Tania dan belajar

Sejak tania lepas diapers sepanjang hari kecuali malem, maka aku dan ayah menepati janji yaitu masukkin dia sekolah.. dan akhirnya kami coba dulu masukkin dia di paud deket rumah yang mau nerima dia masuk karena waktu itu masih belum tahun ajaran baru jadi sekitar bulan mei..

Hari pertama masuk paud, klo kata eyang dia masih belum mau bergaul, tapi hari berikutnya dia udah mulai mau belajar dan main sama temen-temennya. :)
Seneng deh waktu seminggu pertama paud, tania bobo nya ngga larut malem lagi..karena mungkin udah kecapean dan bangunnya pagi, biasanya kan tania ini bangun diatas jam 10 pagi dan tidur di atas jam 10 malem :( tapiii pas masuk paud ini dia diajarin bangun pagi karena paudnya itu mulai jam setengah 9 sampe jam 10.. klo dia masih bangun jam 10 kan udah keburu abis paud nya :D


seminggu pertama lancar, tapi seminggu kedua dia udah mulai males malesan.. aku udah bisa prediksi karena setiap malem aku liat buku-buku nya, aku merasa terlalu berat materi yang dikasih sama paudnya.. terlalu kaku..jadi tania diajarin nulis huruf tiap hari dikenalkan 1 huruf trus diajarin ngenal huruf arab juga dan diselingi sama angka.. tiap paud selalu begitu dan menurutku kegiatan nya kurang kreatif walau ada sih nyanyi-nyanyi nya juga.. tapi aku sama ayahnya tetep ngga sreg dan berencana mau cari paud lain untuk pindah..

Tapi di minggu kedua setiap di bangunin selalu bilang, ngga mau sekolah aahh... dan bener ajah pas minggu ke tiga dia udah ngga mau sekolah lagi.. dan karena seperti nya kurang enjoy jadi aku sama ayahnya memutuskan untuk stop paud nya. si ayah dari awal udah bilang ngga mau nyekolahin anaknya buru-buru karena selain takut anaknya keburu bosan dan ada beberapa alasan lainnya..tapi intinya kami ngga mau memaksakan.. klo anaknya mau banget sekolah ya hayuk tapi klo masih belum siap ya sudah nanti saja.. kecuali klo emang usianya pas usia yang wajib sekolah ya.. kaya misalnya 7 tahun itu kan wajib masuk SD..
klo masih PG, kami ga terlalu ketat lah.. kan masih bisa diajarin juga dirumah..


setelah berhenti sekolah, bukan berarti tania ngga belajar sama sekali tapi walau dirumah aku sama ayah tetap memfasilitasi dia buku, pensil warna, krayon dsb pokoknya printilan untuk belajar..
sekarang dia lagi suka dan tertarik sama bhs inggris, semua di tanyain bhs inggris nya dan kadang suka was wes wos ngga jelas gituh ;)

trus dia udah khatam ngenal angka dan huruf walau kadang masih suka bingung bedain huruf besar dan kecil. efek dari kenal huruf itu adalah jadi hobby membaca atau lebih tepatnya ngeja huruf dari tulisan.. hampir semua tulisan yang dia lihat dan dia bisa eja pasti langsung di eja..dari tulisan di kaos sampe semua produk dan apapun itu.. ada cerita lucu pas lagi mandi..menurut eyangnya pas lagi dimandiin tania ngambil odol dan langsung ngomong gini

Andhin: " eyang.. andhin bisa baca loh.."
Eyang : " ayo coba itu di baca.."

andhin mulai mengeja tulisan pada kemasan odol..

Andhin : " P..E..P..S..O...D..E..N..T.. trus bacanya odol "


sotoyy banget.. :D:D:D

trus kemarin belum lama ini dia lagi suka menulis dan dia mulai menulis beberapa huruf tanpa bantuan garis putus-putus.. jadi dia sudah bisa membayang huruf A itu seperti apa dan dia langsung nulis huruf tersebut.. nah kemarin aku coba dikte dia untuk nulis beberapa nama.. diktenya perhuruf gituh.. walau masih berantakan tapi aku senang karena dia sudah mulai ngerti..


untuk nextnya aku rencana mau mulai ngajarin dia baca 2 huruf yang di gabung.. kaya belajar baca dengan mengeja gituh.. tapi aku masih browsing - browsing gimana cara yg efektif mengajar baca sama anak seumur tania. ya pokoknya pelan-pelan kita belajar ya nak.. serius tapi santai biar bisa di cerna sama tania ;)

No comments:

Post a Comment