Naik Motor Yuk..

Berhubung keluarga kecil kami masih belum punya mobil, tapi alhamdulillah kami masih punya si shiro nama untuk motornya ayah :D

si shiro ini yang selalu mengantar kita bertiga kalau mau berpergian kemanapun, shiro yang nganter aku dan suami pergi kekantor tiap pagi, kadang dipakai untuk nganter barang pesanan customer dan pastinya tiap wiken nganter kita bertiga menuju ke istana kecil kami di depok :)

Aku sendiri mulai mengajak tania naik motor dari umur 7 bulanan dan berlanjut sampai sekarang, dari mulai dia belum bisa ngoceh sampai sekarang yang sudah bisa ngoceh dan bernyanyi klo di motor dan sekarang dia udah lumayan makan tempat klo di motor.. udah berebutan nginjek footstep sama mamanya  :D



alhamdulillah staminanya tania lumayan kuat dan tania ngga pernah rewel klo diajak motor, dia cenderung menikmati dan lebih sering tidur di motor khususnya klo perjalanannya jauh :)

Tania sih menikmati tapi tetep aja terkadang eyangnya sering khawatir, sebenernya bukan eyangnya aja sih yang khawatir tapi kami pun begitu,  apalagi disaat musim hujan seperti sekarang, kami khawatir akan buruknya cuaca, kondisi jalan yang rusak dan juga akhir-akhir ini banyak para pengendara motor yang sembarangan dan tidak tahu berlalu lintas, ada yang brutal ngebut dan nyalip semaunya belum lagi sama bagi para pengendara motor yang suka nekat.. udah kaya punya nyawa banyak ajah :(

tapi bagaimana lagi.. mau tidak mau kami harus lewati kondisi seperti ini dahulu sambil menabung agar suatu saat nanti kami bisa punya mobil.. itu salah satu resolusi kami di tahun 2012.. mudah-mudahan bisa secepatnya terealisasi ya..amiiienn

walaupun begitu kami berusaha untuk meminimalisir semuanya dengan lebih berhati-hati lagi, lebih mematuhi aturan berlalu lintas, memakai atribut untuk pengamanan dan pastinya selalu melihat situasi dan kondisi badan khususnya tania, agar dia tidak mudah sakit. terakhir kami selalu berdoa memohon perlindungan kepada Allah SWT selama diperjalanan agar selamat sampai tujuan.

Untuk setiap perjalanan, dari dulu kami selalu melengkapi atribut buat tania seperti di bawah ini :



1. Helm
Dari kecil tania sudah kami biasakan pakai helm karena menurut kami itu penting untuk keselamatan dan sebagai perlindungan juga. Sengaja kami biarkan tania milih sendiri helm yang dia inginkan,biar dia mau pakai, abis namanya anak-anak kadang suka ngga betah pakai helm, tapi kalo diingatkan klo itu helm yang dia suka pasti dia jadi mau.. kaya yg sekarang ini kami beli waktu event PRJ helm dengan motif Snowwhite karena kan dia Snow white mania :D

2. Jaket /Cardigan
untuk yang ini ngga kalah penting, tapi HARUS buat melindungi tubuh dan ini dari pertama kali tania naik motor sudah di pakai, dan sampai sekarang udah beberapa kali ganti model. Biasanya kami pilih jacket yang berbahan agak tebal, karena meminimalisir terpaan angin, tapi kami juga fleksibel klo misalnya naik motor pas saat cuaca lagi panas biasanya cukup dengan cardigan ajah.. oia pilihan outfit juga penting loh klo mau nyaman naik motor.. ya kalo dingin lebih rapat dan klo panas jangan terlalu rapat.. pokoknya menyesuaikan aja deh.

3. Kacamata
ini juga penting, untuk melindungi matanya dari debu.. biasanya di pakai klo pas saat naik motor jarak dekat dan dia tidak mau pakai helm.. karena klo pakai helm kan mata sudah terlindungi dengan kaca helmnya.


4. Jas Hujan
ini juga penting dan harus selalu ada dibagasi motor, khususnya pada musim hujan kya sekarang jadi penting banget.
Pilihkan jas ujan yang motifnya lucu biar menarik anak - anak untuk memakainya, malah tania pernah minta pakai jas ujan padahal lagi ngga hujan (-__-)

5. Sarung Tangan
Ini sih ngga begitu penting, tapi kami belikan juga buat jaga-jaga untuk kalau udara dingin maka tania wajib pakai ini.

selain yang diatas itu, aku juga selalu sedia kaos kaki di tas ku dan selalu memilih celana atau leging panjang di saat naik motor pada waktu cuaca ngga bisa diprediksi seperti saat ini.. dulu waktu tania masih bayi, kami juga selalu bawa kain selimut untuk tambahan perlindungan... sekedar jaga-jaga aja sih tapi itu perlu :)

Bukan cuma atribut aja yang lengkap, tapi kami juga selalu memperhatikan situasi dan kondisinya agar tania selalu sehat dan tidak rewel diperjalanan diantaranya :

  • Jangan pernah membawa anak naik motor pada saat perut kosong, perut harus sudah terisi minimal susu atau semangkuk susu + sereal biar ngga masuk angin.
  • Usahakan mood anak sedang baik ketika diajak pergi, jangan pas anak lagi rewel deh dijamin cranky nanti dimotor.
  • Pilih waktu yang pas untuk memulai berpergian, klo bisa jangan pas matahari lagi terik dan jangan pas hujan, biasanya tunggu beberapa saat setelah hujan berhenti apalagi klo hujan disertai angin kencang lebih baik di tunda atau berteduh di tempat yang aman.
  • Lebih baik berangkat pagi karena kondisi udara masih belum terlalu banyak polusinya dan kalo bisa hindari pergi di malam hari selain karena angin yang udah lebih dingin, kadang pergi malam juga lebih berbahaya karena gelap bisa bikin pandangan ngga maksimal.
  • Beri anak penjelasan, kita akan kemana dan akan berapa lama supaya dia mengerti dan tidak bertanya terus.
  • Usahakan sering interaksi sama anak ketika di motor, tapi cuma dengan ngobrol aja ya... biar dia ngga bosen dan sekaligus ngasih info ke anak.. misalnya kaya ngasih tau kalau ada kereta lewat atau kasih tau pas ada patung seperti patung pancoran :D
Berdasarkan pengalaman, biasanya tania klo naik motor lebih sering tidur dibanding ngganya dan dia  lebih sering nyanyi -nyanyi sendiri klo ngga tidur, trus perjalanan depok - tanjung duren yang biasanya memakan waktu lebih dari 1 jam, dia akan bosen klo ngga tidur trus jadi sering nanya deh sampainya kapan..kok lama bener :D

ternyata keseringan naik motor buat tania ada efek sampingnya yaitu dia jadi mabok klo diajak naik mobil khususnya taxi..so emaknya kudu siap kantong kresek klo ngajak tania naik transportasi selain motor..

mungkin banyak orang yang kadang suka mandang gimana gituh klo kami ajak tania pergi kemana-mana dengan naik motor, ada yang ngeliatnya kasian dan bahkan ada yang bilang kok tega banget.. tapi ya mau gimana lagi..sebenarnya kami sebagai orang tua maunya anak kami merasakan fasilitas yang baik seperti naik mobil, tapi ya mungkin untuk saat ini kami masih belum bisa dan insya allah kami akan berusaha untuk memberikan fasilitas yang lebih baik lagi buat tania dan juga anak-anak kami nantinya..

6 comments:

  1. sama dong mbak, Alvin juga diajak naik otor seumuran Tania, tapi Allhamdulillah kalau diajak naik mobil atau bis gak mabok. semangat mbak sesamaojekers hehehe

    ReplyDelete
  2. iya bawa anak naik motor sih gpp ya yang penting dijaga keamanannya...

    ReplyDelete
  3. *toss dulu dg mama Tania*

    Kondisi kita sama, mam...motor jadi alat transportasi utama. Kalo aku juga yang paling sering kasih warning adalah Eyangnya Samara :)

    Semoga kita secepatnya diberi kepercayaan oleh allah utk pny mobil sndiri. Amin :)

    ReplyDelete
  4. Sama, kami juga punya motor aja. Mobil masih suka nebeng sama bapak taksi. Hehe. Cuma itu, kalau yang agak jauh, Hana gak boleh dibawa pake motor sama nenek2nya. Terpaksa nurut deh. Mungkin karena perlengkapan untuk Hana gak selengkap Tania punya ya? Nanti coba deh tak siapin. :) TFS ya...

    ReplyDelete
  5. Athia juga seneng naek motor, Ke. Kalo disuruh milih jalan-jalan naik mobil apa motor, dia malah demen naik motor. Mungkin karena anginnya semriwing-semriwing gitu. Ke sekolah juga naek motor.

    Bener kata Arman, yang penting kita jaga keamanannya. Gw paling empeet sama emak-emak yang ngebiarin anaknya naik motor sambil berdiri. Ya Allah, emaknya nyante aja, gw yang sport jantung ngeliatnya.

    ReplyDelete
  6. @mba lidia
    alvin pinteerr.. bisa menyesuaikan diri :D

    @arman
    Yup.. setuju banget.. yg perlu itu keamanannya

    @keluarga qudsy
    amiiienn.. semoga bisa ya mba.. biar kita bisa punya mobil segera!

    @indah
    naik motor itu emang anginnya bikin nikmat klo lagi ga panas tapi klo panas amppuun..
    gw juga paling gemes klo liat orang naik motor bawa anak dan ngga memperhatikan keselamatan anaknya :(

    ReplyDelete