Ke Dokter THT

fiiuuuhh... setelah sebelumnya tania kena radang tenggorokan trus si putih raib dan sekarang cobaannya nambah lagi... alhamdulillaaah.. Allah masih sayang dan selalu mengingatkanku...

senin kemarin tania mulai batpil.. klo ini jelas ketularan aku..akupun udah sebulan ini batuk ngga sembuh-sembuh T_T
satu rumah udha sukses ketularan semua bahkan kakakku yang rumahnya beda tapi ketemuan waktu hari minggu pun ketularan... maafkan saya ya bawa wabah penyakit ke rumah :(

back to tania, sebel banget batpil kali ini dia muntah-muntah mlulu dan lagi ngga korperatif jadi beberpa kali ganti sperei deh :(....


Nah, pas hari selasa sedikit demam trus anaknya ribut sakit banget kupingnya..langsung kepikiran mau bawa ke THT.. makin tambah yakin pas siangnya dikantor browsing tentang infeksi telinga di mommiesdaily.. gejala nya mirip bangeett yaitu :

1. Seperti batuk pilek karena banyak cairan yang ngumpul disekitar tenggorokan, hidung dan telinga.
2. disertai demam yg menandakan tubuh ada infeksi
3. nafsu makan berkurang
4. mengeluh telinga sakit.
5. susah tidur
6. ada cairan yang keluar dari telinga. *alhamdulillah yang ini ngga sampe kejadian.

dari artikel ini disebutkan untuk antisipasi mencegahnya adalah hindari menyusu dari botol sambil tiduran.. waduuhh ini susah banget karena tania pasti nyusu sebelum tidur :( trus bawa segera anak ke dokter THT klo sudah mengalami gejala seperti diatas dan terakhir batasi  penggunaan dot. untuk lebih lengkapnya bisa baca langsung artikelnya ya..

susah semua deh antisipasinya, tapi yg kedokter THT ini kudu dipercepat ngga bisa ditunda-tunda lagi. pulang kerja langsung daftar ke dokter THT di klinik deket rumah, trus pulang ambil anaknya sambil diceritain nanti proses pemeriksaan oleh dokternya seperti apa.. karena takutnya dia ngamuk pas diperiksa telinganya.

Alhamdulillah banget, dia koorperatif dan mau diperiksa sama dokternya.. dan alhamdulillah lgi ternyata kta dokternya dia gpp cuma ada lecet sedikit di kuping kanan karena mungkin lecet tersebut akibat aku bersihin telinganya seminggu yang lalu..padahal aku ngga sampe dalam loh hanya luarnya ajah... tapi tetep kena omelan dari ayah :(

akhirnya tindakan yang dilakukan dokternya adalah membersihkan telinga kanan dan diberi obat biar lecet nya cepet sembuh, trus yang kiri telinganya dibersihin karena ada kotoran yang lumayan besar ukurannya..bener kata motiq di postingannya yang ini klo kotorannya segede gaban dan ngga nyangka bisa ada segede gitu di telinga bocah kecil. aku yakin banget abis itu pasti plong rasanya..

ternyata kata dokternya, jangan pernah bersihin telinga pake cottonbuds walau hanya diluar aja.. itu malah akan mendorong kotoran jadi kedalam dan menggumpal.. yang benarnya adalah bersihin telinga itu kira-kira range waktu 6 bulan sampai 1 thn sekali dan dilakukan oleh dokter THT. bersihin telinga pake cottonbuds itu semakin gatel malah semakin enak kita kore de tuh kuping dan efeknya kotoran makin menumpuk di dalam, trus aku bilang klo ngga dibersihkan apa ngga bau itu telinganya?? klo kata dokternya bau itu akan mencegah binatang seperti nyamuk, semut dsb utk masuk ketelinga jadi kurang lebih melindungi telinga kita... ooowwwhhh asli deh saya baru tauu..

tania hanya diresepin obat tetes utk telinganya yang lecet abis itu kita langsung pulang deh... dan hari ini pas mau netesin itu obat ke telinganya penuh dengan drama... anaknya ngga mau dan butuh usaha keras agar bisa.. maafin mama ya nak, terpaksa nakut-nakutin kamu supaya mau ditetesin telinganya.. cepet sembuh ya bidadari kecilku.. :)


2 komentar:

  1. Cepet sembuh yah Tania Sayang. Semoga sehat selalu. amien

    hehehe kalo Zahia mah seneng Mba sama obat tetes telinga (waktu itu pernah telinganya berbau busuk, adi saa Dokter dikasih ear drop buat ngeluarin kotorannya)

    BalasHapus
  2. wah pinter Tania kooperatif dan gak nangis ya,
    pengen juga ajak Anin bersihin kotoran telinga k dokter THT,tp kalo Anin kayakny bakalan cranky deh :(

    BalasHapus