Cerita di balik Barbie Cake


Mau cerita tentang bikin barbie cake nya ya..
Jadi gini ceritanya, tania itu fans beratnya keira si barbie popstars itu loh..
Nah niat awal karena aku udah 36weeks, pengennya bikin yang simple ajah yaitu cupcake yang disusun di tier dan di hias pakai topper si barbie popstar ini.

Cake untuk ultah tania tahun ini..

Udah lama banget bikin design toppernya pas lagi senggang di kantor, call me lebay.. tapi ya memang begitu.. selagi iseng dikantor pakai pic monkey plus photoshop portable trus jadi deh topper cupcakenya, tapi pas mau ngeprint dibantu edit sedikit sama tante tita.

Seperti ini nih penampakkannya..



Itu rencana awalnya ya... tapi pas kira-kira sebulan menjelang ultahnya.. Tania rikues kue yang dia mau ke aku. Dia bilang maunya cake nya bentuk barbie dan HARUS mirip si kiera dan kalimat itu sukses bikin emaknya jiper.. DOOOEENNGG !!!! dengan kondisi emaknya begini dia rikues yang susah -____-"


Sangking kepengennya kue barbie itu, dia sampai ngajak aku nonton Youtube cara bikin barbie cakenya, menurut dia caranya ngga terlalu susah kok.. jadilah beberapa malem kita berdua nonton tutorial ini di yutub.
Hmmm.. menurut ku dia juga terobsesi kue ini gara-gara nonton yutub nya nih :(

Klo dilihat dari tutorialnya sih memang ngga terlalu susah, tapi berdasarkan pengalaman yang dulu-dulu, antara mantengin tutorial sama pas prateknya beda jauh bangeeett.. kya dulu waktu mau coba bikin kue yang dicover fondant.. asli beda banget antara yang udah terbiasa dengan aku yang baru pertama kali praktek..dulu sampe mau nangis bikinnya huhuhuhuhu..

Lanjut ceritanya ya..
setelah googling ke mana-mana tentang barbie cake ini, akhirnya memutuskan untuk menerima tantangan dari tania, tapi bilang ke tania klo ngga berhasil jangan kecewa ya.. akhirnya kita sepakat.

Langkah pertama adalah aku mencari loyang rok barbie yang ukurannya pas sama ovenku, sedikit susah nyarinya soalnya yang aku mau ternyata lagi kosong, jadi aku sempet beli yang pertama agak kebesaran dan ga muat di ovennya, sampai akhirnya nemu loyang lainnya di titan pas 2 hari sebelum hari H :D
tadinya mau ngakalin ajah pakai loyang biasa, tapi kok ya ribet kudu ngetrim cake nya itu yang susah menurutku, membentuk kuenya jadi mirip rok. Lalu nyari barbie yang bisa di mutilasi buat hiasan kue nya aku beli online di TyuCake tempat tahun lalu aku pesen edible buat bday cakenya tania yang ultah ke 4, rekomended banget deh layanannya.

Pas udah dapat loyangnya, trus udah beli bahannya trus udah googling lebih lanjut, akhirnya hari sabtu kemaren bismillah mulai bikin kuenya...

Pertama bikin base cake nya, nyoba resep RVC nya mba ria icip2 di dapur, cuma karena ngga ada buah bit, akhirnya di ganti ajah dengan 100ml susu UHT dan bisa di bilang ini chocovelvet bukan redvelvet.. maksa dikit boleh lah  :D

Pas adonan udah jadi, udah ngerasa kok kayanya penuh juga ya loyangnya, sempet ragu tuh takut kue nya ngembang banyak, pokoknya bimbang banget deh antara takut kesedikitan atau luber nih.. tapi akhirnya nekad aja habisin semua adonannya trus langsung panggang kuenya.

Bener aja beberapa menit kemudian kecium bau gosong dan ternyata adonannya luber kemana-mana dan yang luber itu menimbulkan bau gosong :( panik waktu liat adonannya luber terus-terusan.. udah kya gunung berapi yang lagi meletus gituh... berdua sama tania mandangin aja dari kaca ovennya. Aku ngga tau lagi harus di apain soalnya kuenya juga belum mateng lagi proses pematangan.. hiks..hiks... akhirnya aku diemin aja dan kutinggal sholat dzuhur.

Selesai sholat cek lagi kue nya, pas ditusuk kok masih belum mateng juga.. udah galau mode on banget deh. Udah minta maaf sama tania klo ternyata mama nya gagal bikin kuenya, dan dia sempat bilang
" ya udah gpp ma.. tapi nanti tiup lilinnya pakai apa ya ma?"
aku bilang ya nanti kita beli kue lain aja ya dan dia udah setuju.

Aku tunggu sampai kuenya matang dan lagi-lagi bagian atas kuenya sebagian gosong, entah kenapa dengan ovenku selalu begitu, sebagian gosong :(

Pas sudah mateng akhirnya pasrah..trus lanjut bikin adonan cupcake ajah buat tambahan kue besok, lagian toppernya udah ada siapa tau bisa jadi plan B klo si barbie ini ngga berhasil.
sebelumnya semua lancar jaya, adonan cupcake udah dipanggang tapi pas setengah mateng aku cek ngga sengaja itu rak di oven kesenggol dan sebagian adonan ada yang tumpah... huaaaaaa mau nangis banget rasanya saat itu, mana di rumah cuma berdua lagi ditambah pas adonan tumpah kena lempengan besi pemanasnya dan ngeluarin asep yang lumayan banyak. Tania pun panik sama asep nya oven, dia kira akan meledak ovennya :(

Akhirnya aku berusaha tenang dan matiin ovennya, trus tunggu dingin sebentar dan mulai ngebersihin ovennya, kemudian lanjut memanggang sisa adonan lainnya dan lagi-lagi sebagian gosong atasnya ajah.
Ternyata aku masih perlu pdkt lagi nih sama ovennya biar tau suhu yang pasnya :)

Ayah pulang pas semua kue matang, trus ngeliat istrinya desperado, dia langsung menyemangati...
"udah semua nya masih bisa di hiaskan.. pasti bisa bagus deh.. "
Disemangati begitu bikin semangat lagi dan langsung kocok buttercream..hihiiihihihi... thanks ya ay :)

Buttercream jadi, langsung hias deh sesuai petunjuk di yutub dan juga hasil googling di sini , disini , disini dan disini. Banyak ya refrensinya :) kelihatannya mudah kan? tapi ternyata itu lumayan susah, apalagi di tambah pas menghias aku gerakannya terbatas karena ke ganjel perut :))

Untungnya pas ngedecor, si mama dateng dan karena mama dulunya terbiasa ngedecor pakai buttercream jadi di bantuin lah sedikit untuk finishingnya, trus di beri wejangan untuk makai spuitnya.. pokoknya thanks to mama deh coz datang kerumah disaat yang tepat :D
Beginilah penampakan barbie nya...

Masterpiece buatanku :D

coba bandingkan dengan yang ini.. apa sudah mirip??


Jelas belum dan masih jauh lah.. makanya si kakak komen masih ngga mirip keira, si perfeksionis bilang sepatunya keira itu kelihatan sedangkan yang punya mama ngga, ..tapi barbienya mama tetep cantik kok... alhamdulillaaaahhh....

Selesai decor barbienya, langsung masukin kulkas biar lebih kaku lagi dan ngga bleber hiasannya, si kakak gimana reaksinya? yup dia bolak balik mandangin kuenya dan buka tutup kulkas, bahkan pas paginya bangun tidur juga langsung ke kulkas mandangin kuenya lagi :))

Pas malem cerita nya bikin cheese frosting buat decor cupcakenya, tapi entah kenapa itu frosting encer gituh jadi ngga kokoh buat dihias.. kayanya kudu belajar banyak nih tentang cara membuat frosting.. akhirnya di putusin si cupcake dihias pakai olesan frosting nya di tambah taburan keju cheedar lalu di pasang toppernya.
Hhhmm so far menurutku hasilnya ngga jelek-jelek banget lah.. kaya begini nih pas udah di pajang di tiernya..




Rasa kuenya gimana? lumayan enak sih, tapi ada bagian yang gosong itu, yang rada sangit klo di makan. Jadi ya sodara-sodara, kuenya memang tampak cantik tapi rasanya tidak secantik penampilannya.. walau ngga rusak-rusak banget sih rasanya..hihihiihihihihi... *pembelaan diri

Tapi asli deh masih enak kok di makannya, tadi pagi juga aku coba makan masih enak banget ngga keras kuenya walau udah masuk kulkas 2 hari :)

6 comments:

  1. kuenya cantik banget, salut euy sama mba nike :D

    ReplyDelete
  2. ihh bikin itu jg udah bagus bgt kok makk, suer deh.. Insya Allah taon dpn bs bikin yg lbh mirip yah hehehehe

    ReplyDelete
  3. Tania dan kuenya sama-sama cantik

    ReplyDelete
  4. Baca ceritanya bikin aku pengen lap keringat, Ke..hehe..demi anak yaa..apapun dilakuin. Tapi hasilnya memang bener keren kok Ke :)

    ReplyDelete