Akhirnya weaning with love..

setiap ibu yang sedang menyusui pasti ngga karuan rasanya ketika waktu nya weaning alias menyapih.

dan akhirnya proses itu tiba juga di aku... perasaan campur aduk antara sedih dan terharu.. apalagi alhamdulillah banget, proses weaning kedua putri ku berhasil dengan cinta.



klo waktu kakaknya dulu cukup dengan doktrin tiap malem, pas di usia 2 tahun si kakak bisa dengan mudahnya lepas dari yang namanya nenen. Lain anak lain sifat ya.. jadi lain si kakak, pastinya beda banget sama si adek. Si kakak dulu lepas weaning masih ada botol susu yang bener-bener bisa menggantikan posisi nenen, si kakak dulu nyusu botolnya kuat, sedangkan si ade ini ngga doyan-doyan amat sama nyusu botol, jadi akan makin berat lepas dari prosesi nyusuinnya.



Tiara dari kecil ngga terlalu suka nyusu botol, cuma suka nenen sama mama nya dan ngemil. Lucu nya di usia 1,5 tahunan, tiara gaya nyusu nya itu agak ajaib. Jadi dia itu nyusu cuma dengan payudara kiriku dan yang kanan cuma di pegang-pegang aja sama dia alias mentil. Gileee klo udah begini nih, susah banget lepasnya, tiap mau bobo dia jadi ketergantungan sama aku. Bahkan saat ayahnya operasi dulu, aku tetep malemnya harus pulang ke rumah untuk nenenin dia sebelum bobo, soalnya sekalinya tidur tanpa aku, dia bener bener ngga bisa tidur nyenyak sampai pagi.

Pernah suatu ketika, aku ada acara kantor ke Bandung dan awalnya aku khawatir masalah misah tidur sama dia, sampai dia akhirnya ngungsi tidur sama bulek aku yang notabene sehari-hari megang dia, tetep dong ya kata bulek ku dia ngga nyenyak tidurnya. Untung saat itu cuma menginap dua malem, kebayangkan klo nginepnya lebih dari itu, bisa nyiksa dia.


tapii pas pulang dari bandung itu, dia langsung minta nenen sama aku eh pas dikasih dia nolak.. dia bilang nenennya ngga enak... awalnya seneng banget dong akunya.. ku pikir ini tepat banget nih saatnya dia nyapih. Soalnya sebelumnya pernah nyoba nyapih pakai trik aku kasih hansaplas putingnya dan bilang nenen sakit, dua hari dia bisa ngga nenen dan tiap mau tidur drama abis.. tapi begitu hari ketiga dia lihat nenen nya udah ngga pakai hansaplas, dia bilang nenen sudah sembuuuhh dan langsung nagih nenen dong -_____-'

gagal menyapih yang pertama, kupikir yang pulang dari bandung bisa bikin berhasil, tapi ternyata TIDAK juga.. tiga hari setelah itu langsung nenen seperti biasanya dan ya gitu deh... masih dengan tabiat mentilnya. Memang tiara ngga pernah minta nenen di keramaian, sudah cukup tau diri dia.. jadi kupikir ya udah deh.. terserah mau lepas nenen sampai kapan semaunya dia. Ceritannya emaknya udah nyerah dengan kelakuan anaknya yang walau udah hampir 2,5 tahun masih aja nenen kaya bayi.

Walau kadang adakalanya aku sebel banget sama ritual nenen nya tiara, khususnya klo subuh-subuh minta nenen, biasanya emaknya ngga boleh lepas bisa hampir sejam, padahal jam segitu waktu nya aku akrobat nyiapin ini itu buat keperluan kakaknya dan keperluan ayah sama mama nya ngantor, seringnya bikin kacau semuanya yang berujung telat :(

Bener kata suamiku, di saat kamu siap pasti tiara juga siap... pas aku curhat soal kayanya susah untuk menyapih tiara. Dan ternyata, alhamdulillaaaahhhhh banget semua ke khawatiran itu musnah.. semuanya berjalan lancar apa adanya dan berhasil menyapih dengan cinta tanpa drama.

Jadi minggu lalu, aku ngerasa ini sudah waktunya untuk nyapih.. akhirnya aku ulangin metode pake hansaplas. Hari pertama lewat gituh ajah, dia ngga drama pas mau bobo. Hari kedua, agak sedikit drama tapi dia tetep bisa bobo tanpa nenen.. mungkin ini pengaruh obat juga karena memang berbarengan hari itu dia demam... cobaannya berat ya.. di saat weaning, si anak malah demam dan hampir bikin aku goyah pertahanannya. Tapi niat dalam hati klo ini waktunya dan demi kebaikkannya, sampai pada hari kelima aku ngga goyah dan tiara udah mulai terbiasa dengan tidak nenen, tentunya juga di bantu doktrin bahwa nenen itu untuk dede bayi dan tiara udah besar jadi ngga perlu nenen.

Jangan di tanya perasaan aku gimana saat lihat anak sakit dan tetep harus konsisten untuk tidak nyusuin. Udah pasti sedih dan galau deh.. tapi aku yakin pasti tiara bisa.

Alhamdulillah di hari ketujuh, iseng aku tawarin nenen dan sudah aku lepas hansaplasnya...

" de.. mau nenen ngga? udah sembuh nih.."
" ndaaaa mauuuu...."    sambil geleng geleng.
" kenapa ngga mau?? "
" udaaah besaaarrrrr..."
" pinteeeerrrr..."

langsung aku ajak tos dan anaknya senyam senyum bahagia..
Alhamdulillaaaahhh... officially udah besar dan menyapih dirinya di usia hampir 2 tahun 5 bulan.

aku udah besar.. ngga nenen lagi :)

perasaan aku campur aduk antara senang, bangga dan juga sedih.. seneng akhirnya berhasil, bangga akhirnya dia bisa dan tanpa drama trus pastinya sedih karena harus berpisah dari moment menyusui.

Menyusui emang moment paling berharga buat seorang ibu, tapi memang ada saatnya untuk ikhlas lepas dari moment itu demi tumbuh kembangnya si anak.

Yang aku puas, semua kekhawatiran aku tidak terbukti, dan memang benar pada saat nya ketika kedua nya siap, moment itu akan bisa dilewati dengan cinta.

buat ibu - ibu yang lagi proses weaning... insyaAllah nanti pada saatnya semua dimudahkan.

Semoga saya masih diberi kesempatan sekali lagi buat merasakan moment menyusui lagi... amin YRA

5 komentar:

  1. Pinter Tiaraaa... Raya nih masih peer nyapih, tadi malem tidur ngga pake nen, kirain bakal bisa.. taunya subuh2 minta. Emang iih nyusu subuh bikin kesel, tapi aku suka cuekin aja nangis wong musti kerja hihihi...
    Selamat ya Nik!

    BalasHapus
  2. Wahhh.. Anak bayi udah gedeeee.. Mukanya Tiara skrg beda yah Ke :)

    Selamat yah Ke, tinggal gw nih huhuhh

    BalasHapus
  3. hihihi sama banget kayak Kinar deh, selalu minta nenennya pagi2 pas lagi ribet2nya ngurusin printilan ina itu sebelum berangkat kerja..padahal semaleman udah nenen juga..

    mudah2an gue bisa juga weaning with love, secara dulu anak pertama pake drama yang ra uwis wis :D

    selamat ya Tiara..udah pinteerr ga nenen lagii.. :*

    BalasHapus
  4. Waah 2thn 5bulan ya Tiaraa.. badannya bongsor banget ya Ke, gw kira malah udah 3thn+ loh.
    Alhamdulillah prosesnya lancar ya Ke, tanpa drama. Yeeay Tiara syudah besyaaarr

    BalasHapus
  5. Huaaaa.. Banyak cerita nyapih yg drama ya, Mbak? Sebegitu kah tantangannya? Huhuhu.. :(

    Aku dulu pas bayi kata Mama nyapihnya enak banget. Tiba-tiba ngga mau. Hihihi :P

    BalasHapus