Positif Endometrosis

Akhirnya semalem aku berhasil memeriksakan diri ke dokter kandungan lagi untuk mencari second opinion. Setelah sekian lama tertunda karena berbagai hal. Dokter yang kali ini baiiiiikkkk dan sabaaarr banget, dokternya udah tua, klo kata tania setua eyang kakung :D

Dari hasil pemeriksaan semalem, setelah aku duduk lagi dikursi panas untuk diobok-obok yang kedua kalinya, jelas terlihat di layar USG, klo ternyata ada penebalan semacam kista di rahim dan di saluran telur bagian kanan.


Klo dilihat dari gambar USG nya, untuk ukurannya masih belum terlalu besar klo menurut pak dokter. Ukurannya berkisar dari 1,7 cm sampai 2 cm saja. Menurut dokternya lagi, jenis kista yang aku alami ini bisa dibilang kista coklat atau yang biasa disebut Endometriosis. Kenapa dibilang kista coklat? karena di gambar terlihat klo kistanya keruh dan cenderung mengarah ke kista coklat, klo kista yang biasa mioma itu biasanya bening.

Sedangkan penebalan di rahim ku, seperti pada gambar sebelah kiri, itu biasa disebut adenomiosis, dan penebalan ini letaknya di rahim yang menghalangi proses pelekatan sel telur, itu sebabnya mengapa aku juga kesulitan untuk hamil, itu karena posisi nya yang kurang baik. Sedangkan untuk saluran telur kiri aku masih bagus dan normal.

Menurut dokter, ini masih bisa diobati tanpa perlu operasi, karena masih dibawah 5 cm, klo sudah diatas itu baru deh. Salah satu pengobatan untuk mematikan si endometriosis ini adalah menekan hormon estrogen sehingga kista ini bisa menyusut, caranya adalah dengan hamil atau terapi hormon dengan obat yang di suntikkan.

Klo hamil, rasanya akan sulit untuk di aku, makanya dokter menyarankan untuk aku ikut terapi suntik menggunakan obat Tapros atau Endrolin sebanyak 3 kali untuk menyusutkan kistanya lalu kemudian aku diharuskan mengikuti program untuk segera hamil, biar kistanya semakin menyusut dan mati.

Dokternya juga menyarankan, untuk aku membeli langsung obat tersebut didistributornya karena harga jauh lebih murah. Untuk Tapros nya harga nya sendiri Rp. 1.570.000 untuk sekali suntik, menurut harga distributor. Klo di RS atau apotik biasanya sudah berkisar 2 jutaan.. * lemes pas denger harga nya..lumayan ya.. :(

Tapros ini memang mahal karena import, sedangkan yang Endrolin lebih murah biasanya karena ini lokal, bisa dibilang ini generiknya . Khasiat nya sih kurang lebih sama, cuma menurut dokternya lebih bagus yang Tapros. Ya iyalah secara lebih mahal dan bedanya bisa sekitar 500ribuan.

Pagi ini, begitu sampai kantor aku langsung browsing tentang penyakit ini, melahap bacaan forum disini dan disini untuk masalah endometriosis dan pengalaman suntik Tapros, trus ada beberapa info yang bagus disini dan disini mengenai si kista ini.

Dari bacaan itu, aku juga jadi tau efek samping dari pengobatan itu yaitu badan pegal-pegal, trus badan akan sering kepanasan, vagina akan kering dan yang paling aku takutin nafsu makan akan semakin menggila.. bisa makin bengkak nih badan *tutupmuka*  trus beberapa makanan yang harus dipantang seperti kacang kedelai dan turunannya (oncom, tempe, tahu bahkan kecap) dan ayam boiler juga, karena semua makanan itu bisa memicu pertumbuhan hormon estrogen.

Setelah membaca semua itu, aku jadi makin yakin mau jalanin pengobatan ini, dibanding kemarin yang aku harus menjalani hydrotubasi yang menurut ku itu ngga masuk akal dan itu semua dibenarkan sama dokterku yang semalam, menurutnya itu ngga menyembuhkan. Aku berharap semoga semua pengobatannya berhasil dan aku bisa segera hamil lagi.  Mohon doanya ya teman-teman :)


18 comments:

  1. semoga lekas sembuh ya mba :)

    ReplyDelete
  2. Aku juga pernah endometriosis, mbak. Makanya dulu sempet susahnya hamil. Pengobatannya ya dihydrotubasi, trus suntik hormon juga

    ReplyDelete
  3. moga2 kistanya cepet ilang yaaa...

    ReplyDelete
  4. @emaknyashira
    aminn ya rab,,, makasih doanya ya mba.. salam kenal :)

    @Vera
    mba, aku pengen chit chat sama dirimu deh buat tanya2.. ada account YM?

    @arman
    amiiieeenn.. makasih doanya ya man :)

    ReplyDelete
  5. Mam...semoga pengobatannya sukses dan langsung tekdung lagi. Amin :-)

    ReplyDelete
  6. @Bundit
    amiiiieeennn YRA.. makasih ya bun :)

    ReplyDelete
  7. Nikeee, ikut ngedoain biar endometrosisnya sembuh dan segera hamil ya. Biar andin bisa jadi kakak :)

    ReplyDelete
  8. @evy
    amiiieennn... YRA.
    makasih doanya ya vy.. :)

    ReplyDelete
  9. sharing donk, dokternya siapa n. Praktek dimana, buat secong opini, karna saya juga di diagnosa endometrosis. T 1,5 CM,:-) tks ya

    ReplyDelete
  10. Gimana. Kistanya skg bun apa ada perubahan or bumil

    ReplyDelete
  11. Informasi utk mbak Nike dan pembaca setia blog ini..
    Kebetulan saya orng yg ditunjuk langsung oleh PT. KALBE FARMA. Tbk utk menjual Endrolin ini.
    Utk pembaca yg membutuhkan Endrolin ini bisa menghubungi saya di :
    Hp : 081380500746 atau 08562523903
    Hrga sesuai HNA+PPN : Rp. 1.078.000
    Bukan bermaksud utk promosi, tapi juga utk membantu pembaca sekalian yg mmbutuhkan produk ini.Thanks

    ReplyDelete
  12. halo mbak nike,
    salam kenal ya.

    tgl 19 kemaren aku juga gitu di vonis ma dokter aku kena kista ovarium uk. 6.5 x 6.5 x 5 cm (USG perut) dengan kondisi lagi haid & aku di suruh cek CA 125.
    setelah dapat hasilnya aku USG lagi (transvaginal / haid sudah habis), dengan dr yg sama hasilnya beda lagi katnya aku kena kista endo / cokelat dengan ukuran 3x3 cm, bngung mau gimna ?
    masih mencari2 2nd opinion.. mbak nike sudah sehatkah ?

    ReplyDelete
  13. Ada Banyak Penyebab terjadinya kista dan salah satunya adalah dengan mengkonsusi Obat Penyubur Kandungan berama " PROFERTIL TABLET " yang diberikan oleh Dokter kandunggan.
    obat ini Kontra indikasi : Insufensi hati, wanita hamil, KISTA OVARIUM, gangguan organ pada pituitari, Ovarium, atau organ reproduksi lainnya.
    EFEK SAMPING DARI OBAT INI : Dapat menimbulan gagguan pada saluran pencernaan, ruam kulit, kemerahan pada wajah dan eher yang disertai dengan rasa panas, pandangan kabur, sakit kepala, Insomnia/susah tidur, PEMBESARAN OVARIUM YANG BERLEBIHAN dan PEMBENTUKAN KISTA OVARIUM, kehamilan kembar.
    INDEKS KEAMANAN PADA WANITA HAMIL : X : penelitian pada manusia dan hewan telah menunjukkan JANIN YANG ABNORMAL atau ADA KEJADIAN BERBAHAYA PADA JANIN.
    dan keadan ini terjadi pada istri saya muliyatin(32)
    semoga ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk berhati-hadi dalam mengkonsumsi obat-obatan termasuk yang diberikan oleh dokter dan sebaiknya dicari dulu informasi tentang obat tersebut sedetil mungkin.
    salah, seno.

    ReplyDelete
  14. Iya mbak obat Tapros memang lebih okay.,.,.,

    ReplyDelete
  15. apa setiap kista menghambat datangnya tamu bulanan?
    sy pengguna spiral sudah 10 bulan dengan masa 10 tahun. biasanya tamu bulanan lancar2 saja. setiap tanggal 19. tapi bulan ini sampai sekarang sy tidak dapat tamu bulanan. setelah sy cek kedokter dan diusg kata dokter ada kista diovarium sebelah kanan.berukuran 2,7 cm. dan sudah diberikan obat postinor juga tapi tidak datang juga tamu bulanan.padahal sy tidak hamil karena dicek hasilnya negatif. ada info ga mba2..bantuin share ya mba/mas thank u..

    ReplyDelete
  16. Ya emba aku ngerasain sakitnya kaya mana ,apa lagi aku abis oprasi kista coklat baru 1minggu mudah2an emba engga sampai oprasi kaya aku dan bisa cepat hamil amin

    ReplyDelete
  17. Mba sama banged dengan apa yg aku alami bisa sharing gk untuk sekarang terapi apa aja yg udah di jalani.. aku udah second opinion ke dokter2 lain dan hasilnya harus operasi aku dideteksi kena adenomysis ukuran 2cm

    ReplyDelete
  18. Mba sama banged dengan apa yg aku alami bisa sharing gk untuk sekarang terapi apa aja yg udah di jalani.. aku udah second opinion ke dokter2 lain dan hasilnya harus operasi aku dideteksi kena adenomysis ukuran 2cm

    ReplyDelete