Happy Mommy, Healthy Baby..

Paling suka kalo aku di undang ke acara yang berhubungan dengan ilmu parenting, karena biar sudah lama jadi orang tua, aku ngerasa ilmu ku masih kurang ajah.. apalagi sumbu sabar nya masih jauh dari sempurna.

Beruntung banget, aku terima undangan dari Mommiesdaily untuk mengikuti acara Happy Mommy, Healthy Baby yang dipersembahkan oleh Transpulmin Bb Balsem dan Kamilosan di Hongkong Cafe, Sarinah tanggal 30 Mei 2015 lalu.


Acara ini diadakan oleh kedua produk tersebut dengan tujuan untuk mendukung para orang tua dalam pemberian ASI dan mencetak generasi yang sehat dan cemerlang. Kalo udah punya bayi, pasti tau lah kedua produk ini fungsinya untuk apa. Kedua produk ini menurutku sangat membantu banget, kamilosan aku pernah pakai waktu jamannya menyusui tania maupun tiara, karena selalu ngalamin puting lecet, sedangkan transpulmin sampe detik ini masih pakai dong, karena membuat nyaman dan bantu redakan batpil pada anak anak.




Acara dimulai dengan sambutan dari Mbak Verra Oktavianti selaku Product Manager Transpulmin Balsem-Kamillosan, yang menjelaskan maksud dan tujuan di adakan acara ini, lalu dilanjutkan dengan sharing materi presentasi dari Mbak Anna Surti Ariani Sp. SI, M.Si, Psi ( Nina) yang menjelaskan tentang "Percaya Diri, Pondasi Orang Tua Bahagia "

Materinya bagus banget menurutku, menjelaskan bahwa jika ibu yang cenderung depresi maka akan mengakibatkan anaknya mengalami gangguan psikisnya. Klo menurutku jelas bener banget hal itu, klo ibunya stress pasti akan berujung suka marah-marah dan anak pastinya mengalami dampaknya, bisa tidak bahagia dan jadi terganggu jiwa nya. Lalu ibu yang depresi sudah pasti jelas tidak bisa mengawasi anaknya dengan baik, wong mengawasi dirinya sendiri juga ngga bisa kok.


Menurut Mba Nina, Orang tua yang Bahagia dapat mendidik anaknya dengan baik, trus bagaimana caranya biar menjadi orang tua seperti itu? ada beberapa unsur menjadi bahagia yaitu Percaya diri, Sehat, Tercukupi dan Bersyukur.

Maksudnya percaya diri disini adalah, orang tua harus merasa percaya diri dalam mengurus anaknya, contohnya klo ketika menyuruh anak mandi, ketika si anak ngga mau mandi, bukan berarti kita memohon - mohon anak untuk melakukan hal tersebut, melainkan kita harus tetep tegas dan percaya diri bahwa kita mampu mendidik anak kita dengan baik. Dalam hal menyusui juga begitu, klo kita ngga percaya diri mampu, pasti proses menyusui juga akan gagal.

Kemudian sehat, klo ini sih ngga usah dijabarin lagi ya.. udah pada tau dong, klo seorang ibu tidak sehat baik rohani dan jasmani, di jamin urusan dalam rumah tangga pasti kacau, apalagi urusan mendidik anak.

Kalau makna tercukupi disini artinya, tercukupi yang bukan sesuai keinginan kita, klo sesuai keinginan mah ngga pernah ada batasnya. Namun ini maksudnya tercukupi dalam hal dasar yaitu pangan, sandang, biaya sekolah anak dan kebutuhan mendasar lainnya. Biar kita merasa tercukupi, kita juga harus Bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki dan alami, dengan begitu otomatis kita bisa merasa Bahagia lahir dan bathin.

Lalu bagaimana agar kita percaya diri?
pertama adalah kita harus mengenali sisi postif kita, lalu harus kita akui dan kita perhatikan agar kita dapat percaya diri dan bahagia. Kelihatannya simple ya, tapi prakteknya mungkin agak sulit, namun kita harus terus berusaha agar dapat mendidik anak kita dengan baik.

Di acara ini juga kita di minta menuliskan sisi positif sebagai orang tua yang baik di selembar postcard lucu, lalu dikumpulkan dan pada akhirnya postcard tersebut secara acak di bagikan kembali ke kita, percaya atau tidak yang aku dapet hampir mirip dengan yang aku tulis dan juga harapanku. Mbak Nina juga memotivasi kita, bahwa apapun yang terjadi didunia ini tidak ada yang kebetulan, namun semua itu sudah diatur oleh Tuhan, jadi tulisan yang ada di postcard tadi memang merupakan sesuatu yang datangnya dari Tuhan agar kita merubah diri dan mengakui itu sebagai sisi positif dari diri kita... aku terharuuu :')

Selesai sharing dari Mbak Nina, dilanjutkan dengan sharing berikutnya dari Dr. Elizabeth Yohmi, SpA, yang juga selaku Ketua Satgas ASI IDAI dengan judul materi nya  “Menyusui dan ASI adalah Anugrah Bagi Ibu dan Bayi”
 
Dr. Elizabeth sedang memaparkan seputar ASI 

Disini Dokter Elizabeth memaparkan tentang pentingnya ASI, manfaat ASI kemudian lebih lengkap tentang ASI eksklusif, menurut ku info yang dipaparkan oleh dokter ini sangat berguna banget bagi para ibu yang sedang hamil maupun menyusui. Dengan mengetahui info ini lebih dini, maka akan membangkitkan rasa percaya diri dari si Ibu sehingga dapat sukses menyusui bayinya.



Dokter juga menjelaskan apa itu pengertian ASI eksklusif
ASI Eksklusif adalah bayi yang HANYA diberi ASI saja tanpa tambahan cairan apapun, seperti susu formula.madu, air teh atau makanan padat tambahan lain seperti pisang, biskuit dan lain lain. Walaupun cuma diberi air putih tetep saja bukan ASI eksklusif.


Kesuksesan seorang ibu memberikan asi eksklusif bisa dimulai dari rasa percaya diri si ibu sendiri, disarankan juga untuk para calon ibu menedukasi diri tentang berbagai informasi mengenai pemberian ASI eksklusif, lalu pentingnya saat IMD dimana bayi mendapatkan cairan emas dari si ibu dan  usahakan ketika melahirkan bayi tidur sekamar dengan ibunya ( rooming in).

selain itu banyak informasi lainnya yang menarik seputar asi dari mulai pemberian dengan gelas, lalu puting lecet, ini yang paling sering aku alami dan menurut dokter ini akibat darisalah posisi ketka menyusui, untung jaman sekarang ya banyak obat-obatan pendukung seperti kamilosan.

Serunya sesi tanya jawab

Selesai pemberian materi tentang ASI di adakan sesi tanya jawab yang berlangsung seru, pada sesi tanya jawab ini juga kita mendapatkan ilmu baru, klo aku mendapatkan ilmu tentang pentingnya cara berkomunikasi dalam menyampaikan suatu hal, agar maksud dan tujuan penyampaiannya bisa diterima dengan baik. Karena banyak yang bertanya tentang konflik dengan mertua.


Terakhir acara di tutup dengan berbagai games yang diadakan dengan hadiah yang menarik, foto bersama dan juga makan siang bersama.

Menurutku acara nya seru dan menambah wawasan buat aku, dan semoga yang aku tulis ini bisa bermanfaat buat orangtua lain yang tidak sempat mengikuti acara ini.

Oia untuk info lebih lanjut mengenai produk Transpulmin dan Kamilosan, bisa langsung follow

Facebook : Kehangatan Ibu
Twitter : @Kehangatanibu

6 komentar:

  1. waktu masih bayi dan balita, kalau anak-anak saya lagi flu juga suka dikasih transpulmin :)

    BalasHapus
  2. Jadi udah siap ngasih adik lagi buat Tiara nik? hahahaha... #kabuur

    BalasHapus
  3. Bener banget ya Ke, orangtua yang bahagia akan membesarkan anak yang bahagia juga :)

    BalasHapus
  4. hi nik thanks for sharing.. buat aku percaya diri bahwa aku bisa mendidik anak itu agak susah... hehehe...
    jadi itu postcard yang kamu terima sebenarnya tulisan orang lain ya? wah bisa kebetulan gitu..

    BalasHapus
  5. ya ampun dateng juga yaaku lupa belum nyapa

    BalasHapus
  6. wah seru nih acaranya, dapat ilmu pula keren deh

    BalasHapus