Ke kecewaan...(upload lagi dengan sedikit update)

Sebelum nya, saya mau minta maaf terlebih dahulu dengan pihak-pihak yang terkait jika ada yang tersinggung..

Ini blog saya dan saya rasa bebas bagi saya untuk mengungkapkan kekecewaan saya di sini.. di jurnal online saya, walau sebenernya dengan berat hati saya ungkapkan nya.

Kemarin tepatnya, saya baca di salah satu socmed ada nomention dan sepertinya itu di tujukan ke saya, kenapa saya tau? karena komen dari salah satu temannya dan ada yang visit juga ke socmed saya.

Hal ini dikarenakan buat mereka, hasil karya adik saya yang saya pamerkan di socmed itu katanya plagiat dari hasil karya salah satu temen mereka.

Karena saya ngga mau perpanjang dan saya merasa ya mungkin ajah saya dan adik saya salah, jadi langsung saya minta maaf kepada salah satu teman mereka dan mengklarifikasikan hal tersebut.




Klo menurut adik saya, dia terinspirasi dari seorang art design yang sudah cukup tenar dan bukan temennya temen saya itu.  Tapi ya saya ngga enak sama temen saya dan juga temennya yang sudah punya karya tersebut.. jadi ya bagi saya minta maaf itu wajib hukum nya, karena siapa tahu ya memang pihak saya yang salah, lagian saya juga ngga mau lah gara-gara hal begitu jadi kehilangan banyak teman.

saya pikir setelah saya pm langsung untuk klarifikasi dan meminta maaf dan sudah di respon langsung.. semuanya selesai jadi case closed lah..

Lagian niat awalnya adik saya mau jualan gambar-gambarnya buat cari penghasilan selama dia masih mencari pekerjaan yang cocok, langsung mundur teratur karena ngga mau lah di bilang ngambil rejeki orang dan ngerebut lahan orang.. walau sebenernya rejeki itu sudah ada yang ngatur.. tapi akhirnya saya dan dia putuskan ngga jadi jualan.

Tapiii ternyata saya salah..

kemarin seharian buat saya memang sangat sangat hectic..
sampai saya pun baru sempat pumping sore hari dan sampai dirumah pun langsung tepar karena sakit banget kepala nya.

Baru pagi ini saya buka socmed lagi, iseng-iseng baca update an semalem dan saya menemukan hal yang amat sangat mengecewakan banget.. call me lebay.. tapi emang itu yang saya rasain.

ada salahsatu postingan dan komen yang menurut saya tergolong " membully" adik saya di socmed..
jujur abis baca postingan dan komen itu saya langsung sedih dan kecewa..

walau pun terlihat seperti tidak membully tp bagi saya ini tergoong mem bully





kenapa?
karena ternyata bully itu masih ada ya.. bahkan di kalangan para orang tua? yang notabene sudah tahu persis lah gmn akibat buruk nya dari perbully an dan sering menentang untuk tindakan bully.

apalagi untuk seorang adik saya yang orangnya pemalu, kurang ekspresif dan sangat kecil percaya diri nya.
saya yakin banget, itu bisa membuat adik saya patah semangat, semakin tidak percaya diri dan mungkin bisa berakibat lebih fatal lagi klo seandainya dia jadi malas berkarya.. tapi klo yang ini akan saya handle deh.. jangan sampai dia berhenti menggambar.. bahkan ini akan saya jadikan pecutan buat adik saya, untuk membuat karya yang lebih bagus lagi dan harus bisa lebih kreatif lagi idenya.



sayang kan klo gambar2 lucu ini harus terhenti karena satu dan lain hal

Saya kecewa dengan caranya.. saya kecewa dengan perlakuannya..

Saya tahu pasti si pembuat karya juga pasti kecewa banget karena dia merasa karya nya diambil alih.. tapi klo ternyata memang kebetulan ide nya sama gimana? atau apakah si pembuat karya sudah mematen kan hasil karya nya sehingga dia bisa mengklaim bahwa itu ide nya dia dan hasil karya nya dia.

Sudah sepantasnya klo klarifikasi di lakukan bukan secara sepihak dengan menyindir atau menyinyir seperti itu.. ya apalah bahasanya...
Apa iya ngga bisa lebih wise ya? klo memang saya ataupun adik saya salah dari awalnya, mereka kan bisa langsung pm ke saya ajah.. pasti saya langsung akan terima dengan legowo dan respon dengan apa yang membuat mereka keberatan, sehingga hal ini bisa sama-sama clear dan mendapatkan akhir yang baik juga buat saya dan mungkin juga buat mereka.

buktinya saya sudah dengan sangat sadar klo nomention tersebut di tujukan ke saya dan saya juga sudah langsung pmuntuk meminta maaf, tapi ternyata malamnya masih ada soal itu di bahas lagi.


Ya memang adik saya tergolong masih bau kencur didunia seni, maklum baru juga kemarenan jadi sarjana, masih banyak belajar trus belum ada pengalaman yang gimana gituh dan mungkin belum tau banget tentang seni menyeni itu sendiri, siapa tau klo kemaren kita melakukan pembicaraan baik-baik malah bisa menjadi saling komunikasi dan bisa saling sharing.. harusnya ya begituuu..jadi di tegor baik-baik abis itu klo bisa di berikan bimbingan oleh yang senior nya.. gimana aturannya dan mungkin gimana enaknya deh.. haruuus nya ya... walau pada kenyataannya ngga begitu... buat saya kok ya mereka jadi terkesan terlalu arogan..


tapi ya sudah lah.. sudah menjadi bubur.. saya sudah kecewa...
Jadi ya menurut saya dengan berat hati banget, saya rela kehilangan beberapa teman deh dibanding kehilangan adik saya tercinta dan dari pada nanti masalah itu di bahas terus di socmed tersebut..sorry to say klo pada akhirnya saya lebih memilih untuk unshare mereka biar hidup saya lebih damai..

Saya bukan type orang yang bisa blak-blakan marah atau gimana.. saya lebih memilih untuk diam dan cukup tahu saja.. hidup itu penuh pilihan dan bagi saya pilihan yang saya lakukan ini adalah yang terbaik buat saya..


klo penasaran dengan hasil karya yg di bilang plagiat.. seperti ini kurang lebih..

ini hasil karya Aya temennya temen saya


ini hasil karya adik saya



klo kata adik saya dia terinspirasi dari  blog rifle paper co dan IG nya ayang cempaka
jadi bisa di lihat ya kalo bunga-bunga nya mirip banget sama blog rifle paper, trus untuk kaligrafi tulisan Allah nya juga hasil googling.. yang kebetulan sama karena bagi adik saya itu kaligrafi Allah yang paling bagus dari segi seni nya... ya wallahu alam deh ya.. 

sekilas memang mirip karya nya, tapi klo penilaian saya, dari segi warna berbeda selera..karya adik saya lebih collorfull dan warna warninya kekanak kanakan banget.. karena aliran adik saya memang dia lebih suka mengarah ke anak anak.

ya sekali lagi penilaian orang kan beda-beda.. dan mungkin yang punya karya duluan merasa itu mirip atau plagiat dari ide karya nya..

bagaimana klo dengan karya yang ini?

gambar ini diambil dari instagram nya @Aya76


coba bandingkan dengan yang ini

gambar adik saya lagi


konsep dan idenya mirip kan ya? anak kecil versi kartun plus bunga dan nama dan font nya pun hampir mirip..

Gambar adik saya ini sudah lama di buat, hanya saya baru upload sekitar dua minggu yang lalu di IG saya..

jadi apa ini ngikutin juga?entah lah....

kalo saya rasa kedua seniman ini mempunyai selera yang sama, sehingga mungkin ide yang mengalir pun mirip-mirip.. tapi lihat lah konsep warna nya lagi-lagi berbeda.. yang satu lebih dewasa dan yang satunya lebih ke kanak-kanakkan.

ya apapun itu...ini hanya klarifikasi dari saya, yang masih awam banget tentang plagiat di dunia seni.. jadiiii... dengan sangat rendah hati..saya dan adik saya mohon maaf banget klo memang karya yang di hasilkan di anggap menjiplak.


Semoga dibalik masalah ini ada hikmah nya..

Adik saya bisa berkarya lebih baik lagi dan si punya karya juga lebih baik lagi karya nya.


Note:
saya nulis ini ga bermaksud apapun.. hanya ungkapan kekecewaan diri saya..
dan untuk pembelajaran ke depannya ajah..
mohon maaf lagi jika ada yang tidak berkenan..
akhirnya saya putuskan untuk tetap di posting.. penulisnya galau nih....hehehhehehe gpp ya kan di blog sendiri jadi suka suka ajah :P

Lihatlah efek nya dari kejadian kemaren.. Dia jadi ga bebas berkreasi.. 



5 komentar:

  1. Puk puk nike, namanya jg karya kadang inspirasinya sama tapi bukan berarti selalu jd plagiat :)
    Pembelajaran buat kedepannya nik *tumbenbijak

    Btw gambar2 orangnya lucuu, mau dong dibikinin gambar aku, abah & Raya

    BalasHapus
  2. @ Nike,
    Hmm...gw gak ngerti soal seni dan segala macem legalitasnya ya.
    Gw mo ngasih semangat soal #nomensyen aja.

    Gw pernah ngalamin berada di suatu kondisi gak enak banget di dunia maya.
    Tapi setelah gw pikir-pikir, ngapain juga gw jiper kalo emang gw gak salah.
    Dunia maya emang kejam, tapi dunia nyata gak kalah kejamnya. Dan kita gak bisa menghindari suatu saat kebentur masalah-masalah begini.

    Semangatin aja ke Adik loe, ini cuma satu ujian yang akan dia temui dalam usahanya mengasah bakat. masih banyak ujian-ujian lain yang harus dia lalui. kalo nemuin satu ujian udah mundur, berarti gak naik tingkat dong ?

    Petik aja hikmah dan jadikan pelajaran. Selanjutnya, balas aja dengan membuktikan kalo adik loe bisa bikin karya yang lebih baik setiap harinya.

    Semangat yaaa !

    BalasHapus
  3. Ide setiap orang kan bisa saja sama ya Ke.
    Sama saja ketika dulu aku buat tas ulos, tahu2 besok ada teman yang buat juga padahal dulu dia resellerku dan pernah aku kirimkan hadiah koper ulos buat dia, tapi dia bukan buat tas wanita, jd tidak head to head.
    Menurutku adikmu jangan patah semangat Ke. Laju aja, sayang gambarnya itu bagus2 banget.
    Mungkin ditambahkan sedikit ciri khasnya dia agar berbeda yaa...

    BalasHapus
  4. Ayo semangat adiknya nike. Ini salahsatu ujian buat naik tingkat. Jangan patah semangat ya. Smangat terus dan buktikan kalo kamu memang bisa! :)

    BalasHapus
  5. Halo mba salam kenal...
    dan titip salam untuk sang adik yang berbakat seni luar biasa, :)

    kebetulan saya stumbled here karena arahan teman saya juga, kami berdua sama2 penggemar mba Ayang dan "mba" Anna dari Riflepaperco.

    Saya di sini cuma ingin menyemangati adik mba, yang sangat2 berbakat, sayang disia2kan..

    sebelumnya sudah ada lho, polemik yang menyebut mba Ayang sendiri sebagai "plagiator" hahahaha, tentu saja katanya mba Ayang yang meniru mba Anna Rifle paper co. semua dikarenakan kemiripan estetis kedua seniman.

    ada lagi yang menunjukkan bahwa karya Mba Ayang yang ini (maaf saya googling)

    http://www.pinterest.com/pin/200902833351902622/

    serupa tapi tak sama dengan cover buku ini

    http://www.amazon.co.uk/The-Happy-Forest-Eric-Winstone/dp/B0000COANH

    gaya ilustrasi nya memang berbeda tetapi jika diperhatikan posisi, jenis, pose, warna binatang nya memang mirip ^_^

    apa yang ingin saya kemuka kan di sini.....

    Kalau Mba Ayang saja banyak dituduh plagiat, apalagi adik mba yang masih tunas. :D

    Inspirasi memang bisa datang dari mana saja, yang penting cara kita mengolahnya. "aya" mungkin tersinggung, karena rasanya adik mba meniru lahan bisnis nya. yang seharus nya adik mba rasakan bukan pengekangan kebebasan berkreasi, apalgi galau. tetapi justru DORONGAN untuk berkreasi lebih unik, lebih bagus, lebih dan lebih lain2nya. Jangan menyerah ya!




    BalasHapus