Cerita Lahirnya Tiara

Klo dulu aku pernah cerita tentang lahirannya si kakak Tania, nah sekarang aku mau cerita tentang lahirannya si ade Tiara.
Seperti rencana sebelumnya, klo untuk persalinan kali ini aku memilih untuk operasi sc aja.
Persalinan kali ini seperti yang pernah aku cerita sebelumnya, aku memilih tanggal 12 July 2013.

Rabu 10 Juli 2013
Ini kontrol terakhir sebelum sc hari jumatnya, sama dokternya aku disuruh untuk tes darah dan konsultasi ke internis untuk rencana jumat nanti.
Habis konsultasi langsung ke bagian labnya buat tes darah, tes pendarahan lewat kuping dan tes urine. Agak susah untuk pipis soalnya aku puasa sebelumnya, akhirnya sambil nunggu pipis, aku melakukan ekg di ruang bersalin. Selesai ekg, alhamdulillah akhirnya pipis dan langsung ngasih sample nya ke lab lagi dan tunggu hasilnya sekitar 2 jam untuk di konsultasikan ke bagian internis.
Selama nunggu, kita jalan ke ITC kuningan buat belanja terakhir keperluan si dede.
Jam 7an, aku ketemu dokter internis lalu diperiksa sana sini dan di nyatakan sehat dan siap untuk sc hari jumat.


Jumat 12 Juli 2013
dari malem udah ngga bisa tidur, entah kenapa kali ini mikirin banget besok mau sc dan takut banget sama berbagai kemungkinannya. Mikirin si kakak juga, nanti gimana ya dia ditinggal ayah sama mama nya 3 hari buat nginep di RS, tapi aku yakin si kakak pasti bisa ngertiin.

Rencana sc jam 14.00, jadi aku mulai puasa jam 7 pagi di suruh sama bidannya. Aku sengaja ikut sahur biar nanti ngga mual pas di sc, jadi dari sahur sampai pagi aku cuma minum ajah. Jam 8 aku mandi keramas biar nyaman dan enak, trus lanjut sholat dhuha dan taubat. Sekitar jam 9an kita langsung berangkat ke RSnya, awalnya semua orang rumah mau ikut ke rs, tapi aku larang karena nanti mereka pasti BT klo kelamaan nunggunya, soalnya RS nya kecil jadi klo nunggu lama juga bingung mau ngapain. Akhirnya aku berangkat berdua doang sama ayah.

Sampai RS sekitar jam 10 lewat, langsung urus adminnya dan alhamdulillah langsung dapet kamar yang kita inginkan yaitu kelas 1 dan kita ditempatin di kamar 204.
Selesai ngurus admin, aku langsung di bawa ke ruang bersalin untuk persiapan menuju sc nya.
Seperti operasi sc dulu, step pertama aku di pasang infus trus ctg si baby lalu bersih-bersih daerah miss V nya dan terakhir yang paling sakit adalah tes alerginya, persis semuanya masih sama kaya 5 tahun yang lalu. Diruang itu juga aku jadi inget kejadian 5tahun yang lalu waktu mau ketemuan sama si kakak Tania.

Selesai itu semua, susternya bilang klo dr. irvan mau operasinya dimajukan sebelum sholat jumat jadi sekitar jam 11 siang.. oh emji ini dokter selalu deh bikin keputusan dadakan, aku sih senang juga di majuin, jadi makin deg degan dan ngga sabar mau ketemu si ade.. nanti statusku langsung berubah deh jadi ibu beranak dua :)

Jam 11 kurang, aku jalan menuju ruang OK dan nunggu disitu lumayan lama, karena ternyata semua sudah siap, hanya tinggal menunggu dokter anastesi nya yang masih terjebak macet. Aku sempet ngobrol-ngbrol sama bidan yang ada di ruang OK sampai menunggu dokter itu dateng.

Jam 11.30 si dokter akhirnya dateng juga setelah lumayan lama menunggu :(
Langsung aku disuruh bungkuk dan mulai di suntik anastesinya, selesai obatnya berasa masuk ke tubuh, kakiku langsung berasa kebas dan tidak bisa di angkat lagi. Lalu kateter di pasang dan muka ku mulai di tutup kain hijau, kacamataku mulai di lepas dan aku agak sesak nafas sedikit sampai diberikan selang oksigen untuk bantuan nafas.

Dokter spog nya mulai melakukan tindakan operasi nya dan asli aku takuuut banget saat itu, takut berasa sakit saat perut aku mulai di bedah. Untung saat itu mulai di pasang musik biar suasana menjadi rileks mungkin, para dokter persis seperti 5tahun yang lalu sibuk ngobrol sendiri sambil melakukan operasinya.

Klo waktu tania dulu lagu yang diputer itu afghan yang berjudul Terima kasih Cinta, dan kalo sekarang itu lagunya pas beneeeerr padahal aku ngga rikues lohh.. masa lagu yang diputar adalah lagunya NOAH.. hahhahahaha.. hamil kali ini semua mendukung aku buat jadi fans ariel :D

sekitar jam 12 siang, langsung terdengar tangisan baby.. aahh aku melted denger suara tangisan itu sambil mengucap alhamdulillah di dalam hati. Ngga lama setelah itu, suster langsung mengucapkan selamat sambil bawa si dede mendekat ke aku dan kita akan melakukan IMD... ya Allah ada mahluk kecil masih penuh lemak yang ada dihadapanku, saat itu aku spontan langsung nanya berapa berat badan bayi nya, ternyata besar lagi.. bb nya 3720 gram dengan panjang 50cm....alhamdulillah pas di taruh di dadaku si dede pinter dan langsung menyusu di dadaku.. klo ditanya gimana rasanya saat itu.. aku langsung tidak berhenti bersyukur dan terharu... alhamdulillaaaahhh akhirnya aku bertemu dengan putri kecil ku yang cantik serta sehat sempurna....sayang saat itu aku ngga bisa membiarkan si dede lama di dadaku karena berasa sesak lagi, jadi si dede sibawa kembali sama susternya....

Jam 12.30 persalinan ku selesai, aku langsung dibawa ke ruang observasi untuk diobservasi dan aku harus istirahat disitu, aku sempat tertidur disitu dan lagi-lagi masih sama kaya 5 tahun yang lalu, berasa ngga nyaman banget dengan kondisi kaki yang masih ngga bisa bergerak sama sekali. Setelah 2 jam di ruang observasi dan semua baik-baik saja, akhirnya aku dipindahkan ke ruang perawatan dan langsung ketemu sama ayah. Rasanya saat itu perasaan bahagiaa banget.. ayah cerita klo sewaktu mengadzanin si dede, masih berasa ngga percaya klo sudah punya dua putri cantik sekarang :)

Sorenya pas jam besuk, semua keluarga berdatangan, termasuk gita sahabat ku yang langsung menjenguk saat itu. Aku sendiri masih berasa dalam kondisi terbius, belum boleh bergerak sama sekali sampe 12 jam ke depan. Esoknya pas 24 jam aku langsung belajar berdiri.. ya ampuunn ternyata lebih sakit yang kali ini dibanding yang pertama dulu, tapi so far semua masih aman terkendali walau recovery nya lebih lama. Aku makin hari makin baik kondisinya dan ASI juga alhamdulillah langsung keluar hari itu juga dan malem nya si baby udah mulai rooming in dan menyusui langsung sama aku.

Ternyata kelas 1 di RSIA Tambak ini buat aku sudah sangat memuaskan, satu kamar cuma satu orang dan disediakan sofabed untuk penunggu nya..jadi berasa nginep di hotel berduaan ajah sama ayah selama 3 hari di situ. Aku juga masih puas banget sama semua layanan yang diberikan sama RS ini, semua masih sama kaya dulu, semua staff nya ramah dan mau membantu serta melayani, trus makanannya juga enak dan yang paling penting kebersihannya juga terjamin, tiap hari kamar selalu dibersihkan sehari 3kali. Untuk biayanya sendiri, ya memang agak mahal tapi menurut aku cukup sebanding sama pelayanan yang diberikan. Kemarin untuk persalinan sc anak kedua kelas satu dan semua kondisi sehat (3hari perawatan) total biayanya 23 juta. Pokoknya aku dan keluarga puas banget sama pelayanan dan fasilitas yang diberikan sama RSIA Tambak ini.

Senin pagi, aku mulai ganti perban dan rencananya siang nya aku boleh pulang.. yeaayy udah ngga sabar bawa si dede kerumah sesuai rikues nya si kakak yang udah nanyain melulu kapan pulangnya.

Akhir nya setelah hasil tes darah si dede keluar dan semua baik-baik ajah, birilubin juga masih baik jadi dede nya ngga perlu dirawat lebih lama, maka kita dijinkan pulang pas jam makan siang dan aku sudah dijemput sama eyang dan kakak Tania :)

Sekarang aku resmi jadi Ibu beranak dua dan keluarga kami sekarang bertambah anggotanya menjadi empat orang dan pastinya ayah masih tetap paling ganteng diantara kami :D

Alhamdulillah ya Allah atas karuniamu ini.. kami diberikan dua putri cantik yaitu Tania Sekar Andhini dan Tiara Puspa Andhita.. semoga kami bisa menjaga amanah Mu ini dengan sebaik-baiknya dan semoga kedua putri kami ini bisa menjadi anak sholeha dan pemberi kebahagiaan dalam keluarga kami.. amieen..

Mohon doanya ya semoga kami sekeluarga senantiasa diberikan kesehatan..
Sekali lagi terima kasih buat semua ucapan, support dan doanya teman-teman selama ini.

6 komentar:

  1. sekali lagi selamat ya... seru ya sekarang udah berempat.. jadi tambah rame... :D

    BalasHapus
  2. Iya sm ky Arman, pasti tambah seru yah udah b4.. aku pun pengen nambah 1 lg hihihi

    BalasHapus
  3. terharu ya pas pertama kali lihat muka baby

    BalasHapus
  4. Sekali lagi selamat ya Ke..Nama anakmu cantik-cantik...

    Baca ceritamu soal SC, aku jadi ngebayangin gimana perasaanku nanti pas mo SC juga ya :D

    BalasHapus
  5. selamat datang dedek bayi. :)

    BalasHapus
  6. Selamat datang dedek bayi

    BalasHapus