Cerita Toilet Training part 1

Yeeaay.. akhirnya taniaku udah bisa dibilang 85% lulus Toilet training, hari ini adalah hari ke enam dia bener bener bebas diapers sepanjang hari kecuali pas bobo malem, soalnya aku masih belum PD walau anaknya lumayan marah ketika di ajak pake diapers malam.

Seneng banget pastinya aku sebagai ibunya, karena aku pikir akan susah untuk menjalani masa masa TT ini. Jujur aku adalah ortu yang lumayan males memperkenalkan TT ini ke tania, sebenernya sih bukan males banget tapi karena di hari biasa, tania tidak bisa untuk aku ajari TT karena itu akan merepotkan eyang nya klo dia ngompol atau pup kemana mana di rumah, jadi aku memang rada susah untuk cari solusi gimana cara yang tepat untuk ngajarin tania ttg TT.



Awalnya aku mulai TT setiap wiken ketika ada aku dirumah dan kita berada di rumah kami sendiri di depok, karena aku pikir ini rumah sendiri jadi mau kotor kek atau bau ompol kek, tidak akan merepotkan orang lain dan itu bisa aku bersihin sendiri trus tidak ada yang bawelin, kebetulan juga waktu itu persediaan pospak di rumah depok sudah menipis jadi aku pikir skalian ajah deh aku mulai ajarin tania untuk kenalan sama toilet.

Awalnya emang cape & repot karena aku harus ingatkan dia untuk bolak balik ke toilet buat pipis tiap 1-2 jam sekali, belum lagi klo kecolongan dia udh keburu pipis trus kita mau ga mau harus ngepel klo pipisnya dilantai, nah yang paling sebel klo di kasur huuu jadi bau ompol deh :(

Biasanya aku mulai lepas pospaknya klo dia udah pup dan biasanya waktu pup tania itu sekitar jam 12 siang so abis itu dia ngga pake diapers lagi.. tapi pernah juga loh kecolongan dia pup di celana, untuk pup nya padat jadi tidak kotor kemana mana :(

Selama kurang lebih 4 minggu aku biasain tania dengan kondisi lepas diapers di rumah depok tapi tetep ngga sukses, karena begitu hari senin tania kembali menggunakan diapers jadi itu juga yang mungkin bikin tania bingung untuk masalah ini.. maafin mama ya nak ga konsisten..

Sampai pernah aku diskusi sama motiq mengenai hal ini dan dia bilang tenang aja nanti klo si anak udah siap pasti dia bisa kok.. dari diskusi itu aku mulai juga nerapin caranya motiq untuk bilang ke anaknya klo mau sekolah ngga boleh pakai pampers...dan mulai lah aku berikan doktrin hypnoterapi ke tania bahwa klo dia mau sekolah harus lepas diapers dulu.. sama seperti ketika sedari kecil aku tanamkan ke tania klo permen itu ga baik dan bisa bikin gigi ompong jadi sampe sekarang dia paling emoh klo di kasih permen.. dia slalu bilang nanti gigi nya ompong :D

back to the topic, sejak aku tanamkan ke tania klo mau sekolah harus bisa pipis dan pup di toilet dan ngga boleh pakai diapers, tania mulai ngga mau ketika di pake in diapers dan dia selalu bilang..

" ngga mau pake pampes.. kan andin mau sekolaah.. "

trus pas akhir bulan maret kemarin, dimulailah TT di rumah depok dan hari sabtu nya masih kecolongan tapi aku mulai memperhatikan pola pipisnya jadi aku ajak ke toilet setiap 1 jam setelah dia minum, kadang keluar dan kadang tidak tapi tetep pola itu aku jalanin dan alhamdulillah lumayan lancar.. bahkan pernah ada kejadian lucu.. pas dia lagi main masak masakan tiba tiba dia teriak ke ayahnya bilang klo mau pipis trus langsung ngibrit ke kamar mandi.. ternyata dia udah kebelet banget jadi dia langsung pipis begitu sampe didepan kamar mandi.. aku sama ayah ngikik dalam hati :D

puncaknya sabtu kemarin, tania ngga mau pake diapers sama sekali dirumah dan alhamdulillah seharian itu ngga kecolongan sama sekali tapi malemnya tetep pake karena aku belum PD.. trus berlanjut pas hari minggu nya dia free lagi dan tidak kecolongan sedikitpun bahkan pas bobo siang juga ngga mau pake dan aku sudah ajak dia pipis sebelum bobo dan hasilnya taaa daaa selama bobo lebih dari 2 jam dia ngga ngompol trus pas bangun dia langsung minta pipis.. hebatnya anak mama \(^,^)/

berlanjut lagi pas perjalanan pulang ke rumah eyangnya, lagi lagi dia ngga mau pake diapers dan kami sebagai ortu menghargai itu dan kami yakin klo dengan begitu berarti dia siap untuk itu. Sebelum berangkat aku ajak dia pipis dulu dan selama perjalanan yang kurang lebih 1,5 jam di tambah setengah jam lagi mampir ke sevel, alhamdulillah dia lolos dan tidak ngompol.. yeaah senangnya hatiku.. :D

Pas senin nya, dia nolak diapers lagi trus sepanjang hari laporan dari eyang utinya walaupun cape bolak balik kamar mandi tapi dia berhasil  dan ngga kecolongan sama sekali baik itu pipis maupun pup. Malamnya dia bener bener nangis ketika mau di pake diapers sampai akhirnya aku berhasil negosiasi dan akhirnya tetep pake diapers pas bobo malem.

hari keempat dan ke lima, anakku sudah bebas diapers dan semuanya lolos dengan baik cuma semalem kecolongan, dia ngompol di deket kamar mandi mungkin karena kelupaan dan aku cukup memakluminya. Hari ini hari ke enam dia free diapers dan menurutku sejauh ini anakku sudah hebat banget hanya tinggal di tatur untuk ke toilet di tengah malam..* cambuk emaknya yang males bangun tengah malem

aku ngga nyangka ternyata memang mudah TT ketika anaknya sudah siap, tidak seperti yang aku bayangkan sebelumnya.. sama ketika waktu menyapih ketika sudah siap maka semuanya jadi mudah.. alhamdulillaaahhh dan mama bangga banget sama kamu nak :-*

akhirnya mulai bulan depan ada pengurangan dana untuk anggaran belanja diapers.. senangnya hatiku..*dasar emak irit 

tapi kata ayah tadi pagi begini.." Iya udah bebas diapers berarti anaknya udah gede dan itu artinya udah deket sama waktunya sekolah.. jadi berkurang anggaran diapers maka akan muncul anggaran baru untuk biaya sekolah.." 

bener juga ya kata ayah  (-_____-" )

tapi tetep aku syenaaaaangggg anakku sudah semakin besar, makin pinter dan perkembangannya baik :)

6 comments:

  1. yeayyy!!! tania pinter...
    iya kan ke... kalo anaknya siap bakalan mudah banget. Kyara juga yang gak mau kalo dipakein diapers, jd ya kita lebih pede kalo anak udh bilang gitu kan berarti dia juga udah merasa siap.
    tinggal malam nya aja nih ya masih PR buat tania. Coba pake alas perlak Ke kalo takut kasur kena ompol. gw jg awalnya takut tapi nekat aja. ternyata lolos juga kok dan ngga bangun tengah malam, udah bisa nahan sampe pagi.
    semangat ya tania... bentar lagi lulus 100% deh :)

    ReplyDelete
  2. Hihihi ya begini serunya jadi ibu ya mam. Saya masih punya PR menyapih nih. Dita mau sekolah juga saya jadikan senjata...doain sukses ya :-)

    ReplyDelete
  3. Met kenal mama Tania, aku lagi browsing2 ttg cara TT eh nemu blog ini. Boleh tau gak untuk TT part 1 ini usia Tania brp ya? Anakku sdh 19 bulan dan masih belum bisa TT padahal udah bisikan afirmasi positif ala hypnoparenting :( kira2 terlambat gak ya usia 19 bulan blm lulus TT?

    ReplyDelete
  4. @keluarga Qudzy..
    salam kenal juga ya mba.. untuk TT part 1 ini tania mulai di umur 34 bulan.. telaaatt banget mba.. klo menurut saya setiap anak kan berbeda milestone nya..jdi klo 19 bulan kyanya belum terlambat deh..intinya anak sudah siap semua akan mudah kok :)

    ReplyDelete
  5. terima ksih responnya mba Nike...boleh saya link blognya? :)

    ReplyDelete
  6. @keluarga Qudzy..
    pasti boleh dong mba.. nanti aku link balik ya.. :)

    ReplyDelete