Penting nya Momen Makan Pertama Untuk Si Kecil



Tidak dapat di pungkiri bahwa ASI merupakan yang paling baik untuk nutrisi bayi, oleh karena itu pemberian ASI esklusif selama 6 bulan awal kehidupan bayi sangat di anjurkan. 

Awal Agustus lalu yang merupakan Pekan ASI sedunia, dimana kampanye untuk pemberian ASI semakin disuarakan, agar banyak masyarakat yang sadar tentang pentingnya hal itu. 

Setelah masa pemberian ASI eksklusif, maka akan dilanjutkan dengan masa pemberian MPASI yaitu Makanan Pendamping ASI, untuk lebih memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi yang diperlukan oleh bayi untuk melanjutkan proses tumbuh kembangnya. Masa pemberian MPASI juga tidak kalah pentingnya dengan ASI eksklusif.

Setiap Ibu pasti sangat menunggu masa pemberian MPASI atau yang lebih di kenal dengan momen makan pertama si kecil, tak terkecuali saya yang sangat antusias menunggu waktu itu datang. 

Waktu anak pertama, persiapan lebih heboh dibandingkan anak kedua, beli macem macem peralatan perangnya, serta rajin mencari informasi mengenai apa saja asupan yang baik buat buah hari tercinta dan yang pasti tidak berhenti untuk berusaha menyajikan makanan yang nilai gizi nya bisa memenuhi kebutuhan anak saya. Sedangkan untuk anak kedua lebih santai, tapi bukan berarti jadi sembarangan, melainkan tetap memperhatikan asupan gizi dan nutrisi  nya yang tetap harus sesuai.

Karena kekurangan nutrisi pada anak, bisa mengakibatkan pertumbuhan yang terhambat baik dari segi fisik, daya tahan tubuh maupun fungsi kognitifnya. 

Selain itu juga menurut Dr. Attila Dewanti, SpA(K), Pakar Kesehatan Bayi dan Anak.

Tanpa asupan nutrisi yang cukup, dalam jangka panjang, kekurangan zat besi yodium, zinc dan vitamin A, bisa mengakibatkan terjadinya penurunan IQ dan risiko penyakit seperti obesitas, diabetes mellitus, jantung koroner, hipertensi, dan osteoporosis. ” 


Penting nya Momen makan pertama untuk Si Kecil, adalah memberikan manfaat baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Manfaat jangka pendeknya adalah, penanaman memori rasa lewat perkenalan ragam rasa, tekstur sejak dini dan mengurangi risiko alergi Si Kecil. Sedangkan jangka panjangnya bermanfaat meminimalisir kemungkinan Si Kecil menjadi susah makan di kemudian hari dan mudah untuk beradaptasi dengan makanan baru.

Awalnya saya menggunakan metode pemberian MPASI homemade dan memberikan bahan pangan yang terbaik, seperti sayur dan buahnya harus organik dan bahan lainnya juga dipilih yang terbaik. Pastinya harus bebas dari bahan kimia dan pengawet. 

Tapi sebagai ibu bekerja, tidak setiap hari saya bisa membuatkan mpasi homemade buat anak saya, walau saya sudah mencoba teknik dibekukan, tetap saja semua itu tidak semudah yang di bayangkan. Ada kala nya saya kesiangan untuk berangkat ke kantor, sehingga tidak punya waktu banyak memasak, lalu ada kalanya juga si anak GTM karena bosan dengan makanan yang saya berikan, dan masih banyak lagi kendala lainnya.

Untungnya saat ini sudah ada Milna Bubur Bayi Organik yang merupakan bubur bayi pertama di Indonesia yang menggunakan bahan pangan organik sebagai bahan dasar yang berkualitas tinggi serta tidak menggunakan bahan kimia dan pengawet lainnya.

Udah pada kenal kan Kalbe Nutritionals ? pasti sudah kan…  karena sebagai produsen dan pengembang bisnis makanan dan minuman kesehatan di Indonesia, Kalbe selalu berusaha memberikan produk yang terbaik serta layananan kesehatan bagi masyarakat Indonesia khususnya. Sedangkan Milna merupakan salah satu brand yang dikembangkan di bawah naungan Kalbe Nutritionals, jadi udah ngga usah di ragukan lagi ya. Milna sudah di kenal menjadi ahlinya makanan bayi untuk di Indonesia.


Milna Bubur Bayi Organik mengandung 95% bahan organik berkualitas dan sudah tersertifikasi resmi. Tersedia dalam dua varian rasa yaitu Beras Merah dan Kacang hijau, yang sangat cocok untuk suapan pertama Si Kecil sebagai awal pengenalan tekstur dan rasa,”
jelas Christofer Samuel Lesmana selaku Brand Manager Milna.
 
Biasanya saya dalam menyajikan Milna Bubur Bayi Organik bisa di modifikasi dengan sayuran, lauk ataupun buah, agar mencukupi nutrisinya. Saat ini keponakan saya baru memasuki masa masa Momen Makan Pertama nya, saya coba berikan dia Milna Bubur Bayi Organik dan dia suka sama rasanya. Yang jelas nanti, ketika anak ketiga saya sudah lahir, pastinya saya akan memberikan bubur ini juga.

Milna sebagai Ahli makanan bayi, juga menyediakan jenis makanan lainnya untuk memenuhi gizi si kecil, seperti bubur bayi lainnya dengan aneka ragam rasa, biskuit bayi, biskuit untuk toddler dan juga puding untuk toddler. Makanan yang disediakan milna juga disesuaikan dengan umur yang ingin mengkonsumsinya dan itu semua jelas tertulis di kemasannya.

Bubur Beras Merah Pisang

Bubur Tim Hati Ayam Bayam

Biskuit bayi



Saat ini puding dan biscuit untuk toddler lah yang juga sering di konsumsi anak saya Tiara maupun kakaknya Tania, sebagai cemilan sehat nya biscuit ini sangat di sukai mereka berdua baik rasa coklat dan keju nya.





Selain itu puding nya juga sangat di sukai anak-anak saya, dengan cara pengolahan yang mudah dan rasa yang enak, puding ini biasanya saya modifikasi dengan menambahkan potongan buah, remahan biskuit atau saus puding dari susu.

Salah satu hasil olahan puding modifikasi saya..



Puding Vanila Toping Biskuit Coklat.

Bahan:
Puding Vanila Milna 1 bungkus
Air 300 cc 
Biskuit coklat toddler milna 2 keping

cara membuatnya gampang bangeet...
- Rebus air hingga mendidih
- Hancurkan biskuit, taruh sebagian di bagian wadah pudingnya
- Campurkan milna puding dan air sampai larut
- Tuang campuran puding ke wadah, lalu tambahkan sisa hancuran biskuit untuk topping di atasnya.

Jadi deh... gampaaang bangeet dan enak lagi rasanya..

Mengingat pentingnya momen makan pertama anak untuk kelanjutan pola makan disaat berikutnya, alhamdulillah hingga saat ini, anak anak saya pola makannya masih bagus, walau kadang masih sedikit tergolong picky eater, tapi semua masih dalam tahap wajar.

Dan saya berharap semoga nutrisi anak saya masih tercukupi dengan baik sehingga mereka tidak terhambat pertumbuhannya.

karena nutrisi yang cukup selama periode emas atau 1000 hari pertama pertumbuhan, akan berperan penting dalam mengantisipasi dari dampak yang ditimbulkan dari masalah gizi kompleks.

Jadi jangan pernah menganggap remeh soal momen makan pertama anak kita dan terus berusaha untuk tetap memenuhi kebutuhan gizi anak kita demi masa depan mereka.

Saat ini pemerintah juga sudah mulai gencar mengkampanyekan soal pemberian gizi seimbang, untuk mengurangi angka gizi buruk pada anak. Sebagai produsen makanan bayi Milna juga mendukung pemerintah dalam rangka perbaikan gizi nasional dengan menghadirkan kampanye MILNA 1ST BITE DAY - MOMEN MAKAN PERTAMA Si Kecil


Mengingat pentingnya  1ST BITE DAY - MOMEN MAKAN PERTAMA Si Kecil, maka diadakan seminar interaktif dengan Pakar Kesehatan Bayi dan Anak serta rangkaian aktivitas lainnya yang berkaitan dengan suapan dan gigitan pertama Si Kecil

Untuk info lebih jelasnya bisa cek Social media nya Milna Ahli Makanan Bayi.
Facebook : MilnaID
Twitter : @BundaMilna
Instagram : @MilnaID
atau bisa langsung klik website nya di www.bayimilna.com

6 komentar:

  1. Itu puding terlihat yumiii!! Raya juga suka sama biskuit & puding milna, bikinnya pun gampang & ngga ribet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mih.. enak dan ga pake ribet :)

      Hapus
  2. aku pernah iseng beli pudingnay loh mbak, enak ya praktis rasanay juga enak

    BalasHapus
  3. Wah..baru tahu ada puding dan biskuitnya juga ya si milna ini..boleh dicoba nih buat cemilan Janthra. hehe

    BalasHapus
  4. wah terimakasih tulisannya manfaat..... milna memang enak bergizi ya

    BalasHapus
  5. waah... ada yg organiknya juga ya... nah biskuit toddler dari milna dulu jadi langganan anak saya :)

    BalasHapus