Bday Cake Snow White


Semenjak ultah Tania yang ke 3 tahun lalu, saya udah berjanji sama diri saya sendiri untuk selalu membuat sendiri kue ulang tahun buat tania.


Klo tahun kemarin cerita nya saya mau eksperimen pakai fondant dan mau mengcover semua kuenya pakai fondant, tapi ternyata susah beneerr dan hasilnya pun tidak bisa semua tercover dengan fondant.

Nah tahun ini, niatnya mau yang lebih simple dengan hiasan edible ajah dikombinasi fondant sedikit. Hampir tiap hari melototin yutub untuk cara decor kue trus browsing sana sini dan ternyata semua itu tidak semudah yang ditonton pas waktu prakteknya :(


Awalnya saya design gambar untuk edible nya sesuai rikues nya tania, dia mau kuenya bertema snow white. Bermodalkan aplikasi picmonkey dan info dari sini akhirnya jadi juga file ediblenya. Untuk ediblenya sendiri saya pesan dari tyucake juga dan pelayanannya sangat memuaskan, ditambah edible itu sampai tepat pada waktunya :) rekomen banget deh tyucake.

Untuk kuenya sendiri, aku nyontek resepnya dari sini, pengen banget nyoba bikin red velvet dan begini resep lengkapnya :

Resep RED VELVET CAKE (kuehnya Oprah)

Bahan A :
3 1/2 cup = 385 gram, terigu protein sedang (all purpose)
1/2 cup = 55 gram, coklat bubuk
1 1/2 sdt garam

Bahan B :
2 cup = 473 cc, minyak goreng
2 1/4 cup = 506 gram, gula pasir/gula halus
3 btr telur
1 1/2 sdt vanili bubuk
pewarna merah secukupnya

Bahan C :
2 bh Bit (± 300 gr) --> saya skip buah bit nya karena tania maunya kue coklat
200 cc air

Bahan D :
1 1/4 cup = 295 cc, susu UHT plain
2 sdm air lemon atau jeruk nipis

Bahan E :
2 sdt soda kue
2 1/2 sdt air lemon/jeruk nipis

CHEESE FROSTING :
Bahan :
250 gr cream cheese
100 gr butter
2 cup = 450 gram, gula bubuk
2 cup = 473 cc, fresh cream cair .

Cara membuat cake nya :
1. Blender potongan bit dengan air (bahan C) lalu masak dengan api kecil hingga air susut setengahnya. Saring dan ukur 100 cc. Sisihkan dan biarkan dingin.
2. Campur susu dan air lemon (bahan D), aduk rata dan sisihkan. Bentuk akhir akan mengental seperti yoghurt. Ini yang namanya BUTTERMILK.
3. Panaskan oven dan siapkan 3 loyang bundar dengan diameter 24 cm, alasi dengan kertas roti dan olesi dengan margarin.
4. Campur semua bahan A lalu ayak.
5. Campur lalu kocok gula halus dan minyak sampai rata. Masukkan telur satu per satu (with low speed), kocok hingga rata.
Tambahkan juice bit, pewarna dan vanilli lalu aduk rata.
>> Kalau pada step ini yang dipakai gula pasir, gunakan chopper (bukan mixer). Caranya, masukkan gula ke dalam chopper lalu tambahkan sedikit minyak dan giling hingga halus. Lalu satukan dengan sisa minyak. Mixer hingga rata.
(ikuti step selanjutnya spt diatas)
6. Masukkan campuran terigu ke dalam adonan, mixer (dengan low speed) hingga tercampur rata.
7. Tambahkan buttermilk, aduk rata dengan spatula.
8. Campur bahan E (dibuat dadakan aja ya) lalu masukkan ke dalam adonan, aduk rata.
9. Tuang adonan ke dalam 3 loyang lalu panggang sampai matang.


Siapkan cheese frosting.
Cara membuat CHEESE FROSTING :
1. Campur cream cheese, butter dan gula bubuk lalu kocok hingga lembut. Sisihkan.
2. Dalam wadah terpisah, kocok freshcream hingga mengembang (jadi whipcream), lalu masukkan campuran cream cheese, mixer dengan low speed hingga tercampur rata.


Penyelesaian :
Ambil selembar cake lalu olesi atasnya dengan cheese frosting secukupnya lalu tutup dengan selembar cake lagi. Selesaikan sampai cake yang ke 3. Lalu cover semua permukaannya dengan sisa cheese frosting.
Simpan di kulkas dan siap dinikmati.


Kesulitan saya waktu buat kue ini adalah ketika bikin cheese frostingnya, nyoba beli fresh cream nya greenfield ternyata pas dikocok jadinya ngga karuan teksturnya, sampai akhirnya aku beli whipped cream bubuk merk haan ajah untuk hiasan kuenya. Jadinya sempet mubazir ngebuang fresh cream nya yang cair terus teksturnya walau udah di kocok lama :(

Sempet pesimis deh pas cheese frostingnya gagal, tadinya udah mau beli bday cake yang udah jadi aja besok pagi nya, tapi si mama nyemangatin katanya sayang kuenya yang udah jadi. Akhirnya malem-malem melipir ke carefour beli whipped cream bubuk dan alhamdulillaahhh jadi juga whipped cream nya :)

Saat menghias, karena udah kemaleman dan ngantuk, akhirnya edible nya ngga saya lapisin coklat putih, jadi main langsung taruh ajah gituh, awalnya sih bagus tapi lama kelamaan kok ya mengkerut :(( pasrah deh saat itu. Kue langsung masuk kulkas karena saya pikir mungkin efek wp yang ngga sekuat butter cream, jadi harus sering di suhu dingin biar ngga meleleh.

Selagi nunggu kuenya di kulkas, saya nyiapin hiasan lainnya, bikin bunga-bunga dan fondant, begitu jadi mau langsung di taruh di kuenya tapi entah kenapa dan apa yang salah hiasan nama dari fondant seperti ngga mau nempel, posisinya berubah terus dan mulai melunturi lapisan wc nya.. pasrah aja deh.. jadi nya hiasan fondantnya sebagian aku lepas lagi dan yang sudah terlanjur di pasang cuma huruf ajah. Untung saya prepare patung snowwhite jadi langsung di pasang dan lumayan mempercantik kuenya.

udah ngga sabar mau minta kuenya lagi


Paginya pas bangun, fondant nya makin parah dan edible masih mengkerut, tapi alhamdulillaaah banget pas princess nya bangun di kasih lihat kuenya, dia bilang dia suka sama kue nya... rasanya bahagiaaa bangeett.. apalagi waktu dia makan kue nya dan minta nambah lagi.. saya syeeenaaanggg sekali...

Walau masih ngga sempurna bahkan bisa dibilang jauh dari sempurna, kue itu mama buat spesial buat kamu dan mama senang karena kmu suka sama kue nya.. thanks a lot my darling... love u so much :*

7 komentar:

  1. puas banget ya pastinya kalau buat sendiri kuenya apalagi Tania suka. aku belum pernah bikin tart

    BalasHapus
  2. Wuiiihhhhhhh.....dua jempoooooollll buat mamanya Tania

    BalasHapus
  3. Hebat banget sih Ke! Gue mah paling maksimal bikin cupcake pake hiasan buttercream yang dibentuk pake spuit. Gak pede (plus males sih) buat bikin cake gede. Apalagi pake edible, fondant dll.

    Thumbs up Mama Tania! :)

    BalasHapus
  4. CANGGIH! Langit juga minta nih, tahun depan "kuenya ibu yang bikin, ya" Haduuuh, aku deg-degan!

    BalasHapus
  5. @lidya
    puas bener emang pas anaknya suka, capenya hilang :D
    hayoo atuh di coba bikin tart

    @vera
    aiiihhh aku jadi syenang dikasih 2 jempol :D

    @ira
    walau gw bisa bikin kue, tapi gw ga bisa masak kya lo yg jagoan banget soal masak.. salutt gw sama lo.. pengen nih belajar sama lo.. boleh ya ?

    @nenglita
    hayoo semanggaaaatt ibu pasti bisa bikinin kue buat langit :)

    BalasHapus
  6. Keren banget deh mama satu ini, semangat buat kue ultah buat Tania. Saya sih gak bisa bikin kue hehehe

    BalasHapus
  7. yum..enak banget nnih kayaknya, btw makasih ya resepnya :)

    BalasHapus