Tania : 4 Tahun 3 bulan

Tanggal 30 kemaren, tania ulang bulan yang ke 51, arti nya 4 tahun 3 bulan..
Udah lama banget ngga cerita tentang perkembangannya..
Sekarang mau update aaahh untuk catatan pribadi saya..





Tania dan Sekolah

Alhamdulillah masih lancar dan dia masih belum bosen untuk sekolah, walau mungkin kadang rasa malas beberapa kali datang hingga dia suka bilang.. " kapan liburnya sih sekolah andhin.." :))
Kendala aku untuk sekolah ini adalah ngebangunin pagi nya... ammmpuuunnn ini susah bener.. kadang sampe esmosi aku di bawanya.

Jadi memang dari bayi, tania itu jadwal tidurnya ngaco banget, dia terbiasa tidur sampai larut malam dan bangun subuh cuma minta susu abis itu dia biasanya di biarin tidur sama eyangnya sampe siang sekitar jam 9 - 10 an dia baru bangun. Lalu karena bangunnya udah lumayan siang, otomatis jadwal tidur siangnya pun mundur, dia biasa tidur siang jam 4 sore atau jam 5 sore sehabis mandi, jadiiiii klo malem tidurnya pun semakin larut bisa sampai jam 12an :(

Aku pikir, udah sekolah dia akan berubah sendiri jadwalnya, tapi ternyata ngga.. masih aja suka tidur malem dan susah bangun pagi, padahal sekarang setiap pulang sekolah itu dia makan siang trus lanjut tidur siang sekitar jam 1an.. tapi entah kenapa tetep tidur nya malem. Akhirnya sekarang aku berusaha men disiplin kan dia untuk masuk kamar jam 10 malem dan paksa dia untuk tidur. Semoga ini berhasil dan bisa merubah jadwal tidurnya.

Tania dan Membaca

Sejak umur 4 tahun, dia makin lancar baca nya.. alhamdulillah..
Makin sering baca apapun yang dia lihat di jalan atau dimanapun.
Persis sama kya kelakuan aku waktu kecil dulu, semua mau dibaca, apapun dibaca :D

Klo sekarang ini lagi sering baca text film yang ada di tv ataupun film yang di donlod.
Lucu nya kemarenan pas nonton toys story, dia mau baca teksnya, karena masih ngeja jadi ngga bisa buru-buru, alhasil sering di pause gituh sampe dia selesai baca, jadi nonton nya sering berhenti dan ngga kelar-kelar hahahhahaha..

Trus lucu lagi kemaren pas lagi ngelewatin donut Jco, dia bilang gini..
" Mah.. itu kan tulisannya J sama CO trus kenapa di baca Jeko? huruf  K nya ada dimana?"  LOL

Padahal ya, ngajarin dia baca itu awalnya iseng karena aku beli buku lancar membaca.
Pertama belajar ngenal 2 suku kata, dia ngga terlalu serius dan ngga terlalu tertarik.
Sampe ayahnya ngajarin tentang konsep 3 huruf  kaya nya, trus NG di baca eng dsb.
Dia tetep setengah hati dan ngga tertarik, aku dan ayah jadi ikutan ngga semangat, jadi kita cuekin ajah dan ngga belajar baca lagi, karena buat apa maksain klo anaknya aja ngga happy.

Suatu saat tiba-tiba dia sering ngeja gituh, asli aku sama ayah awalnya mikir " aahh paling cuma sebentar dan iseng doang.."

Ternyata salah, besok dan seterusnya dia makin sering ngeja dan mulai baca semua tulisan yang dia buat, kadang suka nanya klo dia ada kesulitan, sampe akhirnya sekarang dia semakin lancar membaca..\(^o^)/

Sebagai orang tua, untuk mendukungnya kita jadi sering beliin dia buku dan majalah aja untuk dia latihan membaca lagi..

Tania dan Berhitung

klo untuk menghitung, dia baru mulai proses kenalan sama angka nya dan konsep tambah kurang.
Dia belajar dari mainan laptopnya yang mengajarnya tebak angka hasil penambahan atau pengurangan, dan dia penasaran ttg berhitung dan mulai nanya sama aku dan ayahnya cara menghitung.

Lagi-lagi aku dan ayahnya ngga mau maksain, santai ajah lah..toh emang belum waktunya dia mengenal itu semua. Kami hanya berusaha menjawab ketika dia nanya dan mulai mencari metode yang tepat untuk ngajarinnya. Klo sekarang ini sih masih cuma sekitar angka 1 - 10 jadi belum butuh alat bantu untuk penambahan dan pengurangannya, masih pakai tangan ajah.

Yang penting, dia sudah tertarik dan kita sebagai orang tua peka terhadap hal itu lalu mulai memberikan stimulasi biar semua nya lancar.

Tania dan Botol susu

Sayangnya sampai saat ini, dia masih belum bisa berpisah sama botol-botolnya :(
Tapi sudah amat sangat berkurang ngedotnya, klo siang aku switch pake susu UHT dan ngedotnya malem pas mau bobo ajah, itupun klo sekiranya dia sudah makan banyak dan ngga minta susu, suka aku ngga kasih susu nya dan dia bisa tuh bobo tanpa ngedot. Tapi mungkin dia masih belum bisa lepas banget sama dotnya, soalnya sering juga maksa klo lagi kangen sama dot nya.

Tania dan makan sendiri

Anakku ini terbiasa disuapin dan dia type susah makan dan lama klo makan, jadi kita hampir ngga pernah ngajarin dia makan sendiri. Abis klo ngga gituh yang ada nanti dia ngga makan, wong dia itu males banget klo disuruh makan :(

Tapi karena susu nya udah makin berkurang, dia udah mulai mau makan yang lumayan banyak. Saat ini aku kasih challenge ke dia, aku bilang ngga akan beliin dia mainan lagi, sampai dia bisa dan terbiasa makan sendiri. Hmm sebenernya ngga bagus sih, tapi mau gimana lagi, itu aku gunain buat motifasinya dia.

Sekarang masih belum bisa makan sendiri sampai benar-benar habis, tapi sudah ada niatan untuk belajar makan sendiri dan ngga disuapin. Semoga makin jago makan sendiri ya nak..

Tania dan emosi

Udah makin tahu tentang emosi, dia udah tau marah, sedih, kesel dan ngambek
Pernah ngambek sama aku, bahkan bisa dibilang sering karena emang aku sama dia itu suka eyel-eyelan.
Yup kami emang paling sering adu pendapat, karena emang aku ngga mau kalah sama tania, aku ngga mau kaya eyangnya yang slalu ngalah dan meluluskan semua permintaannya.
Tapi walau begitu, kita saling menyayangi kok, malah dia sekarang semakin deket sama aku :D


dia lagi sering pasang tampang begini nih klo lagi marah..


klo udah pasang muka begitu, rasanya aku mau cium dan bisa luluh.. cumaaaa aku ngga mau meleleh cuma gara-gara itu :P *emaknya gelo juga*

Tania dan Negosiasi

Klo yang ini, makin gede makin jago euy... semua di negoin..
Paling sering ngomong gini nih.. klo dia mulai berkelit..

" bukan begitu maksud andhin.. tapi andhin mau nya begini..."

Padahal ujung-ujungnya dia tetep kekeh dengan pendapatnya dia.
Oia ini anak, kekehnya ampun-ampun deh.. klo dia bilang A ya A.. ngga mau di ubah lagi, begitu juga klo milih sesuatu kya milih baju.. sekali dia mau yang ini ya maunya ini ajah.. klo pun di kasih alternatif itu bisa diterima dia, klo pilihan dia yang pertama sudah dibolehkan, jadinya dua ajah gituh  -___-"

yang begini ini yang sering bikin mama nya ngelus dada dan minta ditambah kesabarannya..

Tania dan Kesukaan

Lagi suka ngomong.. "capee deeeeeeeeehhhh..." sambil tangannya nempel dijidatnya.
entah tau dari mana yang jelas bentar-bentar suka ngomong itu.

Lagi suka nonton Ninja Hatori di spacetoon
Efeknya semua yang dilakuin di omongin dengan jurus awalnya
Kaya gini contohnya " jurus melompat ke lantai.." padahal mah cuma ngelompat biasa ajah... hehehheehe..

Masih suka Kpop juga, gara-gara tita nya.. trus sekarang lagi hobby joget kaya JKT48


hhhhmm...apa lagi ya.. rasanya sudah cukup dulu deh...

Semoga kamu semakin pintar dan sehat terus ya nak..
Ayah dan mama akan selalu menemani kamu belajar semua hal baru.. begitu juga sebaliknya.. kita belajar bersama-sama ya sayang ku.... love u always :*

10 comments:

  1. ihhh kamyuu unyuu banget deh Tania pake baju snow white..:*

    smoga makin pinter, makin nurut ama mama, makin cantik kayak snow white..:)

    ReplyDelete
  2. @desi
    amiiieeennn... makasih doanya tante :*

    ReplyDelete
  3. Tania cantik banget jadi Snow White!
    Wah, Tania boboknya sama ama Little Bee! Susah banget dah klo suruh bangun pagi!
    Hebat Tania udah pandai baca....pinteeer!
    Li'l Bee juga udah biasa disuapin, kemarin diajarin makan sendiri, caranya, tiap jam makan, aku ajak Little Bee makan sama2 pake piring masing-masing. Tiap dia minta disuapin, aku bilang, Bunda aja bisa makan sendiri, kamu pasti bisa. Wlopun awalnya males2an dan setengahnya masih disuapin, lama2 dia kebiasaan. Mdh2an berhasil ya mbaaak!

    ReplyDelete
  4. selamat ulang bulan ya Tania semoga bisa lepas dari botolnya

    ReplyDelete
  5. Tania mirip sama Nai, suka agak susah makan kalo gak di suapin.. Tp kl disuapin makannya lumayan banya.. Cuma skrg sy paksa dia utk makan sendiri, krn kan udah SD. Lagian dia sebetulnya udah bs makan sendiri cuma pengennya aja di suapin..

    ReplyDelete
  6. Raja juga sampe sekarang masih disuapin. Kadang-kadang banget aja dia mau nyuap sendiri. Tapi gak apalah, bakal ada masanya mereka mau bener-bener makan sendiri...

    Tania pinter, selamat ya udah bisa membaca, seneng ya Tania kalo apa-apa dah bisa dibaca sendiri :)

    Selamat ulang bulan ya Tania, sehat terus, tambah pintar dan cerdas, jadi anak penurut sama mama, dan tambah cantik yaaa :)

    ReplyDelete
  7. Raja juga sampe sekarang masih disuapin. Kadang-kadang banget aja dia mau nyuap sendiri. Tapi gak apalah, bakal ada masanya mereka mau bener-bener makan sendiri...

    Tania pinter, selamat ya udah bisa membaca, seneng ya Tania kalo apa-apa dah bisa dibaca sendiri :)

    Selamat ulang bulan ya Tania, sehat terus, tambah pintar dan cerdas, jadi anak penurut sama mama, dan tambah cantik yaaa :)

    ReplyDelete
  8. Happy Ulbul Tania. Menulis perkembangan anak itu seru ya... Selalu sehat dan makin pintar ya :-)

    ReplyDelete
  9. selamat ulang bulan buat Tania cantik :)

    ReplyDelete
  10. Hahahahah, tampangnya lucu kalo lagi marah :D

    ReplyDelete