Cerita Hari Raya dan Mudik 2016

Lebaran kali ini... alhamdulillah spesial buat kami sekeluarga..
Akhirnya kami merasakan mudik lagi, setelah dulu tahun 2012 kami pernah road trip untuk mudik ke Wonogiri, tahun ini akhirnya kita sepakat untuk road trip lagi mudiknya, tapi kali ini beda tujuan bukan ke Wonogiri lagi, tapi ke Semarang buat nengokin buyut nya anak-anak.

Kenapa milihnya tahun ini? karena banyak alasannya, selain mumpung aku masih belum punya bayi lagi dan usia kehamilan juga memungkinkan untuk pergi jauh, trus selain itu kondisi uyut sendiri sudah mulai menurun.. iyaa mbah uyut udah mulai lupa sama semuanya.. hiks..
pokoknya akhirnya di putuskan untuk kita mudik bareng sama eyang dan keluarga kakak ku.. jadi konvoi dua mobil gituh.

Berangkat abis sholat Ied dan silahturahmi sama tetangga deket rumah mama, jam 10 teng kita cus on the way ke Semarang.. awalnya rada ngeri juga sih, secara ini mudik pertama nya tiara dan sebelumnya melihat berita arus mudik yang tahun ini mengalami keadaan parah di brexit.. pasti udah pada tau kan?

Alhamdulillah semua ketakutan itu bisa terlewati.. jalanan so far ngga terlalu macet, emang kita jalan santai dan lebih sering berhentinya di beberapa rest area maupun spbu.. maklum mudik nya bawa bumil, bocah plus lansia yang bentar bentar gantian minta pipis :D
So setelah kurang lebih 13 jam perjalanan, akhirnya sampe juga di tulisan selamat datang di Semarang \(^0^)/

Tugu Pemuda Semarang



Jam 23.00 wib kita mendarat di semarang, langsung mampir ke warung makan deket hotel yang kita booking, warungnya  menjual menu Sop dagu ikan kakap.. sluuurrrpp enak deh rasanya hangat-hangat seger gituh.


Perut kenyang, langsung dong pengen banget rebahan.. check in di Fovere Hotel Semarang. Untungnya kamar yang dipesan sesuai permintaan semua dan masih tergolong ngga meleset dari dugaan. Malem itu di tutup dengan bobo pules karena kelelahan perjalanan panjang...Zzzzzz....

Kamis, 7 Juli 2016
Setelah mandi dan sarapan, langsung menuju rumah uyut. Senangnya bisa nengokin uyut, trus para bocil dapet mainan tradisional banyak dari tante ku.


foto sama uyut


Agenda hari ini juga kita mau ngajak bocil ke museum kereta api di Ambarawa, menempuh perjalana  sekitar 1,5 jam, karena agak macet waktu itu. Setiba di sana ternyata tiket untuk naik keretanya sudah habis.... huuuuuu penonton kecewa.. akhirnya di sana cuma numpang makan sate ayam ajah.

lanjuuut jalan lagi ke umbul sidhomukti yang ngga jauh dari museum kereta api..
perjalanannya ampuunnn deh, jalanan sempit dan terjal tanjakan dan turunannya.. sempat bikin sesak nafas juga soalnya kopling mobil belum di ganti, takut bikin abis koplingnya. Tapi alhamdulillah akhirnya sampai juga disana..




Ternyata lokasinya mirip di Puncak pass.. pemandangan gunung yang bagus tapi udara nya tetep masih sejukkan di puncak menurut saya.
cerita disana ngapain aja dan foto foto di posting terpisah aja deh..


Di Umbul Sidomukti kita ngga lama, karena kita masih mau keliling semarang lagi, kali ini kita jemput eyang buat main main ke simpang lima.

Disana kita makan tahu gimbal dan nasi ayam di emperan depan simpang lima, tapi disini lah ke histerisan tiara di mulai... yoiiihhh anak saya norak bangeeet ngelihat sepeda yang mirirp odong-odong menyala di sekeliling simpang lima... hihihihihihi.... lucu bangeeet deh reaksinya.. pengen bangeeet naik dan ngga sabar gituh.






akhirnya dia bisa naik itu odong-odong nyala juga dengan riang gembira dan saya yakin itu akan berkesan banget buat dia..bener dong.. pas udah di rumah depok lagi, bangun tidur pagi dia langsung minta ayahnya buat pasang lampu di sepeda ayahnya biar sama kaya odong-odong kata nya :D

Sekitar Jam 11 malem, kita udahan deh jalan-jalan keliling simpang lima nya, badan udah cape banget plus lengket banget.. mau buru-buru mandi rasanya.
Hari ini di tutup dengan pulang menuju hotel, mandi dan bobo puleess..

Jumat, 8 July 2016
Pagi jam 6, kakak tania sama sepupu nya rafif langsung cus lagi ke museum kereta api ambarawa dianter sama kakak saya dan istrinya.. mereka masih penasaran mau beli tiket naik kereta ambarawa nya. Soal cerita tentang museum dan perjalanan selama naik kereta ambarawa, di post terpisah lagi ya.. kepanjangan klo di satuin.

Lawang Sewu.. mau masuk tapi rame bener.. susah parkirnya


Trus sisa nya pada kemana? Tiara dan yang lainnya leyeh-leyeh di hotel sambil nunggu waktu nya checkin di hotel lain, karena hari ini kita sengaja pindah ke hotel yang ada kolam renangnya. Maklum ya namanya liburan sama anak-anak klo ngga ada acara main air kok kayanya ngga afdol.

Akhirnya, setelah nge drop eyang ke rumah eyang uyut, kita langsung menuju pandanaran Hotel di jalan Pandanaran. Alhamdulillah bisa early check in, kamar connecting udah ready jadi bisa istirahat di kamar sambil nunggu ayah selesai sholat jumat.

Yang saya suka dari hotel ini adalah lokasinya yang stretegis, bayangin ke Mcd cuma 50 m jadi lebih gampang deh melipir jalan kaki kesitu, akhirnya ke tebak dong makan siang kita ya melipir kesitu. Biasa deh tiara, begitu ngeliat huruf M gede langsung minta makan disitu :(
Mau ke malang, bandung, semarang dan kemanapun selagi masih ada huruf M ya dia pasti kudu wajib deh ke situ.

Selesai makan siang, yang dari ambarawa udah pulang juga, akhirnya kita putusin buat jalan-jalan keliling semarang lagi. Awalnya mau mencari lekker pak Paimo yang hits itu, tapi ternyata dia ngga jualan.. sedddihhh padahal pengen banget nyobain.

Akhirnya kita jalan ke daerah wisata kota lama nya Semarang, asli mirip di daerah kota tua jakarta.
Kita ngelihat gereja Mblenduk yang katanya di bangun dari tahun 1700an, trus lihat lihat bangunan lain yang khas wisata kota tuanya, trus sempat lihat pasar barang antik gituh. seruu juga..

Gereja mblenduk






Selesai dari kota lama, kita ke simpang lima lagi, kali ini mau nyobain es puter conglik yang menurut review enak, tapi ternyata biasa ajah dan pas bayar harganya lumayan mihil :(




lucu nya pas lewat simpang lima, tiara menjerit histeris pas lihat odong-odong lagi -____-
ya ampuun dek.. ya kali kita naik lagi, next time aja ya.. untung anaknya masih mau di bujuk lagi.. di bilang, kasian yang belum pernah naik.. gantian dong jadi adek yang udah naik ngga usah naik lagi..

Malem nya di tutup dengan makan malem di angkringan deket rumah uyut, asli enak dan murah makan di sini.. tempatnya lumayan cozy pula...ditempat ini kita makan mangut dan wedang ronde :) *elus elus perut



Walau udah makan tetep masih berasa belum kenyang.. malemnya kita bertiga para cewe jalan kaki menuju jalan pandanaran buat beli lumpia hangat.. aslii enaaaakk banget lumpia nya, ngga terlalu bau rebungnya dan enaakk.. pokoknya malam itu bisa tidur nyenyak deh :))

Sabtu, 9 july 2016

Ini hari terakhir kita di Semarang, siangnya kita harus pulang ke jakarta. Di awali dengan sarapan trus lanjut main air.. ini yang bikin anak-anak hepi beraat.. main air walau cuma 2 jam udah bikin mereka seneng banget!

Check out jam 12, kita ke rumah eyang uyut lagi buat pamitan dan kangen-kangenan.. sedih lihat kondisi uyut sekarang.. udah beda jauh sama beberapa waktu yang lalu. Udah kabur pandangannya, udah agak susah jalannya dan udah ngga inget sama anak maupun cucu nya :(

Tepat jam 3 Sore, kita jalan menuju jakarta setelah sebelum nya kita isi full tank perut dengan soto semarang pak darmo, lengkap dengan sate kerang nya. Saya karena masih penasaran dengan nasi goreng babat pak karmin, akhirnya ngebungkus buat bekal di perjalanan nanti.





Oia kita memang ngga langsung menuju jakarta, tapi akan singgah ke cirebon untuk istirahat semalam, karena supir kita masing-masing cuma satu dan ngga ada ganti nya. Jadi biar suami saya dan kakak saya bisa istirahat juga.

Perjalanan hari itu lumayan rame lancar, tapi SPBU nya rame semua dan bener bener perjuangan buat sekedar pipis ataupun sholat. Beda sama waktu berangkatnya yang cenderung masih sepi.
Mampir sebentar di brebes cuma untuk beli telor asin trus lanjut lagi perjalanan dan tepat 23.30 WIB kita udah mendarat di Koening Hotel Cirebon.

untuk Hotel yang ini agak kurang sesuai dengan ekspektasi dan agak kemahalan menurutku dengan fasilitas yang standard abis mirip-mirip losmen malah.. tapi entah kenapa reviewnya bagus.
untuk dekorasi interior nya memang bagus, sarapan juga lumayan tapi untuk kamarnya sendiri...hhhmm agak ngga worthed menurut ku.

Tapi So far buat sekedar singgah lumayan lah.. bisa tidur tenang dan mandi nyaman trus sarapan lumayan enak.







Jam 10 kita check out buat langsung jalan-jalan sebentar di kota cirebon ini, mampir ke batik trusmi pastinya.

Hmmm klo ngga inget saldo yang udah makin tipis dan bagasi yang udah full, mungkin saya bisa kalap belanja daster :D akhirnya beli daster buat temen temen terdekat ajah deh.


Awalnya mau ke toko oleh-oleh shinta buat nyobain tahu gejrot nya, tapi karena udah siang banget dan agak macet, akhirnya di putuskan untuk makan siang di Empal Gentong Haji Apud sekalian makan tahu gejrot di situ, soal rasa empal gentongnya mah enak pake banget apalagi sate kambing mudanya... enyaaaakkk tapii untuk tahu gejrotnya masih enakkan langganan kita di deket rumah mama.




Selesai makan siang, langsung cus beneran ke Jakarta.. jalanan padat merayap di km 60 an klo ngga salah.. saya lupa pasti nya. Yang jelas kita mendarat dengan selamat di rumah eyang sekitar jam 8 malem dan bener bener mendarat di kasur rumah Depok itu jam 22.30 Wib.

Alhamdulilllaah semuanya lancar... para krucils sehat semua.. ngga ada cranky yang gimana gituh.. paling perjalanan lebih sering berhenti ke rest area doang, karena permasalahan pipis :D

Walau perjalanan jauh, ngga ada keluhan anak - anak yang bener-bener bikin bingung.. semua hepi-hepi ajah, paling sesekali nanya kapan sampe nya. Tapi ada yang paling berkesan selama perjalanan kemarin.. sepanjang jalan kita nonton ipin upin terus di mobil karena tiara minta itu terus, dan tau efeknya? itu anak anak ngomong nya sekarang ini jadi beraksen melayu terus... tiara dan kakak nya sama ajah, paling parah siih tiara.. tak apalah paling sebentar doang seperti itu, nanti akan normal lagi :D

Anak kecil yang suka banget dapet kuda lumping :D


Semoga masih di kasih kesempatan untuk merasakan mudik lagi.. pengennya naik kereta, karena belum punya pengalaman naik kereta yang jauh.
Pengen banget bisa eksplor solo dan jogja.. mungkin nanti klo yang calon dede bayi ini udah gedean lagi.

So gimana cerita lebaran teman teman semua?

oia kami sekeluarga menghaturkan mohon maaf lahir bathin ya... semoga kita masih dipertemukan dengan bulan Ramadhan berikutnya.. Amin.

4 comments:

  1. Siriiiik hihihi.. mudik emang nyenengin banget! Meskipun kena macet tapi rasanya seneng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudik emang nyenengin mih.. tapi ya macet nya klo parah kaya brexit kmrn ttp ajah ngga enak :)

      Delete
  2. kamu toh dari semarang ya? aku juga... hehehe well mamaku sih yang asli semarang, aku lahir di jakarta.. udah lama ga mudik karena kakek nenek udah ga ada semua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bon.. yg asli orang semarang itu mama ku.. klo mah jakarta bon :D

      Delete