Si 4,5 tahun

Update tania di umur nya yang 4,5 tahun..



Tania lagi ngobrol sama ayahnya..aku ikutan nimbrung sambil ngomong gini

Me   : " kak..beresin dong mainannya.. mama ngga mau liat kasur berantakan mainan kmu”
Tania:  " iisshh… mamaaa nihhh… nyebelin banget sih !! “

Sambil manyun trus ngeloyor pergi..

Aku sama ayahnya langsung lihat-lihatan abis itu ngelus dada trus ketawa barengan

Anakku udah gedeeee :D

******


Me: “ndin.. mama itung sampe Lima ya.. pokoknya sampe lima harus udah di kamar mandi..satu…dua..”

Tania :”iya..iya… ihhh mama nih…”  langsung ngibrit ke kamar mandi

aku tersenyum girang hihihiihihi..

beberapa jam kemudian.. pas aku lagi pegang remote tv

Tania : “ ma.. ganti dong tipinya…andhin hitung sampe lima nih.. klo ngga diganti andhin marah… sattuu… duaaaa….”

Me : “hah? ”

Lah napa ini gantian mamanya yang di gituin??? Hadeeeeehhhh  (-_____- “  )

******

Tania naruh botol minum nya di atas karpet..

Me :” hati-hati ya itu ada botol ngga di tutup, nanti kmu senggol tumpah lagi airnya…”

Tania :”iya ma… “

Lanjut maiinn dia nya..

Ngga lama ternyata yang nyenggol itu botol aku sendiri dan tumpah gituh airnya di atas karpet.

Me : “tuhkaann.. andhin sih naruh botolnya sembarangan.. tumpah kan..”  mulai menyalahkan.

Tania : “ yeeee… itu mah salah mama sendiri.. ngga hati-hati.. “

Trus ngeloyor pergi..
Ayahnya ngakak gituh.. akunya ngelus dada lagi….

******

Tania lagi rebutan gelang sama tantenya, mau pinjem ngga boleh..

Tiba-tiba dia nangis kenceng, sampe eyang nya denger trus nyuruh tantenya ngalah dan kasih pinjem gelangnya…

Sesaat setelah itu, dia ngomong gini..

Tania : “ Yang.. tau ga?”

Eyang : “ apa?”

Tania : ”tadi kan andhin mikir pake otak andhin.. klo andhin nangis, pasti eyang jadi marah-marah sama tita nya.. trus nanti pasti eyang nyuruh tita kasih pinjem gelangnya ke andhin.. makanya tadi andhin nangis ajah..”

Doeeng !!

Tuuuhh kan si bocah udah pake strategi buat dapetin yang dia mau dan dia tau klo eyang pasti kalah klo denger tangisannya…

Ampuuuunnn….. mudah-mudahan eyang jadi lebih ngerti sekarang..

*****  

Ternyata bener kata orang.. ngurus anak umur 1-3 tahun itu yang cape itu fisiknya..
truus klo anak usia 3 tahun keatas itu yang cape bukan fisiknya tapi lebih ke hatinya..

Kudu harus panjangin sumbu sabarnya.. lebih banyak ngelus dada atau tepok jidat untuk menanggapinya..
kaya dari cerita-cerita di atas.. kelihatan banget beda nya waktu kecil sama sekarang..

Tania juga udah ngga bisa dibohongin dialihkan lagi.. apalagi semenjak dia udah makin lancar baca, hampir semua nya bisa dia sangkal.. udah jago berdebat dan adu argumen.. malah seringnya ngga mau kalah dan kekeh banget.. pokoknya melatih kesabaran banget deh :)

Ada satu PR buat aku..ketika kemaren dia nyecer aku dengan pertanyaan..Kenapa kita ngga boleh pelihara anjing.. awalnya aku bilang karena air liur anjing kotor dan banyak kuman trus bla..bla.., dia masih ngga puas sampai pada akhirnya aku bilang klo di larang sama Allah.. ternyata bagi itu itu belum memuaskan, sampe pada suatu saat dia tanya..

Tania : "Ma.. klo pelihara anjing ngga boleh sama Allah... berarti di luar negeri itu ngga ada Allah ya?"

Me    : " kok gituh?andhin kata siapa ?"

Tania : " loh..kan mama yang bilang pelihara anjing itu ngga boleh sama Allah.. trus ini barbie pelihara anjing.. berarti disana ngga ada Allah kan ?"

Me    : " hhmmm.. bukan gituh,, tapi disana beda agamanya.. nanti deh mama jelasin "

aku pun mulai mati gaya...
heleeeeppp gimana cara jelasinnya coba ? ada yang bisa bantu?

9 comments:

  1. Hai mba :D
    Kami dari Pinisi Edutainment Park. Boleh minta alamat emailnya mba? kami ingin mengirimkan undangan.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  2. jelasin aja sesuai agama mbak tapi dengan porsi sedikit buat anak2 .. bilang aja kan berbie cuma mainan jadi ga apa2 kalo pelihara anjing..

    tapi saya ikut bingung nanti kalo udah jelasin kalo berbie itu mainan takut nya dia nanya lagi terus orang yang di luar negri gimana ?? haha *tepok jidat

    ReplyDelete
  3. ya ampun Tania.. Sy ngikik yg celotehnya "mikir pk otak" hehehe..

    Kl sy jelasinnya pk pengenalan agama aja mbak :)

    ReplyDelete
  4. @pinisi..
    sudah aku mention alamat emailnya di twitter ya :)

    @dea
    pengennya juga gituh, tapi masih belum sreg aja nih..

    @mba myra
    iya mba, itu pake pengenalan agama, tp masih belum detail sih jelasinnya.

    ReplyDelete
  5. hahahaha ya ampuun Tania..udah gedee ya sekarang...:D

    Aapalagi anak perempuan kan lebih ceriwis nanya ini itunya ya Ke..:D

    ReplyDelete
  6. dateng juga ke pinisi? kita ketemuan disana ya

    ReplyDelete
  7. Hahahahaha...iya Keee...inilah klo anak udah tambah gede. Raja juga aku gak boleh bikin salah lagi, misalnya gak sengaja ngasih dia ikan yang ada tulangnya, tar dia marah-marah, "Mamma...Raja kan udah bilang, mamma hati-hati dong. Mamman ini gak mau dengerin Raja!" hihihihi

    ReplyDelete
  8. Kalo sama anak-anak, nerangin sesuatu emang harus hati2. Aku juga beberapa kali kena. Hahaha. :)) Tobat deh.

    ReplyDelete
  9. Hahahaha seperti baca pengalaman sendri...eh iya ana ita sepantar sih ya.. anak 4,5 th emang bikin ortunya harus banyak sabaaaar :D

    ReplyDelete