Event - Mari dukung program Bright Future untuk masa depan cerah anak Indonesia

Kalo waktu dulu saya pernah ikut acara blogger gathering mengenai project sunlight, sabtu kemarin saya mendapatkan kesempatan lagi untuk ikutan #TUMBloggersMeetUp bersama The Urban Mama, Unilever dan Blibli.com untuk ikut dalam kampanye #BrightFuture.




Kali ini tema yang diusung kampanye ini adalah "Selamat Tinggal Dunia Lama, Dukung Masa Depan Cerah Anak Indonesia Lewat Dunia Yang Sehat dan Gembira ". Acara ini diadakan di D-Lab menteng, saya bersama teman sesama blogger dari komunitas TUM Bloggers mendengarkan apa yang di sampaikan oleh tiga narasumber yang hadir siang itu, yaitu :
  1. Adisty Nilasari - Media Relation Manager dari Unilever
  2. Lany Rahayu - Senior Marketing Communication Manager dari Blibli
  3. Retno Dewanti Purba - Psikolog dari SAUH Psicological Service


Teh Ninit dari The Urban Mama sedang memberikan kata pembuka

ki-ka:  Teh Ninit Yunita (TUM), Mba Lany (Blibli), Mba Adis ( Unilever), Ibu Retno (Psicology) dan MC yang cantik Fika Rosemary




Pada kesempatan pertama mba Adis menjelaskan tujuan dari Unilever membuat kampanye #BrightFuture yang berbeda tema tiap tahunnya adalah salah satu komitmen dari PT. Unilever tbk, yang merupakan salah satu strategi untuk menumbuhkan bisnis namun juga untuk mengurangi dampak lingkungan yang timbul dari bisnisnya.serta meningkatkan manfaat sosial positif untuk masyarakat sekitar.


Mba Adis sedang menjelaskan tujuan dari kampanye ini

Tahun ini kampanye #BrightFuture mengusung tema " Selamat Tinggal Dunia Lama" yang arti nya mengajak seluruh masyarakat untuk meninggalkan dunia lama yang penuh dengan cara pandang pesimis dan sambut dunia baru yang lebih baik penuh optimis, khususnya bagi anak-anak kita. Dunia tempat mereka bisa tumbuh di lingkungan yang lestari dan sehat sehingga mereka menjalani masa kecilnya dengan gembira.

Mba Adis juga menjelaskan mengapa Unilever menggandeng Blibli.com untuk kampanye nya kali ini, karena melihat gaya hidup konsumen saat ini yang lebih sering menggunakan media belanja online untuk belanja kebutuhan sehari-hari.

Kampanye #BrightFuture kali ini bersama blibli.com adalah setiap pembelian produk dari 6 brand Unilever yaitu : Lifebouy, Pepsodent, Rinso, Domestos, Vixal dan Blue band di Blibli.com, konsumen secara otomatis turut mendonasikan Rp 1.000,-  untuk mendukung kampanye #BrightFuture selama periode berlangsung dari tanggal 1 Desember hingga 31 desember 2016. Kampanye #BrightFuture nya sendiri akan dilangsungkan hingga 2017 untuk implementasinya.

Mba Lany dari blibli.com menyambut baik program #BrightFuture ini karena sejalan dengan visi dan misi dari blibli.com sendiri yaitu untuk memberikan kehidupan lebih baik sesuai dengan gaya hidup konsumen.

Unilever sendiri menggandeng Blibli.com untuk mengedukasi konsumen melalui program kesehatan lingkungan, dan pemberdayaan komunitas di sekitar area bermain publik pada 5 kota (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan dan Makassar). Saat ini sudah ada beberapa RPTRA yang dibangun oleh PT Unilever Tbk, salah satunya di daerah cideng.

Selain dengan Blibli.com, program ini juga akan menggandeng komunitas dan pemerintah disekitar area bermain untuk memanfaatkan dan menjaga fasilitas yang sudah dibangun, agar fasilitas yang ada bisa dimanfaatkan dengan maksimal, baik oleh masyarakat maupun komunitas pada area sekitarnya.

Melalui program ini juga, kerja sama antara komunitas sekitar dengan Unilever dan Blibli.com bukan hanya untuk berpartisipasi menjaga serta merawat kebersihan taman, namun juga mengusung program edukasi seputar kesehatan dan lingkungan.

Mengapa hanya 6 produk diatas yang dipilih oleh unilever untuk kampanye ini?
 
Karena keenam produk ini yang bisa mewakili program edukasi yang diusung diantaranya adalah untuk generasi mudanya mengusung program mencuci tangan dengan sabun Lifebuoy, sikat gigi dan malam menggunakan pepsodent, cara merawat dan menjaga kebersihan toilet diruang publik yang diwakilkan dengan produk Domestos dan Vixal, lalu pentingnya bermain di ruang terbuka dan tidak perlu takut dengan yang kotor karena sesuai dengan motto nya Rinso.

Untuk para ibu-ibu nya sendiri dengan mengetahui pentingnya memberikan nutrisi yang baik untuk anaknya dengan Blueband dan bijak dalam berbelanja online bersama Blibli.com.

Kemarin mba lany juga memberikan tips-tips seputar belanja online yang bijak, cermat, aman dan pastinya menyenangkan. Ada dua hal penting yaitu jangan pernah menggunakan wifi ditempat umum dan juga fasilitas umum untuk melakukan transaksi belanja online karena data kita bisa diambil oleh hacker. Lalu yang kedua memastikan bahwa halaman yang kita gunakan merupakan halaman yang sudah terenkripsi sehingga data kita aman.

Sedangkan Ibu Retno memaparkan bahwa pemberdayaan komunitas diera saat ini memang tepat sekali, melalui komunitas gerakan aksi ini bisa tersebar karena memiliki kepentingan bersama. Melalui kolaborasi banyak pihak ini lah di harapkan tujuan kampanye #BrightFuture ini bisa tercapai.

Ibu Retno juga menyambut positif dengan gerakan ini, karena taman bermain yang dilengkapi dengan fasilitas sanitasi yang baik dan sarana edukasi yang menarik bisa membuat anak berkreatifitas dan mengembangkan diri secara optimal. Selain itu jugabisa membentuk kebiasaan kebiasaan baik bagi anak melalui pembelajaran sosial yang dapat diperoleh dari taman bermain ini.

Harapan besar dari kampanye #BrightFuture "Selamat Tinggal Dunia Lama " ini dapat menggugah semakin banyak pihak lagi untuk lebih memiliki kesadaran dan keperdulian melalui tindakan nyata untuk menuju kehidupan yang lebih baik lagi. Karena setiap tindakan sekecil apapun, jika dilakukan bersama sama secara konsisten bisa membuat perubahan yang besar.



Foto bersama dengan seluruh peserta yang hadir

Jadiiii yuk...sekarang waktunya belanja online di Blibli.com untuk membeli produk diatas supaya kita bisa ikut andil dalam perubahan kehidupan yang lebih baik lagi. Semua itu dimulai dari diri sendiri lalu kemudian tularkan ke orang lain agar makin luas dan nyata hasilnya.


4 comments:

  1. Hmmm.. Biasanya belanja bulanan di supermarket, tapi kl ada program ini jadi kepikiran belanja di Blibli :)

    ReplyDelete
  2. Pas ini "selamat tinggal dunia lama" sesuai momen, dibikin resolusi buat 2017 hehe TFS

    ReplyDelete
  3. Keren banget programnya ya mbak...inspiratif banget menurut saya

    ReplyDelete
  4. Aku pakai semuanyaaa, eh kecuali domestos deng, hehehe. Jadi aku udah berkontribusi juga dong ya? Eh harus beli di blibli ya biar makin afdol, hehehe.

    ReplyDelete