Tania is turning 3,5 year..

Yeah udah 30 Desember 2011..
Alhamdulillah hari ini si ratu kecil udah 3.5 tahun... udah bukan batita lagi..


waktunya update lagi nih setelah terakhir update waktu usia 2,5 tahun dan waktu 3 tahun,  itu karena si mama malas update tiap bulannya.. maafkan mama ya nak...

tapi setidaknya mama masih selalu update perkembangan kamu di blog ini, biar nanti suatu saat kmu bisa baca sendiri apa yang mama tulis disini.. aahh pengen mewek deh klo ngebayanginnya.. waktu rasanya cepet bener berlalu nya.. :')


Di usia yang sekarang kamu pasti nya tambah pinter, tambah cerewet, tambah kritis dan tambah panjang rambutnya :D pokoknya semua tambah deh nak..


Nambah Pinter
 
yang paling baru diumur ini adalah kamu sudah mulai bisa membaca..yeeeaayy \(^o^)/
Awalnya mama sama ayah ngenalin kamu dengan 26 huruf abjad baik besar maupun kecil, terus karena kami lihat kamu sudah mampu mengenal huruf dan bahkan sering mengeja tulisan perhuruf, maka kami yakin kamu sudah mampu untuk mulai belajar membaca.. sampai pada akhirnya kita belikan buat kamu buku untuk belajar membaca.
kami mulai pelan-pelan dan tidak memaksa kamu untuk mulai membaca buku itu dan mengikuti pola nya.. alhamdulillah kamu mau dan mulai lancar mengeja 2 huruf seperti " ba..ma..bi.. bu.. " dan mulai bisa merangkai satu kata dari ejaan 2 huruf itu.. jadi seperti " mama.. kaki.. kuda.." dsb dan sekarang setiap melihat tulisan dimana pun, pasti kamu mulai mengeja dan berusaha untuk membacanya..trus klo kamu menemukan kesulitan mengeja, kami pasti membantu kamu seperti ketika mengeja 3 huruf maupun kata berakhiran  " ng.." insyaallah nanti kamu pasti akan tambah lancar membacanya..

selain bisa membaca, kamu juga sekarang lagi suka dan tertarik banget sama bahasa inggris..
udah mulai sok-sok an ngmg was wes wos sok inggris gituh :D lucuu deh..trus kamu juga sering mainan flashcard trus kamu ikutin deh tuh suara bhs inggrisnya.. kadang sampe bikin mama sama ayah cekikikkan.. soalnya kmu kadang ngaco denger nya :D walau ngaco tapi gpp ya nak, kami akan selalu bantu dan koreksi kamu klo ada kesalahan dan kesulitan..


klo untuk urusan menulis dan belajar mengenal angka, kamu masih mood-mood an.. kadang mau kadang ngga.. trus kadang bagus kadang jelek.. masih ngga stabil deh pokoknya.. ayah sama mama ngga akan paksa klo kamu ngga nyaman.. karena kami yakin pada saatnya nanti kamu pasti bisa..

kamu udah jago lompat sekarang dan senang banget lelumpatan mlulu sampai kasur eyang pada rusak, gara-gara kmu sering loncat-loncat dikasur (-__-).. udah bisa lompat pake satu kaki juga yang kaya bebibob, kalo kamu pamer ke mama :)

oia selain lompat, kamu juga udah makin jago naik turun tangga, sudah makin bagus keseimbangannya. itu artinya motorik kasarmu sudah semakin baik ya nak..
cuma sayangnya nyali kamu masih cemen (penakut), kamu sering banget takut melakukan apa-apa yang sekira nya kmu tidak yakin atau udah nyobain, tapi ternyata rasanya bikin kmu ngga nyaman seperti manjat tangga perosotan yang tinggi, trus naik perosotan yang sedikit menukik dan masih banyak lainnya. yang ini kadang suka bikin mama sama ayah gemes, tapi insyaallah kita coba usaha untuk menghilangkan rasa takutnya ya nak..

Nambah Mandiri

Wah klo yang ini, mama ngerasa kamu sudah jauhhh mandiri banget sekarang.. trus kamu kadang juga mau nunjukin kamu bisa melakukan itu.. kaya waktu kamu belajar pakai baju piyama sendiri dan ngancingin bajunya.. mama liat kmu usaha bangeet.. walau mama sebenernya ngga sabar pengen bantu, tapi mama ingat klo ngga boleh begitu.. biarkan kamu usaha sampai bisa dan nanti kmu akan bangga klo udh bisa ngelakuinnya.. dan itu bener banget.. begitu bisa kamu pameer banget ke mama, eyang, dan semua yang ada waktu itu.. dan mama pun terharu ngeliatnya nak.. :')

selain pakai baju sendiri, kamu udah bisa sikat gigi sendiri, pake kaos kaki dan sepatu sendiri trus ambil sesuatu yang tinggi sendiri, biasanya klo yang ini kamu gunain akal pake bangku or naik apa gitu biar sampe :D trus kadang mandi dan makan juga mau sendiri..pokoknya klo kamu yakin bisa pasti kamu lakuin sendiri, walau kadang ada juga yang pada akhirnya kamu menyerah karena ngga bisa melakukannya dan nangis.. :( tapi klo udah begitu kami pasti siap membantu arahin biar kamu bisa.. ayah dan mama selalu bangga atas keberhasilan kamu :D

oia di usia 3 tahun 3 bulan, kamu udah lulus toilet training..jadi sekarang kamu udah bener-bener free diaper dan mama pun bebas anggaran untuk beli itu.. walau terhitung telat, tapi mama sama ayah tetap bangga sama keberhasilan kmu ini.. perjuangan menuju kesitu juga ngga mudah dan mama tahu persis juga gimana usaha kamu untuk buktikan itu :)

Nambah Bagus Logika dan Nalar nya

semakin gede kamu semakin kritis nak, kamu udah bisa nagih klo dijanjiin dan selalu inget.
kmu juga udah ngga bisa dikasih alasan yang mengada-ada, klo ngga puas pasti kamu akan tanya terus kenapa nya...:D
kamu sudah makin jago negosiasi, makin bisa mengungkapkan pendapat dan apa yang kamu inginkan.
Kamu juga semakin mudah diberi pengertian dan diberikan alasannya.. semakin mudah ditanamkan hal-hal yang baik, walau kadang kamu juga lumayan keras sih, sampe mama suka ngelus dada (-__-'!)
tapi so far semuanya masih dalam batas wajar dan kmu masih selalu ngajarin mama untuk bisa lebih bersabar :)

ini kejadian yang paling baru kemaren malem..ketika mama tanya kamu kenapa kamu dimarahin sama eyang uti..

M : " ndhin.. tadi diomelin sama uti ya?"
A  : " iya ma.. gara-gara andhin main tab nya mama"
M : " trus eyang marah gimana?? katanya andhin malah marahin eyang ya?"
A  : " iya.. eyang marah nya andhin suruh udahan..nanti mata andhin rusak klo sering main itu.."
M : " loh kan eyang bener.. mama juga ga suka klo andhin main lama-lama.. trus kok malah    marahin eyang.. itu kan ngga baik nak.. ga sopan tauu.."
A  : " ya.. abis eyangnya marahin andhin.. ya andhin kesel.. andhin marah juga.."

fiiiiuuhhhhh mama ngelus dada ajah.. denger pembelaan kamu

M : " ngga boleh ya begitu lagi.. marahin eyang itu ngga sopan.. kan andhin yang nakal..janji ya ngga boleh gitu lagi.."
:" ya.. abis marah sih.. harusnya eyang omongin aja ke andhin.. andhin udahan ya main tab nya..truss nanti andhin jawab.. iya eyang.. tapi boleh ya 5 menit lagi.. gituuuh mah.. "
M :"oohhh.. jadi andhin mau nya eyang ngomong pelan-pelan bukan marah-marah?"
A  : " iya ma.. begitu maunya.."
M : " oke.. nanti mama bilangin ke eyang ya.. andhin janji ya.. jangan marah-marah lagi.."
A :" iya mah..janji.."

negosiasi yang kaya gini, bukan yang pertama kali nak..tapi ini sudah kesekian kali ketika kami (paling sering sih mama dan eyang) marahin kmu.. ternyata bener kata ayah.. kmu tidak bisa dimarahin, lebih baik diajak ngomong serius sambil tatapan mata dan baik-baik.. klo ayah melakukan itu biasanya mempan di kamu, tapi klo mama atau eyang yang kaya gituh, kadang mempan dan kadang ngga :( tapi ya apapun itu kami hargai pendapat dan maunya kamu.. kita sama-sama belajar ya sayangku..




Nambah Ukuran Badannya

Untuk urusan ini, kamu mirip banget sama mama.. kamu posturnya tinggi besar kaya mama dan sekrang kamu makin tumbuh besar.. klo mama lihat yang paling terlihat itu badan kmu meninggi sekarang.. hampir semua baju udah terlihat kekecilan dan mama jadi harus belanja baju lagi buat kmu :D *ini mah emaknya emang seneng
terakhir nimbang pas bulan kemaren waktu kita ke dokter, kamu berat nya 20 kg saja dan tinggi kamu udah 103cm :)
Setiap orang yang melihat kamu pasti menyangka kamu itu anak usia 5 tahun bukan 3 tahun, kemarin waktu dikantor ayah juga pada ngomong gitu :D

kamu sekarang frekuensi nyusunya udah ngga sebanyak dulu, tapi tetep ya kamu ngga bisa lepas ngedot sebelum tidur dan pas subuh, trus gimana nasib belajar lepas dot nya? masih gatot nih... tapi mama ngga akan nyerah kok, kan buat kebaikanmu juga :)

oia akhir-akhir ini kamu jadi picky eater banget, mirip sama ayah dan ini bikin mama kesel.
sekarang sayur apapun kamu ngga mau kecuali wortel, trus klo makan yang ngga sesuai sama selera kamu, biasanya kamu langsung nolak dengan tegas, yang pada akhirnya klo mama yang nyuapin kita jadi berantem :(
ya mudah-mudahan kmu ngga berkepanjangan jadi pemilihnya ya.. mama mau kmu kya mama jadi pemakan segala :D

Ndin, udah dulu ah update nya.. mama rasa udah kepanjangan dan nanti kamu cape baca nya..
Semakin hari, kami semakin tertantang untuk belajar agar bisa membimbing kamu menjadi orang yang baik dan berguna buat orang-orang sekitarmu..

Ayah, mama dan eyang juga selalu mendoakan kamu agar kamu jadi anak yang sholeha, pinter dan sehat terus..

keep growing little girl.....we love you so much :*


with love,
Mama Ike

3 komentar:

  1. Semoga keinginanannya tercapai ya mbak...

    BalasHapus
  2. wooo 20 kg, pantes ya pipiny tliat chubby banget :D ,
    wah pinter nin Andhin udh bljr mngeja huruf, tmbh pinter y nak

    BalasHapus
  3. Waaa...pinternya Tania. Sepantar banget sama Dita nih heheh. Semoga selalu sehat dan makin pinter ya sayang :-)

    BalasHapus