Mudik part 1

Akhirrrnyya mau posting juga.. setelah kemarenan  belum nemu mood buat posting.

Seperti yang udah diceritain disini sebelumnya, bahwa klo lebaran kali ini keluarga kecil kami mau mudik ke kampung halamannya ayah di Wonogiri.
Klo ditanya gimana rasanya mudik? jawabannya cuma satu kata yaitu Seru !!!

yuk dimulai ceritanya...


Minggu 19 Agustus 2012

Selesai sholat Ied dirumah eyang, lanjut sungkeman sama mama,papa, suami dan adik, trus makan ketupat bareng-bareng, trus kedatengan keluarga tante ku (adiknya mama) yang tinggalnya emang deketan. Kita semua saling maaf-maafan trus lanjut ngobrol-ngobrol, lanjut bagi-bagi THR buat tania :)

Lebaran kali ini, tania udah ngerti uang banget, jadi begitu dapet THR langsung dikasih mama nya sambil bilang gini.. " Mah.. ini dikumpulin ya.. buat beli lego friend.."  (-____-" ) emaknya udah ngga bisa nilepin lagi :P
Memang dia udah lama banget kepengen lego friends yang seri beauty salon gara-gara sering main game nya di website lego, karena harga mainannya ngga murah, jadi aku sama ayahnya kompak ngga beliin dia itu, tapi kok ya dia punya ide sendiri beli itu dari THR.. ampunn deh anak sekarang banyak akalnya :)


back to mudik, karena memang kita mau jalan santai alias ngga keburu-buru waktu jadi kita berangkat sekitar jam 11 siang, awalnya tania masih ngoceh ngga jelas sambil nonton barbie tapi pas baru sampai dislipi kok ya udah ngga ada suaranya, pas aku tengok ternyata dia udah tidur pules..wkwkkwwkwk... kayanya kecapean dan efek bangun pagi karena ikutan sholat Ied.

ditinggal emaknya BB an, kok ya dia pules :))

Memasuk tol cikampek, kita ngerasain macet dikit tapi klo kata ayah ini mah masih padat merayap karena masih jalan sedikit-sedikit. Rencana nya memang kita lewat jalur pantura dan tujuan pertama itu ke rumah nenek ku di Semarang. Selama perjalanan dari cikampek sampai persimpangan jomin itu masih aja padat merayap, sampai masuk indramayu pun begitu masih padat merayap dan cuaca saat itu puanaass nya minta ampun.. wah klo mobil AC nya ngga bener mah bisa mateng deh kita di mobil *lebay

Selama perjalanan, karena aku ngga nyetir jadi merhatiin sekitar ajah, merhatiin masih banyak yang mudik naik motor, mobil, dan bajaj. Yang paling mengganggu dan cukup bikin ketawa adalah papan iklannya pringsewu yang hampir tiap beberapa meter ada dengan kata-kata yang lumayan kreatif, kirain aku doang yang merhatiin ini, ternyata di jalur pantai selatan ada juga loh menurut ceritanya Bundit :D

Akhirnya begitu sampai di indramayu, pas tania bangun dari tidurnya, kita berhenti untuk istirahat dan makan siang bekal dari rumah eyang. Alhamdulillah tania makannya banyak dan juga mau "dipaksa" untuk pipis, trus pak supir bisa rebahan sebentar buat ngelurusin pinggang :))


Setelah istirahat kurang lebih sejam, kita mulai jalan lagi dan mulai magrib sampai cirebon karena emang masih padat merayap. Begitu mau keluar tol kanji, kena macet lagi sekitar 1km sebelum pintu keluarnya dan alhamdulillah akhirnya sekitar jam 7 malem kita keluar tol dan langsung cari tempat untuk istirahat lagi sekalian makan malem. Asli pas makan malem disini, makanannya enak banget.. ayam bakar, sop kambing dan sate kambing mudanya enaaaaaakkkk bangett.. empuk dan sambel kecapnya nendang pedesnya.. maknyuuss deh.. jadi pengen lagi *lap iler*

Kita lanjutin perjalanan lagi sekitar jam 9 malem, masih macet di brebes sampai akhirnya sampai di Pekalongan. Pas di sini, aku sama tania udah ngga kuat melek lagi, kita tertidur sampai kita masuk kota Semarang sekitar jam setengah dua malem. Rencana yang tadi nya mau mampir ke semarang dulu, akhirnya berubah jadinya mau lanjut ke wonogiri aja, karena kok ya ngga enak tengah malem bertamu ke rumah mbahku, jadi mampir ke semarangnya pas pulang aja deh.

Senin 20 Agustus 2012

Di salah satu SPBU di Semarang, kita putusin untuk istirahat lagi karena memang ayah udah ngerasa cape dan mulai mengantuk. Tadinya mau bobo di penginapan, tapi kata ayah ngga usah, karena dia hanya mau istirahat sebentar dan berusaha untuk merem 1 sampai 2 jam saja. Di SPBU ini bagus dan bersih deh toiletnya, udah gitu jumlahnya banyak, ada musholah dan satu ruangan kosong yang memang disediakan untuk istirahat para pemudik. Awalnya ayah rebahan disitu tapi ngga bertahan lama karena nyamuknya, malah menurut cerita ada pemudik yang tidur pake helm demi menghindari nyamuk ini :))

Di SPBU ini, tania sama aku malah ngga tidur sama sekali.. ya iyalah kita baru aja bangun tidur gituh.. yang ada jadinya malah tania bebas lari-larian dan kita ngemil bareng makanin lays trus minum susu uht juga di mobil.. Sekitar jam 4 pagi, kita lanjutkan perjalanan menuju wonogiri dan ngga lupa untuk sholat dan pipis dulu sebelum jalan.

Masuk kota Ungaran, kita berhenti lagi di SPBU untuk sholat subuh dan buang air lagi :D

Pagi hari di Kota Solo :)
Selesai sholat, kita lanjutin perjalanan dan akupun mulai ngantuk lagi hehehehehehe... jadi tau-tau pas bangun udah terang dan udah sampai di solo sekitar jam enam pagi.. horeee... sebentar lagi nyampee... walau begitu tania pas disolo nanya begini..

"Ma.. kampungnya jauh banget ya? kok ngga sampe-sampe sih.. ada foto nya ngga kampung itu.. andhin mau liat "

 
hihihiihihihii... mulai boring dia, ternyata ngerasa cape juga dia selama kurang lebih hampir 20 jam di mobil. Oia selama perjalanan, dia itu sibuk nonton film, main mainan yang dia bawa trus nyemil trus yang paling heboh tuh dia kya bikin konser sendiri, dengerin cd lagu trus nyanyi-nyanyi kaya bikin video klip gituh :D
kurang lebih begini nih penampakannya.. serius nonton sambil ngemil.. 

Serasa naik pesawat ya nak :P

Finally pas jam 7 lewat, kita masuk juga di kabupaten Wonogiri.. aku girangnya minta ampun karena kupikir sebentar lagi sampai, tapi ternyata salah.. masih lumayan untuk sampe ke kampungnya ayah. Masuk Wonogiri pemandangan udah amat berbeda, banyak gunung trus karena masih pagi juga jadi udara masih enak banget... seneng deh lihatnya..


Setelah melewati jalanan yang berkelok-kelok karena emang menyusuri gunung klo kata ayah, akhirnya jam 8 lewat sedikit, alhamdulillah kita sampai dengan selamat dirumah mbah dari ayah.





Begitu sampe, tania jetlag banget, diem aja di tanyain sama sodara-sodaranya, mungkin karena dia baru bangun tidur dan kaget dikerubung orang banyak. Si mbah malah menitikkan air mata pas dipintu masuk, begitu dia tahu yang dateng itu cucu-cucu nya dari Jakarta yang udah lama ngga pulang ke kampung.. huhuhuuhu... aku terharu pas liat itu, si mbah melukin cucu-cucu nya eraaat banget :')

Karena tradisi dikampung itu pas hari lebaran kedua waktu nya halal bi  halal sesama warga satu kampung, jadi kita buru-buru mandi biar bisa ikutan. Kamar mandinya di rumah mbah keren deh.. klo katanya tania bisa menatap langit langsung alias ngga ada atapnya, aku jadi inget pengalaman waktu kecil pas di jambi dulu, persis kaya begini mandinya waktu di rumah nenekku dari papa. Ternyata masih ada ya yang model begini di era milenium kaya sekarang, sungguh itu suatu pengalaman banget buat aku dan tania.


Acara halal bi halal itu diadain di masjid persis sebelah rumah mbahku, awalnya kita halal bi halal dengan kerabat dan keluarga dulu, baru abis itu ikutan yang satu kampung. asli rameee banget.. ya iyalah satu kampung gituh loh :D

Selesai acara halal bi halal, aku, ayah dan adik ipar pun istirahat.. khususnya ayah, dia langsung tidur karena pasti cape banget..  gimana ngga cape, nyetir sendirian selama kurang lebih hampir 22jam.Tania sendiri kemana? ternyata tania langsung dapet teman main, dia main sama tante nya sendiri yang umurnya 6 tahun, namanya manda yang harus nya di panggil bulik sama tania tapi jadi manggilnya mba ajah karena mereka sepantar.

Sorenya, kita langsung jalan ke rumah sodara yang jaraknya ngga terlalu jauh tapi lumayan klo jalan kaki. Di kampung ini rumah satu dengan yang lainnya jaraknya lumayan jauh, ngga kaya jakarta yang rapet-rapet. Kita akhirnya menuju rumah sodara yang jaraknya kurang lebih 500m, rumah sodara ini sudah lebih bagus dari rumah mbahku, toiletnya pun udah sama seperti biasanya cuma satu hal yang sama kya dirumah mbah ku yaitu dapurnya, mereka masih memakai kayubakar untuk memasak, walaupun ada kompor gas juga aku lihat, tapi mereka lebih senang pakai kayu.



Dirumah ini pemandangannya enak bener, begitu buka pintu langsung sawah dan gunung trus disini ada kandang kambing dan tania pun bebas main sama kambing disini, mana kambing nya lucu lagi masih kecil gituh, dia jadi makin seneng deh.

Maen sama kambing :)

menjelang magrib, kita jalan lagi ke rumah mbah dari ibu nya ayah, walau sudah meninggal semua mbahnya tapi disini ngga kalah rame dan malah ketemu sama sodara dari jakarta juga. Memang sodara dari ayah itu tradisinya klo lebaran pasti pulang kampung, jadi ngumpul semua di kampung. Disini tania agak ngambek, karena kita ngga pergi bareng sama mba manda, dia ngambek minta pulang terus karena mau main sama mba mandanya.

selepas isya, baru kita pulang ke rumah mbah lagi, kita makan malam bareng trus ngobrol-ngobrol bareng sodara-sodara dan tania puas main sama mba mandanya. Suasana malem di kampung ini bener-bener enak, langitnya penuh bintang banget dan udaranya dingiiin banget persis kaya dipuncak pass. Pokoknya beda bangeet deh sama Jakarta :)

to be continued.. 




6 komentar:

  1. seru yaperjalanan mudiknya. sampai tidur dijalan ya hehehe serasa dipantai

    BalasHapus
  2. wah rame banget halal bihalalnya ya.. pasti seru banget...

    dan kebayang capenya yang nyetir... :D

    BalasHapus
  3. kl jalan jauh emang enaknya jalan santai ya mbak.. :)

    BalasHapus
  4. maaf, koreksi dikit ah...itu bukan tol kanji tapi kanci :p

    wah seru banget mudiknya, dan suasana kampungnya masih asri bgt.
    Hmmm...kapan kapan ngerasain sate kambing muda tegal deh, aseli yummy :) *promosi*

    BalasHapus
  5. @lidya
    hihihhihihi.. bener banget mba.. tidur nya serasa dipantai :D

    @arman
    cape banget ! klo kata yg nyetir, yg jadi penumpang mah enak2 ajah :P

    @ke2nai
    iya bener.. santai asal selamat sampe tujuan..

    @Yani
    makasih koreksinya ya.. jadi malu aku.. :P

    btw katanya sih sate tegal itu lebih maknyus ya.. jadi penasaran pengen nyoba.. :)

    BalasHapus
  6. Mudik emang seru ya bun. Apalagi naik mobil, capek tapi enjoy deh. Suasana kampung ayahnya Tania masih natural ya, itu yang bikin seru krn gak ada di Jakarta. Ayo lanjut part 2, saya blogwalking dulu sblm lanjut part 3 hehehe

    BalasHapus