Drama si kakak waktu adik lahir..

Pengertian sibling rivalry adalah perasaan tidak nyaman yang ada pada anak berkaitan dengankehadiran orang asing yang semula tidak ada (dalam hal ini adalah saudara yangdilahirkan oleh ibunya yang dianggap mengancam posisi anak sebelumnya,ditujukan dengan perasaan iri hati) (Ranuh, 2005)

 Penjelasan diatas saya kutip dari sini 

waktu awal tahu kehamilan ketiga saya, saya agak takut soal sibling ini, bukan apa-apa anak kedua saya sepertinya masih tidak siap untuk punya adik, bahkan klo di tanya mau punya adik ngga? pasti langsung di jawab ngga..

dia masih manja sama saya, masih apa-apa sama mama.. pokoknya kelihatan ketidaksiapannya untuk berbagi kasih sayang..

tapi alhamdulillah akhirnya makin kesini, dia makin terlihat kesiapannya bahkan sayang banget sama adiknya.. terlalu posesif malah, adiknya ngga boleh di deketin orang lain.. klo ada yang ngomong mau pinjem adiknya ajah, dia langsung nangis kejer.


Ya walau begitu bukan berarti drama menghilang juga sih.... drama maunya sama mama masih tetap ada, kadang malah bikin saya bingung untuk menghadapinya, adakalanya si no 2 ini ngga mau ngerti posisi mama nya.


contohnya waktu mau bobo.. saya yang lagi nyusuin adiknya sambil tiduran otomatis membelakangi si no 2.. iya posisi tidur saya ditengah jadi wasit.. klo adiknya yang di tengah takut ketiban sama kakaknya.  Nah waktu saya masih nyusuin, si no 2 ngantuk dan minta di mpok mpok pantatnya trus simama wajib menghadap ke dia.. gimana coba lagi nyusuin miring ke kanan tapi muka harus menghadap kekiri ngelihatin dia... itu yang kadang masih sulit dan dia kurang pengertian.. mungkin efek ngantuk jadi agak cranky.. ya wajar lah.. saya sih berusaha ngakalin ajah.. ya suruh sabar lah atau berhenti nyusuin adiknya dulu.

trus gimana caranya saya bisa melewati masa peralihan di no 2 ketika adiknya lahir berjalan dengan baik??
begini nih triknya..


1. Awal kehamilan di beri pengertian bahwa akan ada adiknya.
Jadi dari awal berusaha pelan-pelan kasih tau klo di perut mamanya akan ada calon dede bayi, biasanya saya kasih gambar bayi-bayi lucu yang bikin dia gemes., trus saya juga kasih tau klo saya udah ngga boleh gendong dia.. berat banget soalnya dia bisa bahaya buat kandungan.. alhamdulillah dia pengertian selama saya hamil selalu minta gendong sama ayahnya.

2. Selalu ajak ketika kontrol kehamilan
Tujuannya biar dia percaya klo akan ada bayi mungil di perut mama nya



3. Edukasi dirinya tentang kehadiran bayi
saya sering ajak dia nonton youtube soal baby, trus saya bilang klo baby itu lucu, klo udah gede bisa diajak main sama-sama kaya dia main bareng kakaknya.

4. Libatkan ketika memilih produk/baju untuk adiknya.
sampai hari ini setiap adiknya mau mandi, tiara selalu ikut masuk ke kamar mandi, dia yang pilihin pakai baju apa adiknya hari ini.. trus klo mau beli sesuatu untuk adiknya, saya selalu tanya kepada dia, yang bagus yang mana.. tujuannya agar dia tetap merasa dihargai dan tidak tersisih walau sudah ada anggota baru.

5. Belikan kado ketika adiknnya lahir.
ini ngga kalah penting, jauh sebelum lahiran saya membeli mainan buat no 1 dan juga no 2, dan saya berikan ketika menjelang adiknya lahir, karena saya sc yang terencana jadi ketika besok saya mau operasi, malamnya saya berikan kado itu niatnya biar dia senang dan melupakan rasa khawatir kecemburuannya terhadap adiknya.

6. Jika adik bayi dapat kado, ajak kakaknya untuk membuka kado tsb.
setiap aryo dapat kado, tiara yang selalu membukanya... dia excited banget buka kado buat adiknya, tapi bukan berarti lancar jaya ya.. pernah suatu ketika dia iri sama kado adiknya, akhirnya saya belikan dia kado juga, saya belikan kaos trus di bungkus kado dan bilang itu untuk dia.. alhamdulillah dia senang dan sampai saat ini sudah tidak iri lagi.


7. Sempatkan bermain dengan si kakak ketika adik tidur.
bayi kan banyak bobonya ya, jadi saya usahain main sama tiara klo adiknya bobo, trus klo bobo siang selalu saya kelonin karena saat itu adiknya sudah bobo duluan, jadi saya agak lowong.. inti nya buat sesering mungkin interaksi dengan si kakak karena adiknya masih sering bobo dan belum mengerti banyak hal.


ya mungkin masih banyak lagi trik-trik lainnya, saya menjalani yang diatas saja alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik, walau ngga selalu baik juga, kadang ada cranky nya dikit tapi masih dalam tahap wajar lah.. masih smooth laah..

Agak ribet sebenernya membagi waktu dan perhatian dengan tiga anak, tapi saya yakin saya bisa dan anak-anak saya pengertian semua, jadi insya Allah ke depannya nanti akan lancar terus..

Intinya kesabaran Ibu yang harus panjang dan saya masih belajar soal itu biar makin panjang sabarnya :)

1 comment:

  1. Gemesh banget liat Tiara & Aryo, rukun2 semua yaa. Aku ngga kebayang kalau Raya punya adeh ahahahhaa. XD

    ReplyDelete