Update Tania 3 Tahun..

Udah 3 tahun 1 bulan aja umur nya tania, makin berasa banget, punya anak yang semakin besar walau kadang bagiku Tania tetep jadi my baby..
udah makin cerewet... udah makin jago ngejawab.. udah makin hebat klo untuk meminta dan protes..

Udah beberapa hari ini terima laporan baik mlulu tentang kelakuan Tania setiap harinya dari eyang uti, proud of you my baby :')

laporannya beragam, mulai dari toilet training yang makin sukses ajah, udha ngga pernah bocor lagi.. bahkan kemarin katanya dia udh buka celana sendiri dan langsung jongkok di wc ketika mau pup.. eyang nya tau pas dia teriak bilang mau pup.. trus klo mau pipis juga, kadang karena udah ngga tahan jadi dia ke toilet sendiri dan baru teriak ketika udah berada di dalem toilet.. good girl.. tinggal PR buat mama nih untuk lepas diapers malam hari.. klo siang udah lulus banget deh, pergi pun skrg udah lepas diapers :)



Sekarang tania ku juga lebih mandiri, sering main sendiri trus klo mau apa-apa juga udah bisa ambil sendiri kya makan, minum, pake baju dsb bahkan sekarang sering juga klo dia udah ngerasa ngantuk akan masuk kamar sendiri dan langsung bobo tanpa dikelonin.. pokoknya yg selama dia mampu lakuin sendiri, pasti akan dilakukannya.. apalagi sekarang dia sudah semakin tinggi jadi jangkauan untuk ngambil apapun bisa makin luas.

yang paling terasa sekarang adalah dia semakin bisa di kasih tahu, semakin enak diajak diskusi dan diberi pengertian, ngga kaya waktu masih umur 2 tahun yang lagi masa " susah dan keras banget ".. ya mungkin karena masa tantrum yang mulai berkurang juga kali ya..tapi bukan berarti dia udah nurut banget ya.. kadang-kadang juga tetep masih kekeh atau nangis...tapi dia tahu klo pake senjata nangis di depan ayah dan mama nya udah pasti ngga akan mempan, jadi biasanya kebiasaan ini sering dilakuin klo di depan eyangnya ajah :(

Negosiasi

Sejak ngikutin seminar parenting, aku sering ngikutin caranya ibu elly yang mencoba untuk tidak langsung untuk memotong kegiatan yang sedang dilakukan anak, jadi harus kita beri tahu kira kira kapan dia harus menyudahi kegiatan tsb atau jika perlu kita ikut terlibat didalamnya.. misal ketika udah waktu nya tidur tapi si anak sedang asyik main, maka sebaiknya kita beritahu sekitar 10 menit sebelumnya bahwa dia harus menyudahi mainnya dan bersiap untuk tidur, jadi anak tidak kaget dan akan rela untuk menyudahi kegiatannya. Ingat ya.. untuk ini kita tetep harus tegas jadi ya kalo memang sudah waktu nya kita pengertian bahwa dia harus menyudahi kegiatannya dan bersiap untuk kegiatan selanjutnya.

Nah...karena seringnya aku terapin seperti ini, hasilnya cukup memuaskan kadang tania mau menyudahi dengan ikhlas atau malah kadang dia masih suka membangkang.. tapi ya namanya anak anak kudu pelan-pelan dikasih tau terus biar nyangkut.. dan ternyata itu berhasil..sekarang tania sering banget ngomong gini

"5 Menit ajah ma.. ya..boleh ya.. 5 menit ajah.."

 Jadi setiap dia menginginkan sesuatu, dia akan minta negosiasi dulu sama aku ataupun ayahnya.. tapi klo dulu masih suka ngelanggar, tapi sekarang alhamdulillah udah jarang ngelanggarnya, malah kadang dia yang kasih tahu klo udah selesai 5 menitnya..good girl :)

Mengutarakan Pendapat

Udah bisa mengutarakan pendapat dan mulai mengatur-ngatur, udah bisa ngatur mama, ayah, tita bahkan sampe eyangnya..pokoknya semua deh.. yg menurut dia itu ga sesuai pasti dia komplain..

contohnya:
waktu itu aku rada bawel nyuruh dia mandi, eh dia malah ngabur kesana kesini.. sampe nada suaraku agak meninggi dan kejar-kejaran dulu baru deh dia mau masuk kamar mandi..pas di kamar mandi dia bilang gini..


Me :" kenapa sih, andhin susah bener klo mama suruh mandi.."
T   :" mama nya sih pake marah-marah jadi andhinnya ngga mau"
Me :" ya mama  kan marah karena andhin nya ngga mau mandi, malah lari-larian"
T : "ma, harusnya mama tuh ngga usah marah-marah.. bilang aja gini.. andhin ayo mandi.. ga usah teriak-teriak deh.. andhin pasti mau kok.."

heleeeehhh tue beneerr deh anakku, padahal tadi awalnya aku juga ngga teriak-teriak, cuma emang dia ngeledek malah lari-lari gitu.. emang alesan ajah deh.. pinter bener ngeles nya kaya bajaj -____-"

selain itu masih banyak contoh kasus lainnya, kya waktu tita mandiin dia krn ngantuk jadi salah antara shampo dipake buat sabunan yang akhirnnya dia protes sama tita nya trus waktu tita berangkat kuliah lupa pamitan sama eyang dia komplain juga..pas tita nya pulang dia ngomong gini..


"ihh.. tita nya ngga sopan mau kuliah ngga bilang sama eyang.. nanti dimarahin Allah loh... ga boleh titaa..."

selain itu sekarang udah bisa ngutarain pendapatnya.. kaya waktu milih baju, sendal dsb..

so far.. aku senang karena punya anak yang kritis, tapi terkadang juga pusing untuk ngadepinnya dan jawab semua pertanyaannya.. oia ada satu yang belum bisa aku jawab, karena dia lagi seneng ber bahasa inggris jadi semua di tanyain bahasa inggris nya apa.. dan mama nya yang ga gape inggrisnya pun kadang suka kebingungan :(

satu pertanyaannya yang belum bisa ke jawab adalah bahasa inggrisnya tengkurep..
ayo ada yang bisa bantu aku??? ditunggu jawabannya di komentar ya... :)


1 comment:

  1. Setau saya, tengkurap = prone, biasa nemu term ini kalo baca2 soal baby milestone di situs2 berbahasa inggris :D

    Tania sama kayak Raja, apa-apa ditanya, "Bahasa Inggrisnya apa??" :D

    Emang seneng ya mbak kalo punya anak yang kritis, meski ya itu dia,musti pinter-pinter jawabnya

    ReplyDelete