Hari Bebas Tembakau

Hari ini merupakan hari tanpa tembakau, dari pagi di twitter banyak sliweran tweet tentang rokok, bahaya merokok maupun dampak rokok untuk si perokok pasif.

Gambar diambil dari sini

Mommiesdaily juga ngebahas tentang pengalaman berhenti merokok dari para orang tua, trus mereka juga memposting artikel bagus dengan judul Ibu hamil, menyusui dan rokok.

Ngomongin soal rokok, asli aku orang yang paling tidak suka akan rokok !
bukannya sok suci atau apa ya, tapi emang pada dasarnya ngga suka aja sama asepnya, sering banget bikin pusing kepala itu si asep rokok. Pokoknya ngga kuat deh sama rokok.

Makanya aku juga ngga suka ke tempat yang biasanya penuh asap rokok, bisa langsung sesak deh dadanya. Paling sebel klo di angkot yang super pengap trus ada penumpang yang ngerokok dan asepnya masuk semua kedalam angkot, bisa murka aku klo begitu..


Dulu waktu pertama kali ketemu suami, dia itu lumayan jadi perokok berat dan aku ngga suka deket sama dia, khususnya klo lagi ngerokok, jadi walaupun kita satu geng, klo lagi pada ngerokok biasanya aku dan temenku lainnya rada menjauh.

Nah pas si Ayah mulai deket sama aku, aku pernah bilang klo ngga suka banget sama rokok dan ternyata besoknya si Ayah langsung ngga ngerokok gituh, asli dia berhenti total. Keren banget kan, langsung meleleh deh akunya. Tau sendiri, untuk seorang perokok itu menghentikan merokok itu susah bener, tapi si Ayah dulu ternyata bisa dan bertahan terus sampai sekarang. Itu merupakan salah satu nilai plus buat aku :)

Setelah sekian lama ngga ngerokok, pernah kira-kira sebulan yang lalu Ayah kangen sama rokoknya, dia pernah minta ijin sama aku untuk merokok. Ya karena dia jujur, aku bolehin dia ngerokok tapi beneran cukup sekali untuk mengusir rasa kangen aja dan dengan catatan ngerokoknya jangan di depan aku dan tania.

Akhirnya pucuk dicinta ulam tiba, pas lagi pengen ngerokok pas dapet sample gratis 2 batang dari alfamart. Langsung deh si Ayah ngerokok di teras luar rumah depok. Dia sengaja ngerokok di kolem ikan biar ngga deket sama aku dan tania, selain itu juga biar asapnya ngga masuk ke rumah. Ternyata walau udah diem-diem ngerokoknya tapi ketahuan juga sama anak gadisnya dan begini nih waktu si Ayah ketahuan ngerokok sama Tania

T : "iiihhhh ayah ngerokooookkk !!!"
A : " ssssttt.."    sambil berusaha ngumpetin rokoknya.
T : " ayah.. tau ga... ngerokok itu bisa bikin meninggal tauuu... ngga baguuuusss.."
A : " iya..."

kebayang mukanya ayah pasti nyegir gimana gituh.. di marahin sama anaknya sendiri :))

T : " andhin bilangin sama mama loh.. ayah ngerokok.. buang rokoknya.. bahaya taauu !!! "

Si gadis kecilnya pun langsung ngeloyor masuk kedalam rumah dan ngadu ke aku sambil ngomel-ngomel.. hahahhaha....

Anak kecil aja tau bahayanya ngerokok, masa yang dewasa ngga mau berhenti ngerokok.. malu laahh :)

So buat apa sih ngerokok lebih banyak ruginya daripada untungnya, udah gitu membahayakan sekitarnya juga lagi.

Semoga para perokok di Indonesia khususnya segera bisa tersadar akan bahaya rokok dan bisa berhenti merokok biar lingkungan kita bebas asap rokok.



6 komentar:

  1. wah tania pinter banget!!! :)
    moga2 ayahnya gak kangen ama rokok lagi ya... :D

    BalasHapus
  2. @arman
    amiieenn.. moga ngga ayahnya ngga akan pernah kangen sama rokok :)

    BalasHapus
  3. sama mbak, aq jg benci sama asap rokok, bisa mencak2 krna bikin krudung dan badan jd bau asap rokok.
    alhamdulillah dpt suami yg bukan perokok,
    tania pinter ya, pasti bikin ayahny jd kapok merokok lg

    BalasHapus
  4. eh akhirny stlh sekian lama komenku bs masuk d blog ini lg :)

    BalasHapus
  5. hahaha pinter banget sih mba, tania.. bisa ngomel2 gitu ke si ayah.

    gw lagi masih terus berjuang nih, misua blom bisa berenti totaaal ngerokoknya.. ;,(

    BalasHapus
  6. putus hubungan aja sama rokok :)

    BalasHapus