Selalu Ada Jalan Miliki Buah Hati


Wiken kemarin, aku dapat undangan talkshow dari femina dengan tema “Selalu Ada Jalan Miliki Buah Hati” dan acaranya sendiri di adakan di Penang Bistro, Oakwood Resindence dengan pembicara Ratih Ibrahim ( psikolog- personal growth) dan Dr. Budi Wiweko SpOG ( dokter ahli kandungan dan Kesuburan dari PERFITRI) , acaranya sendiri di pandu sama Novita Angie.

Menurutku topic yang diangkat menarik dan kebetulan aku kan memang lagi program mau nambah anak lagi, jadi diusahain banget dating, walau sendirian karena ayah sibuk sepedahan padahal undangannya untuk 2 orang loh :)

Aku mau share sedikit ya, tentang apa aja yang dibahas kemarin..

Untuk materi yang disampaikan sama Mba Ratih menurutku menarik dan penjelasan beliau sangat enak di simak, temanya yaitu Kompak dengan pasangan menunggu kehadiran buah hati
Menurut Mba Ratih, keluarga itu bagaikan berlian dan poin-poin penting dalam membentuk keluarga ada tiga yaitu :
  • Love = Cinta 
  • Trust = Kepercayaan 
  • Hope = Harapan
 
Dengan cinta, kita akan bisa menerima kelebihan dan kekurangan pasangan kita lalu kepercayaan juga ngga kalah penting, dengan membangun kepercayaan kita kepada pasangan maka hubungan kita dengan pasangan juga akan selalu nyaman dan harmonis. Hope atau Harapan pasti dimiliki oleh semua keluarga, dengan love dan trust yang baik maka akan jadi modal kita untuk mencapai harapan yang kita inginkan.

Selain membahas tentang keluarga, Mba Ratih juga menekankan peran anak dalam keluarga yang membuat aku merasa apa yang disampaikan Mba Ratih itu bener banget. Beberapa diantaranya adalah seperti ini :
  1. Bahwa keluarga itu sangat diberkahi dengan hadirnya anak-anak. 
  2. Buat setiap pasangan yang menikah, memiliki anak merupakan Anugerah yang luar biasa. *ini bener banget. 
  3. SETIAP ANAK ITU BERHARGA! Jadi jangan pernah sedikit pun menyia-nyia kan anak kita. 
  4. Setiap anak adalah ISTIMEWA. Jadi jangan pernah membanding-bandingkan.   
  5. Menjadi ORANG TUA adalah IKATAN SEUMUR HIDUP. Ini bener banget lagi dan aku jadi teringat kuote yang pernah di tulis sama @nenglita. 
  6. Punya anak itu artinya perubahan besar untuk ORANG TUAnya.   
  7.  Jangan pernah menganggap mempunyai anak untuk menjadikan penyelamat agar tidak jadi cerai dsb.

Hal-hal yang perlu disiapkan ketika kita ingin memiliki buah hati adalah
  • FISIK : kita ngga boleh terlalu cape dan stress agar bisa mengasuh anak kita dengan baik, Happy Parent akan melahirkan Happy kid juga 
  • MENTAL : pastinya mental juga harus dipersiapkan dengan baik,karena jadi orang tua itu akan merubah segalanya dan seperti yang tadi di bilang klo jadi orang tua itu kontrak seumur hidup 
  • FINANSIAL : ini merupakan poin penting juga dan semua pasti tau maknanya yang ini.
A
Aspek-aspek untuk mempersiapkan diri menyambut kehadiran buah hati :
  1. Wajib memiliki kebiasaan hidup sehat. Nutrisi dijaga, olahraga teratur dan pastinya istirahat/tidur yang cukup.   
  2. Lakukan pemeriksaan kesehatan sejak dini BERDUA. Ini biasanya lebih sering Cuma perempuannya saja. Laki-laki terkadang agak sulit untuk checkup :(   
  3.  Berdua harus sama-sama mempunyai keinginan kuat untuk mempunyai anak. 
  4.  Relasi suami istri juga harus KOKOH, SEHAT dan Pastinya PENUH CINTA.
  5. Sabar dan telaten juga harus ada dalam upaya untuk punya anak karena upaya punya anak itu tidak mudah dan jika sudah melakukan usaha dan belum berhasil itu merupakan hal yang tidak mudah. Yang penting harus saling mendukung dalam menghadapi respon dari lingkungan sekitar dan harus saling berempati agar bisa selalu saling memberikan support. 
  6.  Aspek financial juga sangat penting, karena ingin mempunyai buah hati itu tidaklah murah makan rencanakan dengan baik keuangan anda dan perbanyaklah menabung.
Terakhir untuk semua pasangan yang sedang usaha punya anak, ada beberapa hal yang PENTING yaitu:
  1. Nikmati saat anda berdua sekarang. 
  2. Rileks 
  3. Berupaya dan berusaha 
  4. Berdoa.. ini yang paling penting juga, karena tidak ada yang bisa tahu kapan datangnya keajaiban dari  TUHAN.
Untuk materi dari Dr. Budi Wiweko sangat panjaangg dan belum lagi ketika ia menjawab pertanyaan dari audiencenya, mungkin disini aku mencoba merangkum yang aku inget ya..
Syarat agar bisa punya anak ada 3hal penting yaitu :
  1. Telur yang matang. 
  2. Sperma yang kuat 
  3. Saluran telur yang tidak tersumbat. 
Kapan saat yang tepat untuk kita mengkonsultasikan ini ke DSOG ?
  • Sudah menikah kurang lebih 1-2 tahun 
  • Melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa alat kontrasepsi.
  • Melakukan hubungan seksual yang sehat dan baik, dianjurkan seminggu 2 kali.
Gangguan Kesuburan merupakan salah satu factor yang bisa membuat seseorang tidak bisa mempunyai anak, dan gangguan kesuburan itu bisa disebabkan oleh factor laki-laki, perempuan dan kombinasi keduanya.

Yang termasuk faktor laki-laki adalah
  1. Pentingnya kualitas sperma dan pemeriksaan sperma itu yang paling akurat adalah di mikroskop.
  2.  Tidak semua yang di hasilkan pada saat ejakulasi adalah sperma
  3. Sperma yang baik adalah sperma yang berkualitas dan dapat dianalisa dari jumlah, bentuk, gerak dan ketahanan sperma
  4. Sperma tidak tahan pada suhu tinggi, maka sebaiknya para lelaki tidak memakai celana yang terlalu ketat dan tidak merokok. Agar mendapatkan kualitas sperma yang baik.
Yang termasuk Faktor Wanita adalah: 
  
  1. Adanya gangguan pematangan telur, biasanya ditandai dengan siklus haid yang tidak teratur.
  2. Kerusakan Saluran telur yaitu masalah pada rahim atau adanya penyumbatan pada saluran telur. Biasanya untuk mengetahui adanya sumbatan bisa dilakukan dengan HSG. 
  3. Endometriosis yang biasa disebut kista coklat dan ini cirinya adalah mengalami nyeri haid hebat. *ini persis dengan yang aku alami, tapi menurut dokternya klo nyeri haid 1-2 hari pertama itu masih wajar. Untuk memastikan adanya endometriosis perlu dicek dengan USG trans V. 
  4. Unexplained, ini maksudnya keadaan yang tidak bisa di prediksi, atau istilahnya hanya TUHAN yang tau :)
Jadi jika ingin punya anak, penting banget di periksa keduanya.. bahkan seharusnya yang diperiksa duluan itu lelaki nya baru kemudian wanitanya yang di obok2 sama DSOG.. kenapa diobok2? Karena emang begitu dan aku udah ngerasain. Akan tetapi pada kenyataannya para lelaki agak susah di ajak untuk periksa, banyak ibu-ibu yang share mengenai itu kemarin.

Untuk talkshow ini, karena disponsori oleh salah satu perusahaan farmasi dan juga dalam rangka memperkenalkan situs www.maupunyaanak.com jadi lebih banyak dibahas mengenai bayi tabung.

Bayi tabung adalah salah satu cara untuk mendapatkan kehamilan pada pasangan yang mengalami gangguan kesuburan dengan memepertemukan sperma dan sel telur diluar tubuh manusia, kemudian setelah terjadi pembuahan maka sejumlah 2-3 embrio ditanam kedalam rahim calon ibu.

Biasanya bayi tabung itu merupakan solusi terakhir setelah melalui berbagai macam tes maupun cara untuk melakukan proses untuk mendapatkan anak secara alami. Setelah mengetahui bahwa ada gangguan pada kedua nya lalu sudah di lakukan inseminasi sebanyak 4 kali baru biasanya akan di anjurkan untuk melakukan bayi tabung.

Kemungkinan untuk keberhasilan bayi tabung ini sekitar 30% - 40% dan sekarang di Indonesia sudah tersedia 22 klinik di Delapan kota besar untuk melakukan proses bayi tabung ini dengan biaya mulai dari 40 jutaan.. jadi ngga usah melakukannya di luar negeri ya.. klo dihitung0hitung lebih hemat di negeri sendiri loh..menurut pengalaman seorang ibu yang sudah melakukan proses bayi tabung sebanyak 1 kali di Singapore dan 3 kali di Indonesia trus yang berhasil malah di Indonesia sebanyak 2 kali lagi, jadi si ibu itu kedua anaknya melalui proses bayi tabung.

Bedanya bayi tabung dengan inseminasi adalah klo insemminasi itu proses pembuahan masih terjadi di dalam tubuh karena  hanya sperma yang di semprotkan ke dalam rahim, sedangkan bayi tabung yang ditanam ke dalam rahim sudah berbentuk embrio.


Faktor yang mempengaruhi keberhasilan bayi tabung: 
  • Usia calon ibu.
  • Cadangan sel telur 
  • Faktor penyebab fertilitas
So jangan menunda untuk melakukan proses ini jika memang sudah terdeteksi adanya gangguan, karena semakin muda semakin besar kemungkinan berhasilnya.

Untuk keterangan lengkap silahkan di lihat situs www.maupunyanak.com

Sekian sharing dari aku, semoga berguna dan memiliki manfaat.. so far menurut ku talkshow kemarin sangat bermanfaat bagiku dan banyak pengetahuan baru yang aku dapatkan..
 

4 comments:

  1. Ayooooo semangat bikin anak...heheheh. Semoga nanti pada saat nya yang tepat, kita diberi kehamilan lagi ya mam. Kehamilan yang sehat tentunya. Amiin :-)

    ReplyDelete
  2. terima kasih sharingnya ya. semoga cepat dikaruniai anak lagi

    ReplyDelete
  3. Elus elus perut...semoga aku juga segera dikasih sama Tuhan.. :)

    ReplyDelete
  4. @Bun dit & Allisa

    amiiiieenn... semoga kita segera diberikan adik buat si kakak ya :)

    @mba lidya
    amiieenn, makasih doanya ya mba :)

    ReplyDelete