SUN Ubi Ungu - varian mpasi fortifikasi pertama di indonesia



Setelah kurang lebih 3,5 tahun, akhirnya bulan april nanti saya mulai mempersiapkan diri menghadapi masa mpasi nya aryo. Itu artinya saya harus belajar lagi soal ini, sebagai ibu yang baik pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, khususnya untuk asupan nutrisinya.

bahwa asupan gizi yang cukup dan pencernaan yang sehat akan membentuk system daya tahan tubuh yang baik, khususnya pada anak.” - dr. Julistio Djais, Sp.A (K), M.Kes -
Add caption


Klo pada usia 0-6 bulan yang berperan penting untuk menjaga pencernaan anak adalah ASI, maka memasuki masa MPASI pada usia diatas 6 bulan, nutrisi pada anak dapat dikontrol dan diperhatikan secara penuh oleh ibu nya melalui asupan makanan yang di berikan selain asi.

Browsing internet soal bahan makanan apa yang baik buat aryo, trus bagaimana cara mengolahnya yang baik serta lanjut dengan resep cara membuat mpasinya. Sepertinya saya akan segera memulai itu dari sekarang.


Pastinya saya ingin memberikan makanan yang terbaik, yang kaya akan serat, vitamin dan mineral yang bisa mencukupi kebutuhan gizi seimbangnya. Sayuran dan buah-buahan adalah yang terpenting diberikan pada masa MPASI, namun selain itu juga tetap harus di perhatikan konsumsi karbohidrat dan protein nya juga. 

Pilihan pertama untuk bahan makanan yang akan diolah pastinya yang bersumber dari karbohidrat seperti beras. Maklum ya namanya orang Indonesia, pasti nya kudu makan nasi, walau padahal sudah banyak makanan pengganti karbohidrat lainnya seperti kentang, singkong, ubi, oat meal dan masih banyak lainnya. Salah satu sumber karbohidrat lainnya yang saat ini sedang lumayan banyak dibahas di internet adalah Ubi Ungu.

Ubi ungu sendiri merupakan bahan pangan yang kaya akan antioksidan alami, antosianin dan betakaroten yang baik untuk mendukung kekebalan tubuh baik pada orang dewasa maupun bayi, karena antioksidan yang tinggi mampu menangkal radikal bebas sedangkan antosianin mampu menghasilkan prebiotik yang merupakan bakteri baik untuk pencernaan. Jujur ini saya baru tahu banget manfaat si Ubi ungu ini, ternyata lumayan bikin saya kaget juga :D

Ubi ungu merupakan bahan pangan yang tergolong superfood dan jika melalui proses pengolahan yang tepat, dapat dihasilkan ubi ungu yang bergizi, tahan lama dan aman di konsumsi sebagai makanan pendamping ASI. 

MPASI fortifikasi berbahan dasar ubi ungu dapat dijadikan pilihan karena mengandung zat gizi yang lengkap dan seimbang. Hal berikut tadi di paparkan oleh Guru Besar Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor yaitu Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS.

Selain mengandung zat gizi macro, asupan mpasi juga membutuhkan zat gizi micro seperti zat besi, zync, vitamin serta mineral lainnya. Dengan komposisi yang seimbang dapat membuat keseimbangan bakteri pada pencernaan sehingga pencernaan akan selalu baik dan daya tahan tubuh juga selalu terjaga.




Di Indonesia, untuk pertama kalinya merk SUN yang merupakan brand MPASI fortifikasi mengeluarkan varian rasa baru yang berbahan dasar ubi ungu yaitu SUN Ubi Ungu. 

Awalnya saya ragu dengan pemberian mpasi seperti ini, apakah mengandung bahan pengawet atau tidak? Lalu apakah baik pemberiannya untuk anak saya? 

Namun menurut penjelasan para ahli pada saat acara blogger gathering kemarin, di jelaskan bahwa memang yang terbaik adalah pemberian MPASI homemade yang langsung di masak, namun para ibu juga harus belajar banyak mengenai cara pengolahan yang sesuai sehingga tidak mengurangi nilai nutrisi yang ada.

Pemberian mpasi dengan SUN inipun tergolong aman karena disesuaikan dengan kebutuhan tubuh bayi untuk nilai nutrisi nya, dengan melalui proses pengolahan teknologi Drum Drying sehingga dihasilkan produk turunan ubi ungu yang aman, rendah kadar airnya dan tetap terjaga manfaatnya.

Selama masih baik proses penyimpanannya setelah pembukaan kemasan, produk SUN Ubi ungu ini masih terjaga nilai nutrisinya dan praktis digunakan untuk para ibu, khususnya para ibu bekerja seperti saya yang mungkin tidak punya banyak waktu untuk mengolah dan membuat mpasi homemade setiap harinya. 

Trus gimana cara penyimpanan yang baiknya?

Setelah dibuka tuang di wadah tertutup seperti Tupperware atau cukup ditutup kemasan aluminium foilnya dan ditutup menggunakan karet atau penutup lainnya.



Dokter Tio juga menyarankan untuk para ibu bekerja, tetep memberikan mpasi homemade juga di selingi dengan mpasi fortifikasi ini, misalnya di saat weekend tetap memberikan anak makanan homemade atau juga di setiap hari nya mpasi dengan SUN Ubi Ungu bisa di tambahkan dengan variasi menu lainnya dan makanan selingan lainnya seperti cemilan.

Tujuannya adalah agar anak mengenal berbagai jenis makan dan kedepannya anak tidak akan pilah pilih makanan. Anak yang mendapatkan gizi cukup, suka makan segala dan bisa makan sendiri akan dapat tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang senantiasa sehat.

Pada acara kemarin juga di demo kan cara pengolahan MPASI SUN Ubi Ungu ini dengan variasi yang berbeda oleh Chef Gio dari mastercheff Indonesia. Dengan dua resep yang berbeda yaitu SUN Ubi Ungu mix fruits dan Sun Ubi Ungu Sweet creamy corn soup. 



hasil olahan MPASI SUN UBI UNGU WITH MIX FRUITS


Ternyata dari satu macam varian rasa pun bisa jadi dua hidangan yang enaak.. semua tergantung kreatifitas dari kita sebagai orang tua untuk terus belajar dan berkreasi dalam memberikan yang terbaik untuk buah hati kita.



Dari acara blogger kemarin, saya mendapatkan tambahan ilmu untuk membantu saya dalam menghadapi masa mpasi nya aryo, selain itu saya juga tetap browsing untuk mendapatkan info-info lainnya. Saya juga sempat mencari info dari FB nya SUN dengan Account @kasih SUNID. Selain ada info seputar parenting, berbagai macem tips dan ada juga kuis yang hadiahnya menarik.

So buat para ibu-ibu yang akan menghadapi masa mpasi buat anaknya atau sedang dalam masa mpasi.. selamat berkreasi dalam memberikan asupan yang baik nutrisinya untuk si kecil.

1 comment:

  1. Selain kandungan gizi nya yang baik, kreatifitas dalam menyajikan sun ubi ungu juga mungkin mempengaruhi selera makan anak ya Mbak.. :D

    ReplyDelete