Bye Bye DOT..

Masih inget sama PR aku yang ini?
Ternyata memang bener ya prinsip ketika anak sudah siap, maka semuanya akan lebih mudah..

Menjelang usia 5tahunnya, nambah satu lagi milestone nya tania..
Yaituuuu....
Yeaaaayyy... dia udah bisa menghilangkan kebiasaan nge DOT nya dan udah 2 minggu ini say good bye sama botol susu nya.. \(^_^)/


gambar dari google search

Dulu aku mencoba berbagai macam strategi buat ngilangin kebiasaannya itu.. tapi hasilnya NIHIL..
Dia lebih cinta sama botol dotnya dan masih ngga rela pisah walau udah di rayu dengan berbagai cara.
Masih aja nge DOT sehari bisa 2-4 kali trus berbagai cara juga ngga mempan deh pokoknya.. sampe aku nyerah dan ngebiarin aja deh dia ngedot entah sampai kapan bosennya.

Tapiiiiii.. pas suatu saat kira-kira dua minggu yang lalu, si Ayah ngomong sekali sama anaknya begini..

"Andin.. ngga usah nge dot lagi ya mulai besok.. nanti bibirnya jadi monyong loh kya gini.."
sambil meragain muka dengan bibir monyong dan asli jelek :D

Sebenernya motif si ayah ngomong itu karena dia udah bosen aja nyuci botolnya terus, maklum tugas nyuci botol ini seringnya dilakukan sama ayahnya dibanding aku :))

ehhh diomong begitu.. ndilalah kok ya langsung nyangkut di otak anaknya. Detik itu juga dia langsung minum susu nya nolak di botol tapi minta di gelas.

Aku pikir aahh anget-anget tai ayam nih.. paling bentaran doang dan besok udah ngedot lagi.. salahkan mama nya yang su udzon sama anaknya... ternyataaa besoknya dia tetep konsisten say good bye sama ngedot.
Dia minta di gelas lagi dan lucu nya dia ngga mau pakai gelas lain selain gelas pigeon magmagnya. Jadi sampai sekarang klo minum susu dia selalu minta dibuatkan di gelas itu, walau gelasnya cuma satu jadi ya cuci trus pakai lagi terus-terusan deh.. nanti rencananya kita beli lagi deh gelas magmag nya biar ada cadangannya :)

Pernah pas jumat kemaren, di depok pas lagi posisi tidur pules aku kasih susu tania di botol, trus pas udah setengah botol habis ke sedot aku bisikin ke dia klo minta maaf soalnya bikinin susu nya di botol bukan di gelas karena ngga ada gelasnya. Ternyata saat itu walau dia lagi asik ngedot dia langsung melek trus langsung mukul aku dan ngomong dengan nada marahnya..

" Mama nih !!!.. nanti klo andin jadi ngga cantik gimana? karena jadi monyong.." 

saat itu juga dia berhenti nge dot nya trus langsung ngasih botolnya ke aku.. saat itu aku mau ketawa tapi ditahan sekaligus merasa bersalah, kok ya jadi aku yang ngga konsisten ya :(

Sejak itu aku jadi tahu, klo ternyata dia tidak main-main tentang ngga mau ngedot lagi nya, dan aku janji akan mendukung terus biar makin tebel perintah di otaknya bahwa ngedot itu ngga bagus, jadi biar dia makin ngga mau sama dot dan bener-bener bakalan kita buang semua botol-botolnya ya..

Congrats my dear.. i'm so proud of you..

Intinya jangan suka memaksakan kepada anak.. karena klo memang sudah saatnya semua itu akan mudah bangeet dibanding kita paksain pakai metode ini itu :)

5 comments:

  1. selamat ya.. udah lepas botol dot! :)

    si esther juga worry nih kalo ntar si emma susah lepas dari botol. sampe sekarang kan minum susu nya masih pake botol. dipakein sedotan gak mau! :P

    ReplyDelete
  2. waaah..good job Taniaaa :*
    hihihi Cui hebat banget deh kata2nya..sampe Tania jadi bener2 lepas dotnya..:D

    ReplyDelete
  3. selamat ya sudah lepas dari dot, waktu Pascal juga agak susah lepasnya tapi waktu masuk PG sudah bisa lepas sih. Alvin sama sekali gak pakai dot

    ReplyDelete
  4. horeeee udah lepas dot ....

    ReplyDelete
  5. selamat, ya :) Sama, deh, anak2 sy juga gak bs dipaksa :)

    ReplyDelete