Kidzania lagi :D

Setelah dua tahun lalu ke kidzania, akhirnya kemaren kita kesana lagi dan masih bermodalkan diskonan :D
kali ini diskonannya dari karyawannya yang temen baikku, lumayan diskonnya 40% sendiri, dari harga tiket anak yang 115ribu dan dewasa yang 75ribu, total kerusakan kita bertiga (aku, tania dan tita) adalah 159ribu setelah di diskon \(^o^)/

Sejujurnya walau udah pernah kesana, tapi tania sudah lupa, jadi ya ibu-ibu memori anak di usia bawah 2 tahun itu masih ngga permanen.. soalnya tania juga lupa pernah di ajak ke Seaworld dan akhirnya pas diceritain seaworld, dia minta kesana lagi karena katanya dia belum pernah :(

back to kidzania, awalnya aku yang antusias mau ajak dia main roleplay di kidzania. Pucuk dicinta ulam tiba, ada temen yang nawarin diskon karyawan klo mau kesana, langsung senyum lebar :D

Seperti biasanya, aku selalu ceritain apa yang mau dilakuin sebelum kita kesana jauh-jauh hari, biasanya biar si anak ngga kaget dan jadi berani, soalnya tania termasuk anak yang sedikit pemalu. Alhasil karena denger ceritanya, dia malah jadi ngga sabar pengen kesana, apalagi pas aku kasih lihat hasil browsing cerita-cerita yang sudah pernah kesana, jadi makin ngga sabaran dia nya, setiap hari nanya kapan hari minggu :))


Hari yang dinanti pun tiba, jam 2 lewat 20 kita udah sampe di kidzania, masuk bertiga sedangkan ayah milih untuk nonton the dark night dibanding masuk..akhirnya dia nonton juga film yang di mau walau tanpa aku..gpp ya ay :)

Pertama masuk, yang norak itu si tita, dia sibuk kesana kemari dan foto sana sini, oia berdasarkan pengalaman yang lalu, klo sekarang kita niat banget bawa kamera dslr :))

Tania sebenernya juga ngga kalah seneng, saking seneng nya dia bingung mau apa dulu, akhirnya pertama kita nukerin cek ke bank bca dan kita dapat modal untuk bermain 50 Kidzos, trus tania langsung antri di Rumah Sakit untuk jadi perawat bayi, mumpung masih belum terlalu ramai.

1. Perawat Bayi 


maksimal ada 7 anak yang masuk untuk jadi perawat bayi, pertama kali yang dilakukan cuci tangan trus ganti baju, trus dengerin instruksi dari pembimbing trus mulai deh mainnya.

Aku cuma lihat dari luar dan berdasarkan ceritanya tania, katanya disuruh milih bayinya dulu, trus dibukain bajunya untuk di mandiin pakai washlap dengan air hangat dan shamponya, tapi semua itu pura-pura aja klo kata tania, padahal mah washlapnya kering dan botol shampo nya kosong :D

Disini di kasih tau, klo kasih bedak hati-hati jangan sampai kena mata dan hidung karena berbahaya, nanti bisa ngga bisa lihat dan ngga bisa nafas, jadi pelan-pelan pas bedakin mukanya. Ini menurut ceritanya tania lohh :)

Selesai mandi dan pakai baju, si ade bayi harus diberi susu dan di nyanyikan sambil di gendong sampai dede bayinya tertidur. Klo udah tidur dede bayi di taruh lagi di box nya dan diselimuti biar ngga kedinginan.

Selesai nidurin dede bayinya, maka selesai tugasnya sebagai perawat bayi, lepas baju dan taruh di tempatnya dan tania pun dapat gaji 15 Kidzos. Tania seneng banget pas dapet uang, dia pamer ke aku dan bilang, dia bisa punya uang buat belanja di indomaret :))

2. Nyalon

Klo yang ini emang kesukaan nya dan dari rumah pun yang di tanya, kidzania itu ada salonnya ngga -____-"
selain salon, dia juga udah tertarik banget pengen ke indomaret :D

Disalon ini, mainnya harus berpasangan karena harus ada customer dan pekerja nya, trus pas tania main ke situ ada 2 kakak beradik yang sama sama kekeh mau jadi pekerja, sampai akhirnya si mba kidzania ngebolehin mereka berdua untuk jadi pekerja dan tania pun jadi customernya yang harus bayar 5 kidzos untuk nyalonnya.



Disini tania pasrah minta ampun di make over sama para kakak, ya tapi emang dia juga seneng sih main salon salonan, walau sebenernya dia juga udah gatel mau make up sendiri. Pas dirumah dia baru cerita kalo dia sebenernya pengen juga jadi pekerja biar bisa make up sendiri katanya, wajar aja sih karena dia terbiasa mainin alat lenongnya tita hehehehhhe...

3. Pekerja Pabrik Mie

Abis nyalon, tania ngajak ke indomaret.. tapi berhubung kita ada diwilayah atas, jadi jelajah ke atas dulu ajah. Diatas nya itu kumpulan pabrik-pabrik dari mulai coklat, teh, handuk, mie dsb.


Akhirnya dia milih ke pabrik Mie, selain karena dia suka banget mie dan pabrik itu lagi ngga antri lama, jadilah kita masuk kesitu setelah nunggu kurang lebih dua menit. Tania main di pabrik ini cuma berdua aja sama anaknya Lucky si juara masterchef indonesia yang pertama. Mereka seumuran dan dua-duanya masih sama sama belum ngerti banget, lucu deh yang ada mereka berdua sering lihat-lihatan gituh karena bingung :D

Klo menurut ceritanya tania, pertama disuruh cuci tangan dan pakai celemek lalu duduk nonton tv yang ada tentang pembuatan mie di pabrik aslinya, mirip sama klo nonton laptop si unyil.

Setelah nonton mereka diberi adonan lalu disuruh tepuk-tepuk adonan dan giling adonannya sampai tipis, lalu dimasukin ke alat pembuat pasta lalu mereka memakai alat itu. Selesai digiling adonan dimasukkan ke mesin dan mereka berdua diberi cup untuk mie tsb dan disuruh menulis nama atau menggambar apapun di cup nya sampai menunggu proses mie nya jadi.


Sudah digambar, cup di taruh di mesin dan akhirnya keluar deh mie keringnya, lalu mereka memasukkan bumbu nya dan cup itu masuk mesin lagi untuk proses packing. Menunggu proses packing, anak-anak disuruh cuci tangan lagi dan melepas celemek lalu menaruh pada tempatnya lagi. Aku suka ajaran yang diberikan di kidzania ini, anak jadi teratur dan mandiri.

Selesai packing, anak-anak itu diberikan mie cup yang tadi mereka buat dan uang  5 kidzos. Tania pun senang dan ngga sabar makan mie nya -___-"

Untungnya ngga ada air panas, jadi selamatlah mie tersebut ngga jadi dimakan melainkan cuma dibawa-bawa ajah sama tania. Dia bangga dengan kerja kerasnya bikin mie dan dapat uang :)

4. Pekerja Pabrik Wafer

karena nyari yang ngga antri lama, kebetulan pas lewat pabrik ini pas baru mau mulai lagi, langsung ikutan antri dan boleh main deh.

Kali ini mainnya rame-rame dan ritualnya hampir sama cuci tangan lalu pakai seragamnya sendiri.. semakin banyak main dipabrik semakin sering cuci tangan deh, tania si penggila cuci tangan pun seneng bener :))


Mereka berdelapan, diberi arahan sama pembimbingnya dan juga nonton tv seperti sebelumnya. Setelah mendapat pengarahan, mereka diberikan beberapa lapisan wafer plus isiannya. Oalah ternyata tania milih rasa coklat di banding sama temen-temen lainnya yang semua rasa vanila. Cup berisi coklat cair itu pun sukses di colek - colek dan di cobain sama tania, bahkan ada anak yang baru ngoles lapisan pertamanya trus langsung di makan wafernya tanpa rasa bersalah dan malah senang..hehehhehehe.. dasar anak-anak, lugu bangeet :))

setelah bikin beberapa lapisan, lalu wafernya di masukan plastik packingan nya dan di rapatkan sama pebimbingnya. Wafer nya pun jadi dan boleh di bawa pulang, selain itu ditambah uang dan sample wafer kecil. Keluar dari situ pipi dan mulut tania sedikit belepotan coklat :D

5. Dokter Gigi

Habis makan coklat banyak, waktunya kita gosok giiigiiii... hehehhehehehe.. engga deh sebenernya ini karena lagi-lagi ngga antri lama.

Awalnya tania main sendirian disini, tapi ngga lama ada temen yang masuk dan seumuran. Lucu deh lihat para dokter gigi kecil ini praktek menjadi dokter gigi dengan menambal gigi patung yang bolong.


Mereka berdua seperti beneran nambal gigi loh..dari awal mereka membersihkan gigi pake alkohol trus di bersihkan dengan alat yang ada anginnya, klo menurut tania itu untuk menghilangkan kumannya, lalu mereka memasukkan tambalan gigi seperti permen karet gituh, trus mereka tekan-tekan tambelannya biar rapih.

Menurut tania, klo habis ditambal gigi nya ngga boleh langsung makan, tetapi harus nunggu dulu, trus kata tania lagi, klo sikat gigi itu pakai odol, klo ngga pakai tetep masih bau mulutnya :D

Ternyata banyak juga pelajaran yang diambil dari bagian role play ini, selesai dari sini mereka diberikan sample odol pepsodent kecil dan uang kidzos 10.. lumayaan sample nya bisa kepakai nanti buat mudik :D

6. Pembuat Pizza

Karena lapar, akhirnya mau jadi pembuat pizza, bayar 10 kidzos disini biar dapet pizza seloyang kecil :D
Ngantrinya agak lama, sampe tania sedikit cape, untung ada kursi deket situ jadi sambil ngobrol sama mama nya ngga berasa udah mau mulai.


 seperti biasa, masuk cuci tangan dan pakai seragamnya berupa celemek dan topi, trus dikasih adonan dan digiling lalu dikasih toping dan di oven deh.



disini aku ngga merhatiin detail, karena aku lagi order makan buat buka puasa dan juga buat tania. Pas aku selesai, tania sudah siap mengantri nunggu pizza nya matang di oven. Btw pizza nya enak deh, tania lahap makannya dan dia pun bangga dengan pizza bikinannya :D

yang paling bikin happy dia makannya cepat dan banyaaaakkkk... akupun syenaaannnggg \(^o^)/

7. Nabung dan buat atm di Bank

karena duitnya udah banyak, kita putusin buat nabung di bank dan bikin kartu atm, karena biasanya tania paling senang klo ke mesin atm.

yeeay... finally punya kartu atm sendiri :D

Masuk ke bank bca, ngantri sebentar bawa uangnya dan aku ngga tau dia ngomong apa sama petugasnya yang jelas, aku suruh dia bilang mau bikin kartu atm klo di tanya.

Akhirnya dia bisa menabung dan bikin atmnya sendiri, trus ngga sabar langsung nyoba di mesin atmnya untuk ambil uang.. lucuu mesinnya kecil dan ngga pake pin, begitu kartu masuk langsung keluar nominal yang ingin diambil uangnya.

8. Pegawai pabrik coklat

Selesai nabung dan makan, aku keluar sebentar untuk nemuin ayah dan buka puasa bareng diluar. Tania sama tita lanjut main ke pabrik coklat. Menurut tita, disini standar seperti biasanya cuci tangan, pakai seragam dan mulai bikin coklat.



Coklat cairnya menggiurkan bangeeet klo kata tita..tania pun heboh icip-icip coklat mlulu sampai pas keluar dari pabrik itu mukanya belepotan coklat :D

Dari pabrik coklat ini dapat uang 5 kidzos plus coklat kecil buatannya sendiri.

9. Main Puzzle di Urban Living room

Disini sebenernya dulu waktu masih kecil tania pernah kesini, ini seperti ruang tamu modern yang designnya baguus dan lucu banget.

Biasanya disini ada pupet show, story teeling sama main puzzle, lumayan loh main puzzle doang disini bisa dapet 20 kidzos.

10. Belanja di Indomaret

Tadinya ini mau jadi yang terakhir sebelum keluar, karena emang dari awal dia penasaran pengen belanja di indomaret, tapi karena beberapa kali ke situ ngga ada yang jadi pegawainya dia jadi tidak bisa main.



Nah kebetulan pas lewat pas baru ada pekerja yang main, jadilah tania ikut main jadi pembeli. Dia di berikan keranjang dan gambar daftar belanjaan yang harus dia beli.

Lucu deh, tania dikerubung sama pegawai yang harus bekerja membantu pembelinya. Tania di bantu mereka untuk mencari barang-barang yang ada dilist nya.

Setelah selesai langsung menuju kasir dan belanjaan di hitung, tania dapat struk dan souvenir, sedangkan belanjaannya di kembalikan lagi ke tempatnya, kan cuma main-main jadi ngga dibawa pulang beneran :)


11. Ikut Modelling School

ini pas beneeerr... dapet sesi terakhir sebelum tutup. Tania antusias.. maklum cita-cita mau jadi seorang model :D


Awalnya mereka seperti antri untuk di make over, tania diberikan aksesoris berupa bando, tapi dia ngga puas, ngeliat ada beberapa baju princess untuk pas showtime nya, dia minta pakai baju itu tapi seperti nya sama pembimbing diberi tahu klo itu tidak boleh digunakan karena ini hanya kursusnya bukan fashion shownya, untung tania tidak kecewa tapi tetep seneng dengan kegiatan modelnya.

Disini mereka diajari catwalk dan difoto-foto sama pembimbingnya, tanianya sendiri gimana? ampuunn dia mah on banget pas naik panggung, begaya seakan-akan model gituh tapi sayang jalannya masih ngga bagus, sepertinya harus dipoles lagi nih biar bagus :)

Selesai dari model, kita ke toko souvernir untuk nuker kidzos nya tapi ternyata masih kurang banyak kidzos nya, jadi akhirnya biarin aja deh di atm saldonya, nanti klo main kesana lagi bisa digabungin biar banyak duitnya.

Keluar dari toko souvenir, banyak yang udah pada tutup karena memang sudah mau habis sesi keduanya. Udah jam delapan malem dan ayah pun sudah nelpon menyuruh kita pulang.. ngga berasa deh main 5 jam di kidzania. Insya Allah next time kita main kesini lagi ya nak..

Aku seneng main kesini, banyak pelajarannya di banding cuma main di timezone. Sayang tania ngga mau main semuanya, padahal aku sama tita udah ngebujuk dia buat main jadi pemadam kebakaran, tukang isi bensin trus tita pengen banget foto dia lagi naik taxi. Asli taxinya emang ngegemesin banget kecil mungil gituh tapi seperti beneran. Pokoknya menyenangkan banget deh main ke Kidzania \(^o^)/

Berikut ini ada beberapa foto yang sayang klo ngga dimasukin disini

Pemadam Kebakarannya
Uang Kidzos nya
 
Rumah sakitnya

Studio Metro tv nya

Pabrik susu nya, tania ngga mau kesini :(

Pom Bensinnya

Kantor Polisinya

Dapur buat Balita

Markas nya CSI kidzania

Lab. Obat-oabatannya

Lab. Merakit Televisi

Lab. Science di sponsori oleh Yakult

Gondola nya, tania ngga mau sama sekali kesini walau udh dirayu :(

Studio untuk siaran radio

entah ini apa yang jelas disponsori sama lifebuoy

Tukang semir sepatunya
Mobil - mobil mininya yang bikin gemes

Terakhir sebelum keluar imigrasinya, kita ketemu badut maskotnya dan rasanya ngga afdol klo ngga foto sama mereka :)









Semua foto-foto diatas hasil karyanya tante yang baju merah ini  :)


terakhir... maaf banget ya klo postingannya panjaaangg, biar puas ceritanya.. oia tania juga lagi suka banget ngulang cerita yang dia lakuin selama di kidzania dari semalem sampai bangun tidur tadi pagi pun masih aja cerita dan si mama harus jadi pendengar setia nya.. alhamdulillah .. puas rasanya bisa bikin anak happy :)

4 comments:

  1. sy sama sekali blm pernah ke kidzania.. selalu ada aja yg bikin gagal.. Pdhl kayaknya asik bgt ya :)

    ReplyDelete
  2. kidzania emang seru!!! :)

    ReplyDelete
  3. baru sekali kesana, nanti nunggu alvin lebih besar mau kesana lagi supaya bisa ikutan main. itu SIM sama ATMnya masih bisa dipakai lagi kan ya?

    ReplyDelete
  4. @ke2nai
    ayo mba chie buruan ajak keke sama nai kesana.. pasti mereka seneng :)

    @arman
    YUp beneeerr banget man.. tapi tetep mungkin seruan disneyland seperti cerita lo itu.. ngiri euyy :D

    @lidya
    klo ATM nya bisa mba.. tapi klo sim nya aku ngga tau juga deh..kemaren ngga ketempat bikin SIM sih.

    ReplyDelete