Disiplin pada Anak

beberapa hari yang lalu pas lagi ngintip timeline ada tweet dari @RumahMainCikal tentang Disiplin pada anak, karena lagi ada kerjaan jadi ngga bisa meyimak dengan baik, trus sorenya sempet iseng buka TL nya lagi trus copas hasil tweet nya.. karena tweet nya bagus dan berguna jadi biar terdokumentasi dengan baik dan siapa tahu bisa bermanfaat bagi orang lain, maka aku mau share tweet nya disini ya..


Halo mama-papa, kami mau berbagi tentang bagaimana langkah2 menerapkan disiplin positif pada anak

Dalam tahap perkembangan anak usia 2-3 tahun, anak memiliki ciri atau karakter: ingin mandiri, kalau punya keinginan ingin segera dipenuhiinisiatif sdh ada, memiliki kesadaran thdp lingkungan sbatas hal yg bisa ia lihat, sentuh&manipulasi, saat yg tepat u/ memulai disiplin diri
Pengertian disiplin positif: suatu bentuk pengasuhan yg menekankan pd pola pengajaran individu yg lbh mandiri, bertanggung jawab mudah beradaptasi serta mudah bersosialisasi.
Langkah2 mendisiplinkan anak:

  1. Mengarahkan menjadi positif. Berteriak, merengek atau merajuk a/ cara anak menarik perhatian. Hindari merespon dengan cara negatif (marah, membentak, melotot, berteriak) Katakan dengan tegas namun tidak marah, bahwa anda tidak mengerti apa yg dikatakannya jika ia merengek atau tdk jelas mengucapkannya

  1. Mengalihkan perhatian. Jika anak melakukan hal yg tdk anda inginkan, lakukanlah pengalihan. Panggil anak&ajak ia melakukan aktivitas lain

  1. Beri contoh positif. Hal terpenting saat mengajarkan disiplin pada anak a/ konsistensi. Aturan saat di rumah maupun diluar rumah sebaiknya sama agar anak tidak bingung

  1. Mengenali Perkembangan Anak. Kenali kemampuan anak: emosi, fisik, sosialisasi, kognitif
  1. Memberi dukungan dan pujian. Anak2pun butuh dukungan & pujian (apresiasi).

Dukungan dan pujian merupakan cara untuk mengarahkan tapi tdk memaksa anak, plus merupakan cara u/ memberikan semangat kembali. Kenali pula karakter anak. Ada anak yang suka dipuji langsung, tapi tidak dihadapannya banyak orang, dan sebaliknya

  1. Menjadi model yg baik. Ketika anda ingin anak bs berlaku sesuai yg diinginkan, sebaiknya tdk hanya bicara tp mencontohkan dgn tingkah laku
  1. Memberikan konsekuensi logis. Ketika anda sudah memberitahukan konsekuensi dari tindakan2 tertentu dan ia tetap melakukan tindakan tsb
asalkan masih dalam batas yg aman, biarkan ia merasakan konsekuensi tersebut. Kadang hal ini, diperlukan u/ meredam rasa penasaran si kecil
Pastikan sangsi atau konsekuensi trsbt dlm batasan logis & bisa dimengerti oleh si anak. Ini akan membantu si kecil belajar bertingkah laku

  1. Fokus pada tingkah laku positif. Jangan hanya melarang. Berikan pujian atau reward atas tindakan2 positif yg baik dr si kecil
Namun, jangan sampai untuk segala hal harus diberikan iming2. Abaikan tingkah laku negatif dari anak yg memancing konflik berulang

  1. Disiplin jelas dan konsisten. Ketika membuat aturan di dlm keluarga, pastikan aturannya cukup jelas&fleksible, jg terdapat kesepakatan
Sekian tentang menerapkan disiplin positif pada anak, semoga bermanfaat!


Selain info diatas aku juga pernah ikut seminar tentang disiplin dengan kasih sayang bersama Ibu Elly Risman, karena materi nya waktu itu cukup seru dan panjang, aku jadi ngga sempet bikin rangkumannya jadi ngga bisa bikin postingan disini..untungnya mommies daily bikin rangkuman penting nya disini 

selamat membaca dan mempraktekkannya ya... #note to my self :)

2 comments:

  1. waaaaaawww bagus banget nih, makasih ya sharingnya

    ReplyDelete
  2. Setiap kali baca tentang teori pengasuhan anak, saya bawaannya pasti nanya-nanya diri sendiri, "aku udah bener belom yah polanya???" :D

    ReplyDelete