Langkah Untuk Menghemat Pulsa



Kemarin dapat complain dari mama dan papa saya yang akhir-akhir ini merasa boros banget dalam pengeluaran pembelian pulsa.

Gambar dari sini

Saya juga bingung sih kenapa mereka bisa boros, tapi setelah denger cerita mereka saya jadi mengerti, wajar orang tua kaya mereka kurang paham soal penghitungan pulsa.


Si papa pulsanya sering ke sedot karena tidak pernah beli paket internet, jadi begitu ngisi pulsa enak-enakkan internetan tanpa tahu ada paket pembelian pulsa khusus internet, jadi pakai tarif normal gitu deh.. ya wajar ajah klo cepet abis.

Terus klo si mama kurang lebih sama, lagi-lagi soal internet dan keseringan ngobrol di telpon tanpa tahu ada paket bicara yang sekarang sudah disediakan oleh beberapa provider gsm.

Semenjak whatsap ada fitur video call, para eyang jadi sering video call demi melihat anak cucu.. jadi wajar kalo pemakaian internet buat mereka berdua juga penting untuk sekarang ini.

Duluu banget saya pernah pakai nomor gsm postpaid dan asli tagihan bisa bengkak bangeet deh, apalagi waktu dulu masih jualan online, sering pakai buat nelpon dan sms.. ngga seperti sekarang yang ada teknologi whatsap bisa ngobrol sesuka hati tanpa memikirkan pemborosan pulsa.

Dari pengalaman dulu, akhirnya saya coba buka website dari beberapa operator gsm dan mulai melihat produk maupun paket-paket yang mereka tawarkan, alhamdulillah dari situ saya jadi bisa belajar untuk lebih berhemat soal pulsa.

Seperti dulu dari operator kuning menyediakan paket dengan pulsa 100 ribu bisa dapat benefit bebas nelp sesama operator trus bebas sms juga ke semua operator tapi waktu itu tarif paket internetnya masih mahal, sampai akhirnya saya berkenalan dengan operator gsm biru.

Tapi sekarang setelah tau operator gsm biru ada paket baru dan itu sangat sesuai dengan kebutuhan saya, seneeng banget rasanya.. sekarang sebulan saya cukup mengeluarkan budget pulsa 100 ribu bisa untuk internet, nelp dan sms sesuai kebutuhan saya.

Karena puas dengan itu akhirnya saya merekomendasikan suami untuk pakai operator gsm biru juga dan setelah mencoba nya dia pun merasa puas, jadi sekarang tagihan postpaid gsm dia sedikit banget, cuma untuk mempertahankan nomor lama dan kalo urgent pas paket bicara dari operator gsm birunya habis.

Ini berdasarkan pengalaman saya saja ya... soalnya paket yang ditawarkan lumayan bikin hepi.. kuota nelpon gratis nya itu bisa ke semua operator, itu yang bikin agak beda dengan operator gsm lainnya, yang biasanya hanya sesama saja bisa bebas nelpon nya.

Back to masalah penghematan pulsa, berdasarkan pengalaman saya itu berikut ini tips dari saya untuk menghemat budget untuk pulsa :


  • Kunjungi website operator gsm yang ada, lalu browsing tentang paket yang mereka tawarkan, sesuai kan dengan kebutuhan kita 
  • Jika ingin menelpon, cek operator yang ingin di telpon dan biasakan menggunakan pulsa yang operatornya sama, biar lebih murah pulsanya. 
  • Usahakan menggunakan cara yang paling murah untuk berkomunikasi seperti telpon via aplikasi whatsap atau line, sehingga tidak mengeluarkan pulsa bicara. Dari kedua aplikasi itu pun bisa untuk video call.. thanks to technology deh pokoknya. 
  •  Hati hati dengan tipuan dari berbagai iklan sms dan sebagainya, seringnya iklan tersebut menjebak kita untuk mendaftar jadi langganan sms secara otomatis sehingga pulsa cepet habis terkuras. 
  •  Jika tidak menggunakan paket internet, jangan lupa untuk mematikan fitur auto sync atau auto update pada aplikasi. Ini untuk menghindari download/update otomatis ketika pulsa baru di isi. Kasus ini mirip sama punya papa saya, akhirnya pulsa kesedot banyak untuk itu, padahal baru isi pulsa. 
  •  Aktifkan Screen lock, agar tidak terjadi panggilan secara tidak sengaja kepencet yang bisa mengurangi pulsa. 
  • Untuk membeli pulsa, saya sarankan untuk beli pulsa online, karenasaat ini banyak online shop yang menawarkan pembelian pulsa dan paket untuk gsm dengan harga lebih murah di banding toko pulsa.

Dengan menerapkan hal-hal diatas, insya Allah budget pemakaian pulsa akan lebih singset, sesingset pinggang saya..hihihiihihi..

Saya yang dulu nya budget untuk pulsa bisa mencapai 300ribu sebulan, saat ini hanya 100 ribu sebulan dengan ikut paket xtra operator biru dan untuk no satu nya yang khusus untuk komunikasi dengan temen-temen kantor yang mayoritas pakai operator gsm merah, tagihan saya hanya 60ribuan perbulan.

Lumayan penghematan bukan?

1 comment:

  1. Wah, solusi bagus nih.. tapi masalahnya kalau paket data ngga cukup buat buka olshop gimana kaaak XD

    ReplyDelete