Finally ke Museum Angkut

Pertama tahu tentang tempat ini sekitar tahun 2014, waktu bapak manajer di kantor cerita sepulang dia mudik lebaran. Langsung googling namanya dan langsung mupeng mau ke sana, asli awalnya sedikit ngga percaya di Indonesia ada lokasi wisata sebagus itu, mirip mirip sama universal studio gituh.


Museum Angkut, yang terletak di Jalan Terusan Sultan Agung no 2 persis dibelakang Jatim park 1, ngga jauh dari lokasi The Bagong Adventure. Dengan HTM sebesar 60ribu/orang weekday dan 75ribu/orang weekend, selain itu setiap kita bawa kamera kena htm juga sebesar 30ribu/kamera, kecuali kamera handphone sama tablet ajah yang gratis. Ya memang tujuannya museum ini selain memperkenalkan alat alat transportasi, para pengunjung juga di bebas kan berekspresi disini alias foto foto narsis. Karena kita waktu itu datang pas weekday, enaknya suasana museum lebih sepi dan bisa makin narsis foto foto nya hehehehehe...

Museum ini beroperasi dari jam 12 siang sampai jam delapan malam, dan kita masuk museum ini sekitar jam setengah empat sampai museum ini tutup hahahahhaaa....









Pada lantai satu museum ini, terdiri dari beberapa macam kendaraan dari mulai kereta kuda, sepeda, sepeda motor, mobil bahkan hingga mobil balap. Rata rata koleksi di lantai satu ini, sangat menarik dan banyak sejarahnya. Dilantai satu ini juga, si ayah sangat ekspresif, melihat mobil kesukaannya yaitu mobil ford cobra thn1982. Selain mobil berukuran besar ada juga loh beberapa mobil miniatur atau mainan yang tersusun rapi di rak kaca, ya kurang lebih mirip mirip lah sama koleksi hotwheels nya ayah di rumah.




Ford Cobra 1982 

Mobil mainan yang di rak



Seperti biasa, pada museum ini juga pengunjung di bawa pada alur yang jika di ikuti maka akan membuat kita menikmati semua detail museum ini. Itu lah yang saya suka dari kawasan wisata batu, alurnya teratur dan semuanya bisa tertib juga. Setelah selesai eksplor dilantai satu, kita di ajak naik tangga menuju lantai 2.

Pada lantai 2 terdapat beberapa angkutan tradisional dari mulai becak, bendi, kapal laut jaman dulu hingga mobil listri yang di bawa dahlan iskan mengalami kecelakaan pun ada disini. Ada juga beberapa alat interaktif, trus tentang kereta dan ada juga simulator pesawat, untuk yang pesawat ini kita tidak masuk, karena mengejar matahari buat lihat lihat bagian outdoor nya, takut keburu gelap nanti malah ngga bagus buat foto foto.






Keluar dari lantai dua, kita masuk area outdoor dan berasa seperti kembali ke Jakarta, tepatnya di daerah glodok dan kawasan kota tua, tapi pada jaman tempo dulu. Terdapat beberapa bangunan kuno dan toko toko pecinan lengkap dengan berbagai kendaraan nya yang terparkir rapi. Ada juga stasiun jakarta kota dan set pelabuhan yang mirip sunda kelapa lengkap dengan warung tempo dulu dipojoknya.






Berikutnya kita masuk area indoor lagi, kali ini mobil mobil jepang, australia, inggris dan berbagai macam koleksi motor dan sepeda motornya.







Selesai eksplor disini, kita diajak lagi menuju area outdoor, kali ini sangat menarik yaitu broadway dan lagi lagi lengkap dengan berbagai mobil dari negara amerika. Di sini paling favorit buat foto-foto dan saat kita disini, suasana tidak terlalu ramai dan cuaca mendung, jadi cukup senang berlama lama disini, sampai tiara pun pup disini :D


ini mamanya yang eksis, anaknya sibuk sendiri -___-









Puas main di Amerika, kita langsung menuju eropa yaitu jerman, italia dan prancis. Untuk Zona eropa ini semuanya indoor dan di buat mirip sekali seperti jalanan di eropa yang penuh lorong sempit dengan jalan berbatuan dan beberapa cafe cantik menghiasi. Tidak lupa ciri khas kendaraan di setiap negaranya, seperti mercedes benz di jerman, motor vespa di italia dan ada juga sepeda klasik dengan bunga bunga di prancis, selain itu juga ada menara eifell KW juga loh.. pokoknya serasa keliling dunia beneran deh!







Selesai keliling eropa indoor, kita menuju area outdoor lagi dan langsung masuk ke Inggris, suasana dibuat seperti kita berada di london dengan adanya buckingham palace, Mr Bean, Telephone box warna merah, Penjaga istana dan ada juga patung Ratu elizabeth didalam istana buckingham yang dekorasi nya mewah dengan banyak lampu kristal.











Keliling dunia terakhir kita di bawa ke zona holiwood, lengkap dengan mobil dan motor dari berbagai film terkenal seperti, james bond, scooby doo, bahkan sampe fast and furius pun ada disitu. 
Pada area ini juga ada restoran cfc dan kita disuguhkan pemandangan outdoor yang indah, yaitu suasana kota batu di malam hari lengkap dengan banyaknya lampu. Disini juga kita bisa melihat pasar apung yang ada di bawah dekat pintu keluar. akhirnya kita memutuskan untuk makan malem di cfc sambil anak anak bermain menikmati area outdoor dan dinginnya angin kota batu.

Sebener nya masih mau main-main lama disini, tapi waktunya sudah jam delapan, tandanya harus keluar dari museum ini, udah mau tutup museum nya, jadi kita ngga sempet keliling ke dalam pasar apungnya, hanya bisa melihat dari atas ajah, lagi pula badan sama kaki udah cape banget.








Pasar apung tampak dari atas, klo menurut adikku lebih bagus dari pada floating market yang di lembang


Akhirnya kita menuju pintu keluar, uniknya sepanjang jalan menuju pintu keluar ini berbentuk seperti di dalam gerbong kereta api dan sensasi goyang-goyang saat berada di dalem kereta juga berasa banget.. keren!

Menurut ku museum ini, wajib di kunjungi klo kita main ke kota batu, walau tiket agak lumayan tapi semua fasilitas bagus kok, toilet yang ada di beberapa tempat dan
 semuanya bersih, trus ada banyak bangku untuk istirahat buat yang cape, mushola juga ada. Pokoknya ngga rugi deh kesini dan semoga tempat ini akan selalu terjaga kebersihan dan keteraturannya. Semoga para pengunjung juga bisa di ajak kerja sama dengan tidak mengotori dan memelihara kebersihan tempat ini.

walau kaki berasa pegel banget, tapi kita puas bisa serasa keliling dunia di museum angkut ini.

 

7 comments:

  1. Alfi pasti seneng banget kalo diajak ke museum angkut, sayangnya jauh di malang, tapi boleh nih jadi salah satu destinasi kalau nanti ke Malang lagi

    ReplyDelete
  2. Keren, jadi pingin jalan jalan ke museum angkut, Malang. Jadi teringat honda 1070 yang merah itu...dulu kluarga saya memakai motor itu

    ReplyDelete
  3. Kereeen tampilan baru *telat* hihihihi
    Pengen banget ke Malaang, doain doain semoga bisa jalan-jalan :)

    ReplyDelete
  4. semua trasnportasi ada di sana ya seru banget

    ReplyDelete
  5. seru ya museum angkut ini... :D

    ReplyDelete
  6. Setiap baca cerita orang soal museum angkut ini, selalu bikin kepengeenn banget bisa jalan ke sana Ke.

    Itu pasar apungnya dari atas aja keliatan bagus ya Ke

    ReplyDelete
  7. wah asik pas kesana pas mendung... aku pas kesana pas jam 12 teng hahaha puanas banget..

    ReplyDelete