All About Taniashop

Udah dapet email konfirmasi untuk perpanjangan hosting nya Taniashop lagi.. itu artinya Oktober ini Taniashop ulang tahun yang ketiga..  \(^-^)/



alhamdulillaaahh.. ngga berasa juga ternyata usaha online ku sudah berjalan 3 tahun dan alhamdulillaaah lagi bisa dibilang usaha ini semakin meningkat dan bahkan terkadang diluar ekspektasi kita (aku dan suami). dan insyaallah kedepannya aku berniat ingin membuat usaha ini semakin berkembang sehingga impian ku bisa tercapai untuk jadi Stay at Home Mom sambil mengurusi OLS ini.. dan impian terbesar nya adalah membuat OLS ini menjadi Offline Shop alias bisa punya toko beneran :D... amiiieeeennn..

kali ini boleh kan ya.. aku mau narsis cerita detail ttg  Taniashop ...

Latar Belakang

kok bisa sih kepikiran bikin taniashop?

awalnya kepikiran bikin online shop itu karena pengalaman pribadi.. jadi waktu itu abis ngelahirin anak pertama, trus ternyata masih ada aja perlengkapan yang kurang jadi masih kudu beli ini itu nya, karena abis lahiran masih agak sulit untuk keluar rumah.. klo aku dulu masih untung karena punya tetangga persis disebelah rumah mama itu adalah ownernya salah satu toko baby yang udah sukses banget sekarang.. jadi butuh apa2 tinggal bilang sama dia trus sorenya di bawain pulang.. tapi klo ibu -ibu lainnya gimana? pasti mengalami kesulitan yang sama..

sampe pada akhirnya si Ayah yang punya ide brillian untuk membuat usaha online perlengkapan bayi agar memudahkan para ibu-ibu mencari kebutuhannya,selain itu memudahkan para pekerja yang sibuk dan ngga punya waktu mau cari kado buat temen, keluarga maupun kerabatnya yang baru melahirkan. trus saat itu online shop belum menjamur seperti sekarang.. jadi akupun langsung menyetujuinya..

Bermodalkan suami seorang programer dan punya kenalan yang mengerti soal produk bayi dan bisa dibilang membantu kami untuk jadi distributor kami, maka mulailah aku dan ayah menyiapkan bahan untuk membuka online shopnya, dari mulai konsep web nya, ngumpulin info untuk materi produk yang mau dijual, foto-foto in produknya, dan juga nyari domain beserta hostingnya..semuanya dilakukan oleh aku dan suami.. akhirnya dengan Bismillah, tanggal 1 oktober 2008 kami memulai usaha ini dan domain Taniashop pun mulai aktif..


Trus kenapa dinamain Taniashop?

it's very simple, soalnya mengikuti nama putri pertamaku yaitu tania.. :D *ga kreatif banget yak
sempet sih berdebat sama ayah karena ngga ada embel-embel babyshop nya.. ya aku memang ngga mau, karena rencananya aku pengen Taniashop tidak hanya menjual perlengkapan bayi saja tapi bisa menjual produk-produk lainnya. ya semoga semua rencana bisa berjalan lancar.. amien


Perjalanan dan pencapaian

wah klo cerita masalah perjalanan mah pasti panjang bener..banyak suka dan dukanya..
waktu pertama kali domain aktif juga ngga langsung laris..ya iyalah wajaar karena emang belum pada tau kaleee... :D
akhirnya ngelakuin teknik marketing dengan pasang status di FB dan YM.trus promoin ke temen-temen biar mereka bisa promo ke temen-temen yang lainnya dari mulut ke mulut :D.

Alhamdulillah setelah sekian lama domain aktif, akhirnya ada pembeli juga.. seneng nya bukan main waktu itu..ya namanya juga jualan ngga tiap hari laku, jadi paling sebulan cuma laku beberapa kali.. tapi kami tetep bersyukur dan tetep optimis, ternyata doa dan usaha kami tidak sia-sia, klo dulu dengan bandwith yang kecil sudah mencukupi dan sekarang kami harus upgrade bandwith karena sudah bertambah banyak yang berkunjung ke OLS kami tiap harinya... alhamdulillaahhh ya.. *syahrince style

dulu memang customer kami kebanyakan temen - temen disekitar yang memang membutuhkan perlengkapan bayi, tapi lama kelamaan semakin beragam customer nya dan dari berbagai macam kalangan juga, ada pegawai, ibu rumah tangga, para suami bahkan sampe ada loh artis terkenal yang belanja di Taniashop  :D  *bukan bermaksud sombong lho..hanya berusaha utk promosi





aku paling seneng banget klo ada seorang bapak baru yang nanya-nanya soal perlengkapan bayi.. salut aja karena biasa mereka itu suka konsultasi dengan gaya yang lugu :D dan menurutku mereka sayang istri banget karena mau direpotin istri nya utk membeli kebutuhannya hehehheee..

untuk urusan pengiriman barang, banyak banget suka dukanya, karena aku ngga punya kurir jadi klo ada customer minta COD biasanya, aku tergantung pada Adik iparku yang waktu masih kuliah, jadi kadang nyesuaiin sama jadwal kuliahnya dia dan sekarang dia udah mulai bekerja jadi makin sulit untuk ngandelin dia.. tapi kadang aku dan suami juga ngga jarang untuk langsung turun tangan untuk pengirimannya, biasanya diluar jam kantor atau pas hari libur, itupun yang kami COD biasanya klo alamatnya kebetulan yang dekat sama rumah eyang atau rumah kami di depok.

walau sering COD, bukan berarti aku menerima pengiriman COD, aku tetep lebih mengutamakan pengiriman dengan kurir ekspedisi, COD cuma klo kondisi tertentu.. kaya org tersebut urgent banget butuh breastpump misalnya, klo untuk yang urgent gitu biasanya aku suka ngasih layanan COD, abis ngerasain sendiri sih klo emang bener-bener butuh BP demi kelancaran ASI..trus kadang juga COD untuk barang-barang yang besar volumenya klo dikirim jadi lebih baik kami anter untuk menghemat ongkir.. ya demi kepuasan pelanggan, insya Allah berbagai cara kami lakukan :)

namanya juga online shop yang paling diutamakan pastinya kepercayaan, ngga sedikit loh orang yang ngga percaya sama online shop karena hari gini kan banyak penipuan yang sudah terjadi, biasanya urusan begini ini yang sedikit sulit buatku, karena menumbuhkan kepercayaan ke orang itu tidak lah mudah. aku juga amat sangat menjaga kepercayaan customer kepada kami.. inginnya jangan sampe customer kecewa dengan pelayananku, pokoknya diminimal mungkin deh kekecewaan pelanggan.

selain cerita-cerita seperti tadi diatas, aku juga pernah mengalami duka, pernah mengalami kerugian dan bahkan juga penipuan.. tapi ya itu semua aku jadikan pelajaran untuk kedepannya agar tidak terjadi lagi.
aku pernah tertipu dengan customer yang bilang klo udah transfer dananya dan minta buru2 barangnya dikirim dan karena kadang aku terlalu percaya sama customer dan saat itu aku tidak sempa untuk ngecek apa transferan nya sudah masuk, jadi main kirim saja barangnya..dan setelah kirim barangnya ternyata aku tertipu, org tersebut belum transfer dan ketika besoknya aku telp krn pembayaran belum masuk, orang itu bilang bahwa bukan dia yang kemarin memesan kemungkinan adiknya yang suka iseng memesan dan dia bilang mau mengembalikan barangnya, tapi sampai detik ini itu barang ngga kembali.. ya itu lah kebodohan ku dan itu aku jadikan pelajaran untuk tetap lebih teliti dan jangan main percaya ajah..kecuali emang udah kenal banget sama orangnya.

pernah juga beberapa kali mengalami kerugian dengan pengiriman, kya waktu itu aku pernah ngirim slow cooker dan diterima sama customernya pecah dan rusak, padahal aku kirim itu baru dan sudah dikemas sebaik mungkin, tapi ternyata bisa pecah juga :(

kejadian itu aku jadikan pengalaman untuk ke depannya pengiriman SC aku menwajibkan pakai packing kayu biar ngga pecah dan barang aman sampe di tangan customer.

masih banyak kejadian lainnya, pokoknya selama 3 tahun ini banyak suka dan dukanya..yang pasti semua nya aku nikmatin banget, mungkin karena emang aku bakat dagang kali ya.. dari jaman dikampus dulu emang aku sering berdagang dan alhamdulillah lumayan hasil nya dari berdagang.. ya seperti sekarang ini.. alhamdulillah banget semuanya bisa kami rasain banget hasilnya..

rencana ke depannya, insya Allah aku akan terus berjuang untuk Taniashop biar makin berkembang, walau sekarang OLS udah menjamur dimana-mana, tapi kami yakin klo Rejeki sudah di atur sama Allah SWT.

Semoga OLS ku ini juga bisa semakin membantu dan mempermudah para ibu hamil, ibu menyusui, dan orang lain yang membutuhkan perlengkapan bayi..

Semoga semua impian kami untuk OLS ini bisa tercapai.. mohon doanya ya teman-teman.. Amieen

Oia rencananya 1 okt nanti pas hari ultahnya Taniashop , kami akan mengadakan kuis di twitter dan akan ada promo lainnya di  Taniashop ... so stay tuned :D

1 comment:

  1. makin sukses ya mak OLS nya, mudah2an impian utk buka Offline Shop bs segera terwujud. amiiiiin :)

    ReplyDelete