Thanks to my parent

sore-sore lagi santai dikantor buka web TUM dan baca artikel ini, langsung sekejab inget papa dan mama dirumah..langsung sadar betapa beruntungnya saya memiliki mereka.. Alhamdulillah mama dan papa saya masih sehat dan kuat di usia mereka yang sudah tidak muda lagi, papa sudah memasuki usia 60 tahun dan mama memasuki usia 55 tahun ini..

setelah baca artikel tentang the urban grandparents, saya jadi merasa amat sangat beruntung, dari waktu masa kehamilan dan hingga detik ini, mereka lah selalu memberikan perhatian dan kasih sayang yang bisa dibilang berlebih ke cucu mereka terutama ke Tania yang notabene cucu pertama mereka, rasanya mereka sudah amat sulit dipisahkan dengan Andhin ( nama kesayangan mereka untuk tania).

foto lama ketika kami bertamasya ke Ragunan 


Dari waktu aku hamil, mereka yang paling repot ngingetin soal makanan yang aku konsumsi, pokoknya a big no buat MSG,  trus mama juga yg sering masak ikan kesukaanku trus mama juga yang ngasih dua kata di belakang namanya Tania yaitu "Sekar Andhini ", trus mama juga yang selalu ngingetin aku bahwa jadi Ibu itu emang ngga gampang, mama juga yang nemenin aku belanja keperluan utk cucu pertamanya trus mama juga yang selalu ngasih semangat aku waktu aku memberikan ASIX untuk tania, mama juga yang slalu mencari dan memasakan daun katuk, bayam dsb untuk memperlancar ASi ku, mama yang ngingetin aku untuk selalu mompa ASi untuk stock nanti, mama yang nenangin aku ketika puting ku lecet karena menyusui, mama yang ngajarin tania minum pakai botol, mama yang selalu memandikan tania ketika jahitan ku belum bener bahkan hingga sekarang, pokoknya mama yang ngurus tania selama 40 hari pertama.



bukan cukup sampai disitu ajah, waktu  saya mulai pisah rumah, mama papa slalu dateng ke rumah ketika wiken, apalagi ketika denger kabar bahwa cucu kesayangannya sakit mereka pasti datang untuk membantu saya mengurus tania, apalagi waktu kecil tania paling susah di kasih obat jadi cuma mama lah yang bisa ngasih obat ke tania... klo dipikir saya manja banget ya.. tapi itu pun bukan kehendak saya.. mereka yang memang dengan sukarela mau melakukan itu semua bahkan kadang kita jadi suka berdebat juga karena memang terkadang mereka suka memberikan cinta yang berlebihan kepada cucu nya.

buat saya, mama dan papa itu sudah amat berpengalaman ngurus anak apalagi si mama yang dari dulu memang cuma FTM jadi wajarlah klo mama itu sudah piawai banget ngurus anak ya klo saya bilang mama itu bisa jadi " pawang nya " anak-anak.. dengan kesabarannya mama juga bisa kuat nyuapin tania yang sering ngemut makanan dan GTM.. kadang jadi malu saya karena saya sendiri tidak bisa sesabar mama.. klo sama mama tania makanannya bisa habis 1 porsi penuh sedangkan sama saya kadang setengah pun ngga abis :(

klo si papa biasanya lebih ke ngejagain yang ngajak main bareng, nonton dvd bareng dan kadang kakungnya suka jadi bahan percobaan nya tania, sering di ajak main masak2an, trus di ajak main karate, malah pernah si kakung diajak main salon2an dengan disisirin rambutnya sama tania :D

Tania memang akrab sama uti dan kakungnya, karena memang sehari - hari dia bermain bertiga sama eyang nya bahkan tidur malem pun dia sering dengan eyang nya di banding sama orangtuanya, pernah ketika papa masuk RS karena serangan jantung, tania sangat kehilangan dan dia sangat pengertian ketika saya kasih tau bahwa kakung nya lagi sakit jadi untuk sementara di jagain sama tita dulu.. dia nurut dan bahkan dia pernah mendoakan spesial buat kakungnya..

banyak orang yang bilang kadang klo pengasuhan dengan nenek itu suka pake metode lama, alhamdulillah si mama dan papa selalu bertanya dan diskusi dengan saya dan suami mengenai makanan, minuman dan tindakan lainnya yang berhubungan dengan tania, Bagi saya mereka menghargai kami sebagai orang tua dari cucu mereka dan mereka juga dengan lapang dada menerima keputusan kami.. yang jelas buat saya sampai detik ini kami masih sangat koorperatif dalam mengasuh tania..ya memang tidak dipungkiri bahwa ada sedikit perbedaan pendapat didalam masalah ketidak TEGA an.. mungkin karena mereka terlalu mencintai cucu pertama mereka kadang mereka suka ngga tega ketika kami mengajari tania untuk melakukan sesuatu yang kami yakin tania bisa sendiri, lalu kadang mereka juga suka membela tania klo sedang saya marahi, biasanya untuk menghindari hal itu tania saya marahi dalam kamar sehingga saya bebas memberitahukan tania mana yang baik dan mana yang tidak baik..


Yang jelas saya beruntung sekali bahwa hingga detik ini mereka berdualah yang menjaga dan merawat tania ketika saya bekerja, jadi walau saya bekerja saya tidak repot dengan masalah ART dan masalah anak tidak ada yang menjaga.. dan saya amat sangat tenang karena anak saya di asuh dengan orang yang amat sangat saya percaya..
 
"Pa.. Ma.. maafkan ike yang mungkin hingga detik ini belum bisa membalas semua yang papa mama udah lakuin.. ike cuma bisa berdoa semoga mama dan papa selalu diberikan kesehatan serta umur panjang dan selalu berusaha memberikan kebahagiaan untuk mama dan papa.."   :')

1 comment:

  1. smoga kakek nenek nya tania selalu dilimpahi berkah kesehatan ya ke... biar bisa main sama tania sampe tania gede :)
    seneng ih liat papa mama mu masih semangat 45 ngurus cucu. yg pasti hati lo tenang ya ke, tania ada di tangan yang tepat saat mamapapa nya kerja ya :)

    ReplyDelete