Tips Ramadhan Sehat dan Praktis Bersama Philips

Bulan Ramadhan sudah tinggal menghitung hari, insya Allah akhir ini minggu ini hari jumat atau sabtu kita sudah memasuki puasa Ramadhan hari pertama. Segala yang ber nuansa Ramadhan sudah seliweran terus, dari mulai iklan sirup di tv, acara penutupan arisan, pengajian dan masih banyak acara lainnya. Termasuk salah satu acara yang saya sempat hadiri, yaitu acara Ramadhan Sehat dan Prakis bersama Philips.


Udah pada tahu dong ya merk Philips? Ini merupakan merk favorit para ibu ibu untuk peralatan rumah tangga dan favorit para bapak untuk urusan lampu dan penerangan. Dan masih banyak produk produk unggulan Philips lainnya.

Senin 15 mei lalu, di restoran Ayanna daerah sudirman, Philips mengundang beberapa media dan blogger untuk sharing  mengenai manfaat puasa di bulan Ramadhan dan juga memberikan tips mengenai bagaimana cara menyajikan menu di bulan puasa Ramadhan dengan sehat dan praktis bersama beberapa produk peralatan dapur dari Philips.


Pada venue acara, terdapat photoboth, konsultasi kesehatan dan juga DIY juice dari berbagai macam buah. Yang menarik saya sewaktu datang adalah DIY juice, saya langsung mencobanya membuat minuman dari wortel, nanas dan jeruk. Tanpa pemanis sama sekali dan cara nya pun mudah dengan Philips Juicer, rasa minuman yang saya dapatkan, asli enak dan manis.. tidak ada rasa wortel sama sekali, yang saya rasakan ke segaran dari buah nanas dan jeruk yang manis.



DIY Juice

Acara ini dibuka dengan talkshow yang menghadirkan 2 narasumber yaitu Bapak Yongki Sentosa selaku Head Of Personal Health Philips Indonesia dan juga Ibu Dr.(c) Rita Ramayulis, DCN. M.Kes selaku nutrisionis yang akan memberikan pencerahan kepada kita mengenai apa yang sebaiknya baik di konsumsi selama bulan ramadhan.



Pada kesempatan pertama, Bapak Yongki memaparkan bahwa Philips mengerti kebutuhan masyarakat saat ini, dengan mobilitas yang tinggi dan waktu terbatas tetapi ingin juga tetap menjaga kesehatan, baik untuk diri sendiri dan juga keluarganya. Oleh karena nya Philips menciptakan peralatan dapur inovatif Philips yang memudahkan untuk menyiapkan makanan sehat dengan mudah dan praktis.

Yang paling menarik ketika Ibu Rita sharing mengenai pola makan yang sehat selama bulan Ramadhan.  Hakekat berpuasa bagi tubuh adalah saat nya “beristirahat “ dari aktifitasnya dalam mencerna. Puasa juga bisa digunakan sebagai detoks untuk tubuh sehingga pencernaan kita akan lebih sehat. Tapi pada kenyataannya banyak juga yang salah asupan ketika berpuasa, sehingga tubuh 
malah jadi terbebani.

Beberapa poin penting yang disampaikan oleh Ibu Rita, yang menurut saya harus selalu di ingat dan menjadi tips untuk kita menghadapi bulan Ramadhan.
  1. Berbukalah dengan yang manis, namun yang manis disini bukan yang hanya mengandung gula, baiknya mengandung Glukosa, Fruktosa dan Sukrosa semua ini terdapat pada buah kurma. Jika tidak ada kurma, bisa juga dig anti dengan Pisang, Semangka atau Pepaya yang kandungannya mirip dengan kurma. Kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa itu selain dapat membuat gula darah seimbang, namun juga mempertahankannya sehingga tubuh kita akan siap untuk melakukan aktifitas mencerna lagi.
  2. Setelah sholat magrib, sebaiknya makan malam yang menunya seimbang, bukan hanya memberikan rasa kenyang dan kepuasan cita rasa dimana habis seharian kita berpuasa, jadi kadang ingin yang macem-macem.  Menu seimbang disini meliputi makanan pokok, sayuran, lauk pauk dan buah. 
  3. Setelah tarawih atau sebelum tidur, sebaiknya penuhi kebutuhan zat gizi saat berbuka puasa dengan makan makanan yang terdiri dari sayur dan protein.
  4. Jangan pernah untuk melewati sahur ketika kita akan berpuasa. Pilih makanan sumber energy yang lambat dicerna dan bertahap untuk di konsumsi saat sahur.
  5. Makanan yang mengandung protein rendah lemak atau sedang dan tinggi lemak tapi tidak di goreng, merupakan makanan yang baik untuk sahur. Tujuannya agar lebih lama di cerna dan tidak membebani proses pencernaan.
  6. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan pada saat berbuka dan sahur, lengkapi elektrolit agar bertahan lama pada saat sahur.
  7. Jangan berbuka puasa dengan makanan yang di goreng, tepung terigu.. ini saya banget yang suka buka dengan gorengan *tutupmuka.
  8. Jangan berbuka dan sahur dengan makanan yang merangsang asam lambung dan mengandung gas.

Jika kita bisa menerapkan hal diatas pada saat berpuasa di bulan Ramadhan, maka berat badan kita akan ideal, tekanan darah dan kadar glukosa bisa stabil, lebih aktif dan produktif.. jadi salah besar klo pada waktu bulan Ramadhan produktifitas kita menurun, itu tandanya puasa kita belum terlalu berhasil..hiks..hiks berarti saya salah ya..

Saya masih suka makan makanan yang di goreng dan mengandung lemak tinggi, padahal menurut aturannya pembagian makanan sehari 1.620 Kkal, yang terdiri dari Karbo 3,5 porsi dan 1 porsi nya itu sebesar kepalan tangan kita masing masing, lalu protein 5 porsi dan 1 porsinya sebesar telapak tangan, sayur mayor 3 porsi dan buah 5 porsi. Sedangkan untuk konsumsi gula hanya 2 sendok sehari dan minyak sebanyak 5 porsi sehari, 5 porsi disini totalnya sebesar jari jempol saja!.. sedangkan saya.. makan nasi uduk seporsi aja semua makanan pelengkapnya menggunakan minyak, itu baru satu kali makan, gimana 3 kali makan ya.. ampuuunnnn masih jauh dari pola makan sehat.



Philips Air Fyer.. alat masak idaman

Untungnya hidup di jaman sekarang, dimana teknologi makin canggih dan inovatif, suka makanan gorengan tapi tetep mau sehat? Ngga usah khawatir.. ada produk Philips Air Fyer yang merupakan alat masak canggih buat saya. Amazing waktu kemarin lihat demo masaknya dan mencobanya sendiri, membuat makanan yang harus nya di goreng dengan minyak tapi BISA TANPA MINYAK SETETES PUN! Kereenn memang teknologi nya dari Philips ini. Selain itu rasa makanan pun tidak berubah sama sekali, tetap renyah dan enak walau hanya di masak sebentar.. bener bener PRAKTIS, ngga sampai 20 menit, bola bola udangnya matang.


tanpa minyak setetes pun

Bola ayam yang di masak pakai Air Fyer

Selain dengan Air fyer, kita juga bisa dimudahkan lagi ketika memasak nasi dengan Philips Fuzzy logic yang bisa di atur waktu memasaknya, lalu kemarin juga sewaktu kita demo masak, sambil menunggu bola bola ayamnya matang, kita bisa membuat juice dengan Blender Philips dan butuh waktu yang cepat banget, jadi selama 30 menit memasak kita bisa membuat menu yang praktis dan Sehat buat anggota keluarga kita. Blender Philips ini sendiri, sudah tidak di ragukan lagi kualitasnya, selain motor nya kuat, material plastiknya juga bagus, dilengkapi dengan jar untuk memblender bumbu, bikin produk ini makin ciamik.






Pokoknya cinta mati deh sama peralatan dapur Philips ini, saya sendiri di rumah punya mixer, blender sampai dua karena yang satu khusus buat aryo, lalu rice cooker nya yang warna hijaunya bikin saya jatuh cinta. So buat temen temen yang pengen tahu lebih lengkap apa saja produk inovasi peralatan dapur Philips bisa langsung cek Facebook nya ya di PhilipsHome Living.


Selamat memasak makanan sehat untuk keluarga ya dan selamat menunaikan ibadah puasa buat semua yang menjalankan. 

3 komentar:

  1. ehmmm... sdh memasuki bln suci ramdhan ... selmat mnunuaikan ibadah puasa untuk teman2 semua

    BalasHapus
  2. Saya banget tuh mbak sukanya gorengan. Huhuhu.... asyik ya kalau punya air fryer itu.

    BalasHapus
  3. Tips Sehat dalam bulan Ramadhannya bakal jadi rekomendasi nih, perlu di terapkan biar berat badan tetap ideal.
    ngomong-ngomong tentang philips, dirumahku juga menjadi pilihan nomor satu produk philip. kualitas utama deh..

    Salam kenal ya mbak...
    Ditunggu kunjungnnya di blog saya. hee

    BalasHapus