimulasi multisensori itu sendiri?

stimulasi multi sensorik itu adalah stimulasi yang dilakukan melalui system seluruh indera yakni indera penglihatan, pendengaran, penciuman, perasa dan perabaan.
Karena sejak dilahirkan panca indera bayi berperan sangat penting dalam proses tumbuh kembang nya yang menghubungkan dengan keluarga maupun lingkungannya


 Stimulasi multisensori akan bermanfaat bila terjadi secara bersamaan, terintegrasi, dan terkait satu sama lain.”

Momen inisiasi menyusui dini atau yang di kenal dengan IMD di detik detik pertama kelahiran bayi, bisa dibilang salah satu stimulasi multi sensorik. Ketika bayi lahir mulai menatap ibunya menggunakan indra penglihatan, lalu menempel pada ibunya melakukan skin to skin contact menggunakan indra perabanya, bayi pun akan melihat sekeliling lalu menggunakan indera penciumannya untuk mencium aroma asi dan mendengarkan suara ibunya menggunakan indera pendengarannya, kemudian menggerakkan tubuhnya menuju puting susu dan memulai proses menyusui menggunakan indera perasanya.

Selain proses IMD, momen lain yang bisa merupakan stimulasi multi sensorik adalah ketika menyusui, memijat, memandikan, bermain dan menidurkan.

Disini saya akan lebih mengutamakan manfaat momen memijat pada bayi, karena ketika memijat bayi, kita melakukan kontak mata dengan bayi dan berkomunikasi dengan bayi, biasanya juga menggunakan baby oil atau lotion yang mempunyai aroma untuk menstimulasi indra penciuman bayi 
dan pastinya kita melalukan sentuhan kepada bayi.


Manfaat fisik dari memijat bayi adalah

  • Memperbaiki sistem pencernaan, penyerapan dan respirasi bayi, malah salah satu nya bisa menambah berat badan bayi.
  • Memperlancar sistem peredaran darah bayi

  • Meningkatkan kualitas tidur dan memperlama masa tidur sehingga baik untuk perkembangan anak
  • Meningkatkan sitem imunitas. 

Untuk manfaat secara emosional pada bayi

  • Membuat ikatan/bonding dengan orang tua, usahakan selama kita memijat bayi lakukan kontak mata dan berkomunikasi ya..

  • Bayi jadi lebih mudah bersosialisasi, karena sudah biasa berkomunikasi dengan kontak mata dan tersenyum

  • Dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman seperti saat tumbuh gigi ataupun kolik

  • Menurunkan produksi hormon stresor, ini yang akan membuat bayi menjadi riang.

  • Mengurangi rewel

  • Membantu bayi untuk relaksasi

Yang perlu diperhatikan saat memberikan Stimulasi Pijat BATITA

Perlu di hindari :
1. Jangan memijat bayi setelah minum atau makan
2. Jangan membangunkan bayi hanya untuk di pijat
3. Jangan memijat bayi saat sakit
4. Jangan memaksa posisi tertentu saat pemijatan
5. Jangan memijat dengan kuku panjang
6. Jangan menggunakan perhiasan di sekitar tangan dan jari

Perlu di lakukan
1. Sediakan alas yang lembut dan rata
2. Cuci tangan yang bersih
3. Pilih ruangan yang hangat dan tidak berangin serta sediakan waktu yang cukup
4. Lakukan pijat bayi dengan posisi yang nyaman dan kontak mata dengan bayi selama pemijatan
5. Mulai sentuhan ringan dan perlahan, tingkatkan saat bayi anda merasa nyaman
6. Nyanyikan lagu dan putarkan musik lembut agar relaks
7. Perhatikan isyarat yang di tunjukan oleh bayi  ( menangis, mengantuk, kehausan)
8. Untuk memudahkan dan tidak melukai kulit bayi, selalu gunakan baby oil dan baby lotion
9. Mandikan atau seka air hangat setelah pemijatan.

Penting nya pemilihan produk untuk mengoptimalkan stimulasi juga harus diperhatikan, agar kelembutan kulit bayi tetap terjaga dan memudahkan proses pemijatan sebaiknya menggunakan media pelicin seperti baby oil atau baby lotion.

Dengan baby oil, sebuah penelitian menunjukkan bahwa pijat dengan menggunakan minyak memiliki efek menenangkan yang lebih  besar dibandingkan tanpa menggunakan minyak. Akan tetapi kita harus berhati-hati dalam pemilihan baby oil, beberapa baby oil ada yang mengandung Oleic Acyd yang dapat merusak skin barrier bayi.

Selain baby oil, dapat juga menggunakan baby lotion untuk mempermudah proses pemijatan, selain itu baby lotion juga mempunyai manfaat menjaga kelembaban kulit bayi sehingga terhindar dari iritasi/kulit kering.



Penggunaan Baby Oil atau Baby Lotion dapat memperbaiki Skin Barrier, Sirkulasi dan Termoregulasi.


Jika kita rutin melakukan stimuasi multi sensori yang rutin seperti memandikan dan memijat bayi, maka anak kita akan bagus sistem kekebalan tubuhnya, sirkulasi darahnya juga akan baik sehingga dapat menyelamatkan hidup berharga nya terutama di usia 28 hari pertamanya.

Dari paparan diatas bisa kita simpulkan bahwa sentuhan seorang ibu kepada bayinya sangatlah penting, oleh sebab itu  Johnson & Johnson Indonesia bekerja sama dengan Alfamart dan Yayasan Save the Children meluncurkan inisiatif program "Sentuhan Penuh Harapan". 

Program ini merupakan kampanye untuk menekan tingginya angka kematian bayi di Indonesia, sekaligus bertujuan untuk memberikan harapan bagi bayi-bayi yang kurang beruntung untuk dapat terus tumbuh dan berkembang.

Trus bagaimana caranya agar program ini berhasil? Tugas kita lah  orangtua untuk berpartisipasi serta menyebarluaskan program ini kepada masyarakat.

Cara partisipasinya gampang kok, cukup dengan membeli produk Johnson and Johnson jenis apapun senilai 25ribu rupiah di Alfamart, maka kita sudah ikut dalam mendonasikan 500 rupiah kepada Yayasan Save the children.

Melalui donasi yang terkumpul, Yayasan Save the Children akan mengedukasi ibu-ibu Indonesia tentang pentingnya perawatan kulit bayi selama masa neonatal, cara memandikan yang benar, dan mengedukasi kepada ibu-ibu tentang manfaat memijat bayi.

Program ini berlangsung dari tanggal 1 juni hingga 31 juli 2017, kurang lebih selama dua bulan ya buibu.. ayo buruan ke alfamart untuk ikut berpartisipasi dalam program ini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang campaign ini, silahkan cek akun media social resmi dari Johnson’s Baby
Instagram : @johnsonsbaby_id
Twitter : @johnsonsbaby_id
Facebook : https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia

 



 






2 comments:

  1. Dari jaman raya bayi, selalu aku pijat2 pake teknik LOVE :D sampe sekarang kalau lagi manja2 & badannya ngga enak pasti raya minta pijat & abis itu tidurnya lebih nyenyak.. :D

    ReplyDelete
  2. almi jibran juga plg suka dipijat

    ReplyDelete