The Bagong Adventure - Museum Tubuh


Waktu trip ke Kota Wisata Batu - Malang kemarin, tujuan pertama kita adalah ke The Bagong Adventure atau biasa di sebut museum tubuh, museum ini tergolong masih baru di dirikan di kota tsb, museum ini merupakan salah satu museum anatomi pertama di Indonesia dan terbesar di Asia, di dirikan pada 21 desember 2014, bangunan museum ini unik, yaitu sebuah gedung dengan bentuk tokoh Bagong dengan luas sekitar 3,5 hektarare dan tinggi 6 lantai. Untuk lokasi nya sendiri berada di kawasan wisata Jatim Park 1.



Dari awal kita turun mobil, tiara yang paling takjub melihat museum ini, karena bentuknya yang unik dan mungkin agak bikin dia kaget serta sedikit takut, tapi alhamdulillah dia tetep penasaran mau masuk ke dalam gedungnya :D






Dengan harga tiket masuknya 40.000 untuk weekday dan 60.000 untuk weekend, menurut saya cukup terjangkau dan ngga terlalu mahal, jika di bandingkan dengan apa yang disuguhkan oleh museum tubuh. Sedangkan untuk jam operasionalnya sendiri mulai dari 8.30 - 17.00 WIB.

berikut ini zona-zona yang ada di Museum Tubuh

1. Entrance & Cafe Gigi
2. Zona Gigi
3. Zona Telinga
4. Zona Hidung
5. Zona Otak
6. Zona Mata
7. Zona Pembuluh Darah
8. Zona Jantung
9. Zona Paru paru
10. Zona Hati
11. Zona Lambung
12. Zona Usus
13. Zona Ginjal
14. Ruang pemeriksaan gratis
15. Cinema 3D
16. Zona Tulang sendi






Yuks kita mulai petualangan kita di museum ini...


Awal masuk pintu yang berbentuk mulut bagong, jadi seakan akan kita memasuki tubuh bagong, dan yang paling menarik adalah hiasan yang tergantung di langit langit nya, yaitu replika dari otak manusia. Selain itu di lantai ini juga ada beberapa pajangan berbentuk paru-paru, jantung dan lain lain, lalu ada juga beberapa gambar di tembok nya yang mengandung makna. Disini juga ada cafetaria yang dekorasinya unik berbentuk mulut dan gigi.

gambar ini diambil dari website museum tubuh

Dan petualangan pun berlanjut dengan naik lift menuju zona berikutnya yaitu Zona Gigi, di zona ini terdapat beberapa replika gigi dan kita di bawa ke suasana seperti masuk kedalam mulut lengkap dengan adanya gigi dan lidah, bahkan di zona ini, kita bisa belajar soal sensor rasa pada lidah dan juga terdapat beberapa video penjelasan tentang gigi dan berbagai proses yang bisa di terjadi di dalam mulut, seperti sariawan dan sebagainya.

lanjut ke zona berikutnya yaitu zona telinga, disini ada replika isi dalam telinga, kemudian ada juga tes pendengaran melalui headset dan ada juga penjelasan tentang telinga lengkap dengan mba pemandu nya yang siap menjelaskan dan menjawab semua pertanyaan dari kita.

Zona Telinga

berikutnya kita masuk ke zonna hidung, agak geli pas melihat pintu masuknya berbentuk hidung lengkap dengan bulunya :D

zona hidung 


disini ada video penjelasan mengenai proses bersin dan proses tentang jndra penciuman, ada juga bentuk dari simulasi tulang hidung.




tiara sempat nonton video tentang bersin dan disini dia mulai agak takut pas lihat bulu hidung, jadi mulai dizona ini dia minta gendong terus sampai kita keluar dari museum ini, lumayan bikin mama nya sakit pinggang, tapi video bersin itu di inget terus loh sama dia.. jadi sering cerita tentang bersin :)

lanjut zona berikutnya zona otak, disini selain ada penjelasan tentang otak, ada juga penjelasan mengenai kecendrungan penggunaan otak kanan dan otak kiri. Pemandu akan meminta kita untuk melakukan tes tersebut dengan melihat bagaimana kita menyatukan tangan dengan memasukan semua jari dan juga ketika kita melipat tangan di dada, dari situ nanti akan terlihat hasilnya untuk tahu kecendrungan otak bagian mana yang sering kita gunakan.



zona selanjutnya adalah zona mata, disini lengkap replika mata beserta syaraf-syaraf nya. Ada juga beberapa tes untuk mata, seperti tes buta warna dan beberapa tes permainan lainnya.


lalu zona berikutnya pembuluh darah, berbentuk seperti lorong yang menggambarkan proses peredaran darah, lengkap dengan bentuk kepingan darah beserta video penjelasan tentang peredaran darah, di satu wilayah lorong sedikit menyempit, itu merupakan gambaran peredaran darah yang sedikit tersumbat, biasa nya di sebabkan oleh kolesterol..pokoknya keren deh!



Setelah menyusuri lorong peredaran darah, kita masuk ke zona jantung, seperti biasa ada replika anatomi nya, video dan keterangan penjelasannya lengkap dengan pemandunya juga. Lucu nya replika jantung nya ini seakan akan berdetak.. amazing deh.



selanjutnya zona paru paru, disini di gambarkan pada replikanya paru paru yang masih sehat dan paru paru yang sudah jelek kondisinya.. sereem paru paru yang sakit warna nya menghitam gituh.



lanjut berikutnya masuk ke zona hati, seperti zona lainnya disini ada replika hati yang besar sekali dan juga lengkap penjelasannya. Bentuk hati disini bukan seperti bentuk love ya :D



kemudian kita masuk ke zona pencernaan ada zona usus dan lambung, ada replika usus tapi sayangnya tidak ada replika lambung, hanya seakan akan kita berada di dalam sebuah lambung.



selanjutnya masuk ke zona ginjal, disini aku baru bener bener ngerti bentuk ginjal seperti apa *tutupmuka kayanya dulu pas belajar biologi aku kurang memperhatikan soal ginjal ini X_X



Akhirnya kita sampai di zona yang paling tinggi lantainya yaitu zona tes pemeriksaan, semua tes yang ada disini gratis, makanya menurut aku tiket dengan harga segitu cukup murah. Tes yang ada diantaranya: tes kesehatan darah seperti kolesterol, cek gula darah, tensi darah, lalu ada pengukuran berat dan tinggi badan, tes mata, osteoporosis dll.

view kota batu dari lantai atas museum tubuh

Sayangnya pas kita sampai di sini, aku mau tes kolesterol ngga bisa karena petugasnya lagi istirahat. Oia di zona ini juga dilengkapi cafe bagong namanya, yang berfungsi untuk sekedar istirahat dan bisa untuk menunggu antrian ketika kita melakukan tes kesehatan.

Setelah zona tes kesehatan, kita turun menggunakan lift untuk menonton sinema 3D, tapi sebelumnya kita masuk ke zona exebihiton, dimana disitu ada pengetahuan mengenai proses flu dan mimisan yang berbentuk robot kran air. Robot ini yang paling membuat tiara takut sekaligus penasaran, si robot ini yang paling di inget juga sama tiara, dibilang sama dia namanya robot cuci tangan..hehehhehe.. karena dia tau nya kran air itu untuk cuci tangan.

Ini si robot cuci tangan yang bikin tiara takut



di sini juga ada beberapa pameran mengenai ruang usg, ruang operasi, puzzle anatomi tubuh, ruang praktek dokter gigi dan yang paling menarik ada proses pertumbuhan janin dari awal sampai 9 bulan.

katanya disini juga ada tentang pengawetan tubuh lengkap dengan mumminya, tapi ngga setiap saat orang bisa lihat, saat aku kesana tidak bisa lihat itu.

sinema 3D nya sendiri cukup menarik, menceritakan tentang proses reproduksi manusia, bagaimana awal muda sperma dan telur bertemu.

selesai nonton sinema 3D, kita masuk ke zona tulang dan sendi, seperti biasa ada video tentang tulang dan sendi lengkap dengan proses bagaimana tulang kita bisa keropos.

dan ini zona terakhir, kita sampai juga kembali pas di pintu masuknya yang juga merupakan pintu keluar.

Yang aku suka di kawasan wisata batu malang ini, semua nya diatur dengan sedemikian rupa, sehingga kita melakukan perjalanan sesuai dengan tujuannya dan semua berakhir dideket pintu masuk juga. Keren lah pokoknya!

Kesimpulanku setelah melihat dan mempelajari apa yang ada di museum bangong ini, bagaimana tubuh ini bekerja setiap harinya tanpa henti, aku jadi makin sayang sama badan sendiri dan bersyukur masih selalu di beri kesehatan oleh Allah. Aku juga merasa amazing banget, hebat ya Tuhan bisa menciptakan seluruh manusia lengkap dengan semua organ tubuhnya yang bekerja selaras.

Sedikit saran dari aku, untuk pencahayaannya sedikit di terangi, karena untuk saat ini terlalu gelap dan membuat anak sedikit ketakutan, lalu klo bisa di buat sedikit lebih interaktif dengan pengunjung, karena klo kondisi sepi seperti aku kemarin kesana dan kita nya tidak ada inisiatif untuk tanya tanya dengan pemandu, rasanya kok terkesan garing.

so far museum ini udah bagus banget, pemandu ada di setiap zona dan siap di tanya macem macem oleh pengunjung, dari yang pernah aku baca para pemandunya ini bukan orang sembarangan tapi mereka dari lulusan sekolah perawatan. Jadi jangan ragu untuk mendapatkan informasi ya disini.. biar kita semakin mengerti.




Kalo tertarik mau ke The Bagong adventure - museum tubuh, silahkan langsung ke kota batu malang, di jamin ngga menyesal.


The Bagong Adventure Museum Tubuh
Jl. Kartika No. 2 Kota Wisata Batu
Telp. 0341-597778
Fax. 0341-597779
Website: museumtubuh.jawatimurpark.com

14 comments:

  1. keren banget!!!!! saya mau ke sini tengah tahun bersama anak makasih reviewnya mak

    ReplyDelete
  2. Waaahh.. Selama ini aku cuma pernah liat museum semacam ini di film hollywood jadul. Kukira museum beginian cuma ada di luar negeri aja. Ternyata ada di Malang toh! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita patut bangga mba.. Ternyata indonesia punya yang model begini :)

      Delete
  3. langganan tiap tahun ke Malang, bisa nih dijadiin target. Makasih ya infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mba lidha.. Salam kenal ya

      Delete
  4. maknik, aku ga sempet ke museum ini pas sama keluarga..next time deh, kalo ke malang lagi. Hihi. thanks ya reviewnya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gen.. Next time klo ke malang lagi kudu coba, klo aku next time kudu ke bromo kaya kmu kmrn

      Delete
  5. oalaah gue baru tau ada museum tubuh gini loh Ke.. :D

    berarti di malang banyak banget tempat buat anak2 ya .. kereen ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup bener mba yu.. Di malang khususnya kota batu banyak tempat wisata buat anak anak..

      Delete
  6. Duh, keren banget ini tempatnya Keee....maulah yang kayak gini ada di Palembang juga..hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener lis.. emang keren banget tempatnya... akupun mau ada beginian di jakarta biar ga jauh hihihihiihi

      Delete
  7. wah nik keren banget, dulu kok perasaan belum ada ya pas aku kesana...
    tulisannya juga detail banget maknik..
    ohya ganti kulit blog ya :) seger ini ijo2

    ReplyDelete
  8. Keren museum nya, nuansa cocok banget buat anak2 ^^

    ReplyDelete