Time Out..

Setiap anak emang unik.. begitu juga anakku..punya kebaikkan dan kejelekkan..
kejelekkan tania adalah suka banting barang, klo dia ngga bisa melakukan apa yang dia inginkan atau dia lagi marah..
biasanya klo udah begini, aku suka kasih tau klo banting barang itu ngga menyelesaikan masalahnya.. tapi ya namanya juga anak-anak. kadang mudeng tapi kadang ya gitu.. lebih sering ga mudengnya :(

ceritanya kemarin itu, seharian tania udah 2 kali banting gtab nya dan 1 kali banting henpon mamanya, untungnya ngebantingnya di kasur jadi semua masih aman dan alhamdulillah ngga rusak.
tapiiiiiii pas banting henpon aku, itu bikin aku naik darah karena menurutku seharian itu dia udah kelewatan dengan 3 kali banting barang yang lumayan harganya.


walau naik darah, tapi alhamdulillah berkat sering minum pil sabar jadi ngga terlalu esmosi.. cuma langsung ngerasa perlu bertindak..kali ini aku langsung kasih time out ke tania.
ya.. daripada aku marah-marah ngga jelas takutnya nambah esmosi, jadi aku cuma kasih tahu dengan tegas klo aku keberatan dan marah dengan apa yang dia lakukan, trus aku langsung bilang ke dia klo dia dapet hukuman kya biasanya yaitu duduk sendirian di kursi teras.

klo dulu setiap di ajak ke arah kursi di teras itu dia ngamuk dan nangis jejeritan, tapi entah kenapa semalem dia nurut dan tanpa ada perlawanan sama sekali.. dia mau digandeng ke arah kursi itu dan langsung duduk sendiri di kursi itu dan menatap aku ketika aku kasih tau alasan kenapa dia aku kasih time out disitu, dan ketika aku tinggal dia sendirian disitu, dia ngga nangis sama sekali cuma diam dan menunduk..

aslii pas liat dia diem tertunduk gituh.. hati rasanya gimana gituh.. berantem sendiri bok... disisi lain ngga tega tapi disisi lain ngasih tau klo kasih sayang juga harus sedikit tega demi kebaikan.
Maafin mama ya nak.. ucapku dalam hati..

pas dia lagi tertunduk diem, ayahnya datang ngasih tahu klo dia salah dengan begitu dan semua barang akan rusak klo di banting dan nanti dia jadi ngga punya apapun klo dia terus begitu.. dan terakhir ayahnya bilang dia di kasih time out 5 menit disitu.. dia pun menjawab dengan pelan " iya ayah.." huaaaaa mau nangis rasanya.. tapi aku tahan...

gimana dengan eyang nya??wahhh uti sama kakung nya udah ngga tega gituh, tapi aku buru-buru cegah dan beri penjelasan.. alhamdulillah mereka masih menghargai cara kami, tapi pesennya jangan lama-lama kasian..

ga sampai 5 menit, aku udahin time out nya, aku dekati dan kasih penjelasan lagi bahwa dia tidak boleh banting barang lagi dan akan di time out lagi klo dia begitu lagi.. dan dia pun menatap aku dan berjanji ngga mau melakukan hal itu lagi.. ngomongnya terbata-bata mau nangis gituh.. alamaaakkk hati ini rasanya sedih yang gimana gituh.. apalagi pas kita pelukan.. dia meluk aku erat banget sambil minta maaf.. so sweeeeeet...nak :')

semoga time out kali ini bener-bener efektif ya sayang ku...
semoga kamu ngga akan banting barang lagi..

ternyata sekarang kamu sudah besar dan sudah mengerti bila dikasih pengarahan walau kadang masih suka nyeleneh.. wajarlah.. namanya juga anak-anak klo kata ibu elly cepet banget lupanya, makanya kudu di ingetin terus biar tertanam di otaknya.

so far mama lihat kamu sudah semakin tumbuh jadi anak besar yang sudah mengerti banyak hal..
aaahhh time files.. mama jadi mellow klo inget semuanya :')

4 komentar:

  1. Aaaahhh....pengen ikutan meweeekkk!

    Tania so sweeeettt... semoga ini jadi kali yang terakhir yaa..

    BalasHapus
  2. kalau masih punya pilsabarnya aku mau ya bun, perlu extra sabar ya menghadapi anak-anak

    BalasHapus
  3. terharu bacanya...jadi inget waktu aku kecil dulu pernah melihat kakak semata wayangku disetrap malam2 di luar rumah oleh mama krn dia gak nurut.

    Mungkin itu sbg pembelajaran anak yang akan diingat selamanya.

    BalasHapus
  4. Aku juga mau dong pil sabar. kadang suka setengah gile deh jadinya ngadepin tantrumnya. sampe mikir aku suka pgn nyerah jadi ibu :( aku jg nerapin time out ini tp berdiri ngadep ke tembok. dia nangis2, tp abis itu ngulang lg tuh, jd aku udah jrg time out, abis ko ga efektif di zahra ya.. paling aku ancem aja sih ntar di time out, kdg nurut, kdg ngga :(

    BalasHapus