Talkshow Manajemen ASI untuk Ibu Bekerja

Minggu lalu saya ikutan mendaftar untuk acara talkshow dari majalah Mother and Baby Indonesia.
Alhamdulillah saya terpilih untuk hadir, saya sengaja memang mendaftar ke acara ini karena temanya menarik dan pas buat saya. Tema yang diusung acara ini adalah Manajeman Asi untuk Ibu Bekerja.. pas banget kan buat saya yang sebentar lagi lahiran dan berniat memberikan asi eksklusif buat bayi saya nanti.



Memang soal Asi ini bukan pengalaman pertama buat saya, tapi jujur untuk anak yang ketiga ini saya agak lupa sedikit, lagian ngga ada salahnya menambah ilmu lagi untuk merefresh kembali pengetahuan saya.



selfie sebelum acara dimulai

Acara nya di selenggarakan di Resto Sunny side up mall Kokas, kali ini majalah MnB indonesia bekerja sama dengan Tomme Tippee sebagai brand terkenal untuk perlengkapan bayi.

Dimulai dengan sambutan dari pihak majalah MnB, lalu dilanjutkan dari pihak Tommee Tippee dan terakhir dari pihak Sunny side up sendiri. lalu acara talkshow dimulai dengan sharing session bersama dr. Natia Anjarsari, SpA dari RS Brawijaya dan celebrity mom yaitu Joanna Alexandra.




sharing session nya berlangsung seru dan interaktif banget, para ibu antusias mendengarkan dan juga menyimak tanya jawab termasuk saya, ada beberapa poin yang saya catat dan saya posting di twitter, sekalian usaha ikutan live tweet.. siapa tau bisa menang :)





berikut ini beberapa poin yang saya ingat :
  • Pengertian dari ASI eksklusif adalah HANYA ASI saja dari baru lahir hingga 6 bulan, kecuali obat-obatan atau suplemen dari rekomendasi dokter.
  • Bayi baru lahir bisa bertahan selama 3 hari tanpa minum, jadi buat ibu yang baru melahirkan lalu ASI nya ngga langsung keluar, jangan panik dan harus tetap rileks biar ASI segera keluar.
  • Bayi baru lahir, ukuran lambungnya cuma sebesar kelereng, jadi walau ASI cuma beberapa tetes masih bisa mencukupi kebutuhannya dan ibu tidak perlu khawatir.
  • Tanda bayi mencukupi ASI nya adalah bayi pipis minimal 6 kali sehari, lalu disaat umur bayi 14 hari, berat badan bayi kembali seperti berat badan sewaktu baru lahir atau malah lebih. Karena biasanya berat badan bayi ketika pulang dari rumah sakit akan menyusut.
  • Hormon yang berperan dalam memproduksi ASI adalah Prolaktin dan Oksitosin. Hormon prolaktin akan banyak di produksi pada malam hari, oleh karena itu disarankan untuk para busui pumping di malam hari, biar mendapatkan hasil yang maksimal. Pumping juga sebaiknya di lakukan sebelum menyusui ke bayi nya, karena hisapan bayi akan lebih merangsang produksi ASI.
  • Wadah untuk menyimpan ASI yang lebih efektif adalah kantong asi, karena lebih steril dan tidak makan tempat dalam penyimpanan di kulkas atau frezeer.
  • Untuk penyimpanan sendiri pada kulkas 1 pintu, ASI bisa bertahan 5 hari di chiller dan 2 minggu di frezeernya
  • Untuk penyimpanan pada kulkas 2 pintu dapat bertahan 3-6 bulan pada frezeernya dan jika di frezeer khusus dapat bertahan lebih dari 6 bulan.
  • Sedangkan untuk diruangan berAC hasil pumpingan bisa bertahan 6-8 jam,tapi klo tidak ber AC hanya 4 jam saja.
  • Sebaiknya tidak menyimpan ASIP pada pintu kulkas maupun frezeer karena suhu nya tidak stabil.
  • Jika mati lampu, segera periksa ASI beku nya, jika ada setetes yang mencair, ASI harus segera di habiskan selama 5 hari dan jangan di bekukan kembali, karena kualitasnya sudah berubah. 
  • Sebaiknya di frezeer juga diberikan icepack atau coolpack, karena itu dapat mempertahankan titik beku dan lebih menahan dingin walau mati lampu.
  •  ASI yang sudah dicairkan dan sudah terkena bibir bayi harus segera dihabiskan selama kurang lebih 1 jam
  • Asi beku yang sudah dicairkan di chiller, jika masih bersisa dapat bertahan 2x24 jam saja untuk dikonsumsi.
  • Asi yg di simpen di chiller masih boleh di campur dengan hasil perahan selama 24jam.
  • Klo asi selama perjalanan pulang kermh trus macet dan kendala lainnya, trus ice pack sudah mulai mencair, mkka suhu asi dianggap sama dengan suhu ruang, jadi hanya bertahan selama 6 jam selepas itu kurang baik untuk dikonsumsi.
  • Sebaiknya ketika melakukan weaning, gunakan cara yang lembut dan penuh cinta, persiapkan diri si Ibu dengan baik. Jika Ibu sudah ikhlas dan siap, maka insya Allah anak juga akan siap. Tiap anak beda caranya ada yang gampang di sapih dan ada yang susah, jadi Ibu juga kudu sabar.
Selesai Talkshow, acara dilanjutkan dengan demo produk dari tommee tippee yang memperkenalkan serangkaian produk baru nya yang mendukung pemberian ASI eksklusif yaitu Tommee Tippee Express n Go.



Demo dilakukan oleh Bapak Fendy, dengan menjelaskan produk kantong asi nya yang super praktis serta ekonomis, karena bisa langsung dipakai pada saat pumping trus langsung bisa disimpan pada kulkas, lalu langsung di hangatkan dengan warmer nya dan bisa langsung untuk diminum oleh bayi dengan media dot beserta konektornya... asli keren deh!

Warmer nya juga ngga kalah bagus teknologi nya, sukses bikin saya mupeng.. gimana ngga mupeng coba klo warmer itu bisa menghangatkan ASI dari beku sampai betul-betul pas hangatnya untuk dikonsumsi langsung oleh bayi. Hanya tinggal pencat pencet doang, lalu tunggu sampai alarm berbunyi dan asip siap diminum, pemanasan yang di lakukan juga sesuai dengan ketentuan dari WHO.. langsung takjub saya saat itu, berharap banget ada yang mau memberikan kado saya itu nanti dan bisa jadi wish list saya juga.

Selesai demo, acara di tutup dengan bagi-bagi hadiah mulai dari quiz, doorprize hingga pengumuman best selfie pada IG dan Best tweet.

Foto diambil dari twitternya Mother and baby indonesia

isi Gudibeknya

Hadiah Best Live Tweet :)

muka hepi dapet hadiah :D

Alhamdulillah rejeki bumil lagi hoki, bisa dapat dua hadiah hari itu, saya menang doorprize voucher makan di sunny side up sebesar 400 ribu dan juga best tweet yang hadiahnya tadi saya impikan yaitu seperangkat produk tommee tippee express n go.. yeaaaaayyy...akhirnya punya warmer keren itu :D
Nanti saya janji akan buat reviewnya terpisah ya untuk produk yang saya dapet ini.

foto diambil dari twitter nya sunny side up

Setelah selesai acara kita foto bersama dan dilanjutkan makan siang bersama di sunny side up nya.
thanks a lot buat majalah Mother and Baby dan juga Tommee Tippee.. semoga nanti saya bisa hadir lagi di acara-acara selanjutnya.

12 komentar:

  1. Acaranya sangat seru dan meng-educasi para ibu-ibu muda akan pentingnya asi, semoga acara seperti ini bisa berlanjut ke kota-kota dan daerah-daerah lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba..acara nya mengedukasi banget, saya juga berharap acara seperti ini bisa ke kota kota lainnya supaya makin banyak ibu2 yang teredukasi

      Hapus
  2. Tommee Tippee, salah satu brand favorit saya ketika anak-anak masih bayi. Produknya bagus-bagus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haiii mba... kangen ihh udah lama ngga mampir.. emang tommee tippee produknya bagus-bagus.. saya setuju :)

      Hapus
  3. Hahai.... sudah lama gak memreah ASI. Dulu aku juga jago perah pakai tangan/jari... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haaaii kak zee... iya dulu jamannya kita mulai belajar merah ASI pas tania dan vaya ya..akupun dulu merah pakai tangan :)

      Hapus
  4. Seru!! Rejeki bumi banget dapet tommee tippeee, pasti kepake ya buat adeknya Tiara

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillaaah mih.. insya Allah kepake bangeet buat si tole ini nantinya..

      Hapus
  5. Wah ternyata ada ya kantong ASI. Ibu2 jadi makin lebih dimudahkan ya :)

    BalasHapus
  6. Wahhh mba Nike Hokinya bagus banget ,,,rejeki bumil 😗.

    BalasHapus
  7. wiih dapet warmernya jugaa.. alhamdulillah rejeki dede bagus bgt yaa :-)
    Semangat nge-ASI ya mbak

    BalasHapus
  8. Aku malah ke-distract sama restonya, kayaknya asik suasananya, hihi. Btw, isi goodie bag sama hadiah livetwitnya mendukung banget tuh buat yang mau ngASI.

    BalasHapus