EVENT- Kenalan dengan Philips Hue di Philips lighting week



Minggu lalu saya berkesempatan hadir di acara blogger community gathering di atrium Mall senayan city dalam rangka Philips lighting week. Acara yang diadakan oleh Philips yang merupakan merk ternama dalam pencahayaan mengusung tema Light Beyond illumination. Pada acara ini dipamerkan berbagai produk dari Philips, salah yang paling menarik adalah Philips hue.


Apa itu Philips hue?

Philips Hue itu sendiri merupakan inovasi terbaru dari Philips yang merupakan system pengaplikasian pencahayaan LED yang terkoneksi nomor satu di dunia. System pencahayaan ini bisa untuk smart cities, smart buildings dan juga smart homes. 
Untuk pengaplikasian di smart homes, Philips hue sendiri bisa mengubah rumah anda dengan menciptakan suasana yang berbeda, nanti nya akan berguna untuk memperindah ruangan, dapat meningkatkan mood dan juga mempermudah kehidupan sehari-hari. Ini semua bisa di kendalikan melalui ponsel pintar (smartphone) yang kita miliki, jadi dengan menggunakan Philips hue kita bisa mengontrol seluruh pencahayaan di rumah.

salah satu contoh philips hue untuk smart city

Sedangkan pada smart cities, Philips hue ini dapat diaplikasikan sebagai manajemen pencahayaan yang terkoneksi untuk memperindah lokasi wisata contohnya di Jakarta pada pencahayaan tugu monas, lalu bisa juga untuk penerangan lampu jalan dan masih banyak kegunaan lainnya untuk mengubah kota menjadi kota-kota pintar.


Yang menarik pada acara blogger gathering kemarin, saat talkshow dengan nara sumber mba Indah Suzanti selaku product marketing PT. Philips Indonesia dan juga mas Ario Pratomo selaku tech Vlogger. 

Mba indah menjelaskan selengkapnya tentang Philips Hue ini sendiri, bagaimana keunggulan dan fitur-fitur dari Philips Hue yang bikin saya tertarik sekali, sedangkan mas Ario sendiri selaku pengguna Philips hue ini menceritakan pengalamannya setelah menggunakan produk tersebut.

mba indah menjelaskan tentang philips hue

Philips hue ini bisa menampilkan 16 juta warna sehingga bisa digunakan untuk menstimulasi indera manusia, menjaga ketenangan bathin dengan pengaturan cahaya yang bisa redup maupun terang sesuai keinginan, lalu kita juga dapat mengendalikan lampu dirumah secara otomatis walaupun dengan jarak jauh selama koneksi internet lancar. 

Lampu bisa diatur kapan harus mati dan nyala sesuai keinginan, bisa untuk alarm juga karena bisa diatur jam nya kapan harus nyala dan kalau kita sedang diluar kota tidak perlu lagi titip ke orang untuk nyalain lampu rumah ketika rumah lagi kosong, semua bisa di atur melalui aplikasi yang sudah terinstall di smartphone kita.

Yang lebih seru lagi, salah satu fitur nya bisa menyesuaikan pencahayaan dengan alunan music ataupun film yang sedang kita tonton, sehingga pengalaman menonton lebih seru.  

Bagaimana cara kerja nya Philips hue?

"Philips hue ini sangat easy to install and use " kata mba indah, semuanya itu menyesuaikan dengan trend saat ini yang serba digital dan Philips berusaha memudahkan seluruh penggunanya.

starter kit philips hue - gambar dari sini


Cara kerja nya simple cukup dengan menghubungkan Hue Bridge yang merupakan otak atau pengendali dari system pencahayaan ini dengan router yang terkoneksi internet, cukup dengan kabel LAN saja. Lalu download applikasinya untuk di install pada smartphone sehingga kita bisa mengendalikan hue bridge nya. Untuk pemasangan lampu bulb nya sendiri juga seperti biasa aja  ngga ada yang menyulitkan sama sekali.

Kita cukup memberi nama lampu yang kita punya, maka kita bisa mengendalikan semuanya sesuai keinginan dari mulai warna cahaya, tingkat redup terangnya cahaya dan timer kapan harus nyala maupun mati.

Trus untuk koneksi internet yang dibutuhkan untuk mengendalikan Philips hue ini juga tidak butuh yang kecepatannya tinggi, hanya butuh kestabilan saja dan pastikan saklar dirumah dalam posisi on sehingga kita bisa terkoneksi dengan baik ke bridge hue nya jadi system pencahayaan sudah dalam genggaman.. keren kan?

Pada saat acara, banyak pertanyaan yang muncul dari mulai soal koneksi internet, masalah di hack nanti nya ataupun seberapa worth it kita harus membeli Philips hue ini.

Untuk soal worth it , Philips hue ini selain bisa memberi kepuasan bathin dan nilai prestige, Philips hue ini dengan technology LED bisa menghemat listrik hingga 90%,  mba indah mengklaim bahwa umur pencahayaan lampu Philips bisa mencapai 25.000 jam atau setara 15 tahun ya.. so yang punya kpr 15 tahun sekali beli lampu bisa sampai kprnya lunas…hihihihihihi..
udah kebayangkan hemat energy nya. Untuk Philips hue ini sendiri mendapatkan garansi 2 tahun, jika mengalami kerusakan langsung diganti baru.

Untuk koneksi internet sendiri, insyaAllah aman karena pada bridge nya sendiri sudah memiliki ip masing-masing dan jika koneksi internet mati, pengaturan lampu tetap masih berfungsi dengan system manual melalui saklar.

Klo saya sendiri karena memang tertarik, langsung teringat pada ruangan di rumah yang menggunakan empat lampu philips LED, langsung mengkhayal klo itu semua diubah menggunakan Philips hue, jadi saya bertanya tentang watt dari lampu ini. Ternyata maksimal watt nya untuk satu bulb lampu nya bisa sampai 10 watt, jadi masih bisa lah untuk mengganti pencahayaan di rumah.

Saya langsung membayangkan menonton tv dengan pencahayaan yang bisa diatur sesuai film, trus membayangkan  ngga perlu mencat ulang tembok jika sudah bosan dengan warna nya, cukup mainkan saja warna warni yang ada pada phillips hue. Aaaahhhh jadi mupeng…

mba indah mendemokan apps philips hue
warna ungu lampunya bagus membuat suasana hangat dan romantis

Mas Ario menceritakan pengalaman menggunakan Philips hue melalui vlog nya, dari mulai unboxing kemasan, cara instalasi yang mudah dan juga seru nya bermain warna dengan lampu Philips hue yang dia miliki. Untuk pengaturan menyalakan dan mematikan lampu dari luar rumah, mas ario menceritakan pengalamannya yang sudah mencoba dari luar rumah, sayangnya dia belum pernah mencoba dari luar kota, namun jika dari logika dimanapun berada asal terkoneksi internet pasti bisa dilakukan.
philips hue go - gambar dari sini

philips hue stripe - gambar dari sini

philips hue bulb - gambar dari sini

Untuk produk dari Philips hue sendiri ada 3 macem lampu yaitu bulb, stripe dan hue go yang portable bisa di bawa bawa. Produk ini sendiri akan rilis di Indonesia pada januari tahun 2017, klo untuk pre ordernya bisa di lakukan pada situs online lazada tanggal 12-19 desember nanti, banyak penawaran menarik nantinya so buat yang udah ngga sabar mendekor rumah pakai Philips hue ini di rumah bisa langsung cek lazada ya..

Jika Rumahku Menggunakan Philips Hue…

Karena tertarik banget sama philips hue, saya pun ikutan mendaftar pre order nya.. rencana nya ada beberapa spot dirumah yang mau menggunakan Philips hue. 

Spot pertama yang pasti akan dipasang Philips hue adalah ruang tengah dari rumah yang merupakan gabungan beberapa ruangan yaitu ruang makan, ruang nonton tv dan ruang bermain anak.

Dengan Philips hue disitu, pencahayaan bisa diatur sesuai mood, saya bisa nonton tv dengan cahaya yang disesuaikan film, trus anak masih bisa bermain dengan pencahayaan bagus dan terang juga tanpa ada rebutan hahahahhaa..

Ruang makan juga bisa makin indah dengan pengaturan warna nya dari Philips hue, jadi ngga cepat boring dengan warna yang itu-itu saja.

Kita juga bisa mengajarkan anak-anak bermain dengan warna menggunakan Philips hue ini dan penghematan banget ngga perlu ngecat tembok warna warni untuk mendapatkan suasana yang beda.
ingin lampu stripe model kaya gini di kamar tidur

Spot kedua pastinya saya mau pakai stripe nya Philips hue pada kamar tidur, gunanya untuk lebih membuat kenyamanan pada saat istirahat, dengan terang redupnya dan timer mati nyala lampu, kita ngga perlu repot lagi beli lampu biasa dan lampu tidur, trus bisa bangun sesuai alarm pencahayaan yang bisa diatur sesuai keinginan.

Spot ketiga adalah ruang tamu, saya ingin menggunakan hue go di salah satu sudut ruang tamu, guna nya sih sederhana untuk mempercantik ruang tamu saya sehingga klo ada tamu bisa membuat tamu merasakan kenyamanan dengan berbagai cahaya dari16 juta warna yang berbeda.

Spot terakhir adalah teras rumah baik atas dan bawah.. klo ini saya mau menggunakan fungsi mati nyala secara otomatis dari luar rumah, jadi buat saya yang sering meninggalkan rumah kosong saat wiken karena sering menginap dirumah orang tua, udah ngga perlu khawatir lagi soal pencahayaan rumah di luar jadi bisa mengurangi kecurigaan rumah keadaan kosong.

Aaahhhh jadi ngga sabar mau mendekor rumah dengan Philips hue.. karena banyak fungsi dan memudahkan banget!

Pokoknya life be better with hue.. rumah pun berubah menjadi smart homes.

6 comments:

  1. Wah, Nike Dwi, postingannya lengkap dan kontennya juga bagus. Keren, ya, Philips Hue itu, Nike dan anak-anak bisa-bisa maenan Smartfren terus karena sinar beraneka warna itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhh mba yati bisa ajah.. kurang lengkap ituh belum bisa bikin vlog nya hihihihi... philips HUE emang kereeen abis mba.. bikin mupeng banget

      Delete
  2. Bagus ya si philips hue iniiih aku naksir banget, sayang ngga bisa datang ke acaranya kemaren :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. baguuus bangeet mih, asli pengen punya bangeet aku...

      Delete
  3. hai mbak aku juga datang di event ini tapi kita nggak ketemuan ya hihi, aku naskir banget dengan si Hue ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah sayang banget ya kita ga ketemuan.. next nya klo ada acara blogger.. cowel cowel saya ya mba..

      Delete